RPPM MINGGU KE 11 SAMPAI 14 ( HASIL KKG)



RENCANA PELAKSAANAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
SEMESTER/BULAN/MINGGU      : I/...../11
TEMA                                                    : Lingkunganku
SUB TEMA                                           : Rumah
KELOMPOK                                         : A (4 – 5) Tahun
KD                                                          : 1.1/1.2/3.2/4.2/3.3/4.3/2.1/2.2/3.5/4.5/3.7/4.7/3.9/4.9/2.6/2.9/2.10/3.11/4.11/3.12/4.12/2.4/3.15/4.15
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.       Membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan (nam 1.1)
2.       Hormat pada guru dan orang tua(nam 1.2)
3.       Melipat, menggunting, menempel, mencocok (F Menjaga kebersihan diri dan alat bermain (FM 2.1)
4.       Cara mengatasi masalah (kog 3.5)
5.       Bentuk dua dimensi (kog 3.6,4.6)
6.       Nama –nama benda (kog 3.9)
7.       Bagian – bagian benda (kog 4.9)
8.       Bercerita tentang apa yang sudah di lakukannya (bhs 3.11,4.11)
9.       Membaca gambar,membaca simbol (bhs. 3.12,4.12)
10.   Menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media (seni 3.15,4.15)
1.       Anak dapat  mengucapkan rasa syukur terhadap tuhan
2.       Anak dapat menunjukan perilaku hormat pada guru dan orang tua
3.       Anak dapat mengetahui cara melipat, menggunting, menempel
4.       Anak dapat mengetahui cara mengatasi masalah dan menyelesaikannya
5.       Anak dapat mengenal bentuk bentuk 2 dimensi
6.       Anak dapat menyebutkan berbagai macam nama benda
7.       Anak dapat menyebutkan bagian – bagian benda
8.       Anak mampu mengungkapkan cerita tentang apa yang sudah di lakukannya
9.       Anak mampu membaca gambar dan membaca simbol yang melambangkanya
10.   Anak dapat menampilkan hasil karya menggunakan berbagai media
Hari ke 1
1.       Menebalkan tulisan bagian bagian rumah
2.       Mengerjakan maze “menuju rumah deni”
3.       Melipat rumah
4.       Memasangkan bilangan dengan lambangnya
Hari ke 2
1.       Menggambar rumah
2.       Mengelompokkan  bentuk geometri
3.       Memasangkan bagian rumah
4.       Membuat rumah dari balok

Hari ke 3
1.       Mengelompokkan huruf  vokal
2.       Menggunting  gambar rumah
3.       Menghitung jumlah gambar rumah
4.       Membentuk rumah dengan plastisin

Hari ke 4
1.       Menyusun puzzle sederhana
2.       Menirukan huruf menjadi kata
3.       Kolase gambar rumah dengan daun
4.       Menggamabr bentuk geometri dua dimensi
Hari ke 5
1.       Memberi tanda x/v pada perbuatan benar dan salah
2.       Mencocok gambar rumah
3.       Mengecap atap rumah dengan pelepah
4.       Membentuk dengan lego
Hari ke 6
1.       Membedakan 2 gambar  yg hampir sama
2.       Menirukan tulisan kata “rumah”
3.       Membentuk rumah dengan lidi
4.       Mengelompokan gambar berdasarkan bentuknya


                                                                                                                               
Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                                                                                                                                                                Guru Kelompok A
Taman Kanak Kanak
(..........................)                                                                                                                                                                                          (...............................)


RENCANA PELAKSAANAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
SEMESTER/BULAN/MINGGU      : I/...../12
TEMA                                                    : Lingkunganku
SUB TEMA                                           : Sekolah
KELOMPOK                                         : A (4 – 5) Tahun
KD                                                          : 1.1/1.2/3.2/4.2/3.3/4.3/2.1/2.2/3.5/4.5/3.7/4.7/3.9/4.9/2.6/2.9/2.10/3.11/4.11/3.12/4.12/2.4/3.15/4.15
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan
11.   Mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan tuhan (nam 1.1)
12.   Merawat lingkungan(nam 1.2)
13.   Latihan untuk motorik kasar (FM 3.3)
14.   Latihan untuk motorik halus(FM 4.3)
15.   Cara mengatasi masalah(kog 3.5)
16.   Mengenal nama-nama benda(kog 3.9)
17.   Aturan bermain (sosem 2.6)
18.   Keuntungan mengalah (sosem 2.9)
19.   Menjiplak huruf(bhs 3.12)
20.   Hubungan huruf dan bunyi (bhs.4.12)
21.   Cara merawat kerapihan, kebersihan dan keutuhan benda mainan atau bendanya   (seni 2.4)
22.   Membuat berbagai hasil karya dan aktifitas seni, gambar dan seni lukis, seni suara, seni music, karya tangan dll (seni 3.15)
11.   Anak dapat  mengucapkan rasa syukur terhadap tuhan
12.   Anak dapat menunjukan perilaku merawat lingkungan
13.   Anak dapat melakukan aktivitas motorik kasar
14.   Anak dapat melakukan aktivitas motorik halus
15.   Anak  bisa mencari cara untuk menyelesaikan masalah
16.   Anak dapat mengenal nama – nama benda
17.   Anak dapat  mengikuti aturan bermain yang telah dibuat bersama
18.   Agar anak dapat mengalah dalam sebuah peristiwa
19.   Anak mampu menjiplak huruf
20.   Anak mampu menghubungkan huruf dengan bunyi
21.   Agar anak dapat merawat mainan atau barang miliknya sendiri
22.   Anak mampu membuat berbagai hasil karya seni
Hari ke 1
5.       Memasangkan gambar dengan tulisan
6.       Menjiplak huruf vocal “ a dan I”
7.       Menggunting gambar sekolah
8.       Menggambar sekolah dengan  lilin dan cat air
Hari ke 2
5.       Meronce gambar pensil dan buku
6.       Melingkari alat – alat tulis
7.       Mewarnai gambar sekolah
8.       Menghubungkan huruf dengan bunyi yang sesuai

Hari ke 3
5.       Menempel  dengan kertas
6.       Menulis nama – nama alat sekolah
7.       Bermain kartu huruf
8.       Menggambar finger painting

Hari ke 4
5.       Mengelompokkan huruf vokal
6.       Kolase gambar sekolah dengan kapas
7.       Maze menuju sekolah
8.       Menjahit garis  lurus
Hari ke 5
5.       Memasangkan benda dengan kegunaannya
6.       Merobek gambar pensil
7.       Membatik jumputan
8.       Membuat alat tulis dengan plastisin
Hari ke 6
5.       Menggambar alat tulis dengan cat air
6.       Mengelompokkan alat tulis
7.       Menebalkan tulisan alat alat tulis
8.       Mencocok gambar buku


                                                                                                               
Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                                                                                                                                                                Guru Kelompok A
Taman Kanak Kanak
(..........................)                                                                                                                                                                                          (...............................)


RENCANA PELAKSAANAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
SEMESTER/BULAN/MINGGU      : II/...../13
TEMA                                                    : Lingkunganku
SUB TEMA                                           : Desaku
KELOMPOK                                         : A (4 – 5) Tahun
KD                                                          : 1.1/1.2/3.2/4.2/3.3/4.3/2.1/2.2/3.5/4.5/3.7/4.7/3.9/4.9/2.6/2.9/2.10/3.11/4.11/3.12/4.12/2.4/3.15/4.15
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan
23.   Membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan (nam 1.1)
24.   Menolong teman (nam 3.2)
25.   Melipat, menggunting, menempel (FM 4.3)
26.   Menjaga kebersihan lingkungan (FM 2.1)
27.   Cara bertanya (kog 2.2)
28.   Lingkungan geografis (kog 3.7,4.7)
29.   Cara menghargai karya teman (sos 2.10)
30.   Bercerita tentang apa yang sudah di lakukannya (bhs 3.11,4.11)
31.   Membaca gambar,membaca simbol (bhs. 3.12,4.12)
32.   Menunjukan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media (seni 3.15,4.15)
23.   Anak dapat  mengucapkan rasa syukur terhadap tuhan
24.   Anak dapat menunjukan perilaku menolong sesama
25.   Anak dapat mengetahui cara melipat, menggunting, menempel
26.   Anak dapat mengetahui cara menjaga lingkungan desa
27.   Anak dapat memiliki rasa ingin tahu
28.   Anak dapat mengenal lingkungan geografis pedesaan
29.   Anak dapat menghargai hasil karya temannya dan orang lain
30.   Anak mampu mengungkapkan cerita tentang apa yang sudah di lakukannya
31.   Anak mampu membaca gambar dan membaca simbol yang melambangkanya
32.   Anak dapat menampilkan hasil karya menggunakan berbagai media
Hari ke 1
9.       Menebalkan tulisan “Desaku”
10.   Membedakan besar kecil
11.   Melipat rumah
12.   Mengelompokan huruf vokal
Hari ke 2
9.       Mengubungkan gambar degan kata
10.   Menghitung  gambar
11.   Kolase menggunakan bahan alam
12.   Membuat balaidesa dengan balok

Hari ke 3
9.       Mencari jejak/maze gambar desa
10.   Menggunting
11.   Menyusun huruf menjadi kata
12.   Membentuk dengan plastisin

Hari ke 4
9.       Menghubungkan angka dengan gambar
10.   Menirukan huruf menjadi kata
11.   Menggambar desaku
12.   Mengelompokan manik manik berdasarkan warna
Hari ke 5
9.       Memberi tanda x/v pada perbuatan benar dan salah
10.   Membentuk dengan kepingan geometri
11.   Mengecap dengan daun
12.   Membentuk dengan lego
Hari ke 6
9.       Membedakan gambar
10.   Menirukan tulisan
11.   Memebentuk rumah dengan stik es cream
12.   Mengelompokan gambar dengan papan flanel


                                                                                                                                                                                                                               
Mengetahui
Kepa Sekolah                                                                                                                                                                                                     Guru Kelompok A
Taman Kanak Kanak
(..........................)                                                                                                                                                                                          (...............................)










RENCANA PELAKSAANAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
SEMESTER/BULAN/MINGGU      : I/...../14
TEMA                                                    : Lingkunganku
SUB TEMA                                           : kota
KELOMPOK                                         : A (4 – 5) Tahun
KD                                                          : 1.1/1.2/3.2/4.2/3.3/4.3/2.1/2.2/3.5/4.5/3.7/4.7/3.9/4.9/2.6/2.9/2.10/3.11/4.11/3.12/4.12/2.4/3.15/4.15
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan
33.   Mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan tuhan (nam 1.1)
34.   Merawat lingkungan(nam 1.2)
35.   Latihan untuk motorik halus (FM 3.3)
36.   Kebersihan tempat belajar dan lingkungan(FM 2.1)
37.   Membiasakan ekploratif (kog 2.2)
38.   Tempat – tempat umum (kog 4.7)
39.   Cara menggunakan peralatan elektronik (kog3.9)
40.   Cara menawarkan bantuan pada teman  atau guru (sosem 2.9)
41.   Membuat  karya sesuai dengan gagasannya (sosem 4.14)
42.   Menggunakan buku untuk berbagai kegiatan (bhs 3.11)
43.   Menuliskan huruf-huruf namanya (bhs.3.12)
44.   Hubungan angka dan bilangan (bhs 4.12)
45.   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis          (seni 2.4)
33.   Anak dapat  mengucapkan rasa syukur terhadap tuhan
34.   Anak dapat menunjukan perilaku merawat lingkungan
35.   Anak dapat melakukan aktivitas motorik halus
36.   Anak dapat menjaga kebersihan tempat belajar dan lingkungan
37.   Anak  memiliki sikap eksploratif
38.   Anak dapat mengenal berbagi tempat umum di kota
39.   Anak dapat  mengenal cara mengunakan peralatan elektronik
40.   Anak mampu mengenal cara menawarkan bantuan pada teman
41.   Anak mampu membuat karya sesuai dengan gagasannya
42.   Anak dapat menngunakan buku untuk berbagai kegiatan
43.   Anak dapat menuliskan huruf – huruf namanya
44.   Anak dapat menghubungkan angka dan bilangan
45.   Anak dapat memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
Hari ke 1
13.   Menuliskan nama anak sendiri
14.   Memberikan tanda (v)  pada gambar anak yang bersyukur
15.   Menggambar dengan pasta pelangi
16.   Memasangkan angka dan bilangan
Hari ke 2
13.   Menggambar gedung dengan  arang
14.   Membuat gedung dengan bantuan buku buku
15.   Memasangkan gambar tempat tempat umum
16.   Menjahit gambar gedung

Hari ke 3
13.   Membuat gedung dari kardus bekas
14.   Menulis dan menirukan kata gedung
15.   Bermain kartu angka
16.   Membuat mobil dari platisin

Hari ke 4
13.   Menulis  nama – nama alat transportasi
14.   Menngelompokkan alat transportasi
15.   Membuat  karya dengan stempel jari
16.   Mewarnai gambar mobil dengan krayon
Hari ke 5
13.   Memberi tanda x/v pada perbuatan benar dan salah
14.   Mencocok gamabr mobil
15.   Membatik
16.   Membuat mobil mobilan dengan balok
Hari ke 6
13.   Meronce dengan manik -  manik
14.   Menyusun puzzle gambar mobil
15.   Menebalkan tulisan kata kata alat transportasi
16.   Menirukan pola gambar mobil


                                                                                                                                                                                                                               
Mengetahui
Kepala  Sekolah                                                                                                                                                                                                                Guru Kelompok A
Taman Kanak Kanak

(..........................)                                                                                                                                                                                          (...............................)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP