.EVALUASI DAN KUNCI JAWABAN DARI MODUL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN TERINTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BIDANG TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK KOMPETENSI B

EVALUASI
Petunjuk: Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D yang mewakili jawaban yang paling benar!
1. Salah satu teori pendidikan Ki Hajar Dewantara yang mengemukakan bahwa kebudayaan wajib berjalan terus menerus (kontinyu), berpusat pada kebudayaan Indonesia (konsentris), dan perpaduan kebudayaan bangsa lain (konvergensi) adalah….
A. Trikon
B. Tut Wuri Handayani
C. Kodrat Alam
D. Kemerdekaan
2. Permainan tradisional menurut Ki Hajar Dewantara yang mengandung nilai mendidik tentang konsep berhitung adalah ....
A. unclang
B. petak umpet
C. cublak-cublak sueng
D. dolanan
3. Menurut Piaget, anak usia 4-6th berada pada tahap ....
A. praoperasional
B. sensorimotor
C. operasional kongkret
D. operasional formal
4. Pendidikan adalah rekonstruksi dari sekumpulan pengalaman secara terus menerus, pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Piaget
B. Vigosky
C. Froebel
D. Dewey
5. Teori pendidikan Jhon Dewey mengerucut pada aliran filsafat progresivisme yang difokuskan pada sekolah sebagai ....
A. play-centered
B. child-centered
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
144
C. social-centered
D. Teacher-centered
6. Pemikiran pendidikan anak usia dini menurut Nasheh Ulwan dirangkum dalam lima pokok pikiran,sebagai berikut ....
A. Mendidik dengan contoh,bimbingan,perhatian,kebiasaan dan pemberian hadiah
B. Mendidik dengan keteladanan,bimbingan,nasehat,adat istiadat dan pemberian hadiah
C. Mendidik dengan keteladanan,adat istiadat,nasehat,pengawasan,pemberian hukuman.
D. Mendidik dengan kasih sayang,keteladanan,pengawasan,kebiasaan,dan pemberian hukuman
7. Bermain dengan mengajarkan keteladanan seperti berbuat baik,berkata jujur , bertanggung jawab,Mendidik dengan kebiasaan,nasihat,Pengawasan dan Pemberian Hukuman , pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Abdullah Nasheh Ulwan
B. Ki Hajar Dewantara
C. Ibnu Qoyyim Al –Jauziyyah
D. HOS Cokroaminoto
8. Mendidik dengan keteladanan ,adat kebiasaan nasehat ,pengawasan dan pemberian hukuman merupakan pokok pikiran tokoh pendidikan dari ....
A. Frobel
B. Nasheh Ulwan
C. Kihajar Dewantoro
D. John dewey
9. Manakah berikut ini yang bukan merupakan pandangan teori bermain menurut Abdullah Nasheh Ulwan adalah ....
A. bermain dengan Mendidik keteladanan
B. bermain dengan mendidik keteladanan
C. mendidik dengan cara memberi hukuman
D. bermain merupakan kodrat alam
10. Permainan anak yang dapat melatih kekuatan fisik dan berfaedah untuk pendidikan karakter,tertib,dan teratur berdasarkan teori Ki Hajar Dewantara adalah ....
KP
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
145
A. bermain bola,menjahit,ular tangga
B. menyulam janur,gobag,sepak takrow,meronce
C. gobag,panahan,mengutas bunga,menyulam janur
D. panahan,sepak takrow,menjahit, meronce
11. Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan pendapat Ki Hajar Dewantara adalah ....
A. permainan tiruan dari bangsa asing lebih bervariasi dan menantang.
B. permainan anak-anak di Indonesia pada umumnya dilakukan tanpa nyanyian.
C. permainan tradisional menempatkan anak tetap dalam lingkungan kebudayaan bangsanya.
D. semua permainan cocok untuk anak laki-laki dan anak perempuan tanpa pengelompokan.
12. Pandangan Frobel tentang pendidikan yang paling utama adalah ....
A. pendidikan merupakan persiapanuntuk hiup masa dewasa,tetapi lebih merupakan pengalaman hidup yang akan menyatukan pikiran dan tiadakan
B. pendidikan adalah kehidupan itu sendiri bukan persiapan untuk hidup
C. pendidikan itu adalah perkembangan yang berlangsung terus menerus
D. pendidikan adalah proses sosial an untuk merealisasikan hal itu sekolah harus berbentuk komunitas demontrasi
13. Area yang memungkinkan anak melakukan percobaan eksplorasi dan kreativitas adalah ….
A. ayunan
B. seni
C. agama
D. perpustakaan
14. Salah satu proses pendekatan scientific yang baik adalah ….
A. mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi,memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran
B. penjelasan guru cenderung menggunakan pendekatan tradisional
C. berbasis pada konsep, tanpa landasan teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
146
D. menerapkan langkah 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikan pada setiap pembelajaran
15. Penekanan kata”berbuat”dalam proses belajar anak usia dini maksudnya adalah ….
A. anak akan lebih mudah belajar dengan melakukan sesuatu yang diminta pendidik
B. pemberian tugas dan praktek langsung sama pentingnya
C. anak akan lebih mudah mempelajari sesuatu dengan aktivitas yang mengarahkan anak untuk belajar menurut pengalamnnya sendiri
D. anak perlu mendengarkan ceramah sebelum melakukan sesuatu
16. (1) Membutuhkan waktu yang cukup lama
(2) Memerlukan ketajaman dalam menangkap inti pembicaraan
(3) Dalam prakteknya, percakapan akan selalu didominasi oleh beberapa orang saja.
Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….
A. bercakap-cakap
B. pemberian tugas
C. demonstrasi
D. bermain peran
17. Anak belajar tentang bentuk segi tiga melalui potongan kertas yang disiapkan guru, kemudian guru mengajak siswa untuk menemukan benda-benda yang ada di sekitarnya yang berbentuk segitiga. Kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan penerapan proses saintifik yang tepat adalah ….
A. mengamati
B. mengasosiasi
C. mengumpulkan informasi
D. mengkomunikasikan
18. (1) Dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar, karena anak sangat senang dengan cerita-cerita;
(2) Sangat sesuai untuk pendidikan afektif (nilai), sebab metode ini dapat menyampaikan nilai-nilai kebaikan kepada anak melalui contoh-contoh dalam cerita sehingga mendorong anak melakukan kebaikan tersebut, sekaligus menghindari perbuatan buruk yang digambarkan dalam cerita
KP
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
147
guru;
(3) Tidak membutuhkan banyak alat dan media pembelajaran.
Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….
A. bercerita
B. pemberian tugas
C. demonstrasi
D. bermain peran
19. Mencoba, mendiskusikan, membaca buku, menanya, dan menyimpulkan hasil dari berbagai sumber, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan pendekatan saintifik adalah….
A. menanya
B. mengkomunikasikan
C. mengasosiasi
D. megumpulkan informasi
20. Salah satu model dalam pendidikan anak usia dini yang mengedepankan konsep bermain bagi anak, merupakan pengertian model pembelajaran ….
A. sentra
B. area
C. kelompok
D. sudut
21. (1) Menyalurkan aspirasi anak-anak kedalam kegiatan yang menyenangkan
(2) Mendorong aktivitas, inisiatif, dankreatif sehingga mereka berpartisipasi dalam kegiatan bersama lain
(3) Perhatian anak dapat lebih terpusatkan
(4) Mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi sekiranya anak hendak mencoba sendiri
Dari ke empat pernyataan di atas yang merupakan manfaat metode sosio-drama adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (1)
22. Manakah yang termasuk ke dalam tahapan perkembangan agama dan moral anak usia 4 - 6 tahun yang sesuai dengan standar tingkat pencapaian
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
148
perkembangan anak?....
A. mengetahui situasi yang membahayakan diri
B. menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk
C. mengenal perilaku baik, sopan dan buruk
D. mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
23. Setelah Anda membacakan cerita "Mentimun Mas", salah seorang anak diminta untuk menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah di dengarnya. Kegiatan yang Anda lakukan termasuk penerapan salah satu contoh dari lingkup ....
A. berpikir simbolik
B. keaksaraan
C. menyimak
D. berpikir logis
24. Untuk mengembangkan tema gunung berapi, anak-anak dapat melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah ....
A. kertas koran, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sabun cuci, dan pewarna
B. pastisin, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sagu sabun cuci, tempat bermain air, cuka makan, dan tanah liat.
C. sagu aren, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, tanah liat, kapas cuka makan, sabun cuci, dan pewarna.
D. tanah, pasir, soda kue, ampas kelapa, tepung kanji, kapas, tempat bermain air, dan pewarna.
25. Anda menjelaskan tentang perkembangbiakkan tumbuhan dengan menggunakan alat peraga gambar yang dipampang de depan kelas, kemudian anak di suruh melihat gambar dengan teliti. Setelah melihat gambar dan mendengarkan penjelasan guru tentang perkembangbiakkan tumbuhan, kemudian anak didorong untuk bertanya, baik tentang objek yang telah dilihat maupun hal-hal lain yang ingin diketahui. Dari pernyataan di atas, komponen pendekatan santifik yang telah dtierapkan adalah ....
A. mengamati dan menghubungkan
B. mengamati dan menanya
C. menalar dan menghubungkan
KP
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
149
D. mencoba dan mengkomunikasi
26. Anda menyuruh anak untuk menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dan menangkap benda. Kegiatan tersebut merupakan lingkup pengembangan ....
A. motorik kasar
B. motorik halus
C. seni
D. kognitif
27. Kegiatan yang terlalu sulit untuk anak usia 3-4 tahun dalam teknik ketangkasan untuk pengembangan fisik melalui metode karya wisata adalah ….
A. merayap di atas tanah
B. memanjat pohon
C. berjalan di atas jembatan
D. berayun dengan tambang
28. Bermain bebas dan spontan, merupakan bentuk bermain yang ....
A. perlu pengawasan
B. penuh dengan aturan
C. tidak memilki peraturan dan aturan main
D. mengikuti perintah guru
29. Aktivitas bermain di mana anak memperoleh kesenangan bukan berdasarkan kegiatan yang dilakukan sendiri disebut bermain ....
A. aktif
B. konstruktif
C. manipulatif
D. pasif
30. Bermain peran sebagai ayah, ibu, dan anak termasuk bermain peran ....
A. mikro
B. makro
C. aktif
D. pasif
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
150
KP
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
151
KUNCI JAWABAN EVALUASI No Jawaban No Jawaban No Jawaban
1
A
11
C
21
A
2
C
12
A
22
C
3
A
13
B
23
C
4
D
14
A
24
A
5
B
15
C
25
B
6
C
16
A
26
A
7
A
17
B
27
A
8
B
18
A
28
C
9
D
19
D
29
D
10
C
20
A
30
B
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
152

Komentar

  1. Toko Mesin Murah · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP