EVALUASI DAN GLOSARIUM DARI MODUL GURU PEMBELAJAR TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK KOMPETENSI A
TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
152
EVALUASI
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang (x) pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling benar! 1. Menurut Permendikbud No. 146 tahun 2014, yang dimaksud dengan pertumbuhan adalah...
A. Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat
B. Bertambahnya ukuran fisik dan bersifat kualitatif
C. Betambahnya fungsi psikis dan fisik anak
D. Bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks
2. Berikut ini merupakan faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, kecuali........
A. Keluarga
B. Jenis Kelamin
C. Kelainan genetik
D. Gizi
3. Upaya penjaringan yang dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang pada anak usia dini disebut......
A. Intervensi
B. Deteksi dini
C. Stimulasi
D. Interaksi
4. Deteksi dini untuk mengetahui kelainan pertumbuhan pada anak dapat menggunakan teknik antropometri, yang meliputi pengukuran.....
A. Berat badan, tinggi badan, gangguan motorik kasar
B. Tinggi badan, lingkar kepala anak, gangguan psikologis
C. Berat badan, tinggi badan, lingkar kepala anak
D. Berat badan, tinggi badan, gangguan wicara
3
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
153
5. Berikut ini merupakan pelaksana deteksi dini penyimpangan pertumbuhan di tingkat keluarga dan masyarakat, kecuali....
A. Orang tua
B. Kader kesehatan
C. Guru PAUD/TK
D. Ahli Gizi
6. Deteksi dini perkembangan anak dapat dilakukan melalui skrining perkembangan, yang terdiri atas beberapa perangkat, kecuali....
A. Tabel berat badan/tinggi badan
B. Kuesener pra skrining perkembangan (KPSP)
C. Kuesener perilaku anak pra sekolah (KPAP)
D. Tes daya Lihat (TDL)
7. Denver Development Screening Test II (DDST) dapat digunakan untuk mendeteksi masalah perkembangan anak terutama dalam hal....
A. Diagnosis kesulitan belajar
B. Diagnosis gangguan bahasa
C. Diagnosis gangguan emosional
D. Membandingkan kemampuan perkembangan anak yang seumur
8. Berikut ini merupakan cara menggunakan kuesener pra skrining perkembangan (KPSP), kecuali.....
A. Menentukan anak
B. Memilih KPSP yang sesuai dengan usia anak
C. Menjawab pertanyaan dalam KPSP oleh orang tua
D. Menjawab pertanyaan dalam KPSP oleh guru TK
9. Manakah pernyataan yang benar berikut ini yang merupakan interpretasi hasil KPSP.....
A. Jumlah jawaban “ya” = 7 atau 8, perkembangan anak sesuai tahap perkembangannya (S)
B. Jumlah jawaban “ya” = 6 atau kurang, perkembangan anak meragukan (M)
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
154
C. Jumlah jawaban “ya” = 9 atau 10, perkembangan anak sesuai tahap perkembangannya (S)
D. Jumlah jawaban “ya” = 5 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P)
10. Jadwal untuk pelaksanaan deteksi untuk Tes Daya Dengar (TDD) adalah...
A. Setiap 2 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
B. Setiap 3 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
C. Setiap 4 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
D. Setiap 6 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
11. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan perkembangan fisik motorik, kecuali...
A. Neuromuscular
B. Cerebral Palsy
C. Infeksi TORCH
D. Disleksia
12. Salah satu bentuk stimulasi yang diberikan agar kemampuan berjalan anak dapat berkembang dengan baik adalah...
A. Bermain dengan menggunakan mainan mobil-mobilan yang bisa di dorong
B. Bermain menendang bola
C. Melompat di tempat atau trampolin
D. bermain lempar tangkap bola
13. Gangguan perkembangan bahasa dimana anak pada usia seharusnya belum bisa mengucapkan kata spontan yang bermakna seperti “mama” atau “papa” di sebut...
A. Afasia
B. Disfasia
C. Disgrafia
D. Diskalkulia
3
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
155
14. Gangguan perkembangan bahasa yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri disebut...
A. Afasia
B. Disfasia
C. Disgrafia
D. Diskalkulia
15. Penanganan terhadap anak yang mengalami gangguan bahasa melalui pendekatan yang menekankan pada intervensi dalam bidang persepsi auditori, ingatan, asosiasi, adalah.....
A. Pendekatan proses
B. Pendekatan perilaku
C. Pendekatan Task Analysis Approach
D. Pendekatan Interpersonal Interaktif
16. Salah satu permasalahan Psiko-sosial pada anak, dimana anak suka melakukan tindakan kekerasan baik fisik maupun verbal kepada guru atau temannya adalah...
A. Kecemasan
B. Agresivitas
C. Ketakutan
D. Hiperaktif
17. Berikut ini merupakan faktor-faktor eksternal yang menyebabkan perilaku agresif pada anak, kecuali....
A. Kemiskinan
B. Suhu udara yang panas
C. Meniru (Modelling)
D. Orang tua yang terlalu melindungi
18. Salah satu faktor yang menyebabkan sifat pemalu pada anak adalah....
A. Anak selalu ditinggal sendirian di rumah
B. orang tua terlalu menetapkan aturan yang berlebihan
C. Anak terlalu banyak menerima hukuman karena dianggap salah
D. Anak kurang bersosialisasi di lingkungannya
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
156
19. Salah satu bentuk intervensi yang dapat dilakukan terhadap anak yang pemalu adalah....
A. Pendidik hendaknya selalu memberikan dorongan dan pujian pada anak
B. Pendidik mengajarkan tentang kemandirian
C. Memelihara kenyamanan dan keamanan
D. Mengajarkan sifat kesadaran
20. Aktivitas motorik yang tinggi pada anak dengan ciri-ciri aktivitas selalu berganti, tidak mempunyai tujuan tertentu, berulang dan tidak bermanfaat, disebut...
A. Agresivitas
B. Hiperaktif
C. Impulsif
D. Temper tantrum
GLOSARIUM
1. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat, misalnya berat tubuh, tinggi badan/panjang badan, lingkar kepala, pertumbuhan gigi dan pertumbuhan tulang.
2. Perkembangan adalah bertambahnya fungsi psikis dan fisik anak meliputi sensorik (mendengar, melihat, meraba, merasa, dan menghidu), motoric (gerakan motoric kasar dan halus), kognitif (pengetahuan, kecerdasan), komunikasi (berbicara dan bahasa), serta sikap religius, sosial-emosional dan kreativitas.
3. Deteksi dini merupakan upaya penjaringan yang dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang dan mengetahui serta mengenal faktor resiko (fisik, biomedik, psikososial)
4. Intervensi adalah suatu kegiatan penanganan segera terhadap adanya penyimpangan tumbuh kembang dengan cara yang sesuai dengan keadaan misalnya perbaikan gizi, stimulasi perkembangan atau merujuk ke pelayanan kesehatan yang sesuai
5. Pengukuran Antropometri adalah teknik pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui kelainan pertumbuhan anak seperti, perawakan yang pendek (short stature), perawakan tinggi (tall stature), yang diklasifikasikan sebagai variasi normal dan patologis, malnutrisi dan dan obesitas
6. Pengukuran Berat Badan (BB) adalah pengukuran yang dilakukan secara teratur untuk memantau pertumbuhan dan keadaan gizi balita. Balita ditimbang setiap bulan dan dicatat dalam Kartu Menuju Sehat
7. Pengukuran Tinggi Badan (TB) adalah pengukuran tinggi badan pada anak sampai usia 2 tahun dilakukan dengan berbaring, sedangkan diatas umur 2 tahun dilakukan dengan berdiri.
8. Pengukuran Lingkar Kepala Anak (PLKA) adalahpengukuran untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan otak anak.
9. Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) adalah suatu daftar pertanyaan singkat yang ditujukan kepada orang tua dan dipergunakan
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
162
sebagai alat untuk melakukan skrining pendahuluan perkembangan anak usia 3 bulan sampai dengan 6 tahun.
10. Kuesioner Perilaku Anak Prasekolah (KPAP)adalah sekumpulan kondisi-kondisi perilaku yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi secara dini kelainan-kelainan perilaku anak prasekolah, sehingga dapat segera dilakukan tindakan untuk mengantisipasinya.
11. Tes Daya Dengar (TDD) adalah tes yang dilakukan untuk menemukan gangguan pendengaran sejak dini, agar dapat segera ditindaklanjuti untuk meningkatkan kemampuan daya dengar dan bicara anak.
12. Anamnesis adalah wawancara yang dilakukan oleh dokter dengan orang tua anak untuk mengumpulkan informasi mengenai data anak dan riwayat kesehatannya (http://kamuskesehatan.com/arti/ataksia/)
13. Tes Daya Lihat (TDL) adalah tes yang dilakukan untuk mendeteksi secara dini adanya kelainan penglihatan pada anakagar segera dapat dilakukan tindakan intervensi sehingga kesempatan untuk memperoleh ketajaman penglihatan menjadi lebih besar.
14. Disfasia adalah salah satu bentuk gangguan bahasa yang ditandai dengan kegagalan anak dalam mencapai tahapan perkembangannya sesuai dengan perkembangan bahasa anak normal seusianya
15. Afasia adalah salah satu jenis kelainan bahasa yang disebabkan adanya kerusakan pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri. Kerusakan pada pusat-pusat yang dialami oleh anak disebut afasia anak
16. Gagap adalah gangguan kelancaran atau abnormalitas dalam kecepatan atau irama bicara. Terdapat pengulangan suara, suku kata atau kata atau suatu bloking yang spasmodik, bisa terjadi spasme tonik dari otot-otot bicara seperti lidah, bibir dan laring
17. Agresivitas adalah istilah umum yang dikaitkan dengan adanya perasaan- perasaan marah atau permusuhan atau tindakan melukai orang lain baik dengan tindakan kekerasan secara fisik, verbal, maupun menggunakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang mengancam atau merendahkan
© 2016
152
EVALUASI
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang (x) pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling benar! 1. Menurut Permendikbud No. 146 tahun 2014, yang dimaksud dengan pertumbuhan adalah...
A. Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat
B. Bertambahnya ukuran fisik dan bersifat kualitatif
C. Betambahnya fungsi psikis dan fisik anak
D. Bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks
2. Berikut ini merupakan faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, kecuali........
A. Keluarga
B. Jenis Kelamin
C. Kelainan genetik
D. Gizi
3. Upaya penjaringan yang dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang pada anak usia dini disebut......
A. Intervensi
B. Deteksi dini
C. Stimulasi
D. Interaksi
4. Deteksi dini untuk mengetahui kelainan pertumbuhan pada anak dapat menggunakan teknik antropometri, yang meliputi pengukuran.....
A. Berat badan, tinggi badan, gangguan motorik kasar
B. Tinggi badan, lingkar kepala anak, gangguan psikologis
C. Berat badan, tinggi badan, lingkar kepala anak
D. Berat badan, tinggi badan, gangguan wicara
3
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
153
5. Berikut ini merupakan pelaksana deteksi dini penyimpangan pertumbuhan di tingkat keluarga dan masyarakat, kecuali....
A. Orang tua
B. Kader kesehatan
C. Guru PAUD/TK
D. Ahli Gizi
6. Deteksi dini perkembangan anak dapat dilakukan melalui skrining perkembangan, yang terdiri atas beberapa perangkat, kecuali....
A. Tabel berat badan/tinggi badan
B. Kuesener pra skrining perkembangan (KPSP)
C. Kuesener perilaku anak pra sekolah (KPAP)
D. Tes daya Lihat (TDL)
7. Denver Development Screening Test II (DDST) dapat digunakan untuk mendeteksi masalah perkembangan anak terutama dalam hal....
