, RPPM, KEL B MG 1-17
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ...............................................................................
Semester/Bulan/
Minggu : I/Juli/ Minggu ke 1
Tema
: Diriku
Sub
Tema : Tubuhku
Sub-Sub
Tema : Bagian Tubuh
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM
1.1
NAM
2.13
FM
3.3
FM
4.3
KOG
2.2
KOG
3.7
KOG
4.7
SOSEM
2.5
SOSEM
2.8
BHS
3.10
BHS
4.10
SN
3.15
SN
4.15
|
1.Tubuhku
ciptaan Tuhan
2.Prilaku
jujur
3.Mengenal
Anggota Tubuh
4.Menggunakan
Anggota Tubuh
5.Sikap
ingin tahu
6.Mengenal
lingkungan sosial
7.Membuat
berbagai karya
8.Sikap
percaya diri
9.Sikap
mandiri
10.Memahami
bahasa reseptif
11.Mampu
berbahasa reseptif
12.Mengenal
berbagai karya seni
13.Menunjukkan
karya seni
|
1.Anak terbiasa memelihara tubuh sebagai ciptaan Tuhan
2.Anak terbiasa berrilaku jujur
3.Anak dapat mengenal Anggota Tubuh
4.Anak dapat menggunakan Anggota Tubuh
5.Anakmemiliki sikap ingin tahu
6.Anak mengenal lingkungan sosial
7.Anak dapat membuat berbagai karya
8.Anak terbiasa percaya diri
9.Anak terbiasa mandiri
10.Anak dapat memahami bahasa reseptif
11.Anak mampu berbahasa reseptif
12.Anak mengenal berbagai karya seni
13.Anak menunjukkan karya seni
|
Hari ke1
1.Melipat
bentuk bingkai
2.
Mencocok gambar orang
3.Mewarnai
gambar orang
4.Menghitung
jumlah anggota tubuh
Hari ke2
1.Menggunting gambar anggota tubuh
2,
Membentuk orang dari plastisin
3..Memasangkan gambar anggota tubuh dengan fungsinya
4..Menjiplak jari tangan dengan spidol
Harike 3
1.Kolase gambar jari tangan dari potongan kertas
3.Mengelompokkan
gambar panca indra dengan gambar anggota tubuh lainnya
4PL Meraba benda kasar dan halus
Hari ke 4
1..Menebalkan
huruf membentuk kalimat “Menggosok gigi”
2..Mengurutkan cerita gambar seri”Bangun tidur”
3..Memberi tanda V pada gambar anak
yang
rajin gosok gigi dengan anak yang sakit gigi
4 .membut karya dengan playdough
Hari ke 5
1 .Membuat
bentuk sandal dari kardus
2.. Menjahit bentuk sandal
3. .Maze gambar orang ke sandal
4. Menggambar
sandal
Hari ke 6
1. Melukis dengan jari
2. .Mengelompokkan benda yang manis dengan gambar
anggota tubuh lainnya
3. .
Mengelompokkan kasar halus
4. .Menggambar bebas
|
Kepala Sekolah
Guru Kelompok TK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ...............................................................................
Semester/Bulan/
Minggu : I/Juli/
Minggu ke 2
Tema
:
Diriku
Sub
Tema :
Identitasku
Sub-Sub
Tema
: Memperkenalkan Diri
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6
tahun
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM
3.2
NAM
4.2
FM
2.1
FM
4.3
KOG
2.3
KOG
3.6
KOG
4.6
SOSEM
2.7
SOSEM
2.9
BHS
2.14
BHS
3.10
BHS
4.10
SN
3.15
SN
4.15
|
1.Berprilaku
baik
2.Menunjukkan
prilaku baik
3.Prilaku
hidup sehat
4.Menggunakan
anggota tubuh
5.
Sikap kreatif
6.
Mengenal benda – benda disekitarnya
7
Menyampaikan tentang benda – benda yang disekitarnya
8.
Bersikap sabar
9.Peduli
dengan lingkungan
10.Sikap
rendah hati dan santun
11.Memahami
bahasa reseptif
12.Menunjukkan
kemampuan bahasa reseptif
13.Mengenal
berbagai karya seni
14.Menunjukkan
karya seni
|
1.Anak terbiasa berprilaku baik
2Anak .menunjukkan
prilaku baik
3.Anak terbiasa berpilaku
hidup sehat
4.Anak dapat menggunakan anggota tubuh
5.
Anak terbiasa kreatif
6.
Anak dapat mengenal benda – benda disekitarnya
7
Anak dapat menyampaikan tentang benda – benda yang
disekitarnya
8.
Anak terbiasa bersikap sabar
9.Peduli
dengan lingkungan
10.Anak terbiasa rendah hati dan santun
11.Anak dapat memahami bahasa reseptif
12.Anak dapat menunjukkan kemampuan bahasa reseptif
13.Anak terbiasa mengenal berbagai karya seni
14.Anak dapat menunjukkan karya seni
|
Hari ke 1
1.Menuliskan
nama panggilan dirinya
2.
Mengelompokkan gambar anak yang mempunyai ciri tertentu
3.Melengapi
gambar anak laki-laki dan perempuan
4.Mengurutkan
gambar anak dari yang
kurus
ke yang gemuk dengan angka
Hari ke 2
1.Mazze baju anak yang gemuk
2
Mewarnai gambar anak yang gemuk
3.Mencocok bentuk pita rambut
4
Menggunting bentuk lingkaran
Hari ke 3
1.Menurutkan pola A B C bentuk kalung
2 .Menggambar rumah
3.Mozaik gambar rumah dengan daun kering
4.Mengarsir gambar genting rumah
Hari ke 4
1 .Mengecap bentuk rok dengan pelepah pisang
2..Menjahit bentuk rok
3. Menghitung gambar baju dan rok 1-15
4. .Meronce kalung dari sedotan
Hari ke 5
1.
Meniru tulisan papa mama
2..Menempel gambar kaca mata pada gambar wajah
3. Menjahitbentuk baju
4. Mencocokbaju
Hari ke 6
1.Mazze baju pesta
2 Mewarnai gambar anakmemakai baju pesta
3.Mencocok bentuk baju
4.Menggunting bebas
|
Kepala Sekolah guru kellompok
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MINGGUAN
TK..........................................
Semester/Bulan/ Minggu : 1; Agustus/
Minggu ke 3
Tema :
Diriku
Sub Tema :
Kesukaanku
Sub-Sub Tema
: Mainan dan makanan
Kelompok/ Usia :
TK B/ 5-6 tahun
StrategiPembelajaran
:
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM
3.1
NAM
4.1
FM
3.4
FM
4.4
KOG
3.5
KOG
4.5
SOSEM
2.6
SOSEM
2.10
BHS
3.11
BHS
4.11
SN
3.15
SN
4.15
|
1.Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan
2.Melakukan
kegiatan beribadah
3.Mengetahui
cara hidup sehat
4.Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
5.
Berprilaku kreatif
6.
Menyelesaikan masalah secara kreatif
7.Melatih
kedisiplinan
8.Sikap
kerjasama
9.Memahami
bahasa ekspresif
10.Berbahasa
ekspresif
11.Mengenal
berbagai karya seni
12.Menunjukkan
karya seni
|
1.Anak terbiasa berdoa sebelum dan
sesudah kegiatan
2.Anak terbiasa melakukan kegiatan
beribadah
3.Mengetahui
cara hidup sehat
4.Anak mampu menolong diri
sendiri untuk hidup sehat
5.
Anak dapat berperilaku kreatif
6.
Anak mampu menyelesaikan
masalah secara kreatif
7. Anak mampu melatih kedisiplinan
8.Anak memiliki sikap kerjasama
9.Anak dapat memahami bahasa
ekspresif
10.Anak mampu berbahasa ekspresif
11.Anak mengenal berbagai
karya seni
12. Anak menunjukkan karya seni
|
Hari
ke 1
1.
Mewarnai gambar roti
2.
Mencocok gambar roti
3.
Menabur meses pada roti tawar
4.
Menjemur suku kata
Hari
2
1.
Menggunting gambar boneka
2.
MMM baju boneka
3.
Mencampur warna dasar menjadi warna baru
4.
Menjiplak gambar boneka
Hari
ke 3
1.
Membentuk donat adonan yang disediakan guru
2.
Mewarnai gambar donat
3.
Kolase gambar donat dengan ampas kelapa
4.
Menghias kue donat dengan meses
Hari
ke 4
1. Memasangkan benda
2.
Mengurutkan cerita gambar seri”ibu membuat roti”
3.
Mengelompokkan makanan yang manis dan asin
4,.
Menghias tempat roti
Hari
ke 5
1.
Mengelompokkan gambao bola
2.
Membuat bola dari tas plastik
3. Membuat bola dari kertas
4.
Membuat tempat bola dari kardus
Hari
ke 6
1.
Membuat gangsing dari “BLULUK”
2.
Membuat sendok mainan dari kulit “Bluluk”
3.
Memnjemur suku kata
4.
Mengelompokkan “Bluluk” sesuai ukuran
|
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
Semester/Bulan/
Minggu : I/Agustus/
Minggu ke 4
Tema
:
Diriku
Sub
Tema :
Keluargaku
Sub-Sub
Tema
: Keluargaku
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6
tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM
3.2
NAM
4.2
FM
3.3
FM
4.3
KOG
3.9
KOG
4.9
SOSEM
2.8
SOSEM
2.9
BHS
2.14
BHS
3.10
BHS
4.10
SN
3.15
SN
4.15
|
1.Berprilaku
baik
2.Menunjukkan
prilaku baik
3.Mengenal
anggota tubuh
4.Menggunakan
anggota tubuh
5.Mengenal
tekhnologi
6.Menggunakan
tekhnologi
7.Perilaku
mandiri
8.Prilaku
sikap peduli
9.
Prilaku rendah hati dan santun
10.Memahami
bahasa reseptif
11.Berbahasa
reseptif
12.Mengenal
berbagai karya seni
13. Menunjukkan
karya seni
|
1.Anak mampu berprilaku baik
2. Anak menunjukkan prilaku
baik
3. Anak mengenal anggota tubuh
4. Anak mampu menggunakan anggota
tubuh
5.Anak mengenal tekhnologi
6.Anak mampu menggunakan tekhnologi
7.Anak memiliki perilaku mandiri
8.Anak memiliki prilaku sikap peduli
9.
Anak memiliki prilaku
rendah hati dan santun
10. Anak mampu memahami
bahasa reseptif
11. Anak mampu berbahasa reseptif
12. Anak mengenal
berbagai karya seni
13. Anak dapat menunjukkan
karya seni
|
Hari
ke 1
1.
Menggambar ayah dan ibu
2.
Mencocok gambar dasi
3.
Mazze ayah pergi ke kantor
4. Melipat kertas
bentuk baju
Hari ke 2
1.
Menulis bahasa jawa rama-ibu
2.
Mengelompokkan gambar peralatan dapur dengan gambar yang lain
3.
Memasangkan gambar sesuai fungsinya
4.Mencocok
gambarbaju bapak
Hari
ke 3
1.
Mengurutkan anggota keluarga dari yang muda ke yang tua
2,
Mengarsir huruf B pada gambar berprilaku baik dan S pada gambar berprilaku
kurang baik
3,
Menganyam bentuk tikar dari daun pisang secara sederhana
4,
Mengecap bentuk bunga dengan pelepah pepaya
Hari
ke 4
1.
Menggunting gambar selendang nenek
2.
Menunjukkan waktu
3.
Memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya
4.
Finger painting bebas
Hari
ke 5
1.
Menjahit bentuk baju
2.
Maze gambar orang mencari baju
3.
Melipat baju
4.
Memilah baju kesukaan lalu menggambarnya
Hari
ke 6
1.
Membuat bingkai foto dari jerami
2.
Membuat kamar ibu dari balok
3.
Menyiapkan makanan kesukaan bapak, lalu menulisnya
4.
Memasangkan benda
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
Semester/Bulan/Minggu : I/ Agustus/Minggu ke 5
Tema : Kebutuhanku
Sub
tema : Makanan
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6
tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM:
1.1,
3.1, 4.1
FM: 3.4, 4.4
3.6, 4.6
BHS:
3.10, 4.10
3.11, 4.11
3.12, 4.12
SOSEM:
2.6,2.7, 2.8,2.9,
SENI:
2.4,
3.15,
4.15
|
1.
Beras ciptaan tuhan
2.
Doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3.
Kebiasaan mencuci tangan
4.
Makanan empat sehat lima sempurna
5.
Mengelompokkan makanan berdasarkan jenis
6.
Aku suka mendengarkan cerita
7.
Bercerita tentang makanan kesukaanku
8.
Terbiasa makan dengan tertib
9.
Sabar menunggu giliran
10.
Berbagi dengan teman
11.
Aku senang keindahan
12.
Menyanyi empat sehat lima sempurna
|
1.
Anak mengenal beras
ciptaan tuhan
2.
Anak terbiasa doa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3.
Anak memiliki kebiasaan
mencuci tangan
4.
Anak mengenal makanan
empat sehat lima sempurna
5.
Anak mampu mengelompokkan makanan berdasarkan jenis
6.
Aku suka mendengarkan cerita
7.
Anak dapat bercerita
tentang makanan kesukaanku
8.
Anak terbiasa
makan dengan tertib
9.
Anak sabar
menunggu giliran
10.
Anak terbiasa berbagi
dengan teman
11.
Aku senang keindahan
12.
Anak mampu menyanyi
empat sehat lima sempurna
|
Hari
ke 1
1.
Menggambar
dengan obyek buah-buahan
2.
Menggunting
buah mangga
3.
Kolase gambar buah pepaya dengan Potongan kertas
warna
4.
Mengelompokkan makanan sesuai jenisnya ( lauk,
sayur, buah )
Hari ke 2
1.
Menyusun puzzle kue ulang tahun
2.
Maze ibu menuju kebun untuk memetik sayur
3.
Menghitung gambar sesuai jumlah gambar
dan menuliskan angkanya
4.
Memberi tanda = dan ≠ pada dua kelompok gambar
Hari
ke 3
1.
Memasangkan gambar benda sesuai dengan pasangannya
2.
Mencocok gambar alat makan
3.
Mewarnai gambar sayuran
4.
Mencap dengan berbagai media
Hari
ke 5
1.
Pesan berantai
2.
Menyusun kartu huruf sesuai gambar
3.
Menghubungkan tulisan dengan gambar
4.
Menghubungkan kata yang mempunyai suku awal yang sama
Hari
ke 6
1.
Memetik bayam
2.
Menyiapkan mangkok dan sendok
3.
Menyiapkan air untuk mencuci bayam
4.
Makan sayur bayam buatan bu guru
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
Semester/Bulan/Minggu :
I/ Agustus/Minggu ke 6
Tema :
Kebutuhanku
Sub
tema : Pakaian
Kelompok/ Usia :
TK B/ 5-6 tahun
Strategi
pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM:
1.1, 1.2,3.1, 4.1
FM:
3.4, 4.4
KOG:
2.3, 3.6, 4.6
BHS.:
3.10, 4.10, 3.11, 4.11,
3.12,
4.12
SOSEM:
2.5, 2.8,2.12,
SENI:
2.4,
3.15,
4.15
|
1.
Ciptaan Tuhan dan buatan manusia
2.
Doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3.
Berpakaian sopan
4.
Pemanfaatan bahan bekas
5.
Pengelompokan pakaian
6.
Bertanya tentang sesuatu setelah
mendengar cerita dari guru
7.
Bercerita Gambar seri
8.
Bermain kartu hufuf
9.
Peragaan pakaian
10.
Mandiri
11. Aku suka jujur
12. Aku senang keindahan
13. Aku senang berkarya
|
1.
Anak mengenal ciptaan
Tuhan dan buatan manusia
2.
Anak terbiasa doa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3.
Anak berpakaian
sopan
4.
Anak dapat pemanfaatan
bahan bekas
5.
Pengelompokan pakaian
6.
Anak terbiasa bertanya tentang sesuatu setelah mendengar cerita
dari guru
7.
Anak dapat bercerita
Gambar seri
8.
Anak mampu bermain
kartu hufuf
9.
Peragaan pakaian
10.
Anak bersikap mandiri
11. Aku suka jujur
12. Aku senang keindahan
13. Aku senang berkarya
|
Hari
ke 1
1.
Melipat kertas bentuk baju
2.
Mencocok bentuk gambar baju pesta
3.
Menjahit gambar macam-macam pakaian
4.
Meronce kalung dari tutup botol
Hari ke 2
1
Mencap pada gambar baju dengan pelepah
pepaya
2.
Menggunting sesuai dengan pola pakaian
3.
Menghitung gambar pakaian sesuai jumlah gambar dan menuliskan
angkanya
4.
Memberi tanda < dan > pada dua
kelompok gambar
Hari
ke 3
1.Memasangkan
gambar benda sesuai dengan pasangannya
2.Mengelompokkan
gambar pakaian sesuai jenisnya
3.Mengurutkan
3 pola gambar pakaian
4.Mengurutkan
gambar pakaian dari yang terkecil
sampai yang terbesar dengan memberi angka
Hari
ke 4
1.
Melakukan 3-5 perintah yang diberikan secara berurutan
2.
Menyusun kartu huruf sesuai gambar
3.
Menceriterakan gerak pantomin kedalam bahasa lisan
4.
Menghubungkan kata yang mempunyai suku akhir
yang sama
Hari
ke 5
1.
Meniru menulis kata sesuai gambar
2.
Mengurutkan dan menceritakan gambar seri proses pembuatan baju
3.
Menjahit bentuk baju
4.
Memilah baju sesuai bentuk dan ukuran
Hari
ke 6
1.
Bermain balok membuat toko pakaian
2.
Membuat almari pakaian dari kardus
3.
Memasukkan pakaian kedalam wadah dengan jumlah sesuai ketentuan guru
Menggambar
baju kesukaan dan diberi nama
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
Semester/Bulan/Minggu : I/ September Minggu ke 7
Tema : Kebutuhanku
Sub
tema : Kebersihan dan
kesehatan
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6
tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM:
,3.1,
4.1
FM:
3.3, 4.3
KOG:
3.6, 4.6
BHS.:
3.10, 4.10, 3.11, 4.11,
3.12,
4.12
SOSEM:
3.14, 4.14
SENI:
2.4,
3.15,
4.15
|
1.
Doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2.
Kebersihan diri
3.
Pengelompokan alat kebersihan
4.
Bercerita kegiatan yang biasa dilakukan di pagi hari
5.
Bercerita tentang gambar
6.
Bermain kartu hufuf
7.
Peragaan gosok gigi
8.
Mandiri
9.
Hidup sehat
10.
Aku senang berkarya
|
1.
Anak terbiasa doa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
2.
Anak terbiasa kebersihan
diri
3.
Anak mampu pengelompokan
alat kebersihan
4.
Anak mampu bercerita
kegiatan yang biasa dilakukan di pagi hari
5.
Anak dapat bercerita
tentang gambar
6.
Anak dapat bermain
kartu hufuf
7.
Peragaan gosok gigi
8.
Anak terbiasa mandiri
9.
Anak terbiasa hidup
sehat
10.
Aku senang berkarya
|
Hari
ke 1
1.
Menggambar alat kebersihan
2.
Menjiplak
keranjang sampah
3.
Membentuk dengan plastisin
4. Mencipta
bentuk gerobak sampah dari bungkus sabun
Hari ke 2
1.
Melukis dengan gelembung
2.
Melipat kertas bentuk keranjang sampah
3.
Menghitung gambar pakaian sesuai jumlah gambar dan menuliskan
angkanya
4.
. Memberi tanda < dan > pada dua
kelompok gambar
Hari
ke 3
1.Memasangkan
gambar benda sesuai dengan pasangannya
2.
Mengelompokkan gambar alat kebersihan
3.
Mengurutkan 3 pola gambar pakaian
4.
Menyebutkan hasil penjumlahan 2 kelompok benda
Hari
ke 4
1.
Menirukan 4-5 urutan kata
2.
Menyusun kartu huruf sesuai gambar
3.
Menceriterakan gerak pantomin kedalam bahasa lisan
4.
Melengkapi suku kata yang hilang
Hari
ke 5
1.
Meniru menulis kata sesuai gambar
2..
Menceritakan gambar buatan sendiri
3.
Memasangkan benda
4.
Membuat sapu lidi
Hari
ke 6
1.
Bermain balok membuat puskesmas
2.
Meronce manik manik dengan seriasi
3.
Membuat maianan dari playdough
4.
Mencampur warna
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK .......................................
Semester/Bulan/
Minggu :
I/September / Minggu ke 8
Tema
:
Lingkunganku
Sub
Tema : Rumah
Sub-Sub
Tema :
Bagian-bagian rumah, Manfaat
Kelompok/
Usia :
TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM : 1.2
FISMOT : 3,4, 4.4
KOG : 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,3.9, 4.9
BHS : 3.10, 4.10, 3.12, 4.12
SOSEM : 2.6, 2.9,
SENI : 3.15, 4.15
|
1. Terbiasa merawat kebersihan rumah
2. Menjaga keamanan rumah
3. Mengatasi masalah yang terjadi di rumah
4. Mengenal bentuk geometri
5. Menggunakan teknologi dengan benar
6. Nama bagian-bagian rumah
7. Mengeja huruf
8. Aku senang mengikuti aturan
9. Aku senang membantu
10. Menggambar rumah
|
1. Anak terbiasa merawat kebersihan rumah
2. Anak mampu menjaga keamanan rumah
3. Anak dapat mengatasi masalah yang terjadi di
rumah
4. Anak mengenal bentuk geometri
5. Anak mampu menggunakan teknologi dengan benar
6. Anak mengenal nama bagian-bagian rumah
7. Anak mampu mengeja huruf
8. Aku senang mengikuti aturan
9. Aku senang membantu
10. Anak dapat menggambar rumah
|
Hari
ke 1
1. Mengelompokan alat-alat kebersihan
2. Membuat kolase bentuk rumah dengan menggunakan
kertas bekas
3. Menggunting dan menempel gambar pintu
4. Membuat rumah dari korek api
Hari ke 2
1.
Menyusun huruf menjadi kata bagian rumah
2.
Menggambar jendela dengan cotton bud
3.
Membentuk AC dari plastisin
4.
Menyusun cerita berseri ( membantu ibu di rumah )
Hari
ke 3
1.
Menunjuk waktu pada saat tidur malam
2.
Menunjuk waktu pada saat belajar
3.
Menempel bentuk geometri sesuai dengan bentuk bagian
rumah
4.
Pencampuran warna dengan pewarna makanan
Hari
ke 4
1.
Mencocok gambar ruang keluarga
2.
Menghubungkan kata dengan gambar bagian-bagian rumah
3.
Menjahit gambar rumah dengan tali sepatu
4.
Melipat bentuk rumah
Hari
ke 5
1.
Melukis atap rumah dengan finger painting
2.
Menghitung jumlah kursi dalam ruangan
3.
Bermain balok membuat kamar makan
4.
Membuat bentuk benda – benda yanng ada di kamar makan dengan playdough
Hari
ke 6
1.
Bermain balok membuat rumah
2.
Membuat perabot rumah dari kardus
3.
Membuat lampu hias untuk kamar tidur
4.
Memasangkan benda
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
Semester/Bulan/
Minggu : I/September Minggu ke 9
Tema
:
Lingkunganku
Sub
Tema : Sekolah
Sub-Sub
Tema
: Kelasku, Identitas Sekolah
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6
tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM : 1.2, 3.1, 4.1
FISMOT : 3.3, 4.3
KOG : 2.2, 3.7, 4.7
BHS : 2.13, 3.11, 4.11
SOSEM : 2.10, 2.11, 3.13, 4.13
SENI : 3.15, 4.15
|
1. Mengenal tempat ibadah
2. Aku senang
berolah raga
3. Percobaan terapung tenggelam
4. Mengenal lingkungan sekolah
5. Aku anak santun
6. Syair “Sekolah ku”
7.Kebiasaan bekerjasama dengan teman
8. Aku senang di sekolah
9. Mengenal bentuk emosi
10. Berkarya dengan berbagai media
|
1. Anak mengenal tempat ibadah
2. Aku senang
berolah raga
3. Anak melakukan percobaan terapung tenggelam
4. Anak mengenal lingkungan sekolah
5. Aku anak santun
6. Syair “Sekolah ku”
7. Anak memiliki kebiasaan bekerjasama dengan teman
8. Aku senang di sekolah
9. Anak mengenal bentuk emosi
10. Anak mampu berkarya dengan berbagai media
|
Hari
ke 1
1.
Menghubungkan
kata dengan gambar tempat ibadah
2.
Mewarnai
gambar anak senam di sekolah
3.
Melingkari gambar
anak yang sedang berolah raga dengan benar
4.
Melakukan
percobaan dengan memasukkan benda kedalam air
Hari
ke 2
1.
Menebalkan tulisan ruangan di sekolah
2.
Menghias gambar sekolah dengan kolase daun kering
3.
Memberi tanda centang pada gambar perbuatan yang
sopan
4.
Menyalin tulisan syair “Sekolahku”
Hari
ke 3
1.
Membuat denah sekolah dengan bubur Koran
2.
Menyusun balok membuat bangunan sekolah
3.
Menggunting dan menempel gambar mainan di sekolah
4.
Menggambar ekspresi anak yang senang dan sedih di
sekolah
Hari
ke 4
1.
Mencat tong sampah yang ada di sekolah
2.
Mencetak gambar mainan sekolah dengan pelepah pisang
3.
Membatik gambar seragam sekolah
4.
Menggambar bebas suasanan di sekolah
Hari
ke 5
1.
Melipat seragam sekolah
2.
Membentuk perosotan dari playdough
3.
Membuat bentuk sekolah dari kardus
4.
Memasangkan meja kursi dikelas sesuai perintah guru
Hari
ke 6
1.
Bermain balok membentuk gedung sekolah
2.
Memasangkan benda di kelas
3.
Membuat hiasan untuk kelas
4.
Membuat aturan kelas dengan gambar dan tulisan
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK..................................................
Semester/Bulan/
Minggu :
I/September/
Minggu ke 10
Tema
:
Lingkunganku
Sub
Tema : Lingkungan Sekitar
Sub-Sub
Tema :
Tempat Umum, Pasar
Kelompok/
Usia :
TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM : 1.1
FISMOT : 2.1, 3.4, 4.4
KOG : 3.6, 4.6, 3.8, 4.8
BHS : 2.13, 3.12, 4.12
SOSEM : 2.9,3.14, 4.14
SENI : 3.15, 4.15
|
1. Percaya adanya Tuhan
2. Lingkunganku sehat
3. Mengenal pasar tradisional dan pasar modern
4. Mengenal kejadian alam banjir
5. Aku anak santun
6. Mengenal huruf
7. Aku peduli terhadap sesama
8. Mengenal kebutuhan diri
9. Aku kreatif
|
1. Anak percaya adanya Tuhan
2. Anak mengenal lingkunganku sehat
3. Anak mengenal pasar tradisional dan pasar modern
4. Anak mengenal kejadian alam banjir
5. Aku anak santun
6. Anak Mengenal huruf
7. Aku peduli terhadap sesama
8. Anak mengenal kebutuhan diri
9. Aku kreatif
|
Hari
ke 1
1.
Mewarnai
gambar yang menunjukkan ciptaan Tuhan
2.
Menempel
stiker bintang pada anak yang membuang sampah pada tempatnya
3.
Menggunting
gambar yang bertema lingkungan sehat yang ada di Koran
4.
Mencari
perbedaan pada dua buah gambar pasar tradisional
Hari ke 2
1.Mencari jalan menuju mall
2.
Percobaan banjir dengan peralaon dan sampah
3.
Memberi gambar senyum pada gambar anak yang membatu
ibu belanja ke pasar dengan buah belimbing
4.
Menyusun kartu huruf membentuk kata “pasar, jual,
beli”
Hari
ke 3
1.
Menulis kata “pasar” di kotak pasir
2.
Menempel potongan telapak kaki menuju ke pasar
3.
Mengelompokkan makanan tradisional
4.
Bermain peran jual beli di pasar
Hari
ke 4
1.
Menimbang berat singkong
2.
Belajar memasak membuat getuk singkong
3.
Menaburi kelapa di atas getuk singkong
4.Berbelanja ke pasar
Hari
ke 5
1.
Menghitung barang dari hasil berbelanja ke pasar
2.
Mengelompokkan barang belanja sesuai dengan jenisnya
3.
Memebuat maket pasar
4.
Bermain peran jual beli di pasar
Hari
ke 6
1.
Membuat bentuk pasar dari balok
2.
Memasangkan benda
3.
Menulis barang barang yang biasa dijual di pasar
4.
Finger painting suasana pasar
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGU
Semester/Bulan/
Minggu : I/Oktober/
Minggu ke 11
Tema
: Binatang
Sub
Tema :
Binatang Kesayangan
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM 1.1, 1.2
FM 2.1, 3.3, 4.3
KG: 2.3, 3.6, 4.6
Bhs 3.10 ,
4.10, 3.12, 4.12, 3.8 , 4.8
Sosem2.9, 2.10, 2.7
Seni3.15 ,
4.15
|
1. Binatang ciptaan Tuhan
2. Perilaku hidup sehat
3. Kreatif
4. Kata benda
5. Perilaku peduli,
6. Sabar menunggu giliran
7. Menghargai karya orang lain
|
1. Anak mengenal binatang ciptaan Tuhan
2. Anak memiliki perilaku hidup sehat
3. Anak bersikap kreatif
4. Anak mengenal kata benda
5. Anak memiliki perilaku peduli,
6. Anak sabar menunggu giliran
7. Anak mampu menghargai karya orang lain
|
Hari
ke 1
1. Melipat bentuk binatang
2. Membilang gambar
3. Memasangkan gambar dengan tulisan
4. Mengerjakan maze anak member makan
Hari
ke 2
1. Membentuk rumah binatang dari lidi
2Menyusun huruf dari kartu kata bergambar
3. Kolase gambar ikan makanan binatang
4. Finger painting
Hari
ke 3
1. Menyusun
balok membentuk rumah binatang
2. . Menghubungkan gambar dengan bilangan
3. . Mengelompokkan gambar makanan binatang
4. Menirukan
gerakan binatang
Hari
ke 4
1.
Menirukan
suara binatang
2.
Menyebutkan
bagian- bagian tubuh binatang
3. Menyebutkan warna bulu binatang
4.
Membentuk
dengan plastisin
Hari
ke 5
1.
Menggambar
binatang bersayap
2.
Membedakan
konsep besar dan kecil
3.
. Menggambar binatang kesayangan
4.
Menulis nama pada gambar
Hari
ke 6
1.
Menulis angka pada gambar panda
2.
Mewarnai gambar bervaeasi
3.
Mewarnai gambar batik
4. Finger painting
|
Kepala
Sekolah
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK .....................................................
Semester/Bulan/
Minggu : I/Oktober/ Minggu ke 12
Tema
:Binatang
Sub
Tema :
BinatangTernak
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM 1.1, 1.2
FM 2.1, 3.3, 4.3
KG: 2.3, 3.6, 4.6 , 3.8, 4.8
Bhs 3.10 ,
4.10, 3.12, 4.12, 3.11 , 4.11
Sosem 2.9, 2.10, 2.7, 2.8
Seni 3.15 ,
4.15
|
1. Binatang ciptaan Tuhan
2. Perilaku hidup sehat
3. Kreatif
4. Kata benda
5. Perilaku peduli,
6. Sabar menunggu giliran
7. Perilaku
mandiri
8. Menghargai karya orang lain
|
1. Anak mengenal binatang ciptaan Tuhan
2. Anak memiliki perilaku hidup sehat
3. Anak bersikap kreatif
4. Anak mengenal kata benda
5. Anak memiliki perilaku peduli,
6. Anak sabar menunggu giliran
7. Anak memiliki perilaku mandiri
8. Anak dapat menghargai karya orang lain
|
Hari
ke 1
1. Menggambar binatang ternak
2. Mencontoh kata
3. Mengelompokkan gambar binatang ternak
4. Mengurutkan gambar seri
Hari
ke 2
1.. Menyebutkan macam- macam binatang ternak
2.. Menghitung kaki binatang ternak
3. Mengelompokkan gambar binatang berdasarkan jumlah
kaki
4.
Mengurutkan
gambar perkembang biakan binatang
Hari
ke 2
1.
Menggunting
gambar benda
2.
. Menjahit gambar kandang binatang
3.
. Mencap dengan ibu jari
4.
Membentuk
benda dengan bentuk geometri
Hari
ke 3
1. Menghubungkan lambing bilangan dengan kata
2.
Menyanyikan
lagu anak
3. Menirukan jalannya binatang ternak
4.
Menirukan
suara binatang ternak
Hari
ke 4
1. Membedakan binatang bertelur dan beranak
2.
Menyebutkan
makanan binatang ternak
3. Mewarnai gambarbinatang ternak
4.
membuatkarya dengan balok
Hari
ke 5
1. Menjemur kata”binatang ternak”
2. Memberi angka pada jumlah gambar bimnatang
ternak
3.
Membuat karya denagn balok
4. Menggambar bebas
Hari
ke 6
1.
Bermain balok membuat kandang kambing
2.
Membuat tempat pakan kambing dari kardus
3.
Memasangkan benda
4.
Mencari kata dengan huruf awal K
|
Kepala
Sekolah Guru Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ........................................
Semester/Bulan/
Minggu : I/Oktober/ Minggu ke 13
Tema
: Binatang
Sub
Tema :
Binatang liar
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM3.1, 4.1, 2.13
FM 2.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4
KG: 2.3, 3.6, 4.6 , 2.2
Bhs 3.10 ,
4.10, 3.12, 4.12, 3.11 , 4.11
Sosem 2.9, 2.10, 2.7, 2.8
Seni 3.15 ,
4.15
|
1. Kegiatanberibadah
2. Perilakusikapjujur
3. Perilakuhidupsehat
4. Kreatif
5. Perilakuingintahu
6. Kata benda
7. Perilakupeduli,
8. Sabarmenunggugiliran
9. Perilakumandiri
10. Menghargaikarya orang lain
|
1. Anak melakukan kegiatanberibadah
2. Anak memiliki perilakusikapjujur
3. Anak memiliki perilakuhidupsehat
4. Kreatif
5. Anak memiliki perilakuingintahu
6. Anak mengenal kata benda
7. Anak memiliki perilakupeduli,
8. Anak sabarmenunggugiliran
9. Anak memiliki perilakumandiri
10. Anak mampu menghargaikarya orang lain
|
Hari
ke 1
1. Memperagakan gerakan beribadah
2. Mengamati gambar binatang buas di video /
komputer
3. Mozaik gambar binatang
4. .membuat bentuk dari potongan bangun
geometri
Hari
ke 2
1 Menirukan kembali 4 – 5 urutan kata
2.
Melengkapi
kata
3.
Menyusun
kepingan – kepingan puze
4. . Bermain balok
Hari
ke 3
1.
Membentuk
kandang binatang
menggunakan sedotan
2.
Mengurutkan
gambar dari besar ke kecil, kecil ke besar
3.
Menghubungkan
gambar dengan kata
4. Menggambar bebas dari bentuk dasar titik
Hari
ke 4
1.
Menganyam
2.
Mencampur
warna
3.
Bercerita
dengan gambar
4. Mengerjakan maze
Hari
ke 5
1. Mengucap syair
2.
Memberi tanda v pada gambar makanan binatang buas
3. Membuat bentuk binatang dari kertas asturo
4. .Mewarnai gambar bervareasi
Hari
ke 6
1. Bermain balok
2 Melengkapikata
3. Membuat bentuk dengan plastisin
4..membangun
dengan balok
|
Kepala
Sekolah
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ...........................................
Semester/Bulan/
Minggu : I/Oktober/ Minggu ke 14
Tema
:Binatang
Sub
Tema : Binatang
Serangga :
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
NAM 3.2, 4.2
FM 2.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4
KG: 2.3, 3.6, 4.6 , 2.2
Bhs 3.10 ,
4.10, 3.12, 4.12, 3.11 , 4.11
Sosem 2.9, 2.10, 2.7, 2.8
Seni 3.15 ,
4.15
|
1. Kegiatan beribadah
2. Perilaku sikap jujur
3. Perilaku hidup sehat
4. Berakhlak mulia
5. Kreatif
6. Perilaku ingin tahu
7. Kata benda
8. Perilaku peduli,
9. Sabar menunggu giliran
10. Perilaku mandiri
11. Menghargai karya orang lain
|
1. Anak terbiasa kegiatan beribadah
2. Anak terbiasa perilaku sikap jujur
3. Anak terbiasa perilaku hidup sehat
4. Anak mampu berakhlak mulia
5. Anak terbiasa kreatif
6. Anak terbiasa perilaku ingin tahu
7. Kata benda
8. Anak memilikiperilaku peduli,
9. Anak mampu sabar menunggu giliran
10. Anak memiliki perilaku mandiri
11. Anak dapat menghargai karya orang lain
|
Hari
ke 1
1. Mengurutkan metamorphose binatang
2. Menebalkan polabatik
3. Menyebutkan hasil dari penambahan
4. Mengelompokkan binatang
Hari
ke 2
1.
Membuat
sarang laba2 dari sedotan
2.
. Menghitung jumlah benda sesuai bentuk
3.
. Memberitanda sama dan tidak sama
4.
Plastisin
Hari
ke 3
1.
. menghitung jumlah lidi yang dipakai membentuk
kandang
2.
. Menggambar binatang serangga
3.
. Menggunting bentuk gambar binatang
4.
. Meronce bentuk gambar kupu2
Hari
ke 4
1 Mengurutkan 3 pola gambar
2. Memberi tanda v yang termasuk binatang
serangga
3. Membuat kepik dari bentuk lingkaran
4. . Mewarnai
gambar binatang
kesukaan
Hari
ke 5
1.
Menghitung
jumlah gambar kaki belalang
2.
Memberi warna
pada gambar yang
jumlahnya lebih banyak
3. mengerjakan pusel
4. Membuat karya dari balok
Hari
ke 6
1.
Menyortir bentuk berdasar warna
.2 Bermain pusel
3
Membentuk dengan balok
4. Finger painting
|
Kepala
Sekolah Guru Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK
........................................................
Semester/Bulan/
Minggu : I/November/
Minggu ke 15
Tema
:
TANAMAN
Sub
Tema : Buah
Sub-Sub
Tema :
Buah di lingkungan anak
Kelompok/
Usia : TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
Nam 1.1, 1.2
Fismot 3.3, 4.3, 3.4, 4.4
Kog 2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9
Bhs 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12,4.12
Sosem2.7, 2.9, 2.12
3.14, 4.14
Seni 3.15, 4.15,
|
1. Macam-macamsayuranciptaanTuhan
2. BersyukuratasciptaanTuhanberupasayuran
3. Kebiasaanmakanmakananbergiziseimbang
4. Menyanyangitanaman
5. Menggunakanbenda /
bahanbelajaruntukmembuatsesuatu
6. Mengembangkangagasandalammengatasimasalah
7. Mengenalbentuksayuran
8. Mengenaljenistanaman (darat,air, hias)
9. Mengenalfungsisayuranbagitubuh
10. Menceritakankembaliapa yang sudahdidengarnya
11. Berceritatentangapa yang sudahdilakukannya
12. Mengenalhurufawalsayuran
13. Selalumenyelesaikantugasdengantuntas
14. Mau menemanitemanmelakukankegiatanbersama
15. Membereskanmainanpadatempatsemula
16. Mengambilmakanansesuaikebutuhan
17. Mengenalberbagaihasilkarya ‘gambar, suara,
ketrampilan’
|
1. Anak mengenal macam-macamsayuranciptaanTuhan
2. Anak mampu bersyukuratasciptaanTuhanberupasayuran
3. Anak memiliki
kebiasaanmakanmakananbergiziseimbang
4. Anak dapat menyanyangitanaman
5. Anak dapat menggunakanbenda /
bahanbelajaruntukmembuatsesuatu
6. Anak mampu mengembangkangagasandalammengatasimasalah
7. Anak mengenalbentuksayuran
8. Anak mengenaljenistanaman (darat,air, hias)
9. Anak mengenalfungsisayuranbagitubuh
10. Anak dapat menceritakankembaliapa yang
sudahdidengarnya
11. Anak dapat berceritatentangapa yang
sudahdilakukannya
12. Anak mengenalhurufawalsayuran
13. Anak selalumenyelesaikantugasdengantuntas
14. Anak mau menemanitemanmelakukankegiatanbersama
15. Anak dapat membereskanmainanpadatempatsemula
16. Anak mampu mengambilmakanansesuaikebutuhan
17. Anak mengenalberbagaihasilkarya ‘gambar, suara,
ketrampilan’
|
Hari
ke 1
1.Membentuk worteldenganplastisin
2.Menggunting “ semangka”
3.Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran
4.Menyiram tanaman
Hari
ke 2
1. .Mengisi
polagambarwortel
2. .Mengelompokkan
gambarworteldenganmewarnai
3.
.Menghitung jumlahgambartomat
4. .Membuat
jus wortel
Hari
ke 3
1.
.Membuat jus tomat
2.
.Makan bersamasayurbayam
3.
.Menceritakan kembali “Kelinci suka wortel”
4. .Mengamati
tanamantomat
Hari
ke 4
1
.Mengenal huruf
awal
“W O R T E L”
2. .Mengenal
hurufawal “ BAYAM”
3. Mengenal
hurufawal “ TOMAT”
4, .Finger
painting “buahTomat”
Hari
ke 5
1
.Bermain balok “ Kebunku”
2.
.Bermain balok
3.
. Bermain lego
4.
. Bermain pusel
Hari
ke 6
1.
Bermain balok membuat bentuk kebun buah
2.
MMM Keranjang buah
3.
Membuat bentuk buah dengan plastisin kemudian menulis nama buah yang
dibuatnya
4.
Mengelompokkan gambar buah sesuai warna
|
Kepala
Sekolah Guru Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK...................................................................
Semester/Bulan/ Minggu : I/November/
Minggu ke 16
Tema :
TANAMAN
Sub Tema :
BUAH-BUAHAN
Sub-Sub Tema
: JERUK, APEL, PISANG
Kelompok/ Usia :
TK B/ 5-6 tahun
Strategi
pembelajaran
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
Nam 1.1, 1.2
Fismot 3.3, 3.4,
Kog 2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9
Bhs 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12,4.12
Sosem 2.7, 2.9, 2.12
3.14, 4.14
Seni 3.15, 4.15,
|
1. Macam-macam sayuran ciptaan Tuhan
2. Bersyukur atas ciptaan Tuhan berupa sayuran
3. Kebiasaan makan makanan bergizi seimbang
4. Menggunakan benda / bahan belajar untuk membuat
sesuatu
5. Mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah
6. Mengenal bentuk buah buahan
7. Mengenal jenis buah
8. Mengenal fungsi buah-buahan bagi tubuh
9. Menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya
10. Bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya
11. Mengenal huruf awal buah
12. Selalu menyelesaikan tugas dengan tuntas
13. Mau menemani teman melakukan kegiatan bersama
14. Membereskan mainan pada tempat semula
15. Mengambil makanan sesuai kebutuhan
16. Mengenal berbagai hasil karya ‘gambar, suara,
ketrampilan’
|
1. Anak mengenal macam-macam sayuran ciptaan Tuhan
2. Anak mampu bersyukur atas ciptaan Tuhan berupa
sayuran
3. Anak memiliki kebiasaan makan makanan bergizi
seimbang
4. Anak dapat menggunakan benda / bahan belajar
untuk membuat sesuatu
5. Anak mampu mengembangkan gagasan dalam mengatasi
masalah
6. Anak mengenal bentuk buah buahan
7. Anak mengenal jenis buah
8. Anak mengenal fungsi buah-buahan bagi tubuh
9. Anak dapat menceritakan kembali apa yang sudah
didengarnya
10. Anak mampu bercerita tentang apa yang sudah
dilakukannya
11. Anak mengenal huruf awal buah
12. Anak dapat selalu menyelesaikan tugas dengan
tuntas
13. Anak mau menemani teman melakukan kegiatan
bersama
14. Anak dapat membereskan mainan pada tempat semula
15. Anak mampu mengambil makanan sesuai kebutuhan
16. Anak mengenal berbagai hasil karya ‘gambar,
suara, ketrampilan’
|
Hari
ke 1
1. Makan bersama dengan buah pisang (mengupas kulit
pisang)
2. Membentuk pisang dengan plastisin
3. Menggunting & Menempel gambar Apel
4. Mencocok “ Pisang”
Hari ke 2
1.
Mengisi pola “jeruk” dengan ampas kelapa
2.
Menarik garis gambar jeruk
3.
Menghitung jumlah gambar jeruk
4.
Mengelompokkan gambar buah yang berbentuk lingkaran
Hari
ke 3
1.
Membuat jus jeruk
2.
Mengelompokkan gambar buah jeruk sesuia warna dan
bentuk
3.
Menceritakan kembali “Monyet yang cerdik”
4.
Bercerita tentang jus jeruk
Hari
ke 4
1.
Mengamati buah “Apel” lalu menulis cirinya
2.
Mengenal huruf awal(a) “APEL”
3.
Membuat bentuk apel dari plastisin
4.
Mencocok bentuk apel
Hari
ke 5
1.
Finger painting “JERUK”
2.
Gambar seri membuang sampah setelah makan buah
3.
Bermain lego
4.
Menjahit bentuk jeruk
Hari
ke 6
1.
Bermain balok membuat kebun buah
2.
Melipat keranjang buah
3.
Membuat parcel bentuk buah dari
playdoug
4.
Menjemur kata
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
TK ..............................................................
Semester/Bulan/
Minggu
: I/November/ Minggu ke 17
Tema
:
TANAMAN
Sub
Tema :
BUNGA
Sub-Sub
Tema :
MAWAR, MELATI, MATAHARI
Kelompok/
Usia :
TK B/ 5-6 tahun
Strategi pembelajaran :
|
KD
|
MATERI
|
TUJUAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
Nam 1.1, 1.2
Fismot 3.3, 4.3, 3.4, 4.4
Kog 2.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9
Bhs 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12,4.12
Sosem 2.7, 2.9, 2.12
3.14, 4.14
Seni 3.15, 4.15,
|
1. Macam-macam bunga ciptaan Tuhan
2. Bersyukur atas ciptaan Tuhan berupa bunga
3. Menyanyangi “Bunga”
4. Mengenal anggota tubuh fungsi
5. Menggunakan benda / bahan belajar untuk membuat
sesuatu
6. Mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah
7. Mengenal bentuk bunga
8. Mengenal jenis bunga (darat, air, hias)
9. Mengenal fungsi bunga
10. Menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya
11. Bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya
12. Mengenal huruf awal bunga
13. Selalu menyelesaikan tugas dengan tuntas
14. Mau menemani teman melakukan kegiatan bersama
15. Membereskan mainan pada tempat semula
16. Mengambil makanan sesuai kebutuhan
17. Mengenal berbagai hasil karya ‘gambar, suara,
ketrampilan’
|
1. Anak mengenal macam-macam bunga ciptaan Tuhan
2. Anak mampu bersyukur atas ciptaan Tuhan berupa
bunga
3. Anak dapat menyanyangi “Bunga”
4. Anak mampu mengenal anggota tubuh fungsi
5. Anak mampu menggunakan benda / bahan belajar
untuk membuat sesuatu
6. Anak dapat mengembangkan gagasan dalam mengatasi
masalah
7. Anak mengenal bentuk bunga
8. Anak mengenal jenis bunga (darat, air, hias)
9. Anak mengenal fungsi bunga
10. Anak mampu menceritakan kembali apa yang sudah
didengarnya
11. Anak terbiasa bercerita tentang apa yang sudah
dilakukannya
12. Anak mengenal huruf awal bunga
13. Anak selalu menyelesaikan tugas dengan tuntas
14. Anak mau menemani teman melakukan kegiatan
bersama
15. Anak membereskan mainan pada tempat semula
16. Anak dapat mengambil makanan sesuai kebutuhan
17. Anak mengenal berbagai hasilkarya ‘gambar,
suara, ketrampilan’
|
Hari
ke 1
1. Memupuk tanaman bunga mawar
2. Menyirami tanaman bunga
3. Mencium bau bunga
dengan mata ditutup
4. Menggambar bunga “Mawar”
Hari ke 2
5. Menggunting & Menempel gambar Matahari
6. Meronce bunga matahari dari kertas
7. Mengisi pola bunga matahari dengan guntingan kertas
8. Menghitung jumlah mahkota bunga matahari
Hari ke 3
1.
Mengelompokkan gambar bunga yang sesuai warna
2.
Merangkai bunga membuat hiasan kepala (bunga) dengan
kertas warna
3.
Menceritakan kembali “Kisah si mawar dan melati”
4.Menceritakan kembali bahaya bermain tangkai bunga
mawar
Hari
ke 4
1.
Mengamati bunga mawar (mahkota,putik,benangsari,daun,batang)
2.
Mengenal huruf awal (M) “MAWAR”
3.
Mencari jejak ke kebun bunga
4.
Membuat bentuk bunga mawar dari kertas krep
Hari
ke 5
1.
Finger painting “Taman Bunga”
2.
Merangkai daun dari berbagai tanaman bunga
3.
Membuat kalung dari bunga
4.Bermain
lego
Hari
ke 6
1.
Bermain balok membuat taman bunga
2.
Bermain puzel berbagai bentuk bunga
3.
Membuat media untuk menanam bunga
4.
Memanam bibit tanaman bunga yang disediakan guru ke dalam media.
|
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Komentar
Posting Komentar