RPPM SEMESTER 1 MINGGU 1 SAMPAI 4

RENCANA PELAKSAANAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
Nama TK.........................
SEMESTER/BULAN/MINGGU      : I/ ............./1
TEMA                                                    : Diriku
SUB TEMA                                           : Tubuhku
KELOMPOK                                         : A (4 – 5) Tahun
KD                                                          : 1.1/3.1/4.1/2.1/3.3/4.3/3.6/2.6/2.8/3.12/3.10/4.10/3.15/4.15
MODEL PEMBELAJARAN.....................
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan

1.       Mengenal ciptaan ciptaan Tuhan (NAM)
2.       Doa sebelum dan sesudah belajar (Nam)
3.       Mencuci Tangan (FM)
4.       Nama Anggota tubuh (FM)
5.       Bentuk dua dimensi (Lingkaran,segi empat,segitiga)(Kog)
6.       Aturan Bermain (Sos)
7.       Pemahaman tentang Mandiri (Sos)
8.       Cara Berbicara Secara santun (B)
9.       Cara Menjawab dengan tepat ketika di tanya (B)
10.   Membuat berbagai hasil karya (S)






1.       Anak dapat mengenal  benda ciptaan tuhan
2.       Anak mampu berdoa sebelum dan setelah kegiatan
3.       Anak dapat mencuci tagan dengan baik
4.       Anak mampu menyebutkan nama anggota tubuh
5.       Anak mampu mengenal bentuk dua dimensi
6.       Anak dapat memahami aturan dalam permainan
7.       Anak dapat berperilaku mandiri
8.       Anak dapat menggunakan bahasa dengan tepat
9.       Anak dapat menjawab pertanyyan dengan tepat
10.   Anak dapat membuat hasil karyanya sendiri
Hari ke 1
1.       Membuat garis tegak
2.       Mengitung jumlah gambar
3.       Memberi tanda pada perbuatan benar/salah
4.       Mengelompokan manik manik berdasarkan warna
Hari ke 2
1.       Membuat garis datar
2.       Mencari jejak/Maze
3.       Mengecap dengan berbagai media
4.       Membentuk dengan lego
Hari ke 3
1.       Menghubungkan gambar dengan pasangannya
2.       Membuat garis miring
3.       Melipat
4.       Membentuk degan balok
Hari ke 4
1.       Menjiplak dengan jari tangan
2.       Menarik garis gambar dengan kata
3.       Mengurutkan gambar
4.       Meronce manik manik
Hari ke 5
1.       Mengukur dengan jari
2.       Membilang
3.       Menebalkan kata
4.       Fingger painting
Hari ke 6
1.       Memberi  tanda v/x pada anak yang mandiri
2.       Menirukan kata
3.       Membentuk dengan kepingan geometri
4.       Membentuk dengan plastisin

                                                                                                                                                                                                                                                                                                              



RENCANA PELAKSAANAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
NAMA TK
SEMESTER/BULAN/MINGGU      : I/ ............./2
TEMA                                                    : Diriku
SUB TEMA                                           : Kesukaanku
KELOMPOK                                         : A (4 – 5) Tahun
KD                                          1.1/3.1/4.1/2.1/3.3/4.3/3.6/4.6/2.6/2.8/3.12/4.12/3.10/4.10/3.15/4.15
MODEL PEMBELAJARAN..........................................
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan
1.       Membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap Tuhan (NAM)
2.       Doa sebelum dan sesudah makan (Nam)
3.       Membiasakan ana makan makanan bergizi seimbang (FM)
4.       Ketrampilan motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan (FM)
5.       Pengelompokan (Kog)
6.       Cara mengatur diri sendiri(Sos)
7.       Perilaku mandiri Mandiri (Sos)
8.       Pemahaman sikap rendah hati (B)
9.       Melakukan sesuai  yang di minta dengan beberapa perintah (B)
10.   Membuat berbagai hasil karya (S)


1.       Anak terbiasa mengucap dan menjawab salam
2.       Anak mampu berdoa sebelum dan setelah kegiatan makan
3.       Anak terbiasa makan makanan sehat
4.       Anak mampu meronce,
5.       Anak mampu mengelompokan benda di sekitarnya.
6.       Anak dapat memahami batasan waktu kegiatan di sekolah
7.       Anak dapat berperilaku mandiri
8.       Anak dapat memahami sikap rendah hati
9.       Anak dapat merespon perintah yang di berikan oleh guru
10.   Anak dapat membuat hasil karyanya sendiri
Hari ke 1

1.       Mengelompokan gambar
2.       Menghubungkan tulisan dengan gambar
3.       Mozaik
4.       Mengukur dengan langkah kaki

Hari ke 2

1.       Mengelompokan biji bijian
2.       Meronce
3.       Menirukan kata
4.       Mengurutkan pola

Hari ke 3

1.       Menyusun puzle
2.       Membatik
3.       Mengelompokan crayon berdasarkan warna
4.       Memberi tanda b/s pada gambar

Hari ke 4

1.       Mengenal panjang pendek
2.       Menebalkan kata
3.       Menggunting sesuai pola
4.       Menyusun balok

Hari ke 5

1.       Menyusun huruf
2.       Mengambar sesuai angka
3.       Mencocok
4.       Menyusun lego

Hari ke 6

1.       Mencari perbedaan dari 2 gambar
2.       Menyusun huruf
3.       Mengecap denganberbagai media
4.       Mengelompokan manik manik



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
Nama TK                   : 
Tema/ Sub Tema      : Diri Sendiri / Identitasku
Semester Bulan//Minggu   : 1 / .............../3
Kelompok                  : A (4-5 Thn)
KD                              : 1.2, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 2.2, 3.6, 4.6, 2.5, 2.8, 3.10, 4.10, 2.4, 3.15, 4.15,
Model Pembelajaran:
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Pembelajaran
·         Merawat kebersihan diri (NAM)
·         Doa sebelum dan sesudah makan. (Nam)
·         Nama anggota tubuh, Fungsi anggota tubuh dan cara merawat anggota tubuh (FM)
·         Melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan meremas, meronce, menggunting (FM)
·         Cara bertanya, dan cara mendapat jawaban. (K)

·         Pengelompokan  berdasarkan warna, bentuk, Ukuran, fugsi, warna-bentuk. (K)

·         Cara memberi salam pada guru atau teman (Sosem)

·         Pemahaman tentang mandiri. (Sos)

·         Cara menjawab dengan tepat saat di tanya (B)








  • Anak dapat menjaga kebersihan diri.
  • Anak dapat menirukan doa sebelum dan sesudah makan.
  • Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh fungsi dan cara merawat.

·         Anak dapat kelenturan tangan dan mengkoordinasikan mata dan tangan dalam kegiatan.

·         Anak dapat bertanya dn menjawab dengan baik

·         Anak dapat mengelompokan benda dengan baik.



·         Anak dapat memberi salam dengan baik..


·         Anak dapat mandiri di sekolah.
Hari ke1
-       Mengelompokan biji jagung, padi, kedelai.
-       Menjiplak huruf
-       Menggambar dengan pensil
-       Mengurutkan gambar seri.
Hari ke 2
-       Mengisi pola gambr dengan padi
-       Mengurutkan daun padi dari panjang ke pendek
-       Menanam biji padi di atas kapas.
-       Memasangkan huruf awal yang sama.
Hari ke 3
-       Menimbang beras
-       Mewarnai bentuk lingkaran dengan merah, hijau, biru.
-       Menghubungkan gambar dengan angka.
-       Melukis dengan cat air.
Hari ke 4
-       Mengurutkan bentuk gambar dari besar ke kecil.
-       Menjiplak gambar.
-       Mengunting gamabar wakul.
-       Mengelompokan kancing baju.
Hari ke 5
-       Mengelompokan balok berdasarkan bentuk.
-       Menghubungkan gambar jagung dengan angka.
-       Melukis dengan lilin.
-       Mewarnai gambar yg kasar dan yg halus dengan warna yg berbeda.
Hari ke 6
-       Mengurutkan gambar seri menanam padi.
-       Menempel huruf awal yang sama.
-       Mengunting daun padi
-       Mewarnai keranjang sampah.











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
Nama TK                   : 
Tema/ Sub Tema      : Diri Sendiri / Keluargaku
Semester Bulan /Minggu   : 1 / .............../4
Kelompok                  : A (4-5 Thn)
KD                              : 1.2, , 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 2.2, 3.7, 4.7, 2.6, 3.12, 4.12, 2.4, 3.15, 4.15,
Model Pembelajaran...............................
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Pembelajaran
·         Terbiasa saling menghormati (NAM)
·         Doa untuk kedua orang Tua. (Nam)

·         Ketrampilan motorik kasar berjinjit, meloncat, melompat. (FM)
·         Ketrampilan motorik halus Menjumput, Menggambar, menempel, meremas. (FM)

·         Cara bertanya, dan cara mendapat jawaban. (K)


·         Keluaraga( Hubungan dlm Keluarga, peran, kebiasaan , garis keturunan (K)
·         Aturan di satuan PAUD (Sosem)

·         Membaca gambar. Mengenal huruf awal, Menghubungkan angka dan bilangan, Menulis huruf.  (B)
·         Membuat berbagai karya seni gambar, lukis,Seni suara (S)
·         Mempilkan berbagai hasil karya.(S)
  • Anak dapat mengormati Orang Tua.
  • Anak dapat menirukan doa untuk kedua orang tua
  • Anak dapat melakukan gerakan motori.kasar.

·         Anak dapat menjumput menggambar, menempel dan meremas dengan rapi.

·         Anak dapat bertanya dn menjawab dengan baik

·         Anak dapat mengetahui peran dalam anggota keluarga..
·         Anak dapat melaksanakan atuaran di PAUD..
·         Anak dapat membaca dan mengenal huruf.
·         Anak dapat menghubungkan angka dengan bilangan.
·         Anak dapat menghasilkan karya seni.



·         Anak dapat menampilkan karya seni.
Hari ke1
-       Mengelompokan kancing baju sesuai dengan wrna.
-       Menggambar keluargaku
-       Mencontoh huruf
-       Memasangkan gambar sesuai dengan angkanya
Hari ke 2
-       Menyusun angka 1-3
-       Jumputan dg mengunakan kain
-       Mengunting gambar
-       Mencontoh tulisan d
Hari ke 3
-       Meniru angka 3
-       Mengambar dengan mengunakan pastel
-       Meronce dengan manik manik
-       Bermain balok
Hari ke 4
-       Menhubungan angka dengan gambar
-       Finger painting
-       Memasangkan gambar sesuai dengan pasanganya
-       Menulis huruf e
Hari ke 5
-       Menghubungkan gambar keluarga dengan tugasnya
-       Melukis dengan cat air
-       Menyusun huruf ayah
-       Mencocok gambar tas ibu
Hari ke 6
-       Meniru tulisan ibu
-       Mewarnai gambar keluargaku
-       Mencap dengan pelepah pisang
-       Membuat bentuk dr bangun geometri.



                                                               










Komentar

  1. Bunda... boleh minta file Rppm & rpph untuk TK A & TK B ..
    Kita TK baru Bunda..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP