TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
|
|
4 – 5 tahun
|
|
|
I.
Nilai
Agama dan Moral
|
1. Mengetahui
agama yang dianutnya
2. Meniru
gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3. Mengucapkan
doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4. Mengenal
perilaku baik/sopan dan buruk
5. Membiasakan
diri berperilaku baik
6. Mengucapkan
salam dan membalas salam
|
|
II.
Fisik
Motorik
A. Motorik
Kasar
|
1. Menirukan
gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang dsb
2. Melakukan
gerakan menggantung (bergelayut)
3. Melakukan
gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4. Melempar
sesuatu secara terarah
5. Menangkap
sesuatu secara tepat
6. Melakukan
gerakan antisipasi
7. Menendang
sesuatu secara terarah
8. Memanfaatkan
alat permainan di luar kelas
|
|
B. Motorik
Halus
|
1. Membuat
garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan
lingkaran
2. Menjiplak
bentuk
3. Mengkoordinasikan
mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4. Melakukan
gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan
berbagai media
5. Mengkspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6. Mengontrol
gerakan tangan yang menggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek,
mengepal, memelintir, memilin, memeras)
|
|
C. Kesehatan
dan perilaku keselamatan
|
1. Berat
badan sesuai tingkat usia
2. Tinggi
badan sesuai tingkat usia
3. Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4. Lingkar
kepala sesuai standar pada usia
5. Menggunakan
toilet (penggunaan air ,membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6. Memahami
berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7. Mengenal
rambu lalu lintas yang ada di jalan
|
|
III.
Kognitif
A. Belajar
dan Pemecaha masalah
|
1. Mengenal
benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2. Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3. Mengenal
konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
temaram, dsb)
4. Mengetahui
konsep banyak dan sedikit
5. Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri
yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
6. Mengamati
benda dan gejala denga n rasa ingin tahu
7. Mengenal
pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8. Memahami
posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal : sebagai
peserta didik/anak/teman)
|
|
B. Berfikir
Logis
|
1. Mengklasifikasikan
benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2. Mengenal
gejala sebab akibat yang terkait dengan dirinya
3. Mengklasifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atu kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
4. Mengenal
pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC
5. Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
|
|
C. Berfikir
Simbolik
|
1. Membilang
banyak benda benda satu sampai sepuluh
2. Mengenal
konsep bilangan
3. Mengenal
lambang bilangan
4. Mengenal
lambang huruf
|
|
II. Bahasa
A. Memahami
Bahasa
|
1. Menyimak
perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2. Mengerti
dua perintah yang diberikan bersamaan
3. Memahami
cerita yang dibacakan
4. Mengenal
perbendaharaan akta mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
5. Mendengar
dan membedakan bunyi-bunyian dalam bahasa indonesia (contoh, bunyi dan ucapan
harus sama)
|
|
B. Mengungkapkan
Bahasa
|
1. Mengulang
kalimat sederhana
2. Bertanya
dengan kalimat yang benar
3. Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
4. Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
5. Menyebutkan
kata-kata yang dikenal
6. Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
7. Menyatakan
alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8. Menceritakan
kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9. Memperkaya
perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi
dalam percakapan
|
|
C. Keaksaraan
|
1. Mengenal
simbol-simbol
2. Mengenal
suara-suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
3. Membuat
coretan yang bermakna
4. Meniru
(menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z
|
|
V Sosial
Emosional
A. Kesadaran
Diri
|
1.
Menunjukkan sikap mandiri dalam
memilih kegiatan
2.
Mengendalikan perasaan
3.
Menunjukkan rasa percaya diri
4.
Memahami peraturan dan disiplin
5.
Memiliki sikap gigih (tidak mudah
menyerah)
6.
Bangga terhadap hasil karya sendiri
|
|
B. Rasa
tanggung jawab untuk diri sendiri dan
orang lain
|
1. Menjaga
diri sendiri dari lingkungannya
2. Menghargai
keunggulan orang lain
3. Mau
berbagi, menolong, dan membantu teman
|
|
C. Perilaku
Prososial
|
1. Menunjukkan
antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
|
|
|
2. Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3. Menghargai
orang lain
4. Menunjukkan
rasa empati
|
|
VI. Seni
A.
Anak mampu menikmati berbagai alunan
lagu atau suara
|
1. Senang
mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2. Memainkan
alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
|
|
B.
Tertarik dengan kegiatan seni
|
1. Memilih
jenis lagu yang disukai
2. Bernyanyi
sendiri
3. Menggunakan
imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4. Membedakan
peran fantasi dan kenyataan
5. Menggunakan
dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6. Mengekspresikan
gerakan dengan irama yang bervariasi
7. Menggambar
objek di sekitarnya
8. Membentuk
berdasarkan objek yang dilihatnya(mis. Dengan plastisin, tanah liat)
|
|
|
9. Mendeskripsikan
sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak menceritakan
gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10. Mengkombinasikan
berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
|

Komentar
Posting Komentar