PKB LATIHAN SOAL DAN KUNCI JAWABAN DARI MODUL G PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG

EVALUASI
Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D !
1. Pemberitahuan, pembicaraan, pertukaran pikiran, dan juga percakapan termasuk pada…
A. Komponen komunikasi
B. Jenis komunikasi
C. Pengertian komunikasi
D. Fungsi komunikasi
1. Tujuan utama komunikasi guru dengan orang tua adalah…
A. Menjalin kerja sama
B. Berbagi pengalaman
C. Berbagi informasi
D. memecahkan masalah
2. Komunikasi yang dapat mendorong orang tua untuk berdialog, berbagi informasi, dan mengizikan mereka untuk berkompromi dalam berbagai persoalan pengasuhan anak.
A. inklusif
B. direktif
C. sfektif
D. ekslusif
3. Komunikasi yang mempunyai tujuan, direncanakan, dan memiliki tema yang khusus disebut komunikasi…
A. formal
B. non formal
C. informal
D. natural
4. Di bawahinitermasuk komunikasiefektif
A. Clatity
B. sugesti
C. simpati
D. afeksi
5. Bahasa tubuh yang paling penting dalam melakukan komunikasi adalah,;;,
A. kontak mata
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
124
B. senyum
C. gerakan kepala
D. tangan
6. Di bawah termasuk dalam lingkup perkembangan anak usia dini usia 5-6 tahun pada aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral adalah......
A. mengenal perilaku baik/sopan dan jujur
B. Berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
C. membiasakan diri berperilaku baik
D. membiasakan diri berperilaku baik
7. Pengembangannilai agama dan moral, fisikmotorik, sosialdasnemosional, kognotif, bahasa, dansenimerupakanaspek yang terdapatdalam…
A. STPPA
B. KI
C. KD
D. Indikator
8. Pada Permendikbud N0.137/2014, bahwa pada lingkup perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun diharapkan memiliki kemampuan
A. mau berbagi, menolong dan membantu teman
B. dapat menunjukkan antusiasme salam melakukan permainan kooperatif secara positif
C. menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah
D. mentaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
9. Di bawah ini adalah bentuk Kegiatan pengembangan nilai agama yang dulakukan melelui kegiatan rutin
A. berdo’a, memelihara kebersihan, dan keteraturan
B. berdo’a, Membuang sampah pada tempatnya, berpakaian rapi
C. berdo’a, Antri, dan gemar menolong
D. berdo’a, Sabar, memberi atau mengucapkan salam
10. Istilah moral, berhubungan dengan….
A. kualitas pertimbangan baik dan buruk
B. ukuran baik dan buruk
C. kondisi baik dan buruk
D. Hakikat baik dan buruk
11. Penanaman moral terhadap anak TK dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya….
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
125
A. Personal, multikultural, dan sosial
B. Personal, sosial, dan persuasif
C. Personal, multicultural,, dan keteladanan
D. Personal, keteladanan, dan persuasif
12. . Puncak yang diharapkan dari tujuan pengembangan moral anak Taman Kanak-kanak adalah….
A. keterampilan kognitif anak itu sendiri, yaitu keterampilan utama untuk mengingat pengalaman-pengalaman lama dihubungkan dengan pengetahuan baru
B. keterampilan afektif anak itu sendiri, yaitu keterampilan utama untuk merespon orang lain dan pengalaman-pengalaman barunya, serta memunculkan perbedaan-perbedaan dalam kehidupan teman disekitarnya
C. keterampilan motorik anak itu sendiri, yaitu keterampilan utama untuk melakukan gerakan motorik kasar dan halus terkait dengan pengalaman-pengalaman
D. keterampilan psikomotorik anak itu sendiri, yaitu keterampilan utama untuk mensimulasikan pengetahuan baru dalam bentuk gerakan-
13. Materi pembelajaran di TK diuraikan berdasarkan kompetensi dasar yang tercantum dalam...
A. Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014
B. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014
C. Permendikbud Nomor 147 Tahun 2014
D. Permendikbud Nomor 136 Tahun 2014
14. . Berbaris, mengucapkan salam, istirahat, kegiatan bermain merupakan….
A. Kegiatan rutin
B. Kegiatan spontan
C. Kegiatan teladan
D. Kegiatan terprogram
16. Bentuk pengembangan sosial yangmengimplementasikan kegiatan yang dibuat secara mendadak disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat itu, disebut….
A. Kegiatan rutin
B. Kegiatan spontan
C. Kegiatan teladan
D. Kegiatan terprogram
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
126
17. Metode perkembangan emosional yangmengimplementasikan kegiatan yang dibuat secara terencana yang menjadi agenda dan dirancang dalam silabus guru, disebut….
A. Kegiatan rutin
B. Kegiatan spontan
C. Kegiatan teladan
D. Kegiatan terprogram
18. Materi dan kegiatan pembelajaran yang dipilih mampu membuat anak senang, menikmati dan mau mengikuti dengan antusias, karena menggunakan prinsip…
A. aplikatif
B. inovatif
C. informatif
D. humble,
19. Di bawah ini adalah alur dalam menyusun program semester yang memuat aspek sosial-emosional
A. Membuat daftar tema satu semester - menentukan KD pada setiap tema - memilih, menata, dan mengurutkan tema -menentukan alokasi waktu - menjabarkan
B. Membuat daftar tema satu semester - menentukan alokasi waktu - menentukan KD pada setiap tema - memilih, menata, dan mengurutkan tema - menjabarkan tema ke dalam sub-tema
C. Membuat daftar tema satu semester - menentukan KD pada setiap tema - memilih, menata, dan mengurutkan tema - menjabarkan tema ke dalam sub-tema- menentukan alokasi waktu
D. Membuat daftar tema satu semester - menentukan KD pada setiap tema - menentukan alokasi waktu - memilih, menata, dan mengurutkan tema
20. Program semester memuat…
A. Kompetensi dasar satu semester dan alokasi waktu setiap kompetensi dasar
B. Indikator satu semester dan alokasi waktu setiap indicator
C. Kompetensi inti satu semester dan alokasi waktu setiap KI
D. Tema satu semester dan alokasi setiap tema
21. Komponen Rencana Program Pelaksanaan Harian(RPPH)yang tepat adalah....
A. identitas sekolah, tema dan sub tema,hari tanggal, alokasi waktu, pembukaan,
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
127
B. hari/tanggal, tema dan sub tema, alokasi waktu, pembukaan, inti, penutup, penilaian.
C. tema, sub tema, sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, inti, penutup,
D. identitas sekolah, hari/tanggal, alokasi waktu, tema/sub tema, pembukaan, inti, penutup.
22. Lama belkajar anak untuk kelompok usia 4 (empat) tahun dampai 6 (enam ) tahun dengan lama belajar
A. 600 menit/minggu
B. 700 menit/minggu
C. 800 mrnit/minggu
D. 900 menit/minggu
23. Di bawah ini tidak termasuk rambu-rambu penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran:
A. Melibatkan orang tua peserta didik
B. Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan dengan tema.
C. Menggunakan pembelajaran tematik
D. Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak
24. perencanaan pembelajaran termasuk bagian dari standar…
A. prosews
B. isi
C. SKL
D. penilaian
25. RPPH merupakan penkabaran dari…
A. Prosem
B. RPPM
C. KD
D. KI
26. Indikator yang mencerminkan anak mampu berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya (misal: tidak bohong, tidak berkelahi) termasuk dalam kompetensi dasar :
A. Memilikiperilaku yang mencerminkansikappercayadiri
B. Memilikiperilaku yang mencerminkansikapsabar
C. Memilikiperilaku yang mencerminkansikaptaatterhadapaturansehari-hariuntukmelatihkedisiplinan
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
128
D. Mengenal dan melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
KUNCI JAWABAN LATIHAN
Kunci Jawaban KP 1
Kunci Jawaban KP 2
1. A
2. B
3. C
4. B
5. D
Kunci Jawaban KP 3
1. B
2. C
3. A
4. D
5. C
Kunci Jawaban KP 4
JAWABAN
1. B
2. A
3. C
4. B
5. C
6. D
7.
1. A
2. B
3. B
4. A
5. C
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2017
129
8. A
9. C
10. B
11. B
Kunci Jawaban KP 5
JAWABAN
1. C
2. B
3. A
4. A
5. B
6. A
7. D
8. D
9. D
10. A

Komentar

  1. Jawabannya kok bikin saya bingung ya yang nmr 10 jawabannya apa ya

    BalasHapus
  2. Saya juga bingung dengan jawabannya, jawaban nomernya tidak urut 1 sampai 25 gitu ya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP