TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
|
5–
6 tahun
|
|
I.
Nilai
Agama dan Moral
|
1. Mengenal
agama yang dianut
2. Mengerjakan
ibadah
3. Berperilaku
jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
4. Menjaga
kebersihan diri dan lingkungan
5. Mengetahui
hari besar agama
6. Menghormati
(toleransi) agama orang lain
|
II.
Fisik
Motorik
A. Motorik
Kasar
|
1. Melakukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan,
dan kelincahan
2. Melakukan
koordinasi gerakan mata –kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3. Melakukan
permainan fisik dengan aturan
4. Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
5. Melakukan
kegiatan kebersihan diri
|
B. Motorik
Halus
|
1. Menggambar
sesuai gagasannya
2. Meniru
bentuk
3. Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4. Menggunakan
alat tulis dan alat makan dengan benar
5. Menggunting
sesuai dengan pola
6. Menempel
gambar dengan tepat
7. Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara rinci
|
C. Kesehatan
dan perilaku keselamatan
|
1.
Berat badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi badan sesuai tingkat usia
3.
Berat badan sesuai dengan standar
tinggi badan
4.
Lingkar kepala sesuai standar
pada usia
5.
Menutup hidung dan mulut (misal
,ketika batuk dan bersin)
6.
Membersihkan, dan membereskan termpat
bermain
7.
Mengetahui situasi yang membahayakan
diri
8.
Memahami tata cara menyeberang
9.
Mengenal kebiasaan buruk bagi
kesehatan (rokok, minuman keras)
|
III.
Kognitif
A. Belajar
dan Pemecaha masalah
|
1. Menunjukkan
aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti : apa yang
terjadi ketika air ditumpahkan)
2. Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan
diterima sosial
3. Menerapkan
pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4. Menunjukkan
sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
|
B. Berfikir
Logis
|
1. Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran : “lebih dari”;”kurang dari”; dan “paling/ter”
2. Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema perminan (seperti :”ayo kita bermain pura-pura
seperti burung”)
3. Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan
dilakukan
4. Mengenal
sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak,
air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah
5. Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan
ukuran (3 variasi)
6. Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang
sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7. Mengenal
pola ABCD-ABCD
8. Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
C. Berfikir
Simbolik
|
1. Menyebutkan
lambang bilangan 1 -10
2. Menggunakan
lambang bilangan untuk menghitung
3. Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
4. Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
5. Merepresentasikan
berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang
diikuti tulisan dan gambar pensil)
|
II. Bahasa
A. Memahami
Bahasa
|
1. Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
2. Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
3. Memahami
aturan dalam suatu permainan
4. Senang
dan menghargai bacaan
|
B. Mengungkapkan
Bahasa
|
1. Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
2. Menyebutkan
kelompo k gambar yang memiliki bunyi yang sama
3. Berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata,s erta mengenal simbol-simbol
untuk persiapan membaca, menulis dan
berhitung.
4. Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5. Memiliki
lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
6. Melanjutkan
sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7. Menunjukkan
pemahaman konsep-konsep dalam buk ucerita
|
C. Keaksaraan
|
1. Menyebutkan
simbol-simbol huruf yang dikenal
2. Mengenal
suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3. Menyebutkan
kelompok gamabr yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
4. Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5. Membaca
nama sendiri
6. Menuliskan
nama sendiri
7. Memahami
arti kata dalam cerita
|
V Sosial
Emosional
A. Kesadaran
Diri
|
1. Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesuaikan
dengan situasi
2. Memperlihatkan
kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada
orang dewasa yang tepat)
3. Mengenal
|
B. Rasa
tanggung jawab untuk diri sendiri dan
orang lain
|
1. Tahu
akan haknya
2. Mentaati
aturan kelas (kegiatan, aturan)
3. Mengatur
diri sendiri
4. Bertanggung
jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
|
C. Perilaku
Prososial
|
1. Bermain
dengan teman sebaya
2. Mengetahui
perasaan temannya dan merespon secara wajar
3. Berbagi
dengan orang lain
|
|
4. Menghargai
hak/pendapat/karya orang lain
5. Menggunakan
cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah ( menggunakan
fikiran untuk menyelesaikan masalah)
6. Bersikap
kooperatif dengan teman
7. Menunjukkan
sikap toleran
8. Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
9. Mengenal
tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
|
VI. Seni
A.
Anak mampu menikmati berbagai alunan
lagu atau suara
|
1. Anak
bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2. Memainkan
alat musik/instrumen/benda bersama teman
|
B.
Tertarik dengan kegiatan seni
|
1. Menyanyikan
lagu dengan sikap yang benar
2. Menggunakan
berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan
suatu irama atau lagu tertentu
3. Bermain
drama sederhana
4. Menggambar
berbagai macam bentuk yang beragam
5. Melukis
dengan berbagai cara dan objek
6. Membuat
karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin,
balok, dll)
|
|
|
Komentar
Posting Komentar