Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak usia 4 sampai 6 tahun (Permendikbud 137 tahun 2014)
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak
|
|
Usia 4 – 5
tahun
|
Usia 5 – 6
tahun
|
|
B.
Mengungkapkan Bahasa
|
1.
Mengulang kalimat
sederhana
2.
Bertanya dengan
kalimat yang benar
3.
Menjawab pertanyaan
sesuai pertanyaan
4.
Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
5.
Menyebutkan kata-kata
yang dikenal
6.
Mengutarakan pendapat
kepada orang lain
7.
Menyatakan alasan
terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.
Menceritakan kembali
cerita / dongeng yang pernah didengar
9.
Memperkaya
perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi
dalam percakapan
|
1.
Menjawab pertanyaan
yang lebih kompleks
2. Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3. Berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol
untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4. Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5. Memiliki
lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
6. Melanjutkan
sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7. Menunjukkan
pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
|
C. Keaksaraan
|
1.
Mengenal simbol-simbol
2.
Mengenal suara-suara
hewan/benda yang ada disekitarnya
3.
Membuat coretan yang
bermakna
4.
Meniru (menuliskan
dan mengucapkan) huruf A-Z
|
1.
Menyebutkan simbol-simbol
huruf yang dikenal
2.
Mengenal suara huruf
awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3.
Menyebutkan kelompok
gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
4.
Memahami hubungan
antara bunyi dan bentuk huruf
5.
Membaca nama sendiri
6.
Menuliskan nama
sendiri
7.
Memahami arti kata
dalam cerita
|
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak
|
|
Usia 4 – 5
tahun
|
Usia 5 – 6
tahun
|
|
V.
Sosial-emosional
A.
Kesadaran Diri
|
1. Menunjukkan
sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2. Mengendalikan
perasaan
3. Menunjukkan
rasa percaya diri
4. Memahami
peraturan dan disiplin
5. Memiliki
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6. Bangga
terhadap hasil karya sendiri
|
1. Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2. Memperlihatkan
kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada
orang dewasa yang tepat)
3. Mengenal
perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
wajar)
|
B. Rasa
tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
|
1. Menjaga
diri sendiri dari lingkungannya
2. Menghargai
keunggulan orang lain
3. Mau
berbagi, menolong, dan membantu teman
|
1. Tahu
akan haknya
2. Mentaati
aturan kelas (kegiatan, aturan)
3. Mengatur
diri sendiri
4. Bertanggung
jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
|
C. Perilaku
Prososial
|
1. Menunjukkan
antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2. Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3. Menghargai
orang lain
4. Menunjukkan
rasa empati
|
1. Bermain
dengan teman sebaya
2. Mengetahui
perasaan temannya dan merespon secara wajar
3. Berbagi
dengan orang lain
4. Menghargai
hak/pendapat/karya orang lain
5. Menggunakan
cara yang diterima secara social dalam menyelesaikan masalah (menggunakan
fikiran untuk menyelesaikan masalah)
|
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak
|
|
Usia 4 – 5
tahun
|
Usia 5 – 6
tahun
|
|
6. Bersikap
kooperatif dengan teman
7. Menunjukkan
sikap toleran
8. Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
9. Mengenal
tata karma dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
|
||
VI.
Seni
A.
Anak mampu menikmati
berbagai alunan lagu atau suara
|
1.
Senang mendengarkan
berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.
Memainkan alat
musik/instrument/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
|
1.
Anak bersenandung
atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.
Memainkan alat
musik/instrument/benda bersama teman
|

Komentar
Posting Komentar