A. Diagnosis kesulitan belajar
B. Diagnosis gangguan bahasa
C. Diagnosis gangguan emosional
D. Membandingkan kemampuan perkembangan anak yang seumur
8. Berikut ini merupakan cara menggunakan kuesener pra skrining perkembangan (KPSP), kecuali.....
A. Menentukan anak
B. Memilih KPSP yang sesuai dengan usia anak
C. Menjawab pertanyaan dalam KPSP oleh orang tua
D. Menjawab pertanyaan dalam KPSP oleh guru TK
9. Manakah pernyataan yang benar berikut ini yang merupakan interpretasi hasil KPSP.....
A. Jumlah jawaban “ya” = 7 atau 8, perkembangan anak sesuai tahap perkembangannya (S)
B. Jumlah jawaban “ya” = 6 atau kurang, perkembangan anak meragukan (M)
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
154
C. Jumlah jawaban “ya” = 9 atau 10, perkembangan anak sesuai tahap perkembangannya (S)
D. Jumlah jawaban “ya” = 5 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P)
10. Jadwal untuk pelaksanaan deteksi untuk Tes Daya Dengar (TDD) adalah...
A. Setiap 2 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
B. Setiap 3 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
C. Setiap 4 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
D. Setiap 6 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
11. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan perkembangan fisik motorik, kecuali...
A. Neuromuscular
B. Cerebral Palsy
C. Infeksi TORCH
D. Disleksia
12. Salah satu bentuk stimulasi yang diberikan agar kemampuan berjalan anak dapat berkembang dengan baik adalah...
A. Bermain dengan menggunakan mainan mobil-mobilan yang bisa di dorong
B. Bermain menendang bola
C. Melompat di tempat atau trampolin
D. bermain lempar tangkap bola
13. Gangguan perkembangan bahasa dimana anak pada usia seharusnya belum bisa mengucapkan kata spontan yang bermakna seperti “mama” atau “papa” di sebut...
A. Afasia
B. Disfasia
C. Disgrafia
D. Diskalkulia
3
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
155
14. Gangguan perkembangan bahasa yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri disebut...
A. Afasia
B. Disfasia
C. Disgrafia
D. Diskalkulia
15. Penanganan terhadap anak yang mengalami gangguan bahasa melalui pendekatan yang menekankan pada intervensi dalam bidang persepsi auditori, ingatan, asosiasi, adalah.....
A. Pendekatan proses
B. Pendekatan perilaku
C. Pendekatan Task Analysis Approach
D. Pendekatan Interpersonal Interaktif
16. Salah satu permasalahan Psiko-sosial pada anak, dimana anak suka melakukan tindakan kekerasan baik fisik maupun verbal kepada guru atau temannya adalah...
A. Kecemasan
B. Agresivitas
C. Ketakutan
D. Hiperaktif
17. Berikut ini merupakan faktor-faktor eksternal yang menyebabkan perilaku agresif pada anak, kecuali....
A. Kemiskinan
B. Suhu udara yang panas
C. Meniru (Modelling)
D. Orang tua yang terlalu melindungi
18. Salah satu faktor yang menyebabkan sifat pemalu pada anak adalah....
A. Anak selalu ditinggal sendirian di rumah
B. orang tua terlalu menetapkan aturan yang berlebihan
C. Anak terlalu banyak menerima hukuman karena dianggap salah
D. Anak kurang bersosialisasi di lingkungannya
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
156
19. Salah satu bentuk intervensi yang dapat dilakukan terhadap anak yang pemalu adalah....
A. Pendidik hendaknya selalu memberikan dorongan dan pujian pada anak
B. Pendidik mengajarkan tentang kemandirian
C. Memelihara kenyamanan dan keamanan
D. Mengajarkan sifat kesadaran
20. Aktivitas motorik yang tinggi pada anak dengan ciri-ciri aktivitas selalu berganti, tidak mempunyai tujuan tertentu, berulang dan tidak bermanfaat, disebut...
A. Agresivitas
B. Hiperaktif
C. Impulsif
D. Temper tantrum
GLOSARIUM
1. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat, misalnya berat tubuh, tinggi badan/panjang badan, lingkar kepala, pertumbuhan gigi dan pertumbuhan tulang.
2. Perkembangan adalah bertambahnya fungsi psikis dan fisik anak meliputi sensorik (mendengar, melihat, meraba, merasa, dan menghidu), motoric (gerakan motoric kasar dan halus), kognitif (pengetahuan, kecerdasan), komunikasi (berbicara dan bahasa), serta sikap religius, sosial-emosional dan kreativitas.
3. Deteksi dini merupakan upaya penjaringan yang dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang dan mengetahui serta mengenal faktor resiko (fisik, biomedik, psikososial)
4. Intervensi adalah suatu kegiatan penanganan segera terhadap adanya penyimpangan tumbuh kembang dengan cara yang sesuai dengan keadaan misalnya perbaikan gizi, stimulasi perkembangan atau merujuk ke pelayanan kesehatan yang sesuai
5. Pengukuran Antropometri adalah teknik pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui kelainan pertumbuhan anak seperti, perawakan yang pendek (short stature), perawakan tinggi (tall stature), yang diklasifikasikan sebagai variasi normal dan patologis, malnutrisi dan dan obesitas
6. Pengukuran Berat Badan (BB) adalah pengukuran yang dilakukan secara teratur untuk memantau pertumbuhan dan keadaan gizi balita. Balita ditimbang setiap bulan dan dicatat dalam Kartu Menuju Sehat
7. Pengukuran Tinggi Badan (TB) adalah pengukuran tinggi badan pada anak sampai usia 2 tahun dilakukan dengan berbaring, sedangkan diatas umur 2 tahun dilakukan dengan berdiri.
8. Pengukuran Lingkar Kepala Anak (PLKA) adalahpengukuran untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan otak anak.
9. Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) adalah suatu daftar pertanyaan singkat yang ditujukan kepada orang tua dan dipergunakan
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
162
sebagai alat untuk melakukan skrining pendahuluan perkembangan anak usia 3 bulan sampai dengan 6 tahun.
10. Kuesioner Perilaku Anak Prasekolah (KPAP)adalah sekumpulan kondisi-kondisi perilaku yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi secara dini kelainan-kelainan perilaku anak prasekolah, sehingga dapat segera dilakukan tindakan untuk mengantisipasinya.
11. Tes Daya Dengar (TDD) adalah tes yang dilakukan untuk menemukan gangguan pendengaran sejak dini, agar dapat segera ditindaklanjuti untuk meningkatkan kemampuan daya dengar dan bicara anak.
12. Anamnesis adalah wawancara yang dilakukan oleh dokter dengan orang tua anak untuk mengumpulkan informasi mengenai data anak dan riwayat kesehatannya (http://kamuskesehatan.com/arti/ataksia/)
13. Tes Daya Lihat (TDL) adalah tes yang dilakukan untuk mendeteksi secara dini adanya kelainan penglihatan pada anakagar segera dapat dilakukan tindakan intervensi sehingga kesempatan untuk memperoleh ketajaman penglihatan menjadi lebih besar.
14. Disfasia adalah salah satu bentuk gangguan bahasa yang ditandai dengan kegagalan anak dalam mencapai tahapan perkembangannya sesuai dengan perkembangan bahasa anak normal seusianya
15. Afasia adalah salah satu jenis kelainan bahasa yang disebabkan adanya kerusakan pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri. Kerusakan pada pusat-pusat yang dialami oleh anak disebut afasia anak
16. Gagap adalah gangguan kelancaran atau abnormalitas dalam kecepatan atau irama bicara. Terdapat pengulangan suara, suku kata atau kata atau suatu bloking yang spasmodik, bisa terjadi spasme tonik dari otot-otot bicara seperti lidah, bibir dan laring
17. Agresivitas adalah istilah umum yang dikaitkan dengan adanya perasaan- perasaan marah atau permusuhan atau tindakan melukai orang lain baik dengan tindakan kekerasan secara fisik, verbal, maupun menggunakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang mengancam atau merendahkan

Komentar
Posting Komentar