RPPM SEMESTER 1 MINGGU 1 SAMPAI 4
RENCANA PELAKSAANAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
Nama TK.........................
SEMESTER/BULAN/MINGGU :
I/ ............./1
TEMA :
Diriku
SUB TEMA :
Tubuhku
KELOMPOK :
A (4 – 5) Tahun
KD :
1.1/3.1/4.1/2.1/3.3/4.3/3.6/2.6/2.8/3.12/3.10/4.10/3.15/4.15
MODEL PEMBELAJARAN.....................
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1. Mengenal
ciptaan ciptaan Tuhan (NAM)
2. Doa
sebelum dan sesudah belajar (Nam)
3. Mencuci
Tangan (FM)
4. Nama
Anggota tubuh (FM)
5. Bentuk
dua dimensi (Lingkaran,segi empat,segitiga)(Kog)
6. Aturan
Bermain (Sos)
7. Pemahaman
tentang Mandiri (Sos)
8. Cara
Berbicara Secara santun (B)
9. Cara
Menjawab dengan tepat ketika di tanya (B)
10. Membuat
berbagai hasil karya (S)
|
1. Anak
dapat mengenal benda ciptaan tuhan
2. Anak
mampu berdoa sebelum dan setelah kegiatan
3. Anak
dapat mencuci tagan dengan baik
4. Anak
mampu menyebutkan nama anggota tubuh
5. Anak
mampu mengenal bentuk dua dimensi
6. Anak
dapat memahami aturan dalam permainan
7. Anak
dapat berperilaku mandiri
8. Anak
dapat menggunakan bahasa dengan tepat
9. Anak
dapat menjawab pertanyyan dengan tepat
10. Anak
dapat membuat hasil karyanya sendiri
|
Hari ke 1
1.
Membuat garis tegak
2.
Mengitung jumlah gambar
3.
Memberi tanda pada perbuatan benar/salah
4.
Mengelompokan manik manik berdasarkan warna
|
Hari ke 2
1.
Membuat garis datar
2.
Mencari jejak/Maze
3.
Mengecap dengan berbagai media
4.
Membentuk dengan lego
|
||
Hari ke 3
1.
Menghubungkan gambar dengan pasangannya
2.
Membuat garis miring
3.
Melipat
4.
Membentuk degan balok
|
||
Hari ke 4
1.
Menjiplak dengan jari tangan
2.
Menarik garis gambar dengan kata
3.
Mengurutkan gambar
4.
Meronce manik manik
|
||
Hari ke 5
1.
Mengukur dengan jari
2.
Membilang
3.
Menebalkan kata
4.
Fingger painting
|
||
Hari ke 6
1.
Memberi
tanda v/x pada anak yang mandiri
2.
Menirukan kata
3.
Membentuk dengan kepingan geometri
4.
Membentuk dengan plastisin
|
RENCANA PELAKSAANAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK KANAK
NAMA TK
SEMESTER/BULAN/MINGGU :
I/ ............./2
TEMA :
Diriku
SUB TEMA :
Kesukaanku
KELOMPOK :
A (4 – 5) Tahun
KD 1.1/3.1/4.1/2.1/3.3/4.3/3.6/4.6/2.6/2.8/3.12/4.12/3.10/4.10/3.15/4.15
MODEL PEMBELAJARAN..........................................
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
1. Membiasakan
mengucapkan kalimat pujian terhadap Tuhan (NAM)
2. Doa
sebelum dan sesudah makan (Nam)
3. Membiasakan
ana makan makanan bergizi seimbang (FM)
4. Ketrampilan
motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan (FM)
5. Pengelompokan
(Kog)
6. Cara
mengatur diri sendiri(Sos)
7. Perilaku
mandiri Mandiri (Sos)
8. Pemahaman
sikap rendah hati (B)
9. Melakukan
sesuai yang di minta dengan beberapa
perintah (B)
10. Membuat
berbagai hasil karya (S)
|
1.
Anak terbiasa mengucap dan menjawab salam
2.
Anak mampu berdoa sebelum dan setelah kegiatan
makan
3.
Anak terbiasa makan makanan sehat
4.
Anak mampu meronce,
5.
Anak mampu mengelompokan benda di sekitarnya.
6.
Anak dapat memahami batasan waktu kegiatan di
sekolah
7.
Anak dapat berperilaku mandiri
8.
Anak dapat memahami sikap rendah hati
9.
Anak dapat merespon perintah yang di berikan
oleh guru
10.
Anak dapat membuat hasil karyanya sendiri
|
1. Mengelompokan
gambar
2. Menghubungkan
tulisan dengan gambar
3. Mozaik
4. Mengukur
dengan langkah kaki
|
Hari ke 2
1. Mengelompokan
biji bijian
2. Meronce
3. Menirukan
kata
4. Mengurutkan
pola
|
||
Hari ke 3
1. Menyusun
puzle
2. Membatik
3. Mengelompokan
crayon berdasarkan warna
4. Memberi
tanda b/s pada gambar
|
||
Hari ke 4
1. Mengenal
panjang pendek
2. Menebalkan
kata
3. Menggunting
sesuai pola
4. Menyusun
balok
|
||
Hari ke 5
1. Menyusun
huruf
2. Mengambar
sesuai angka
3. Mencocok
4. Menyusun
lego
|
||
Hari ke 6
1. Mencari
perbedaan dari 2 gambar
2. Menyusun
huruf
3. Mengecap
denganberbagai media
4. Mengelompokan
manik manik
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK KANAK
Nama
TK :
Tema/
Sub Tema : Diri Sendiri / Identitasku
Semester
Bulan//Minggu : 1 / .............../3
Kelompok : A (4-5 Thn)
KD : 1.2, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 2.2, 3.6,
4.6, 2.5, 2.8, 3.10, 4.10, 2.4, 3.15, 4.15,
Model Pembelajaran:
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Pembelajaran
|
·
Merawat kebersihan diri (NAM)
·
Doa sebelum dan sesudah makan. (Nam)
·
Nama anggota tubuh, Fungsi anggota
tubuh dan cara merawat anggota tubuh (FM)
·
Melatih koordinasi mata dan tangan,
kelenturan pergelangan tangan meremas, meronce, menggunting (FM)
·
Cara bertanya, dan cara mendapat
jawaban. (K)
·
Pengelompokan berdasarkan warna, bentuk, Ukuran, fugsi,
warna-bentuk. (K)
·
Cara memberi salam pada guru atau
teman (Sosem)
·
Pemahaman tentang mandiri. (Sos)
·
Cara menjawab dengan tepat saat di
tanya (B)
|
·
Anak dapat kelenturan tangan dan mengkoordinasikan mata
dan tangan dalam kegiatan.
·
Anak dapat bertanya dn menjawab dengan baik
·
Anak dapat mengelompokan benda dengan
baik.
·
Anak dapat memberi salam dengan baik..
·
Anak dapat mandiri di sekolah.
|
Hari
ke1
-
Mengelompokan biji jagung, padi, kedelai.
-
Menjiplak huruf
-
Menggambar dengan pensil
-
Mengurutkan gambar seri.
Hari
ke 2
-
Mengisi pola gambr dengan padi
-
Mengurutkan daun padi dari panjang ke pendek
-
Menanam biji padi di atas kapas.
-
Memasangkan huruf awal yang sama.
Hari
ke 3
-
Menimbang beras
-
Mewarnai bentuk lingkaran dengan merah, hijau, biru.
-
Menghubungkan gambar dengan angka.
-
Melukis dengan cat air.
Hari
ke 4
-
Mengurutkan bentuk gambar dari besar ke kecil.
-
Menjiplak gambar.
-
Mengunting gamabar wakul.
-
Mengelompokan kancing baju.
Hari
ke 5
-
Mengelompokan balok berdasarkan bentuk.
-
Menghubungkan gambar jagung dengan angka.
-
Melukis dengan lilin.
-
Mewarnai gambar yg kasar dan yg halus dengan warna yg
berbeda.
Hari
ke 6
-
Mengurutkan gambar seri menanam padi.
-
Menempel huruf awal yang sama.
-
Mengunting daun padi
-
Mewarnai keranjang sampah.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK KANAK
Nama
TK :
Tema/
Sub Tema : Diri Sendiri / Keluargaku
Semester
Bulan /Minggu : 1 / .............../4
Kelompok : A (4-5 Thn)
KD : 1.2, , 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 2.2, 3.7,
4.7, 2.6, 3.12, 4.12, 2.4, 3.15, 4.15,
Model
Pembelajaran...............................
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Pembelajaran
|
·
Terbiasa saling menghormati (NAM)
·
Doa untuk kedua orang Tua. (Nam)
·
Ketrampilan motorik kasar berjinjit,
meloncat, melompat. (FM)
·
Ketrampilan motorik halus Menjumput,
Menggambar, menempel, meremas. (FM)
·
Cara bertanya, dan cara mendapat
jawaban. (K)
·
Keluaraga( Hubungan dlm Keluarga,
peran, kebiasaan , garis keturunan (K)
·
Aturan di satuan PAUD (Sosem)
·
Membaca gambar. Mengenal huruf awal,
Menghubungkan angka dan bilangan, Menulis huruf. (B)
·
Membuat berbagai karya seni gambar,
lukis,Seni suara (S)
·
Mempilkan berbagai hasil karya.(S)
|
·
Anak dapat menjumput menggambar, menempel dan meremas
dengan rapi.
·
Anak dapat bertanya dn menjawab dengan baik
·
Anak dapat mengetahui peran dalam
anggota keluarga..
·
Anak dapat melaksanakan atuaran di PAUD..
·
Anak dapat membaca dan mengenal huruf.
·
Anak dapat menghubungkan angka dengan bilangan.
·
Anak dapat menghasilkan karya seni.
·
Anak dapat menampilkan karya seni.
|
Hari
ke1
-
Mengelompokan kancing baju sesuai dengan wrna.
-
Menggambar keluargaku
-
Mencontoh huruf
-
Memasangkan gambar sesuai dengan angkanya
Hari
ke 2
-
Menyusun angka 1-3
-
Jumputan dg mengunakan kain
-
Mengunting gambar
-
Mencontoh tulisan d
Hari
ke 3
-
Meniru angka 3
-
Mengambar dengan mengunakan pastel
-
Meronce dengan manik manik
-
Bermain balok
Hari
ke 4
-
Menhubungan angka dengan gambar
-
Finger painting
-
Memasangkan gambar sesuai dengan pasanganya
-
Menulis huruf e
Hari
ke 5
-
Menghubungkan gambar keluarga dengan tugasnya
-
Melukis dengan cat air
-
Menyusun huruf ayah
-
Mencocok gambar tas ibu
Hari
ke 6
-
Meniru tulisan ibu
-
Mewarnai gambar keluargaku
-
Mencap dengan pelepah pisang
-
Membuat bentuk dr bangun geometri.
|
Bunda... boleh minta file Rppm & rpph untuk TK A & TK B ..
BalasHapusKita TK baru Bunda..