Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak usia 4 sampai 6 tahun (Permendikbud 137 tahun 2014)

Lingkup
Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Usia 4 – 5 tahun
Usia 5 – 6 tahun
B. Mengungkapkan Bahasa
1.        Mengulang kalimat sederhana
2.        Bertanya dengan kalimat yang benar
3.        Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
4.        Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.        Menyebutkan kata-kata yang dikenal
6.        Mengutarakan pendapat kepada orang lain
7.        Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.        Menceritakan kembali cerita / dongeng yang pernah didengar
9.        Memperkaya perbendaharaan kata
10.    Berpartisipasi dalam percakapan
1.        Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
2.       Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.       Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.       Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5.       Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
6.       Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.       Menunjukkan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita

C. Keaksaraan
1.        Mengenal simbol-simbol
2.        Mengenal suara-suara hewan/benda yang ada disekitarnya
3.        Membuat coretan yang bermakna
4.        Meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z

1.          Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
2.          Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3.          Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
4.          Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.          Membaca nama sendiri
6.          Menuliskan nama sendiri
7.          Memahami arti kata dalam cerita


Lingkup
Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Usia 4 – 5 tahun
Usia 5 – 6 tahun
V. Sosial-emosional
A. Kesadaran Diri

1.    Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2.    Mengendalikan perasaan
3.    Menunjukkan rasa percaya diri
4.    Memahami peraturan dan disiplin
5.    Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6.    Bangga terhadap hasil karya sendiri

1.    Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.    Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang tepat)
3.    Mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar)

B.  Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain


1.    Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
2.    Menghargai keunggulan orang lain
3.    Mau berbagi, menolong, dan membantu teman

1.    Tahu akan haknya
2.    Mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.    Mengatur diri sendiri
4.    Bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri


C.  Perilaku Prososial

1.    Menunjukkan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2.    Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.    Menghargai orang lain
4.    Menunjukkan rasa empati


1.    Bermain dengan teman sebaya
2.    Mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar
3.    Berbagi dengan orang lain
4.    Menghargai hak/pendapat/karya orang lain
5.    Menggunakan cara yang diterima secara social dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah)

Lingkup
Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Usia 4 – 5 tahun
Usia 5 – 6 tahun





6.    Bersikap kooperatif dengan teman
7.    Menunjukkan sikap toleran
8.    Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
9.    Mengenal tata karma dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat


VI. Seni
A.    Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara



1.        Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.        Memainkan alat musik/instrument/benda yang dapat membentuk irama yang teratur








1.       Anak bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.       Memainkan alat musik/instrument/benda bersama teman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP