RPPM SEMESTER 1 MINGGU 8,9,10 (HASIL KKG)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK-KANAK.....................................
Sem/ Bln/ Minggu :I/
................./ VIII
Tema :Binatang
Sub Tema :Unggas
Kelompok :
A
KD :
1.1;3.1,4.1;2.1;2.2;3.6,4.6;2.9;2.12;3.12,4.12;2.4;3.15,4.15
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
Unggas ciptaan Tuhan
(NAM)
|
Anak dapat mengetahui makhluk ciptaan
Tuhan
|
Hari 1
1.
Menjiplak
gambar ayam
2.
Mengurutkan
gambar perkembangbiakan ayam
3.
Membuat kandang
ayam dari korek api
4.
Mengelompokkan
gambar unggas
|
Mengenal kegiatan ibadah sehari-hari
(NAM)
|
Anak dapat mengenal kegiatan ibadah
sehari-hari
|
|
Melakukan Kegiatan beribadah
sehari-hari
(NAM)
|
Anak biasa melakukan ibadah
sehari-hari
|
|
Perilaku hidup sehat
(FM)
|
Anak biasa berperilaku hidup sehat
|
Hari 2
1.
Membilang
gambar ayam 1 – 10
2.
Menghafal do’a
syukur nikmat
3.
Meniru huruf “ a-y-a-m
“
4.
Bermain pasir
mencari huruf
|
Sikap ingin tahu
(Kognitif)
|
Anak dapat memiliki sikap ingin tahu
tentang unggas
|
|
Mengenal benda-benda di sekitar
(nama,warna, suara, ciri-ciri tertentu)
(Kognitif)
|
-Anak dapat mengetahui nama
benda/unggas
-Anak dapat mengetahui warna bulu
unggas
-Anak dapat mengetahui suara hewan
unggas
-Anak mengetahui ciri-ciri tertentu
hewan unggas
|
|
Menyampaikan tentang
nama,warna,suara,ciri-ciri tertentu unggas melalui hasil karya
(Kognitif)
|
Anak dapat menyampaikan nama,
warna,suara,ciri-ciri tertentu unggas
|
Hari 3
1.
Bermain simbar
suru
2.
Melempar
kantong biji
3.
Membentuk huruf
dengan plastisin
4.
Membatik dengan
tissue
|
Sikap peduli
(Sosem)
|
Anak biasa peduli terhadap hewan
|
Hari 4
1.
Menggambar itik
2.
Mengelompokkan
gambar menurut jenisnya
3.
Maze burung
mencari makan
4.
Bermain dengan
kartu angka
|
Sikap tanggung jawab
(Sosem)
|
Anak bertanggung jawab terhadap hewan
yang dipelihara
|
|
Mengenal keaksaraan Awal (Bahasa)
|
Anak bisa membuat coretan
|
|
Membuat karya tentang keaksaraan(Bahasa)
|
Anak bisa membuat coretan
|
|
Sikap estetis
(Seni)
|
Anak mempunyai rasa keindahan
|
Hari 5
1.
Mengisi pola
gambar burung dengan otek
2.
Menendang bola
ke depan ke belakang
3.
Bermain botol
nasehat
4.
Mengurutkan
gerakan sholat
|
Mengenal karya dan aktifitas seni
(Seni)
|
Anak dapat mengenal karya seni
|
|
Menunjukkan karya aktifitas seni
(Seni)
|
Anak dapat berkarya seni
|
Hari 6
1.
Mengelompokkan
benda dengan penjepit baju
2.
Melukis dengan
cat air
3.
Menunjuk benda
banyak atau sedikit
4.
Arisan kata
|
Mengetahui, Guru
Kelas
Kepala Sekolah
........................... ........................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK-KANAK.................................
Sem/
Bln/ Minggu :I/.................../ IX
Tema :Binatang
Sub
Tema :Binatang Ternak
Kelompok : A
KD : 1.1;1.2;3.3,4.3;3.6,4.6;3.14,4.14;3.11,4.11;3.15,4.15
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
Binatang ternak ciptaan Tuhan
(NAM)
|
Anak dapat mengetahui makhluk ciptaan
Tuhan
|
Hari 1
1.
Mengisi huruf
vokal (a,i,u,e,o)
2.
Mengelompokkan
kancing baju menurut ukuran
3.
Melempar dadu
4.
Kolase gambar
sapi dengan kapas
|
Rasa syukur
(NAM)
|
Anak dapat bersyukur atas nikmat Tuhan
|
|
Mengenal anggota tubuh(FM)
|
Anak dapat mengenal anggota tubuh
|
|
Menggunakan anggota tubuh
(FM)
|
Anak dapat menggunakan anggota tubuh
dengan benar untuk mengembangkan motorik halus dan kasar
|
Hari 2
1.
Membilang biji
jagung 1 – 10
2.
Menebalkan kata
“s-a-p-i”
3.
Mengelompokkan
huruf Hijaiyah
4.
Bermain perkusi
|
|
|
|
Mengenal bentuk dan ukuran benda-benda
di sekitar (Kognitif)
|
-Anak dapat mengetahui bentuk
benda-benda
-Anak dapat mengetahui ukuran
benda-benda
|
|
Menyampaikan tentang bentuk dan ukuran
benda melalui hasil karya(Kognitif)
|
Anak dapat menyampaikan bentuk dan
ukuran melalui hasil karya
|
Hari 3
1.
Bermain
plastisin membentuk kelinci
2.
Melempar bola
ke keranjang
3.
Mengisi wadah
dengan daun nangka sesuai angka
4.
Menjiplak
gambar kelinci
|
Mengenal kebutuhan diri sendiri(Sosem)
|
Anak dapat mengenal kebutuhan diri
|
Hari 4
1.
Menjiplak
bentuk geometri
2.
Menghubungkan
gambar dengan waktu
3.
Melompat dengan
tali sambil berhitung
4.
Finger painting
|
Mengungkap kebutuhan diri(Sosem)
|
Anak dapat mengetahui kebutuhan
dirinya
|
|
Memahami bahasa ekspresif(Bahasa)
|
Anak dapat menggunakan kalimat pendek
|
|
Menunjukkan kemampuan berbahasa
ekspresif(Bahasa)
|
Anak dapat menceritakan gambar
|
|
|
|
Hari 5
1.
Arisan gambar
hewan ternak
2.
Membilang
gambar kelinci 1 – 10
3.
Mengurutkan
gambar wudlu
4.
Membuat kandang
sapi dengan stik es
|
Mengenal berbagai karya dan aktifitas
seni
(Seni)
|
Anak dapat mengenal berbagaikarya seni
|
|
Menunjukkan karya dan aktifitas seni
(Seni)
|
Anak dapat berkarya seni
|
Hari 6
1.
Meronce bentuk
geometri menurut warna
2.
Bermain tutup
botol membentuk angka
3.
Meniru menulis nama
panggilan
4.
Bergeser ke
samping kanan 5 langkah ke samping kiri 5 langkah
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK-KANAK.....................................
Sem/ Bln/ Minggu :I/
................./ X
Tema :Binatang
Sub Tema :Binatang
Buas
Kelompok :
A
KD :
1.1;3.1,4.1;2.1;2.2;3.5,4.5;3.6,4.6;2.9;2.12;3.12,4.12;2.4;3.15,4.15
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
Binatang buas ciptaan Tuhan(NAM)
|
Anak dapat mengetahui makhluk ciptaan
Tuhan
|
Hari 1
1.
Kolase gambar
buaya dengan kertas crep
2.
Permainan
menunjuk bagian tubuh singa
3.
Arisan angka
4.
Menebalkan
huruf “b-u-a-y-a”
|
Mengenal kegiatan ibadah sehari-hari(NAM)
|
Anak dapat mengenal kegiatan ibadah
sehari-hari
|
|
Melakukan Kegiatan ber-ibadah
sehari-hari(NAM)
|
Anak biasa melakukan ibadah
sehari-hari
|
|
Perilaku hidup sehat(FM)
|
Anak biasa berperilaku hidup sehat
|
Hari 2
1.
Mengurutkan gambar
kegiatan wudlu
2.
Menjiplak
gambar singa
3.
Arisan gambar
binatang buas
4.
Bermain pasir
mencari huruf
|
Sikap ingin tahu(Kognitif)
Tahu Sikap kreatif dalam pemecahan
masalah
(Kognitif)
|
Anak dapat memiliki sikap ingin tahu
tentang
|
|
unggas
Menyelesaikan masalah secara kreatif
|
||
Mengenal benda-benda di sekitar
(nama,warna, suara, ciri-ciri tertentu)
(Kognitif)
|
-Anak dapat mengetahui nama
benda/unggas
-Anak dapat mengetahui warna bulu
unggas
-Anak dapat mengetahui suara hewan
unggas
-Anak mengetahui ciri-ciri tertentu
hewan unggas
|
|
Menyampaikan tentang
nama,warna,suara,ciri-ciri tertentu unggas melalui hasil karya
(Kognitif)
|
Anak dapat menyampaikan nama,
warna,suara,ciri-ciri tertentu unggas
|
Hari 3
1.
Menabung huruf
2.
Mengelompokkan gambar
menurut jenis
3.
Membuat topeng
singa
4.
Praktek sholat
|
Sikap peduli(Sosem)
|
Anak biasa peduli terhadap hewan
|
Hari 4
1.
Bermain puzel
binatang buas
2.
Mengisi air ke
dalam botol
3.
Memasangkan
gambar dengan kata
4.
Finger painting
|
Sikap tanggung jawab
(Sosem)
|
Anak bertanggung jawab terhadap hewan
yang dipelihara
|
|
Mengenal keaksaraan
(Bahasa)
|
Anak bisa membuat coretan
|
|
Membuat karya tentang keaksaraan(Bahasa)
|
Anak bisa membuat coretan
|
|
Sikap estetis(Seni)
|
Anak mempunyai rasa keindahan
|
Hari 5
1.
Menggambar
bebas binatang buas
2.
Membuat angka
dengan kancing baju
3.
Maze binatang
dengan makanannya
4.
Menggunting
gambar badak
|
Mengenal karya dan aktifitas seni
(Seni)
|
Anak dapat mengenal karya seni
|
|
Menunjukkan karya aktifitas seni
(Seni)
|
Anak dapat berkarya seni
|
Hari 6
1.
Menulis huruf
Hijaiyah
2.
Memasangkan
angka dengan jumlah benda
3.
Membatik di
buku kotak
4.
Mengelompokkan
gambar dengan kata
|
Komentar
Posting Komentar