Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4 sampai 5 tahun
PENCAPAIAN
PERKEMBANGAN
ANAK USIA 4-5 TAHUN
|
|
NILAI AGAMA DAN MORAL
FISIK MOTORIK
A.Motorik kasar
|
1. Mengetahui agama yang dianutnya.
2. Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3. Mengucapkan doa sebelum dan/ atau sesudah melakukan sesuatu
4. Mengenal perilaku baik/ sopan dan buruk
5. Membiasakan diri berperilaku baik
6. Mengucap salam dan membalas salam
1. Menirukan gerakan binatang, pohon yang tertiup angin ,
pesawat terbang, dsb
2. Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
3. Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara
terkoordinasi
4. Melempar sesuatu secara terarah
5. Menangkap sesuatu secara tepat
6. Melakukan gerakan antisipasi
7. Menendang sesuatu secra terarah
8. Memanfaatkan alat permainan diluar kelas
|
FISIK MOTORIK
B.Motorik halus
C.Kesehatan dan perilaku keselamatan
III KOGNITIF
A,Belaajar pemecahan masalah
|
1. Membuat
garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/ kanan, miringkiri/kanan, dan
lingkaran
2.
Menjiplak bentuk
3.
Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4. Melakukan
gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan
berbagai media
5.
Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6. Mengontrol
gerakan tangan yang menggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek,
mengepal, memelintir, memilin, memeras)
1. Berat
badan sesuai tingkat usia
2. Tinggi
badan sesuai tingkat usia
3. Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4. Lingkar
kepala sesuai tingkat usia
5.
Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6. Memahami
berbagai alam bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7. Mengenal
rambu lalu lintas yang ada di jalan
1.
Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa
yang terjadi ketika air ditumpahkan)
2. Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan
diterima sosial
3. Menerapkan pengetahuan atau pengalaman
dalam konteks yang baru
4.
Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar
kebiasaan
|
B.Berpikir Logis
c. Berpikir Simbolik
|
1.
Mengklasifikasikan benda bersdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2. Mengenal
gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3. Mengklasifikasikan benda ke dalam
kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
4. Mengenal
pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
5.
Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
1. Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
2. Mengenal konsep bilangan
3. Mengenal lambang bilangan
4. Mengenal lambang huruf
|
IV
BERBAHA
SA
A.Memahami Bahasa
B.Mengungkapkan
Bahasa
C.Keaksaraan
|
1. Menyimak
perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2. Mengerti
dua perintah yang diberikan secara bersamaan
3. Memahami cerita yang dibacakan
4. Mengenal
pembendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek,dsb)
5.
mendengarkan dan membedakan bunyi-bunyian dalam Bahasa Indonesia
(contoh,bunyi, dan ucapan harus sama).
1. Mengulang
kalimat sederhana
2. Bertanya
dengan kalimat yang benar
3. Menjawab
pertanyaan sesuai dengan pertanyaan
4.
Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik
hati, berani, baik, jelek,dsb)
5.
Menyebutkan kata-kata yang dikenal
6.
Mengutarakan pendapat kepada orang lain
7. Menyatakan
alasan terhadap sesuatu yang diingkan atau ketidaksetujuan
8.
menceritakan kembali cerita atau dongeng yang pernah didengar
9. Memperkaya
pembendaharaan kata
10.
Berpartisipasi dalam percakapan
1. Mengenal simbol-simbol
2. Mengenal
suara-suara hewan/ benda yang berada disekitarnya
3. Membuat coretan yang bermakna
4. Meniru
(menuliskan dan mengucapkan ) A-Z
|
Sosial emosional
A.Kesadaran diri
B.
Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
C. Perilaku Prososial
|
1. Menunjukan
sifat mandiri dalam memilih kegiatan
2.
Mengendalikan perasaan
3. menunjukan
rasa percaya diri
4. memahami
peraturan dan disiplin
5. memiliki
sifat gigih (tidak mudah menyerah)
6. Bangga
terhadap hasil karya mandiri
1. Menjaga
diri sendiri dari lingkungannya
2. menghargai
keunggulan orang lain
3. Mau
berbagi, menolong, dan membantu teman
1. Menunjukan
antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2. Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.
Menghargai orang lain
4.
Menunjukkan rasa empat
|
VI.
Seni
A.
Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
BTertarik
dengan kegiatan seni
|
1. Senang
mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2. Memainkan
alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
1. Memilih
jenis lagu yang disukai
2.
Bernyannyi sendiri
3.
Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4. Membedakan
peran fantasi dan kenyataan
5.
menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu
cerita
6.
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7.
Menggambarkan objek di sekitarnya
8. Membentuk
berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. Dengan plastisin, tanah liat)
9.
Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama
(contoh,anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10.
Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai.
|
Ada file fdfnya bunda
BalasHapus