TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
5– 6 tahun
I.         Nilai Agama dan Moral

1.      Mengenal agama yang dianut
2.      Mengerjakan ibadah
3.      Berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
4.      Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
5.      Mengetahui hari besar agama
6.      Menghormati (toleransi) agama orang lain

II.      Fisik Motorik
A.    Motorik Kasar

1.      Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan
2.      Melakukan koordinasi gerakan mata –kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.      Melakukan permainan fisik dengan aturan
4.      Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
5.      Melakukan kegiatan kebersihan diri
B.     Motorik Halus
1.      Menggambar sesuai gagasannya
2.      Meniru bentuk
3.      Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.      Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar
5.      Menggunting sesuai dengan pola
6.      Menempel gambar dengan tepat
7.      Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci
C.     Kesehatan dan perilaku keselamatan
1.         Berat badan sesuai tingkat usia
2.         Tinggi badan sesuai tingkat usia
3.         Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.         Lingkar kepala sesuai standar pada  usia
5.         Menutup hidung dan mulut (misal ,ketika batuk dan bersin)
6.         Membersihkan, dan membereskan termpat bermain
7.         Mengetahui situasi yang membahayakan diri
8.         Memahami tata cara menyeberang
9.         Mengenal kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minuman keras)
III.             Kognitif
A.    Belajar dan Pemecaha masalah
1.      Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti : apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
2.      Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial
3.      Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.      Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
B.     Berfikir Logis

1.      Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : “lebih dari”;”kurang dari”; dan “paling/ter”
2.      Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema perminan (seperti :”ayo kita bermain pura-pura seperti burung”)
3.      Menyusun perencanaan  kegiatan yang akan dilakukan
4.      Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah
5.      Mengklasifikasikan benda berdasarkan  warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.      Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.      Mengenal pola ABCD-ABCD
8.      Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya

C.     Berfikir Simbolik
1.      Menyebutkan lambang bilangan 1 -10
2.      Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
3.      Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
4.      Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
5.      Merepresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)
II. Bahasa
A.    Memahami Bahasa
1.      Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
2.      Mengulang kalimat yang lebih kompleks
3.      Memahami aturan dalam suatu permainan
4.      Senang dan menghargai bacaan
B.     Mengungkapkan Bahasa
1.      Menjawab pertanyaan  yang lebih kompleks
2.      Menyebutkan kelompo k gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.      Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata,s erta mengenal simbol-simbol untuk persiapan  membaca, menulis dan berhitung.
4.      Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5.      Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
6.      Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.      Menunjukkan pemahaman konsep-konsep dalam buk ucerita
C.     Keaksaraan
1.     Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
2.     Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3.     Menyebutkan kelompok gamabr yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
4.     Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.     Membaca nama sendiri
6.     Menuliskan nama sendiri
7.     Memahami arti kata dalam cerita
V  Sosial Emosional
A.    Kesadaran Diri
1.     Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan  dengan situasi
2.     Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang tepat)
3.     Mengenal
B.       Rasa tanggung jawab  untuk diri sendiri dan orang lain
1.    Tahu akan haknya
2.    Mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.    Mengatur diri sendiri
4.    Bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
C.     Perilaku Prososial
1.      Bermain dengan teman sebaya
2.      Mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar
3.      Berbagi dengan orang lain

4.      Menghargai hak/pendapat/karya orang lain
5.      Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah ( menggunakan fikiran untuk menyelesaikan masalah)
6.      Bersikap kooperatif dengan teman
7.      Menunjukkan sikap toleran
8.      Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
9.      Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
VI. Seni
A.    Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
1.      Anak bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.      Memainkan alat musik/instrumen/benda bersama teman
B.     Tertarik dengan kegiatan seni
1.      Menyanyikan lagu dengan sikap yang benar
2.      Menggunakan berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu tertentu
3.      Bermain drama sederhana
4.      Menggambar berbagai macam bentuk yang beragam
5.      Melukis dengan berbagai cara dan objek
6.      Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP