RPPM SEMESTER 1 MINGGU 8,9,10 (HASIL KKG)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)                             
  TAMAN KANAK-KANAK.....................................

Sem/ Bln/ Minggu  :I/ ................./ VIII
Tema                          :Binatang
Sub Tema                 :Unggas
Kelompok                 : A
KD                               : 1.1;3.1,4.1;2.1;2.2;3.6,4.6;2.9;2.12;3.12,4.12;2.4;3.15,4.15
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan
Unggas ciptaan Tuhan
(NAM)
Anak dapat mengetahui makhluk ciptaan Tuhan
Hari 1
1.     Menjiplak gambar ayam
2.     Mengurutkan gambar perkembangbiakan ayam
3.     Membuat kandang ayam dari korek api
4.     Mengelompokkan gambar unggas

Mengenal kegiatan ibadah sehari-hari
(NAM)
Anak dapat mengenal kegiatan ibadah sehari-hari
Melakukan Kegiatan beribadah sehari-hari
(NAM)
Anak biasa melakukan ibadah sehari-hari
Perilaku hidup sehat
(FM)
Anak biasa berperilaku hidup sehat
Hari 2
1.     Membilang gambar ayam 1 – 10
2.     Menghafal do’a syukur nikmat
3.     Meniru huruf “ a-y-a-m
4.     Bermain pasir mencari huruf
Sikap ingin tahu
(Kognitif)
Anak dapat memiliki sikap ingin tahu tentang unggas
Mengenal benda-benda di sekitar (nama,warna, suara, ciri-ciri tertentu)
(Kognitif)
-Anak dapat mengetahui nama benda/unggas
-Anak dapat mengetahui warna bulu unggas
-Anak dapat mengetahui suara hewan unggas
-Anak mengetahui ciri-ciri tertentu hewan unggas 
Menyampaikan tentang nama,warna,suara,ciri-ciri tertentu unggas melalui hasil karya
(Kognitif)
Anak dapat menyampaikan nama, warna,suara,ciri-ciri tertentu unggas
Hari 3
1.     Bermain simbar suru
2.     Melempar kantong biji
3.     Membentuk huruf dengan plastisin
4.     Membatik dengan tissue
Sikap peduli
(Sosem)
Anak biasa  peduli terhadap hewan
Hari 4
1.     Menggambar itik
2.     Mengelompokkan gambar menurut jenisnya
3.     Maze burung mencari makan
4.     Bermain dengan kartu angka
Sikap tanggung jawab
(Sosem)
Anak bertanggung jawab terhadap hewan yang dipelihara
Mengenal keaksaraan Awal (Bahasa)

Anak bisa membuat coretan
Membuat karya tentang keaksaraan(Bahasa)
Anak bisa membuat coretan
Sikap estetis
(Seni)
Anak mempunyai rasa keindahan
Hari 5
1.     Mengisi pola gambar burung dengan otek
2.     Menendang bola ke depan ke belakang
3.     Bermain botol nasehat
4.     Mengurutkan gerakan sholat
Mengenal karya dan aktifitas seni
(Seni)
Anak dapat mengenal karya seni
Menunjukkan karya aktifitas seni
(Seni)
Anak dapat berkarya seni
Hari 6
1.     Mengelompokkan benda dengan penjepit baju
2.     Melukis dengan cat air
3.     Menunjuk benda banyak atau sedikit
4.     Arisan kata

                                                                                                           
            Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas
            Kepala Sekolah                                                                                 



            ...........................                                                                             ........................








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)                               TAMAN KANAK-KANAK.................................
Sem/ Bln/ Minggu  :I/.................../ IX
Tema                          :Binatang
Sub Tema                 :Binatang Ternak
Kelompok                 : A
KD                               : 1.1;1.2;3.3,4.3;3.6,4.6;3.14,4.14;3.11,4.11;3.15,4.15
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan
Binatang ternak ciptaan Tuhan
(NAM)

Anak dapat mengetahui makhluk ciptaan Tuhan
Hari 1
1.     Mengisi huruf vokal (a,i,u,e,o)
2.     Mengelompokkan kancing baju menurut ukuran
3.     Melempar dadu
4.     Kolase gambar sapi dengan kapas

Rasa syukur
(NAM)
Anak dapat  bersyukur atas nikmat Tuhan
Mengenal anggota tubuh(FM)

Anak dapat mengenal anggota tubuh
Menggunakan anggota tubuh
(FM)
Anak dapat menggunakan anggota tubuh dengan benar untuk mengembangkan motorik halus dan kasar
Hari 2
1.     Membilang biji jagung 1 – 10
2.     Menebalkan kata “s-a-p-i
3.     Mengelompokkan huruf Hijaiyah
4.     Bermain perkusi



Mengenal bentuk dan ukuran benda-benda di sekitar (Kognitif)
-Anak dapat mengetahui bentuk benda-benda
-Anak dapat mengetahui ukuran benda-benda
Menyampaikan tentang bentuk dan ukuran benda  melalui hasil karya(Kognitif)
Anak dapat menyampaikan bentuk dan ukuran melalui hasil karya
Hari 3
1.     Bermain plastisin membentuk kelinci
2.     Melempar bola ke keranjang
3.     Mengisi wadah dengan daun nangka sesuai angka
4.     Menjiplak gambar kelinci

Mengenal kebutuhan diri sendiri(Sosem)
Anak dapat mengenal kebutuhan diri
Hari 4
1.     Menjiplak bentuk geometri
2.     Menghubungkan gambar dengan waktu
3.     Melompat dengan tali sambil berhitung
4.     Finger painting
Mengungkap kebutuhan diri(Sosem)
Anak dapat mengetahui kebutuhan dirinya
Memahami bahasa ekspresif(Bahasa)
Anak dapat menggunakan kalimat pendek
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif(Bahasa)
Anak dapat menceritakan gambar


Hari 5
1.     Arisan gambar hewan ternak
2.     Membilang gambar kelinci 1 – 10
3.     Mengurutkan gambar wudlu
4.     Membuat kandang sapi dengan stik es
Mengenal berbagai karya dan aktifitas seni
(Seni)
Anak dapat mengenal berbagaikarya seni
Menunjukkan karya dan aktifitas seni
(Seni)
Anak dapat berkarya seni
Hari 6
1.     Meronce bentuk geometri menurut warna
2.     Bermain tutup botol membentuk angka
3.     Meniru menulis nama panggilan
4.     Bergeser ke samping kanan 5 langkah ke samping kiri 5 langkah

                                                                                                         




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)                             
  TAMAN KANAK-KANAK.....................................

Sem/ Bln/ Minggu  :I/ ................./ X
Tema                          :Binatang
Sub Tema                 :Binatang Buas
Kelompok                 : A
KD                               : 1.1;3.1,4.1;2.1;2.2;3.5,4.5;3.6,4.6;2.9;2.12;3.12,4.12;2.4;3.15,4.15
Materi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Rencana Kegiatan
Binatang buas ciptaan Tuhan(NAM)


Anak dapat mengetahui makhluk ciptaan Tuhan
Hari 1
1.     Kolase gambar buaya dengan kertas crep
2.     Permainan menunjuk bagian tubuh singa
3.     Arisan angka
4.     Menebalkan huruf “b-u-a-y-a
Mengenal kegiatan ibadah sehari-hari(NAM)

Anak dapat mengenal kegiatan ibadah sehari-hari
Melakukan Kegiatan ber-ibadah sehari-hari(NAM)

Anak biasa melakukan ibadah sehari-hari
Perilaku hidup sehat(FM)
Anak biasa berperilaku hidup sehat
Hari 2
1.     Mengurutkan gambar kegiatan wudlu
2.     Menjiplak gambar singa
3.     Arisan gambar binatang buas
4.     Bermain pasir mencari huruf
Sikap ingin tahu(Kognitif)


Tahu Sikap kreatif dalam pemecahan masalah
(Kognitif)
Anak dapat memiliki sikap ingin tahu tentang
unggas
Menyelesaikan masalah secara kreatif

Mengenal benda-benda di sekitar (nama,warna, suara, ciri-ciri tertentu)
(Kognitif)
-Anak dapat mengetahui nama benda/unggas
-Anak dapat mengetahui warna bulu unggas
-Anak dapat mengetahui suara hewan unggas
-Anak mengetahui ciri-ciri tertentu hewan unggas 
Menyampaikan tentang nama,warna,suara,ciri-ciri tertentu unggas melalui hasil karya
(Kognitif)
Anak dapat menyampaikan nama, warna,suara,ciri-ciri tertentu unggas
Hari 3
1.     Menabung huruf
2.     Mengelompokkan gambar menurut jenis
3.     Membuat topeng singa
4.     Praktek sholat

Sikap peduli(Sosem)
Anak biasa  peduli terhadap hewan
Hari 4
1.     Bermain puzel binatang buas
2.     Mengisi air ke dalam botol
3.     Memasangkan gambar dengan kata
4.     Finger painting
Sikap tanggung jawab
(Sosem)
Anak bertanggung jawab terhadap hewan yang dipelihara
Mengenal keaksaraan
(Bahasa)
Anak bisa membuat coretan
Membuat karya tentang keaksaraan(Bahasa)
Anak bisa membuat coretan
Sikap estetis(Seni)
Anak mempunyai rasa keindahan
Hari 5
1.     Menggambar bebas binatang buas
2.     Membuat angka dengan kancing baju
3.     Maze binatang dengan makanannya
4.     Menggunting gambar badak

Mengenal karya dan aktifitas seni
(Seni)
Anak dapat mengenal karya seni
Menunjukkan karya aktifitas seni
(Seni)
Anak dapat berkarya seni
Hari 6
1.     Menulis huruf Hijaiyah
2.     Memasangkan angka dengan jumlah benda
3.     Membatik di buku kotak
4.     Mengelompokkan gambar dengan kata

                                                                                                           





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP