Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4 sampai 5 tahun


PENCAPAIAN  PERKEMBANGAN ANAK USIA  4-5 TAHUN
NILAI AGAMA DAN MORAL






FISIK MOTORIK
A.Motorik kasar






1.   Mengetahui agama yang dianutnya.
2.   Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3.   Mengucapkan doa sebelum dan/ atau sesudah melakukan sesuatu
4.   Mengenal perilaku baik/ sopan dan  buruk
5.   Membiasakan diri berperilaku baik
6.   Mengucap salam dan membalas salam

1.    Menirukan gerakan binatang, pohon yang tertiup angin , pesawat terbang, dsb
2.    Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
3.    Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.    Melempar sesuatu secara terarah
5.    Menangkap sesuatu secara tepat
6.    Melakukan gerakan antisipasi
7.    Menendang sesuatu secra terarah
8.    Memanfaatkan alat permainan diluar kelas
FISIK MOTORIK
B.Motorik halus










C.Kesehatan dan perilaku keselamatan








III KOGNITIF
A,Belaajar pemecahan masalah








1. Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miringkiri/kanan, dan lingkaran
2. Menjiplak bentuk
3. Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4. Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media 
5. Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6. Mengontrol gerakan tangan yang menggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
1. Berat badan sesuai tingkat usia
2. Tinggi badan sesuai tingkat usia
3. Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4. Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5. Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6. Memahami berbagai alam bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7. Mengenal rambu lalu lintas yang ada di jalan

1. Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
2. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial
 3. Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4. Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan
B.Berpikir Logis










c. Berpikir Simbolik

1. Mengklasifikasikan benda bersdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2. Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
 3. Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
4. Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
5. Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna

1.    Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
2.    Mengenal konsep bilangan
3.    Mengenal lambang bilangan
4.    Mengenal lambang huruf
IV
BERBAHA
SA
A.Memahami Bahasa






B.Mengungkapkan Bahasa












C.Keaksaraan










1. Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2. Mengerti dua perintah yang diberikan secara bersamaan
 3. Memahami cerita yang dibacakan
4. Mengenal pembendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek,dsb)
5. mendengarkan dan membedakan bunyi-bunyian dalam Bahasa Indonesia (contoh,bunyi, dan ucapan harus sama).

1. Mengulang kalimat sederhana
2. Bertanya dengan kalimat yang benar
3. Menjawab pertanyaan sesuai dengan pertanyaan
4. Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek,dsb)
5. Menyebutkan kata-kata yang dikenal
6. Mengutarakan pendapat kepada orang lain
7. Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diingkan atau ketidaksetujuan
8. menceritakan kembali cerita atau dongeng yang pernah didengar
9. Memperkaya pembendaharaan kata
10. Berpartisipasi dalam percakapan

1. Mengenal simbol-simbol
2. Mengenal suara-suara hewan/ benda yang berada disekitarnya
3. Membuat coretan yang bermakna
4. Meniru (menuliskan dan mengucapkan ) A-Z


Sosial emosional
A.Kesadaran diri





B. Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain






C. Perilaku Prososial

1. Menunjukan sifat mandiri dalam memilih kegiatan
2. Mengendalikan perasaan
3. menunjukan rasa percaya diri
4. memahami peraturan dan disiplin
5. memiliki sifat gigih (tidak mudah menyerah)
6. Bangga terhadap hasil karya mandiri

1. Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
2. menghargai keunggulan orang lain
3. Mau berbagi, menolong, dan membantu teman





1. Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2. Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3. Menghargai orang lain
4. Menunjukkan rasa empat

VI. Seni
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara




BTertarik dengan kegiatan seni


1. Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2. Memainkan alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur



1. Memilih jenis lagu yang disukai
2. Bernyannyi sendiri
3. Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4. Membedakan peran fantasi dan kenyataan
5. menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6. Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7. Menggambarkan objek di sekitarnya
8. Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. Dengan plastisin, tanah liat)
9. Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh,anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10. Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

CONTOH SOP PENUTUP