RPPM MINGGU KE 11 SAMPAI 14 ( HASIL KKG)
TAMAN KANAK KANAK
SEMESTER/BULAN/MINGGU :
I/...../11
TEMA :
Lingkunganku
SUB TEMA :
Rumah
KELOMPOK :
A (4 – 5) Tahun
KD :
1.1/1.2/3.2/4.2/3.3/4.3/2.1/2.2/3.5/4.5/3.7/4.7/3.9/4.9/2.6/2.9/2.10/3.11/4.11/3.12/4.12/2.4/3.15/4.15
|
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
|
1. Membiasakan
mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan (nam 1.1)
2. Hormat pada guru dan orang tua(nam
1.2)
3. Melipat,
menggunting, menempel,
mencocok (F Menjaga kebersihan diri dan alat bermain (FM 2.1)
4. Cara mengatasi masalah (kog
3.5)
5. Bentuk dua dimensi (kog 3.6,4.6)
6. Nama –nama benda (kog 3.9)
7. Bagian – bagian benda (kog 4.9)
8. Bercerita
tentang apa yang sudah di lakukannya (bhs 3.11,4.11)
9. Membaca
gambar,membaca simbol (bhs. 3.12,4.12)
10. Menunjukan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media (seni 3.15,4.15)
|
1. Anak
dapat mengucapkan rasa syukur terhadap
tuhan
2. Anak
dapat menunjukan perilaku hormat
pada guru dan orang tua
3. Anak
dapat mengetahui cara melipat, menggunting, menempel
4. Anak
dapat mengetahui cara mengatasi
masalah dan menyelesaikannya
5. Anak
dapat mengenal bentuk bentuk
2 dimensi
6. Anak
dapat menyebutkan berbagai
macam nama benda
7. Anak
dapat menyebutkan bagian –
bagian benda
8. Anak
mampu mengungkapkan cerita tentang apa yang sudah di lakukannya
9. Anak
mampu membaca gambar dan membaca simbol yang melambangkanya
10. Anak
dapat menampilkan hasil karya menggunakan berbagai media
|
Hari ke 1
1. Menebalkan
tulisan bagian bagian rumah
2. Mengerjakan maze “menuju rumah deni”
3. Melipat
rumah
4. Memasangkan bilangan dengan
lambangnya
|
|
Hari ke 2
1. Menggambar rumah
2. Mengelompokkan
bentuk geometri
3. Memasangkan bagian rumah
4. Membuat
rumah dari balok
|
||
|
Hari ke 3
1. Mengelompokkan huruf vokal
2. Menggunting
gambar rumah
3. Menghitung jumlah gambar rumah
4. Membentuk
rumah dengan
plastisin
|
||
|
Hari ke 4
1. Menyusun puzzle sederhana
2. Menirukan
huruf menjadi kata
3. Kolase gambar rumah dengan daun
4. Menggamabr bentuk geometri dua dimensi
|
||
|
Hari ke 5
1. Memberi
tanda x/v pada perbuatan benar dan salah
2. Mencocok gambar rumah
3. Mengecap
atap rumah dengan pelepah
4. Membentuk
dengan lego
|
||
|
Hari ke 6
1. Membedakan
2 gambar yg hampir sama
2. Menirukan
tulisan kata “rumah”
3. Membentuk
rumah dengan lidi
4. Mengelompokan
gambar berdasarkan bentuknya
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelompok A
Taman Kanak Kanak
(..........................) (...............................)
RENCANA PELAKSAANAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
SEMESTER/BULAN/MINGGU :
I/...../12
TEMA :
Lingkunganku
SUB TEMA :
Sekolah
KELOMPOK :
A (4 – 5) Tahun
KD :
1.1/1.2/3.2/4.2/3.3/4.3/2.1/2.2/3.5/4.5/3.7/4.7/3.9/4.9/2.6/2.9/2.10/3.11/4.11/3.12/4.12/2.4/3.15/4.15
|
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
|
11. Mengucapkan kalimat pujian terhadap
ciptaan tuhan (nam 1.1)
12. Merawat lingkungan(nam 1.2)
13. Latihan untuk motorik kasar (FM
3.3)
14. Latihan untuk motorik halus(FM 4.3)
15. Cara mengatasi masalah(kog 3.5)
16. Mengenal nama-nama benda(kog 3.9)
17. Aturan bermain (sosem 2.6)
18. Keuntungan mengalah (sosem 2.9)
19. Menjiplak huruf(bhs 3.12)
20. Hubungan
huruf dan bunyi (bhs.4.12)
21. Cara merawat kerapihan, kebersihan
dan keutuhan benda mainan atau bendanya
(seni 2.4)
22. Membuat berbagai hasil karya dan
aktifitas seni, gambar dan seni lukis, seni suara, seni music, karya tangan
dll (seni 3.15)
|
11. Anak
dapat mengucapkan rasa syukur terhadap
tuhan
12. Anak
dapat menunjukan perilaku merawat
lingkungan
13. Anak
dapat melakukan aktivitas
motorik kasar
14. Anak
dapat melakukan aktivitas
motorik halus
15. Anak
bisa mencari cara untuk menyelesaikan
masalah
16. Anak
dapat mengenal nama – nama
benda
17. Anak
dapat mengikuti aturan bermain yang telah dibuat
bersama
18. Agar
anak dapat mengalah dalam sebuah peristiwa
19. Anak
mampu menjiplak huruf
20. Anak
mampu menghubungkan huruf
dengan bunyi
21. Agar anak dapat merawat mainan
atau barang miliknya sendiri
22. Anak mampu membuat berbagai hasil
karya seni
|
Hari ke 1
5. Memasangkan gambar dengan tulisan
6. Menjiplak huruf vocal “ a dan I”
7. Menggunting gambar sekolah
8. Menggambar sekolah dengan lilin dan cat air
|
|
Hari ke 2
5. Meronce gambar pensil dan buku
6. Melingkari alat – alat tulis
7. Mewarnai gambar sekolah
8. Menghubungkan huruf dengan bunyi
yang sesuai
|
||
|
Hari ke 3
5. Menempel dengan kertas
6. Menulis nama – nama alat sekolah
7. Bermain kartu huruf
8. Menggambar finger painting
|
||
|
Hari ke 4
5. Mengelompokkan huruf vokal
6. Kolase gambar sekolah dengan kapas
7. Maze menuju sekolah
8. Menjahit garis lurus
|
||
|
Hari ke 5
5. Memasangkan benda dengan
kegunaannya
6. Merobek gambar pensil
7. Membatik jumputan
8. Membuat alat tulis dengan plastisin
|
||
|
Hari ke 6
5. Menggambar alat tulis dengan cat air
6. Mengelompokkan alat tulis
7. Menebalkan tulisan alat alat tulis
8. Mencocok gambar buku
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelompok A
Taman Kanak Kanak
(..........................) (...............................)
RENCANA PELAKSAANAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
SEMESTER/BULAN/MINGGU :
II/...../13
TEMA :
Lingkunganku
SUB TEMA :
Desaku
KELOMPOK :
A (4 – 5) Tahun
KD :
1.1/1.2/3.2/4.2/3.3/4.3/2.1/2.2/3.5/4.5/3.7/4.7/3.9/4.9/2.6/2.9/2.10/3.11/4.11/3.12/4.12/2.4/3.15/4.15
|
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
|
23. Membiasakan
mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan (nam 1.1)
24. Menolong
teman (nam 3.2)
25. Melipat,
menggunting, menempel (FM 4.3)
26. Menjaga
kebersihan lingkungan (FM 2.1)
27. Cara
bertanya (kog 2.2)
28. Lingkungan
geografis (kog 3.7,4.7)
29. Cara
menghargai karya teman (sos 2.10)
30. Bercerita
tentang apa yang sudah di lakukannya (bhs 3.11,4.11)
31. Membaca
gambar,membaca simbol (bhs. 3.12,4.12)
32. Menunjukan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media (seni 3.15,4.15)
|
23. Anak
dapat mengucapkan rasa syukur terhadap
tuhan
24. Anak
dapat menunjukan perilaku menolong sesama
25. Anak
dapat mengetahui cara melipat, menggunting, menempel
26. Anak
dapat mengetahui cara menjaga lingkungan desa
27. Anak
dapat memiliki rasa ingin tahu
28. Anak
dapat mengenal lingkungan geografis pedesaan
29. Anak
dapat menghargai hasil karya temannya dan orang lain
30. Anak
mampu mengungkapkan cerita tentang apa yang sudah di lakukannya
31. Anak
mampu membaca gambar dan membaca simbol yang melambangkanya
32. Anak
dapat menampilkan hasil karya menggunakan berbagai media
|
Hari ke 1
9. Menebalkan
tulisan “Desaku”
10. Membedakan
besar kecil
11. Melipat
rumah
12. Mengelompokan
huruf vokal
|
|
Hari ke 2
9. Mengubungkan
gambar degan kata
10. Menghitung gambar
11. Kolase
menggunakan bahan alam
12. Membuat
balaidesa dengan balok
|
||
|
Hari ke 3
9. Mencari
jejak/maze gambar desa
10. Menggunting
11. Menyusun
huruf menjadi kata
12. Membentuk
dengan plastisin
|
||
|
Hari ke 4
9. Menghubungkan
angka dengan gambar
10. Menirukan
huruf menjadi kata
11. Menggambar
desaku
12. Mengelompokan
manik manik berdasarkan warna
|
||
|
Hari ke 5
9. Memberi
tanda x/v pada perbuatan benar dan salah
10. Membentuk
dengan kepingan geometri
11. Mengecap
dengan daun
12. Membentuk
dengan lego
|
||
|
Hari ke 6
9. Membedakan
gambar
10. Menirukan
tulisan
11. Memebentuk
rumah dengan stik es cream
12. Mengelompokan
gambar dengan papan flanel
|
Mengetahui
Kepa Sekolah Guru
Kelompok A
Taman Kanak Kanak
(..........................) (...............................)
RENCANA PELAKSAANAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
SEMESTER/BULAN/MINGGU :
I/...../14
TEMA :
Lingkunganku
SUB TEMA :
kota
KELOMPOK :
A (4 – 5) Tahun
KD :
1.1/1.2/3.2/4.2/3.3/4.3/2.1/2.2/3.5/4.5/3.7/4.7/3.9/4.9/2.6/2.9/2.10/3.11/4.11/3.12/4.12/2.4/3.15/4.15
|
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
|
33. Mengucapkan kalimat pujian terhadap
ciptaan tuhan (nam 1.1)
34. Merawat lingkungan(nam 1.2)
35. Latihan untuk motorik halus (FM
3.3)
36. Kebersihan tempat belajar dan
lingkungan(FM 2.1)
37. Membiasakan ekploratif (kog 2.2)
38. Tempat – tempat umum (kog 4.7)
39. Cara menggunakan peralatan
elektronik (kog3.9)
40. Cara menawarkan bantuan pada
teman atau guru (sosem 2.9)
41. Membuat karya sesuai dengan gagasannya (sosem 4.14)
42. Menggunakan buku untuk berbagai
kegiatan (bhs 3.11)
43. Menuliskan huruf-huruf namanya
(bhs.3.12)
44. Hubungan angka dan bilangan (bhs
4.12)
45. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
(seni 2.4)
|
33. Anak
dapat mengucapkan rasa syukur terhadap
tuhan
34. Anak
dapat menunjukan perilaku merawat
lingkungan
35. Anak
dapat melakukan aktivitas
motorik halus
36. Anak
dapat menjaga kebersihan
tempat belajar dan lingkungan
37. Anak
memiliki sikap eksploratif
38. Anak
dapat mengenal berbagi
tempat umum di kota
39. Anak
dapat mengenal cara mengunakan peralatan
elektronik
40. Anak
mampu mengenal cara
menawarkan bantuan pada teman
41. Anak
mampu membuat karya sesuai
dengan gagasannya
42. Anak
dapat menngunakan buku untuk
berbagai kegiatan
43. Anak dapat menuliskan huruf –
huruf namanya
44. Anak dapat menghubungkan angka dan
bilangan
45. Anak dapat memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
|
Hari ke 1
13. Menuliskan nama anak sendiri
14. Memberikan tanda (v) pada gambar anak yang bersyukur
15. Menggambar dengan pasta pelangi
16. Memasangkan angka dan bilangan
|
|
Hari ke 2
13. Menggambar gedung dengan arang
14. Membuat gedung dengan bantuan buku
buku
15. Memasangkan gambar tempat tempat
umum
16. Menjahit gambar gedung
|
||
|
Hari ke 3
13. Membuat gedung dari kardus bekas
14. Menulis dan menirukan kata gedung
15. Bermain kartu angka
16. Membuat
mobil dari platisin
|
||
|
Hari ke 4
13. Menulis nama – nama alat transportasi
14. Menngelompokkan alat transportasi
15. Membuat karya dengan stempel jari
16. Mewarnai gambar mobil dengan
krayon
|
||
|
Hari ke 5
13. Memberi
tanda x/v pada perbuatan benar dan salah
14. Mencocok gamabr mobil
15. Membatik
16. Membuat mobil mobilan dengan balok
|
||
|
Hari ke 6
13. Meronce dengan manik - manik
14. Menyusun puzzle gambar mobil
15. Menebalkan tulisan kata kata alat
transportasi
16. Menirukan pola gambar mobil
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelompok A
Taman Kanak Kanak
(..........................) (...............................)

Komentar
Posting Komentar