, RPPM, KEL B MG 1-17




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN

TK ...............................................................................
Semester/Bulan/ Minggu               : I/Juli/ Minggu ke 1
Tema                                                  : Diriku
Sub Tema                                          : Tubuhku
Sub-Sub Tema                                 :  Bagian Tubuh
Kelompok/ Usia                   :              TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD
MATERI
                TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM 1.1
NAM 2.13
FM 3.3
FM 4.3
KOG 2.2
KOG 3.7
KOG 4.7
SOSEM 2.5
SOSEM 2.8
BHS 3.10
BHS 4.10
SN 3.15
SN 4.15
1.Tubuhku ciptaan Tuhan
2.Prilaku jujur
3.Mengenal Anggota Tubuh
4.Menggunakan Anggota Tubuh
5.Sikap ingin tahu
6.Mengenal lingkungan sosial
7.Membuat berbagai karya
8.Sikap percaya diri
9.Sikap mandiri
10.Memahami bahasa reseptif
11.Mampu berbahasa reseptif
12.Mengenal berbagai karya seni
13.Menunjukkan karya seni
1.Anak terbiasa memelihara tubuh sebagai ciptaan Tuhan
2.Anak terbiasa berrilaku jujur
3.Anak dapat mengenal Anggota Tubuh
4.Anak dapat menggunakan Anggota Tubuh
5.Anakmemiliki sikap ingin tahu
6.Anak mengenal lingkungan sosial
7.Anak dapat membuat berbagai karya
8.Anak terbiasa  percaya diri
9.Anak terbiasa  mandiri
10.Anak dapat memahami bahasa reseptif
11.Anak mampu berbahasa reseptif
12.Anak mengenal berbagai karya seni
13.Anak menunjukkan karya seni
Hari ke1
1.Melipat bentuk bingkai
2. Mencocok gambar orang
3.Mewarnai gambar orang
4.Menghitung jumlah anggota tubuh
Hari ke2
1.Menggunting gambar anggota tubuh
2, Membentuk orang dari plastisin
3..Memasangkan gambar anggota tubuh dengan fungsinya
4..Menjiplak jari tangan dengan spidol
Harike 3
1.Kolase gambar jari tangan dari potongan kertas
3.Mengelompokkan gambar panca indra dengan gambar anggota tubuh lainnya
4PL Meraba benda kasar dan halus
Hari ke 4
1..Menebalkan huruf membentuk kalimat “Menggosok gigi”
2..Mengurutkan cerita gambar seri”Bangun tidur”
3..Memberi tanda V pada gambar anak
yang rajin gosok gigi dengan anak yang sakit gigi
4 .membut karya dengan playdough
Hari ke 5
1 .Membuat bentuk sandal dari kardus
2.. Menjahit bentuk sandal
3. .Maze gambar orang ke sandal
 4. Menggambar sandal
Hari ke 6
1. Melukis dengan jari
2. .Mengelompokkan benda yang    manis dengan gambar anggota tubuh lainnya
3. . Mengelompokkan kasar halus
4. .Menggambar bebas


                Kepala Sekolah  
                                                                                                                                Guru Kelompok TK
  


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ...............................................................................

Semester/Bulan/ Minggu                   : I/Juli/ Minggu ke 2
Tema                                                     : Diriku
Sub Tema                                             : Identitasku
Sub-Sub Tema                                     : Memperkenalkan Diri
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi Pembelajaran                       

KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM 3.2
NAM 4.2
FM 2.1
FM 4.3
KOG 2.3
KOG 3.6
KOG 4.6
SOSEM 2.7
SOSEM 2.9
BHS 2.14
BHS 3.10
BHS 4.10
SN 3.15
SN 4.15
1.Berprilaku baik
2.Menunjukkan prilaku baik
3.Prilaku hidup sehat
4.Menggunakan anggota tubuh
5. Sikap kreatif
6. Mengenal benda – benda disekitarnya
7 Menyampaikan tentang benda – benda yang disekitarnya
8. Bersikap sabar
9.Peduli dengan lingkungan
10.Sikap rendah hati dan santun
11.Memahami bahasa reseptif
12.Menunjukkan kemampuan bahasa reseptif
13.Mengenal berbagai karya seni
14.Menunjukkan karya seni
1.Anak terbiasa berprilaku baik
2Anak .menunjukkan prilaku baik
3.Anak terbiasa berpilaku hidup sehat
4.Anak dapat menggunakan anggota tubuh
5. Anak terbiasa  kreatif
6. Anak dapat mengenal benda – benda disekitarnya
7 Anak dapat menyampaikan tentang benda – benda yang disekitarnya
8. Anak terbiasa bersikap sabar
9.Peduli dengan lingkungan
10.Anak terbiasa  rendah hati dan santun
11.Anak dapat memahami bahasa reseptif
12.Anak dapat menunjukkan kemampuan bahasa reseptif
13.Anak terbiasa mengenal berbagai karya seni
14.Anak dapat menunjukkan karya seni
Hari ke 1
1.Menuliskan nama panggilan dirinya
2. Mengelompokkan gambar anak yang mempunyai ciri tertentu
3.Melengapi gambar anak laki-laki dan perempuan
4.Mengurutkan gambar anak dari yang
kurus ke yang gemuk dengan angka
Hari ke 2
1.Mazze baju anak yang gemuk
2 Mewarnai gambar anak yang gemuk
3.Mencocok bentuk pita rambut
4 Menggunting bentuk lingkaran
Hari ke 3
1.Menurutkan pola A B C bentuk kalung
2 .Menggambar rumah
3.Mozaik gambar rumah dengan daun kering
4.Mengarsir gambar genting rumah
Hari ke 4
1 .Mengecap bentuk rok dengan pelepah pisang
2..Menjahit bentuk rok
3. Menghitung gambar baju dan rok 1-15
4. .Meronce kalung dari sedotan
Hari ke 5
1. Meniru tulisan papa mama
2..Menempel gambar kaca mata pada gambar wajah
3. Menjahitbentuk baju
4. Mencocokbaju

Hari ke 6
1.Mazze baju pesta
2 Mewarnai gambar anakmemakai baju pesta
3.Mencocok bentuk baju
4.Menggunting bebas


                Kepala Sekolah                                                                   guru kellompok



                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK..........................................
Semester/Bulan/ Minggu                   : 1; Agustus/ Minggu ke 3
Tema                                                     : Diriku
Sub Tema                                             : Kesukaanku
Sub-Sub Tema                                     : Mainan dan makanan
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
StrategiPembelajaran                         :
KD
MATERI
     TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM 3.1
NAM 4.1
FM 3.4
FM 4.4
KOG 3.5
KOG 4.5
SOSEM 2.6
SOSEM 2.10
BHS 3.11
BHS 4.11
SN 3.15
SN 4.15
1.Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
2.Melakukan kegiatan beribadah
3.Mengetahui cara hidup sehat
4.Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
5. Berprilaku kreatif
6. Menyelesaikan masalah secara kreatif
7.Melatih kedisiplinan
8.Sikap kerjasama
9.Memahami bahasa ekspresif
10.Berbahasa ekspresif
11.Mengenal berbagai karya seni
12.Menunjukkan karya seni
1.Anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
2.Anak terbiasa melakukan kegiatan beribadah
3.Mengetahui cara hidup sehat
4.Anak mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
5. Anak dapat berperilaku kreatif
6. Anak mampu menyelesaikan masalah secara kreatif
7. Anak mampu melatih kedisiplinan
8.Anak memiliki sikap kerjasama
9.Anak dapat memahami bahasa ekspresif
10.Anak mampu berbahasa ekspresif
11.Anak mengenal berbagai karya seni
12. Anak menunjukkan karya seni
Hari ke 1
1.       Mewarnai gambar roti
2.       Mencocok gambar roti
3.       Menabur meses pada roti tawar
4.       Menjemur suku kata
Hari 2
1. Menggunting gambar boneka
2. MMM baju boneka
3. Mencampur warna dasar menjadi warna baru
4. Menjiplak gambar boneka
Hari ke 3
1. Membentuk donat adonan yang disediakan guru
2. Mewarnai gambar donat
3. Kolase gambar donat dengan ampas kelapa
4. Menghias kue donat dengan meses
Hari ke 4
1.  Memasangkan benda
2. Mengurutkan cerita gambar seri”ibu membuat roti”
3. Mengelompokkan makanan yang manis dan asin
4,. Menghias tempat roti
Hari ke 5
1. Mengelompokkan gambao bola
2. Membuat bola dari tas plastik
3.  Membuat bola dari kertas
4. Membuat tempat bola dari kardus
Hari ke 6
1. Membuat gangsing dari “BLULUK”
2. Membuat sendok mainan dari kulit “Bluluk”
3. Memnjemur suku kata
4. Mengelompokkan “Bluluk” sesuai ukuran

                                                                                                                               
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelompok

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN


Semester/Bulan/ Minggu                   : I/Agustus/ Minggu ke 4
Tema                                                     : Diriku
Sub Tema                                             : Keluargaku
Sub-Sub Tema                                     : Keluargaku
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM 3.2
NAM 4.2
FM 3.3
FM 4.3
KOG 3.9
KOG 4.9
SOSEM 2.8
SOSEM 2.9
BHS 2.14
BHS 3.10
BHS 4.10
SN 3.15
SN 4.15
1.Berprilaku baik
2.Menunjukkan prilaku baik
3.Mengenal anggota tubuh
4.Menggunakan anggota tubuh
5.Mengenal tekhnologi
6.Menggunakan tekhnologi
7.Perilaku mandiri
8.Prilaku sikap peduli
9. Prilaku rendah hati dan santun
10.Memahami bahasa reseptif
11.Berbahasa reseptif
12.Mengenal berbagai karya seni
13. Menunjukkan karya seni
1.Anak mampu berprilaku baik
2. Anak menunjukkan prilaku baik
3. Anak mengenal anggota tubuh
4. Anak mampu menggunakan anggota tubuh
5.Anak mengenal tekhnologi
6.Anak mampu menggunakan tekhnologi
7.Anak memiliki perilaku mandiri
8.Anak memiliki prilaku sikap peduli
9. Anak memiliki prilaku rendah hati dan santun
10. Anak mampu  memahami bahasa reseptif
11. Anak mampu berbahasa reseptif
12. Anak mengenal berbagai karya seni
13. Anak dapat menunjukkan karya seni
Hari ke 1
1.       Menggambar ayah dan ibu
2.       Mencocok gambar dasi
3.       Mazze ayah pergi ke kantor
4.       Melipat kertas bentuk baju
Hari ke 2
1. Menulis bahasa jawa rama-ibu
2. Mengelompokkan gambar peralatan dapur dengan gambar yang lain
3. Memasangkan gambar sesuai fungsinya
4.Mencocok gambarbaju bapak
Hari ke 3
1. Mengurutkan anggota keluarga dari yang muda ke yang tua
2, Mengarsir huruf B pada gambar berprilaku baik dan S pada gambar berprilaku kurang baik
3, Menganyam bentuk tikar dari daun pisang secara sederhana
4, Mengecap bentuk bunga dengan pelepah pepaya
Hari ke 4
1. Menggunting gambar selendang nenek
2. Menunjukkan waktu
3. Memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya
4. Finger painting bebas
Hari ke 5
1. Menjahit bentuk baju
2. Maze gambar orang mencari baju
3. Melipat baju
4. Memilah baju kesukaan lalu menggambarnya
Hari ke 6
1. Membuat bingkai foto dari jerami
2. Membuat kamar ibu dari balok
3. Menyiapkan makanan kesukaan bapak, lalu menulisnya
4. Memasangkan benda



                                                                                                               
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

Semester/Bulan/Minggu                    : I/ Agustus/Minggu ke 5
Tema                                                     : Kebutuhanku
Sub tema                                               : Makanan
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD

MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM: 1.1,
           3.1, 4.1
FM:  3.4, 4.4
         3.6, 4.6
BHS: 3.10, 4.10
         3.11, 4.11
         3.12, 4.12
SOSEM: 2.6,2.7,    2.8,2.9,
SENI: 2.4,
3.15, 4.15
1. Beras ciptaan tuhan
2. Doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3. Kebiasaan mencuci tangan
4. Makanan empat sehat lima sempurna
5. Mengelompokkan makanan berdasarkan jenis
6. Aku suka mendengarkan cerita
7. Bercerita tentang makanan kesukaanku
8. Terbiasa makan dengan tertib
9. Sabar menunggu giliran
10. Berbagi dengan teman
11. Aku senang keindahan
12. Menyanyi empat sehat lima sempurna
1. Anak mengenal beras ciptaan tuhan
2. Anak terbiasa doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3. Anak memiliki kebiasaan mencuci tangan
4. Anak mengenal makanan empat sehat lima sempurna
5. Anak mampu mengelompokkan  makanan berdasarkan jenis
6. Aku suka mendengarkan cerita
7. Anak dapat bercerita tentang makanan kesukaanku
8. Anak terbiasa makan dengan tertib
9. Anak sabar menunggu giliran
10. Anak terbiasa berbagi dengan teman
11. Aku senang keindahan
12. Anak mampu menyanyi empat sehat lima sempurna
Hari ke 1
1.       Menggambar  dengan obyek buah-buahan
2.       Menggunting  buah mangga
3.       Kolase gambar buah pepaya dengan Potongan kertas warna
4.       Mengelompokkan makanan sesuai jenisnya ( lauk, sayur, buah )
Hari ke 2
1. Menyusun puzzle kue ulang tahun
2. Maze  ibu menuju  kebun untuk memetik sayur
3. Menghitung gambar  sesuai jumlah gambar dan menuliskan angkanya
4. Memberi tanda = dan ≠ pada dua kelompok gambar
Hari ke 3
1. Memasangkan gambar benda sesuai dengan pasangannya
2. Mencocok gambar alat makan
3. Mewarnai gambar sayuran
4. Mencap dengan berbagai media
Hari ke 5
1. Pesan berantai
2. Menyusun kartu huruf sesuai gambar
3. Menghubungkan tulisan dengan gambar
4. Menghubungkan kata yang mempunyai suku awal yang sama
Hari ke 6
1. Memetik bayam
2. Menyiapkan mangkok dan sendok
3. Menyiapkan air untuk mencuci bayam
4. Makan sayur bayam buatan bu guru

                                                                               
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas

               





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

Semester/Bulan/Minggu                    : I/ Agustus/Minggu ke 6
Tema                                                     : Kebutuhanku
Sub tema                                               : Pakaian
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN

NAM: 1.1, 1.2,3.1, 4.1
FM: 3.4, 4.4
KOG: 2.3, 3.6, 4.6
BHS.: 3.10, 4.10, 3.11, 4.11,
3.12, 4.12
SOSEM: 2.5,   2.8,2.12,
SENI: 2.4,
3.15, 4.15
1. Ciptaan Tuhan dan buatan manusia
2. Doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3. Berpakaian sopan
4. Pemanfaatan bahan bekas
5. Pengelompokan pakaian
6. Bertanya  tentang sesuatu setelah mendengar cerita dari guru
7. Bercerita Gambar seri
8. Bermain kartu hufuf
9. Peragaan pakaian
10. Mandiri
11. Aku suka jujur
12. Aku senang keindahan
13. Aku senang berkarya
1. Anak mengenal ciptaan Tuhan dan buatan manusia
2. Anak terbiasa doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3. Anak berpakaian sopan
4. Anak dapat pemanfaatan bahan bekas
5. Pengelompokan pakaian
6. Anak terbiasa bertanya  tentang sesuatu setelah mendengar cerita dari guru
7. Anak dapat bercerita Gambar seri
8. Anak mampu bermain kartu hufuf
9. Peragaan pakaian
10. Anak bersikap mandiri
11. Aku suka jujur
12. Aku senang keindahan
13. Aku senang berkarya
Hari ke 1
1.       Melipat kertas bentuk baju
2.       Mencocok bentuk gambar baju pesta
3.       Menjahit gambar macam-macam pakaian
4.       Meronce kalung dari tutup botol
Hari ke 2
1 Mencap pada gambar baju dengan  pelepah pepaya
2. Menggunting sesuai dengan pola pakaian
3. Menghitung  gambar  pakaian sesuai jumlah gambar dan menuliskan angkanya
4. Memberi tanda < dan  > pada dua kelompok gambar
Hari ke 3
1.Memasangkan gambar benda sesuai dengan pasangannya
2.Mengelompokkan gambar pakaian sesuai jenisnya
3.Mengurutkan 3 pola gambar pakaian
4.Mengurutkan gambar pakaian dari yang terkecil  sampai yang terbesar dengan memberi angka
Hari ke 4
1. Melakukan 3-5 perintah yang diberikan secara berurutan
2. Menyusun kartu huruf sesuai gambar
3. Menceriterakan gerak pantomin kedalam bahasa lisan
4. Menghubungkan kata yang mempunyai suku akhir  yang sama
Hari ke 5
1. Meniru menulis kata sesuai gambar
2. Mengurutkan dan menceritakan gambar seri proses pembuatan baju
3. Menjahit bentuk baju
4. Memilah baju sesuai bentuk dan ukuran
Hari ke 6
1. Bermain balok membuat toko pakaian
2. Membuat almari pakaian dari kardus
3. Memasukkan pakaian kedalam wadah dengan jumlah sesuai ketentuan guru
Menggambar baju kesukaan dan diberi nama
                                                                                               
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas

               




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

Semester/Bulan/Minggu                    : I/ September Minggu ke 7
Tema                                                     : Kebutuhanku
Sub tema                                               : Kebersihan dan kesehatan
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD

MATERI PEMBELAJARAN
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM:
,3.1, 4.1
FM: 3.3, 4.3
KOG: 3.6, 4.6
BHS.: 3.10, 4.10, 3.11, 4.11,
3.12, 4.12
SOSEM: 3.14, 4.14
SENI: 2.4,
3.15, 4.15
1. Doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2. Kebersihan diri
3. Pengelompokan alat kebersihan
4. Bercerita kegiatan yang biasa dilakukan di pagi hari
5. Bercerita tentang gambar
6. Bermain kartu hufuf
7. Peragaan gosok gigi
8. Mandiri
9. Hidup sehat
10. Aku senang berkarya
1. Anak terbiasa doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2. Anak terbiasa kebersihan diri
3. Anak mampu pengelompokan alat kebersihan
4. Anak mampu bercerita kegiatan yang biasa dilakukan di pagi hari
5. Anak dapat bercerita tentang gambar
6. Anak dapat bermain kartu hufuf
7. Peragaan gosok gigi
8. Anak terbiasa mandiri
9. Anak terbiasa hidup sehat
10. Aku senang berkarya
Hari ke 1
1.       Menggambar alat kebersihan
2.       Menjiplak  keranjang sampah
3.       Membentuk dengan plastisin
4.       Mencipta bentuk gerobak sampah dari bungkus sabun
Hari ke 2
1. Melukis dengan gelembung
2. Melipat kertas bentuk keranjang sampah
3. Menghitung  gambar  pakaian sesuai jumlah gambar dan menuliskan angkanya
4. . Memberi tanda < dan  > pada dua kelompok gambar
Hari ke 3
1.Memasangkan gambar benda sesuai dengan pasangannya
2. Mengelompokkan gambar alat kebersihan 
3. Mengurutkan 3 pola gambar pakaian
4. Menyebutkan hasil penjumlahan 2 kelompok benda
Hari ke 4
1. Menirukan 4-5 urutan kata
2. Menyusun kartu huruf sesuai gambar
3. Menceriterakan gerak pantomin kedalam bahasa lisan
4. Melengkapi suku kata yang hilang
Hari ke 5
1. Meniru menulis kata sesuai gambar
2.. Menceritakan gambar buatan sendiri
3. Memasangkan benda
4. Membuat sapu lidi
Hari ke 6
1. Bermain balok membuat puskesmas
2. Meronce manik manik dengan seriasi
3. Membuat maianan dari playdough
4. Mencampur warna
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas


               



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK .......................................

Semester/Bulan/ Minggu                  : I/September / Minggu ke 8
Tema                                                     :  Lingkunganku
Sub Tema                                             :  Rumah
Sub-Sub Tema                                     : Bagian-bagian rumah, Manfaat
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM : 1.2
FISMOT : 3,4, 4.4
KOG : 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,3.9, 4.9
BHS : 3.10, 4.10, 3.12, 4.12
SOSEM : 2.6, 2.9,
SENI : 3.15, 4.15
1. Terbiasa merawat kebersihan rumah
2. Menjaga keamanan rumah
3. Mengatasi masalah yang terjadi di rumah
4. Mengenal bentuk geometri
5. Menggunakan teknologi dengan benar
6. Nama bagian-bagian rumah
7. Mengeja huruf
8. Aku senang mengikuti aturan
9. Aku senang membantu
10. Menggambar rumah
1. Anak terbiasa merawat kebersihan rumah
2. Anak mampu menjaga keamanan rumah
3. Anak dapat mengatasi masalah yang terjadi di rumah
4. Anak mengenal bentuk geometri
5. Anak mampu menggunakan teknologi dengan benar
6. Anak mengenal nama bagian-bagian rumah
7. Anak mampu mengeja huruf
8. Aku senang mengikuti aturan
9. Aku senang membantu
10. Anak dapat menggambar rumah
Hari ke 1
1.       Mengelompokan alat-alat kebersihan
2.       Membuat kolase bentuk rumah dengan menggunakan kertas bekas
3.       Menggunting dan menempel gambar pintu
4.       Membuat rumah dari korek api
Hari ke 2
1. Menyusun huruf menjadi kata bagian rumah
2. Menggambar jendela dengan cotton bud
3. Membentuk AC dari plastisin
4. Menyusun cerita berseri ( membantu ibu di rumah )
Hari ke 3
1. Menunjuk waktu pada saat tidur malam
2. Menunjuk waktu pada saat belajar
3. Menempel bentuk geometri sesuai dengan bentuk bagian rumah
4. Pencampuran warna dengan pewarna makanan
Hari ke 4
1. Mencocok gambar ruang keluarga
2. Menghubungkan kata dengan gambar bagian-bagian rumah
3. Menjahit gambar rumah dengan tali sepatu
4. Melipat bentuk rumah
Hari ke 5
1. Melukis atap rumah dengan finger painting
2. Menghitung jumlah kursi dalam ruangan
3. Bermain balok membuat kamar makan
4. Membuat bentuk benda – benda yanng ada di kamar makan dengan playdough
Hari ke 6
1. Bermain balok membuat rumah
2. Membuat perabot rumah dari kardus
3. Membuat lampu hias untuk kamar tidur
4. Memasangkan benda

Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas


               






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN


Semester/Bulan/ Minggu                  : I/September Minggu ke 9
Tema                                                     :  Lingkunganku
Sub Tema                                             :  Sekolah
Sub-Sub Tema                                     : Kelasku, Identitas Sekolah
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM : 1.2, 3.1, 4.1

FISMOT : 3.3, 4.3

KOG : 2.2, 3.7, 4.7

BHS : 2.13, 3.11, 4.11

SOSEM : 2.10, 2.11, 3.13, 4.13

SENI : 3.15, 4.15
1. Mengenal tempat ibadah
2. Aku senang  berolah raga
3. Percobaan terapung tenggelam
4. Mengenal lingkungan sekolah
5. Aku anak santun
6. Syair “Sekolah ku”
7.Kebiasaan bekerjasama dengan teman
8. Aku senang di sekolah
9. Mengenal bentuk emosi
10. Berkarya dengan berbagai media
1. Anak mengenal tempat ibadah
2. Aku senang  berolah raga
3. Anak melakukan percobaan terapung tenggelam
4. Anak mengenal lingkungan sekolah
5. Aku anak santun
6. Syair “Sekolah ku”
7. Anak memiliki kebiasaan bekerjasama dengan teman
8. Aku senang di sekolah
9. Anak mengenal bentuk emosi
10. Anak mampu berkarya dengan berbagai media
Hari ke 1
1.       Menghubungkan kata dengan gambar tempat ibadah
2.       Mewarnai gambar anak senam  di sekolah
3.       Melingkari gambar anak yang sedang berolah raga dengan benar
4.       Melakukan percobaan dengan memasukkan benda kedalam air
Hari ke 2
1. Menebalkan tulisan ruangan di sekolah
2. Menghias gambar sekolah dengan kolase daun kering
3. Memberi tanda centang pada gambar perbuatan yang sopan
4. Menyalin tulisan syair “Sekolahku”
Hari ke 3
1. Membuat denah sekolah dengan bubur Koran
2. Menyusun balok membuat bangunan sekolah
3. Menggunting dan menempel gambar mainan di sekolah
4. Menggambar ekspresi anak yang senang dan sedih di sekolah
Hari ke 4
1. Mencat tong sampah yang ada di sekolah
2. Mencetak gambar mainan sekolah dengan pelepah pisang
3. Membatik gambar seragam sekolah
4. Menggambar bebas suasanan di sekolah
Hari ke 5
1. Melipat seragam sekolah
2. Membentuk perosotan dari playdough
3. Membuat bentuk sekolah dari kardus
4. Memasangkan meja kursi dikelas sesuai perintah guru
Hari ke 6
1. Bermain balok membentuk gedung sekolah
2. Memasangkan benda di kelas
3. Membuat hiasan untuk kelas
4. Membuat aturan kelas dengan gambar dan tulisan
                                               
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas


               




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK..................................................

Semester/Bulan/ Minggu                  : I/September/ Minggu ke 10
Tema                                                     :  Lingkunganku
Sub Tema                                             :  Lingkungan Sekitar
Sub-Sub Tema                                     : Tempat Umum, Pasar
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM : 1.1

FISMOT : 2.1, 3.4, 4.4

KOG : 3.6, 4.6, 3.8, 4.8

BHS : 2.13, 3.12, 4.12

SOSEM : 2.9,3.14, 4.14

SENI : 3.15, 4.15
1. Percaya adanya Tuhan
2. Lingkunganku sehat
3. Mengenal pasar tradisional dan pasar modern
4. Mengenal kejadian alam banjir
5. Aku anak santun
6. Mengenal huruf
7. Aku peduli terhadap sesama
8. Mengenal kebutuhan diri
9. Aku kreatif
1. Anak percaya adanya Tuhan
2. Anak mengenal lingkunganku sehat
3. Anak mengenal pasar tradisional dan pasar modern
4. Anak mengenal kejadian alam banjir
5. Aku anak santun
6. Anak Mengenal huruf
7. Aku peduli terhadap sesama
8. Anak mengenal kebutuhan diri
9. Aku kreatif
Hari ke 1
1.       Mewarnai gambar yang menunjukkan ciptaan Tuhan
2.       Menempel stiker bintang pada anak yang membuang sampah pada tempatnya
3.       Menggunting gambar yang bertema lingkungan sehat yang ada di Koran
4.       Mencari perbedaan pada dua buah gambar pasar tradisional
Hari ke 2
1.Mencari jalan menuju mall
2. Percobaan banjir dengan peralaon dan sampah
3. Memberi gambar senyum pada gambar anak yang membatu ibu belanja ke pasar dengan buah belimbing
4. Menyusun kartu huruf membentuk kata “pasar, jual, beli”
Hari ke 3
1. Menulis kata “pasar” di kotak pasir
2. Menempel potongan telapak kaki menuju ke pasar
3. Mengelompokkan makanan tradisional
4. Bermain peran jual beli di pasar
Hari ke 4
1. Menimbang berat singkong
2. Belajar memasak membuat getuk singkong
3. Menaburi kelapa di atas getuk singkong
4.Berbelanja ke pasar
Hari ke 5
1. Menghitung barang dari hasil berbelanja ke pasar
2. Mengelompokkan barang belanja sesuai dengan jenisnya
3. Memebuat maket pasar
4. Bermain peran jual beli di pasar
Hari ke 6
1. Membuat bentuk pasar dari balok
2. Memasangkan benda
3. Menulis barang barang yang biasa dijual di pasar
4. Finger painting suasana pasar

                                                                                                                               
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas

               





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGU

Semester/Bulan/ Minggu                         : I/Oktober/ Minggu ke 11
Tema                                                       : Binatang
Sub Tema                                                : Binatang Kesayangan
Kelompok/ Usia                                      : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                              :

KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM 1.1, 1.2
FM 2.1, 3.3, 4.3
KG: 2.3, 3.6, 4.6
Bhs 3.10 ,  4.10, 3.12, 4.12, 3.8 , 4.8
Sosem2.9, 2.10, 2.7
Seni3.15 ,  4.15
1. Binatang ciptaan Tuhan
2. Perilaku hidup sehat
3. Kreatif
4. Kata benda
5. Perilaku peduli,
6. Sabar menunggu giliran
7. Menghargai karya orang lain
1. Anak mengenal binatang ciptaan Tuhan
2. Anak memiliki perilaku hidup sehat
3. Anak bersikap kreatif
4. Anak mengenal kata benda
5. Anak memiliki perilaku peduli,
6. Anak sabar menunggu giliran
7. Anak mampu menghargai karya orang lain
Hari ke 1
1. Melipat bentuk binatang
2. Membilang gambar
3. Memasangkan gambar dengan tulisan
4. Mengerjakan maze anak member makan
Hari ke 2
1. Membentuk rumah binatang dari lidi
2Menyusun huruf dari kartu kata bergambar
3. Kolase gambar ikan makanan binatang
4. Finger painting
Hari ke 3
1.  Menyusun balok membentuk rumah binatang
2. . Menghubungkan gambar dengan bilangan
3. . Mengelompokkan gambar makanan binatang
4.  Menirukan gerakan binatang
Hari ke 4
1.  Menirukan suara binatang
2.  Menyebutkan bagian- bagian tubuh binatang
 3.  Menyebutkan warna bulu binatang
4.  Membentuk dengan plastisin
Hari ke 5
1.  Menggambar binatang bersayap
2.  Membedakan konsep besar dan kecil
3. . Menggambar binatang kesayangan
4. Menulis nama pada gambar
Hari ke 6
1. Menulis angka pada gambar panda
2. Mewarnai gambar bervaeasi
3. Mewarnai gambar batik
 4. Finger painting
                                                                                                               
                                                                                                                                     
Kepala Sekolah                                                                                                                


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK .....................................................

Semester/Bulan/ Minggu                         : I/Oktober/ Minggu ke 12
Tema                                                       :Binatang
Sub Tema                                                : BinatangTernak
Kelompok/ Usia                                      : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                              :
KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM 1.1, 1.2
FM 2.1, 3.3, 4.3
KG: 2.3, 3.6, 4.6 , 3.8, 4.8
Bhs 3.10 ,  4.10, 3.12, 4.12, 3.11 , 4.11
Sosem 2.9, 2.10, 2.7, 2.8
Seni 3.15 ,  4.15
1. Binatang ciptaan Tuhan
2. Perilaku hidup sehat
3. Kreatif
4. Kata benda
5. Perilaku peduli,
6. Sabar menunggu giliran
7. Perilaku  mandiri
8. Menghargai karya orang lain
1. Anak mengenal binatang ciptaan Tuhan
2. Anak memiliki perilaku hidup sehat
3. Anak bersikap kreatif
4. Anak mengenal kata benda
5. Anak memiliki perilaku peduli,
6. Anak sabar menunggu giliran
7. Anak memiliki perilaku  mandiri
8. Anak dapat menghargai karya orang lain
Hari ke 1
1. Menggambar binatang ternak
2. Mencontoh kata
3. Mengelompokkan gambar binatang ternak
4. Mengurutkan gambar seri
Hari ke 2
1.. Menyebutkan macam- macam binatang ternak
2.. Menghitung kaki binatang ternak
3. Mengelompokkan gambar binatang berdasarkan jumlah kaki
4.  Mengurutkan gambar perkembang biakan binatang
Hari ke 2
1.  Menggunting gambar benda
2. . Menjahit gambar kandang binatang
3. . Mencap dengan ibu jari
4.  Membentuk benda dengan bentuk geometri
Hari ke 3
1. Menghubungkan lambing bilangan dengan  kata
2.  Menyanyikan lagu anak
3.   Menirukan jalannya binatang ternak
4.  Menirukan suara binatang ternak
Hari ke 4
1.   Membedakan binatang bertelur dan beranak
2.  Menyebutkan makanan binatang ternak
3.  Mewarnai gambarbinatang ternak
4.   membuatkarya dengan balok
Hari ke 5
1.  Menjemur kata”binatang ternak”
2.  Memberi angka pada jumlah gambar bimnatang ternak
3. Membuat karya denagn balok
4.  Menggambar bebas
Hari ke 6
1. Bermain balok membuat kandang kambing
2. Membuat tempat pakan kambing dari kardus
3. Memasangkan benda
4. Mencari kata dengan huruf awal K


               
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Kelas









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ........................................

Semester/Bulan/ Minggu                         : I/Oktober/ Minggu ke 13
Tema                                                       : Binatang
Sub Tema                                                : Binatang liar
Kelompok/ Usia                                      : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                              :

KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM3.1, 4.1, 2.13
FM 2.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4
KG: 2.3, 3.6, 4.6 , 2.2
Bhs 3.10 ,  4.10, 3.12, 4.12, 3.11 , 4.11
Sosem 2.9, 2.10, 2.7, 2.8
Seni 3.15 ,  4.15
1. Kegiatanberibadah
2. Perilakusikapjujur
3. Perilakuhidupsehat
4. Kreatif
5. Perilakuingintahu
6. Kata benda
7. Perilakupeduli,
8. Sabarmenunggugiliran
9. Perilakumandiri
10. Menghargaikarya orang lain
1. Anak melakukan kegiatanberibadah
2. Anak memiliki perilakusikapjujur
3. Anak memiliki perilakuhidupsehat
4. Kreatif
5. Anak memiliki perilakuingintahu
6. Anak mengenal kata benda
7. Anak memiliki perilakupeduli,
8. Anak sabarmenunggugiliran
9. Anak memiliki perilakumandiri
10. Anak mampu menghargaikarya orang lain
Hari ke 1
1. Memperagakan gerakan beribadah
2. Mengamati gambar binatang buas di video / komputer
3. Mozaik gambar binatang
4.  .membuat bentuk dari potongan bangun geometri
Hari ke 2
1 Menirukan kembali 4 – 5 urutan kata
2.  Melengkapi kata
3.  Menyusun kepingan – kepingan puze
4.  . Bermain balok
Hari ke 3
1.  Membentuk kandang binatang
menggunakan sedotan
2.  Mengurutkan gambar dari besar ke kecil, kecil ke besar
3.  Menghubungkan gambar dengan kata
4. Menggambar bebas dari bentuk dasar titik
Hari ke 4
1.  Menganyam
2.  Mencampur warna
3.  Bercerita dengan  gambar
4.   Mengerjakan maze
Hari ke 5
1.   Mengucap syair
2.  Memberi tanda v pada gambar makanan binatang buas
3.   Membuat bentuk binatang dari kertas asturo
4.  .Mewarnai gambar bervareasi
Hari ke 6
1.  Bermain balok
2  Melengkapikata
3.  Membuat bentuk dengan plastisin
4..membangun dengan balok
                                                                                                        
Kepala Sekolah                                                                                                                 






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ...........................................

Semester/Bulan/ Minggu                                         : I/Oktober/ Minggu ke 14
Tema                                                                       :Binatang
Sub Tema                                                                : Binatang  Serangga                                               :
Kelompok/ Usia                                                      : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                                             

KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
NAM 3.2, 4.2
FM 2.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4
KG: 2.3, 3.6, 4.6 , 2.2
Bhs 3.10 ,  4.10, 3.12, 4.12, 3.11 , 4.11
Sosem 2.9, 2.10, 2.7, 2.8
Seni 3.15 ,  4.15
1. Kegiatan beribadah
2. Perilaku sikap jujur
3. Perilaku hidup sehat
4. Berakhlak mulia
5. Kreatif
6. Perilaku ingin tahu
7. Kata benda
8. Perilaku peduli,
9. Sabar menunggu giliran
10. Perilaku mandiri
11. Menghargai karya orang lain
1. Anak terbiasa kegiatan beribadah
2. Anak terbiasa perilaku sikap jujur
3. Anak terbiasa perilaku hidup sehat
4. Anak mampu berakhlak mulia
5. Anak terbiasa kreatif
6. Anak terbiasa perilaku ingin tahu
7. Kata benda
8. Anak memilikiperilaku peduli,
9. Anak mampu sabar menunggu giliran
10. Anak memiliki perilaku mandiri
11. Anak dapat menghargai karya orang lain
Hari ke 1
1. Mengurutkan metamorphose binatang
2. Menebalkan polabatik
3. Menyebutkan hasil dari penambahan
4. Mengelompokkan binatang
Hari ke 2
1.  Membuat sarang laba2 dari sedotan
2. . Menghitung jumlah benda sesuai bentuk
3. . Memberitanda sama dan tidak sama
4.  Plastisin
Hari ke 3
1. . menghitung jumlah lidi yang dipakai membentuk kandang
2. . Menggambar binatang serangga
3. . Menggunting bentuk gambar binatang
4. . Meronce bentuk gambar kupu2
Hari ke 4
1  Mengurutkan  3 pola gambar
2.   Memberi tanda v yang termasuk binatang serangga
3.   Membuat kepik dari bentuk lingkaran
4.  . Mewarnai gambar binatang kesukaan
Hari ke 5
1.  Menghitung jumlah gambar kaki belalang
2.  Memberi warna pada gambar yang
jumlahnya lebih banyak
3.   mengerjakan pusel
4.  Membuat karya dari balok
Hari ke 6
1. Menyortir bentuk berdasar warna
.2  Bermain pusel
3 Membentuk dengan  balok
4.  Finger painting

                                                 
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Kelas








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ........................................................
Semester/Bulan/ Minggu                         : I/November/ Minggu ke 15
Tema                                                       : TANAMAN
Sub Tema                                                :  Buah
Sub-Sub Tema                                        : Buah di lingkungan anak
Kelompok/ Usia                                      : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                              :

KD
MATERI

RENCANA KEGIATAN
Nam 1.1, 1.2
Fismot 3.3, 4.3, 3.4, 4.4
Kog 2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9
Bhs 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12,4.12
Sosem2.7, 2.9, 2.12
3.14, 4.14
Seni 3.15, 4.15,
1. Macam-macamsayuranciptaanTuhan
2. BersyukuratasciptaanTuhanberupasayuran
3. Kebiasaanmakanmakananbergiziseimbang
4. Menyanyangitanaman
5. Menggunakanbenda / bahanbelajaruntukmembuatsesuatu
6. Mengembangkangagasandalammengatasimasalah
7. Mengenalbentuksayuran
8. Mengenaljenistanaman (darat,air, hias)
9. Mengenalfungsisayuranbagitubuh
10. Menceritakankembaliapa yang sudahdidengarnya
11. Berceritatentangapa yang sudahdilakukannya
12. Mengenalhurufawalsayuran
13. Selalumenyelesaikantugasdengantuntas
14. Mau menemanitemanmelakukankegiatanbersama
15. Membereskanmainanpadatempatsemula
16. Mengambilmakanansesuaikebutuhan
17. Mengenalberbagaihasilkarya ‘gambar, suara, ketrampilan’
1. Anak mengenal macam-macamsayuranciptaanTuhan
2. Anak mampu bersyukuratasciptaanTuhanberupasayuran
3. Anak memiliki kebiasaanmakanmakananbergiziseimbang
4. Anak dapat menyanyangitanaman
5. Anak dapat menggunakanbenda / bahanbelajaruntukmembuatsesuatu
6. Anak mampu mengembangkangagasandalammengatasimasalah
7. Anak mengenalbentuksayuran
8. Anak mengenaljenistanaman (darat,air, hias)
9. Anak mengenalfungsisayuranbagitubuh
10. Anak dapat menceritakankembaliapa yang sudahdidengarnya
11. Anak dapat berceritatentangapa yang sudahdilakukannya
12. Anak mengenalhurufawalsayuran
13. Anak selalumenyelesaikantugasdengantuntas
14. Anak mau menemanitemanmelakukankegiatanbersama
15. Anak dapat membereskanmainanpadatempatsemula
16. Anak mampu mengambilmakanansesuaikebutuhan
17. Anak mengenalberbagaihasilkarya ‘gambar, suara, ketrampilan’
Hari ke 1
1.Membentuk worteldenganplastisin
2.Menggunting “ semangka
3.Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran
4.Menyiram tanaman
Hari ke 2
1.  .Mengisi polagambarwortel
2.  .Mengelompokkan gambarworteldenganmewarnai
3. .Menghitung jumlahgambartomat
4.  .Membuat jus wortel
Hari ke 3
1. .Membuat jus tomat
2. .Makan bersamasayurbayam
3. .Menceritakan kembali “Kelinci suka wortel”
4.  .Mengamati tanamantomat
Hari ke 4
1 .Mengenal huruf   awal              “W O R T E L”
2.  .Mengenal hurufawal “ BAYAM”
3.  Mengenal hurufawal “ TOMAT”
4,  .Finger painting “buahTomat”
Hari ke 5
1 .Bermain balok “ Kebunku”
2. .Bermain balok
3. . Bermain lego
4. . Bermain pusel
Hari ke 6
1. Bermain balok membuat bentuk kebun buah
2. MMM Keranjang buah
3. Membuat bentuk buah dengan plastisin kemudian menulis nama buah yang dibuatnya
4. Mengelompokkan gambar buah sesuai warna
            
               
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Kelas
  



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK...................................................................
Semester/Bulan/ Minggu                  : I/November/ Minggu ke 16
Tema                                                     : TANAMAN
Sub Tema                                             : BUAH-BUAHAN
Sub-Sub Tema                                     : JERUK,  APEL, PISANG
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran
KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
Nam 1.1, 1.2
Fismot 3.3, 3.4,
Kog 2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9
Bhs 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12,4.12
Sosem 2.7, 2.9, 2.12
3.14, 4.14
Seni 3.15, 4.15,
1. Macam-macam sayuran ciptaan Tuhan
2. Bersyukur atas ciptaan Tuhan berupa sayuran
3. Kebiasaan makan makanan bergizi seimbang
4. Menggunakan benda / bahan belajar untuk membuat sesuatu
5. Mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah
6. Mengenal bentuk buah buahan
7. Mengenal jenis buah
8. Mengenal fungsi buah-buahan bagi tubuh
9. Menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya
10. Bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya
11. Mengenal huruf awal buah
12. Selalu menyelesaikan tugas dengan tuntas
13. Mau menemani teman melakukan kegiatan bersama
14. Membereskan mainan pada tempat semula
15. Mengambil makanan sesuai kebutuhan
16. Mengenal berbagai hasil karya ‘gambar, suara, ketrampilan’
1. Anak mengenal macam-macam sayuran ciptaan Tuhan
2. Anak mampu bersyukur atas ciptaan Tuhan berupa sayuran
3. Anak memiliki kebiasaan makan makanan bergizi seimbang
4. Anak dapat menggunakan benda / bahan belajar untuk membuat sesuatu
5. Anak mampu mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah
6. Anak mengenal bentuk buah buahan
7. Anak mengenal jenis buah
8. Anak mengenal fungsi buah-buahan bagi tubuh
9. Anak dapat menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya
10. Anak mampu bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya
11. Anak mengenal huruf awal buah
12. Anak dapat selalu menyelesaikan tugas dengan tuntas
13. Anak mau menemani teman melakukan kegiatan bersama
14. Anak dapat membereskan mainan pada tempat semula
15. Anak mampu mengambil makanan sesuai kebutuhan
16. Anak mengenal berbagai hasil karya ‘gambar, suara, ketrampilan’
Hari ke 1
1.       Makan bersama dengan buah pisang (mengupas kulit pisang)
2.       Membentuk pisang dengan plastisin
3.       Menggunting & Menempel gambar Apel
4.       Mencocok “ Pisang”
Hari ke 2
1. Mengisi pola “jeruk” dengan ampas kelapa
2. Menarik garis gambar jeruk
3. Menghitung jumlah gambar jeruk
4. Mengelompokkan gambar buah yang berbentuk lingkaran
Hari ke 3
1. Membuat jus jeruk
2. Mengelompokkan gambar buah jeruk sesuia warna dan bentuk
3. Menceritakan kembali “Monyet yang cerdik”
4. Bercerita  tentang jus jeruk
Hari ke 4
1. Mengamati buah “Apel” lalu menulis cirinya
2. Mengenal huruf awal(a) “APEL”
3. Membuat bentuk apel dari plastisin
4. Mencocok bentuk apel
Hari ke 5
1. Finger painting “JERUK”
2. Gambar seri membuang sampah setelah makan buah
3. Bermain lego
4. Menjahit bentuk jeruk
Hari ke 6
1. Bermain balok membuat kebun buah
2. Melipat keranjang buah
3. Membuat parcel bentuk  buah dari playdoug
4. Menjemur kata


                                                                                                                               
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ..............................................................
Semester/Bulan/ Minggu                   : I/November/ Minggu ke 17
Tema                                                     : TANAMAN
Sub Tema                                             : BUNGA
Sub-Sub Tema                                     : MAWAR, MELATI, MATAHARI
Kelompok/ Usia                                   : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran                        :
KD
MATERI
TUJUAN
RENCANA KEGIATAN
Nam 1.1, 1.2
Fismot 3.3, 4.3, 3.4, 4.4
Kog 2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9
Bhs 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12,4.12
Sosem 2.7, 2.9, 2.12
3.14, 4.14
Seni 3.15, 4.15,
1. Macam-macam bunga ciptaan Tuhan
2. Bersyukur atas ciptaan Tuhan berupa bunga
3. Menyanyangi “Bunga”
4. Mengenal anggota tubuh fungsi
5. Menggunakan benda / bahan belajar untuk membuat sesuatu
6. Mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah
7. Mengenal bentuk bunga
8. Mengenal jenis bunga (darat, air, hias)
9. Mengenal fungsi bunga
10. Menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya
11. Bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya
12. Mengenal huruf awal bunga
13. Selalu menyelesaikan tugas dengan tuntas
14. Mau menemani teman melakukan kegiatan bersama
15. Membereskan mainan pada tempat semula
16. Mengambil makanan sesuai kebutuhan
17. Mengenal berbagai hasil karya ‘gambar, suara, ketrampilan’
1. Anak mengenal macam-macam bunga ciptaan Tuhan
2. Anak mampu bersyukur atas ciptaan Tuhan berupa bunga
3. Anak dapat menyanyangi “Bunga”
4. Anak mampu mengenal anggota tubuh fungsi
5. Anak mampu menggunakan benda / bahan belajar untuk membuat sesuatu
6. Anak dapat mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah
7. Anak mengenal bentuk bunga
8. Anak mengenal jenis bunga (darat, air, hias)
9. Anak mengenal fungsi bunga
10. Anak mampu menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya
11. Anak terbiasa bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya
12. Anak mengenal huruf awal bunga
13. Anak selalu menyelesaikan tugas dengan tuntas
14. Anak mau menemani teman melakukan kegiatan bersama
15. Anak membereskan mainan pada tempat semula
16. Anak dapat mengambil makanan sesuai kebutuhan
17. Anak mengenal berbagai hasilkarya ‘gambar, suara, ketrampilan’
Hari ke 1
1.       Memupuk tanaman bunga mawar
2.       Menyirami tanaman bunga
3.       Mencium bau bunga  dengan mata ditutup
4.       Menggambar bunga “Mawar
Hari ke 2
5.       Menggunting & Menempel gambar Matahari
6.       Meronce bunga matahari dari kertas
7.       Mengisi pola bunga matahari dengan guntingan kertas
8.       Menghitung jumlah mahkota bunga matahari
Hari ke 3
1. Mengelompokkan gambar bunga yang sesuai warna
2. Merangkai bunga membuat hiasan kepala (bunga) dengan kertas warna
3. Menceritakan kembali “Kisah si mawar dan melati”
4.Menceritakan kembali bahaya bermain tangkai bunga mawar
Hari ke 4
1. Mengamati bunga mawar (mahkota,putik,benangsari,daun,batang)
2. Mengenal huruf awal (M) “MAWAR”
3. Mencari jejak ke kebun bunga
4. Membuat bentuk bunga mawar dari kertas krep
Hari ke 5
1. Finger painting “Taman Bunga”
2. Merangkai daun dari berbagai tanaman bunga
3. Membuat kalung dari bunga
4.Bermain lego
Hari ke 6
1. Bermain balok membuat taman bunga
2. Bermain puzel berbagai bentuk bunga
3. Membuat media untuk menanam bunga
4. Memanam bibit tanaman bunga yang disediakan guru ke dalam media.
                                               
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Kelas



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP