CONTOH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENGELOLAAN KELAS PAUD/TK
KB/SPS/TK.........................
Alamat :.......................................................
Email: .................................................
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PAUD
SOP PENGELOLAAN KELAS
NAMA LEMBAGA
|
KODE DOK.
|
SOP/PROS-005
|
|||
UNIT PROGRAM
|
STANDAR
|
PROSES
|
|||
TGL. DISAHKAN
|
TGL.REVISI
|
-
|
|||
1
|
JUDUL
|
SOP PENGELOLAAN KELAS
|
|||
2
3
|
TUJUAN
MANFAAT
|
Kegiatan bermain dapat berlangsung dengan teratur
dan efektif sesuai tujuan.
.
Anak mengembangkan kemampuan
sesuai tujuan kegiatan pembelajaran
|
|||
4
|
REFERENSI
|
Ø Permendikbud
No. 146 tahun 2014,Permendikbud No.137 Tahun 2014
Ø Visi,
Misi, danTujuan Lembaga, RPPH
|
|||
5
|
PIHAK-PIHAK TERKAIT
|
Guru
|
|||
6
|
DOKUMEN
|
Catatan Perkembangan Anak
|
|||
7
|
PROSEDUR KERJA
|
1. Guru/pendidik
menyiapkan lingkungan bermain yang aman, nyaman dan tersedia APE yang
mendukung.
2. Guru/pendidik
mengawali kegiatan dengan mengucap salam, menyapa dan
menanyakan kabar anak hari ini.
3. Guru/pendidik
memberikan pijakan tentang tema hari ini dengan membacakan buku/menggunakan
APE sesuai kebutuhan.
4. Guru/pendidik
mendorong anak untuk aktif mendiskusikan tema yang sedang dibahas.
5. Guru/pendidik
mengajak anak mendiskusikan dan menyepakati aturan bersama.
6. Anak
melakukan kegiatan bermain sesuai minat.
7. Guru/pendidik
melakukan observasi (pengamatan) dan membuat dokumentasi atau catatan tentang
perkembangan anak.
8. Guru/pendidik
mendorong anak untuk membereskan alat permainan
sesuai perkembangan anak. Hal ini dilakukan untuk melatih kemandirian,
disiplin dan menenamkan rasa tanggung jawab.
9. Anak
didorong untuk memberikan unjuk kerja, bisa dalam bentuk gambar, tulisan,
bercerita menggunakan hasil karyanya atau recalling (menceritakan
kembali pengalaman bermainnya).
|
|||
Kepala Sekolah
Komentar
Posting Komentar