CONTOH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENGELOLAAN KELAS PAUD/TK

KB/SPS/TK.........................
Alamat :.......................................................
Email: .................................................
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD
SOP PENGELOLAAN KELAS

NAMA LEMBAGA

KODE DOK.
SOP/PROS-005
UNIT PROGRAM

STANDAR
PROSES
TGL. DISAHKAN

TGL.REVISI
 -

1
JUDUL
SOP PENGELOLAAN KELAS
2


3
TUJUAN


MANFAAT
Kegiatan bermain dapat berlangsung dengan teratur dan         efektif sesuai tujuan.
.
Anak mengembangkan kemampuan sesuai tujuan kegiatan pembelajaran
4
REFERENSI
Ø  Permendikbud No. 146 tahun 2014,Permendikbud No.137 Tahun 2014
Ø  Visi, Misi, danTujuan Lembaga, RPPH
5
PIHAK-PIHAK TERKAIT
Guru
6
DOKUMEN
Catatan Perkembangan Anak
7
PROSEDUR KERJA
1.      Guru/pendidik menyiapkan lingkungan bermain yang aman, nyaman dan tersedia APE yang mendukung.
2.      Guru/pendidik mengawali kegiatan dengan mengucap salam, menyapa dan menanyakan kabar anak hari ini.
3.      Guru/pendidik memberikan pijakan tentang tema hari ini dengan membacakan buku/menggunakan APE sesuai kebutuhan.
4.      Guru/pendidik mendorong anak untuk aktif mendiskusikan tema yang sedang dibahas.
5.      Guru/pendidik mengajak anak mendiskusikan dan menyepakati aturan bersama.
6.      Anak melakukan kegiatan bermain sesuai minat.
7.      Guru/pendidik melakukan observasi (pengamatan) dan membuat dokumentasi atau catatan tentang perkembangan anak.
8.      Guru/pendidik mendorong anak untuk membereskan alat permainan sesuai perkembangan anak. Hal ini dilakukan untuk melatih kemandirian, disiplin dan menenamkan rasa tanggung jawab.
9.      Anak didorong untuk memberikan unjuk kerja, bisa dalam bentuk gambar, tulisan, bercerita menggunakan hasil karyanya atau recalling (menceritakan kembali pengalaman bermainnya).
Kepala Sekolah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP