BAGAN ALUR ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAUD

Setelah MOS/ MOR, maka kita guru PAUD akan memperkenalkan RPP kita., sebelum melangkah lebih jauh tentang RPP yuk kita ingat bagan alur RRP PAUD


bagan. alur perencanaan

 

Perencanaan kegiatan pembelajaran di PAUD dapat membentuk program semester, perencanaan mingguan, dan perencanaan harian. Alur pengembangan perencanaan dapat dilihat pada bagan sebagai berikut:


LINGKUP PERKEMBANGAN

LINGKUP PERKEMBANGAN

TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 

TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 

5 -6 TAHUN

KOMPETENSI DASAR

 

 

KOMPETENSI DASAR

NILAI AGAMA DAN MORAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FISIK MOTORIK

A.Motorik kasar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Mengenal agama yang dianut
  2. Mengerjakan ibadah
  3. Bersikap jujur, penolong, hormat, sportif dan sebagainya.
  4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  5. Mengetahui hari besar agama
  6. Menghormati toleransi agama orang lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1,Melakukan gerakan tubuh secara terkordinasi untuk melatih kelenturan keseimbangan dan kelincahan

2.Melakukan koordinasi gerakan mata , tangan , kaki kepala   dalam       menirukan tarian atau senam

3. Melakukan permainan fisik dengan aturan

4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri

5. Melakukan kegiatan kebersihan diri

 

1.1  Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanya

1.2  Menghargai diiri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur.

3.1 mengenal kegiatan kegiatan beribadah sehari- hari

4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari- hari

3.2 Mengenal perilaku baik sebagia cerminan aklak mulia

4.2Menujukan perilaku santun sebagai cerminan aklak mulia

 

 

 

 

 

 

 

2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

3.3 Mengenal anggota tubuh, fumgsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus.

4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FISIK MOTORIK

B.Motorik halus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.Kesehatan dan perilaku keselamatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III KOGNITIF

A,Belaajar pemecahan masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Menggambar sesuai gagasannya

2. Meniru bentuk

3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan

4. Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar

5. Menggunting sesuai dengan pola

6. Menempel gambar dengan tepat

7. Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci

 

1. Berat badan sesuai tingkat usia

2. Tinggi badan sesuai standar usia

3. Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan

4. Lingkar kepala sesuai tingkat usia

 5. Menutup hidung dan mulut (misal, ketika batuk dan bersin)

 6. Membersihkan, dan membereskan tempat bermain

 7. Mengetahui situasi yang membahayakan diri 8. Memahami tata cara menyebrang

 9. Mengenal kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minuman keras)

 

 

 

 

 

 

1. Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)

2. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial

 3. Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru

 4. Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4  Mengetahui cara hidup sehat

4.4 Manpu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2 Mencerminkan perilaku yang menunjukan siakap ingin tahu

2.3 Mencerminkan perilaku yang menunjukan sikap kreatif

 

3.5. Mengetahui cara memecah-kan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

4.5. Menyelesai-kan

masalah sehari-hari secara kreatif

 

 

 

 

 

 

 

 

B.Berpikir logis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Berpikir simbolik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”

2. Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo kita bermain pura-pura seperti burung”)

 3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan

4. Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiupmenyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah) 5. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)

6. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi

 7. Mengenal pola ABCD-ABCD

 8. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya

 

 

1. Menyebutkan lambang bilangan 1-10 2. Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung

 3. Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan

 4. Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan

5. Merepresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)

 

 

 

 

 

3.6. Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

4.6. Menyampai- kan tentang apa dan bagaimana

benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3..7      Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

4.7   Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh

 

 

3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

4.8. Menyajikan berbagai karya yang berhubung-an dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

 

 

3.9 Mengenal tehnologi sederhana(peralatan rumah tangga,peralatan bermain, peralatan pertukangan,dll)

4.9 Menggunakan tehnologi sederhana untuk menyelesaikan tugasdan kegiatannya(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukanagan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IV

BERBAHA

SA

A.Memahami Bahasa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.Mengungkapkan Bahasa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

. C.Keaksaraan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Mengerti beberapa perintah secara bersamaan

2. Mengulang kalimat yang lebih kompleks

 3. Memahami aturan dalam suatu permainan 4. Senang dan menghargai bacaan

 

 

 

 

 

 

 

1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks

2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama

3. Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung

4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)

5. Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain

6. Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan

7. Menunjukkkan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita

 

 

 

1. Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal

2. Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya

3. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.

4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf

5. Membaca nama sendiri

6. Menuliskan nama sendiri

7. Memahami arti kata dalam cerita

 

 

 

 

 

3.10,Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)

4.10  Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

2.14.Memiliki perilaku yg mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orangtua,pendidik dan teman

 

 

3.11Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

 

 

 

 

 

 

 

 

3.12.    Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain

4.12     .Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk kary

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosial emosional

A.Kesadaran diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain

 

 

 

 

 

 

C. Perilaku Prososial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

n

 

 

 

 

1. Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi 2. Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang tepat) 3. Mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Tahu akan hak nya

2. Mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan)

3. Mengatur diri sendiri

4. Bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri

 

 

1. Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif

 

2. Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan

3. Menghargai orang lain

4. Menunjukkan rasa empat

 

2.5. Memiliki perilaku yang mencermin- kan sikap percaya diri

2.6. Memiliki perilaku yang mencermin- kan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.7. Memiliki perilaku yang mencermin-kan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

 

2.8. Memiliki perilaku yang mencermin- kan kemandirian

2.9. Memiliki perilaku yang mencermin- kan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.10. Memiliki perilaku

yang mencermin- kan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain

2.11. Memiliki perilaku dapat menyesuai-kan diri

2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab

 

 

 

 

3.13. Mengenal emosi diri dan orang lain

4.13. Menunjuk-kan reaksi emosi diri secara wajar

 

 

3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri

 

4.14. Mengung-kapkan kebutuhan, keinginan, dan minat diri dengan cara yang tepat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VI. Seni

A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara

 

 

 

 

BTertarik dengan kegiatan seni

 

1. Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya

2. Memainkan alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang terat

 

 

1. Menyanyikan lagu dengan sikap yang benar

2. Menggunakan berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu tertentu

3. Bermain drama sederhana

 

4. Menggambar berbagai macam bentuk yang beragam

5. Melukis dengan berbagai cara dan objek

6. Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)

 

2.4. Memiliki perilaku yang mencermin- kan sikap estetis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.15 Mengenal berbagai karya dan aktifitas seni

4.15 Menunjukan karya dan aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media

 

 

 


 
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian Perkembangan

1.    Nilai Agama Dan Moral

1.    Mengetahui Agama yang di anutnya.

2.    Menirukan gerakan beribadah dengan urutan yang benar.

3.    Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.

4.    Mengenal prilaku yang baik,  sopan dan buruk.

5.    Membiasakan diri dengan berprilaku yang baik.

6.    Mengucapkan salam dan membalas salam.

2.    Fisik Motorik

a.    Motorik Kasar

1.    Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang dan lain- lain.

2.    Melakukan gerakan menggantung(bergelayut).

3.    Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi.

4.    Melempar sesuatu secara terarah.

5.    Menangkap sesuatu secara tepat.

6.    Melakukan gerakan antisipasi.

7.    Menendang sesuatu secara terarah.

8.    Memanfaatkan alat permainan di luar kelas.

b.    Motorik Halus

1.    Membuat garis vertikal , horisontal, lenkung kiri/ lengkung kanan, miring kiri / kanandan lingkaran.

2.    Mnjiplak bentuk.

3.    Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.

4.    Melakukan gerakan manipulasi untuk menghasilkan suatu bentuk dengan mengunakan berbagai media.

5.    Mengekpresikan diri dengan berkarya seni mengunakan berbagai media.

6.    Mengontrol gerakan tangan yg mengunakan otot halus ( menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memlintir, memilih, memeras.

c.    Kesehatan dan  Prilaku Keselamatan

1.    Berat badan sesuai dengan tingkat usia.

2.    Tinggi badan sesuai dengan tingkat usia.

3.    Berat badan sesuai dengan setandar tinggi badan.

4.    Lingkar kepala sesuai dengan tingkat usia.

5.    Mengunakan toilet ( pengunaan air, membersihkan diri) dngan bantuan minimal.

6.    Memahami berbagai alarem bahaya (kebakaran, banjir, gemba)

7.    Mengenal rambu lalu lintas yg ada di jalan  .

3.    Koknitif

a.    Belajar dan pemecahan masalah

1.    Mengenal benda berdasarkan fungsi, (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)

2.    Mengunakan benda –benda sebagai permainan simbolik (Kursi sebagai mobil).

3.    Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari hari (Gerimis, hujan, gelap, terang)

4.    Mengetahui konsep banyak dan sedikit.

5.    Mengepreksikan sesuaitusesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah.

6.    Mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu.

7.    Mengenal pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu.

8.    Memahami posisi / kedudukan dalam keluarga ruang lingkup sosial (Misalnya sebagai peserta didik anak dan teman

b.    Berfikir Logis

1.    Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran.

2.    Mengenal gejala sebab akibat yg terkait dengan dirinya.

3.    Menklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan dua variasi.

4.    Mengenal pola (mis. AB-AB, dan ABC-ABC) dan mengulangiya.

5.    Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna.

c.    Berfikir Simbolik

1.    Membilang banyak benda 1-10

2.    Mengenal konsep bilangan.

3.    Mengenal lambang bilangan.

4.    Mengenal lambang huruf.

IV BAHASA

a.    Memahami Bahasa

1.    Menyimak perkatan orang lain (Bahasa Ibu atau bahasa lainya)

2.    Mengerti dua perintah yang di berikan bersamaan.

3.    Memahami cerita yg di bacakan.

4.    Memahami perbendaharaan kata, mengenal kata sifat, (nakal, pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb).

5.    Mendengarkan dan membedakan bunyi-bunyi dalam bahasa indonesia (Bunyi dan ucapan harus sama).

b.    Mengungkapkan Bahasa

1.    Mengulang kalimat sederhana.

2.    Bertanya dengan kalimat yang benar.

3.    Menjawab pertanyaan sesuai dengan pertanyaan.

4.    Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik senang, nakal, pelit, baik hati berani, baik, jelek dsb)

5.    Menyebutkan kata kata yang di kenal.

6.    Mengurutkan pendapat kepada orang lain.

7.    Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang di inginkan atau ketidak setujuan.

8.    Menceritakan kembali cerita atau dongeng yang pernah di dengar.

9.    Memperkaya perbendaharaan kata.

10. Berpartisipasi dalam percakapan.

c.    Keaksaraan

1.    Mengenal simbol- simbo

2.    Mengenal suara-suara hewan, benda yang ada di sekitarnya.

3.    Membuat coretan yang bermakna.

4.    Meniru (Menuliskan dan mengucapkan) huruf A - Zl

V. SOSIAL EMOSIONAL

a.  Kesadaran diri

1.  Menunjukan sikap mandiri dalam memilih kegiatan.

2. Mengendalikan perasaan

3. Menunjukan rasa percaya diri.

4. Memahami peraturan dan disiplin.

5. Memiliki sikap gigih ( tidak mudah menyerah)

6. Bangga terhadap hasil karyanya sendiri.

b.  Rasa Tanggung Jawab untuk dirinya sendiridan orang lain.

1. Menjaga diri sendiri dari lingkunganya.

2. Menghargai keunggulan orang lain.

3. Mau berbagi menolong dan membantu teman.

C. Prilaku Prososial

1. Menunjukan antusiasmedalam melakukan permainan , kompetitif, secara positif.

2. Mentaati aturan yg berlakudalam suatu permainan

3. Menghargai orang lain.

4. Menunjukan rasa empati.

 

 

VI. SENI

a.    Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara.

 

 

1.    Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya

2.    Memainkan alat musik / Instrumen, / benda yang dapat membentukirama yang teratur.

b.    Tertarik Dengan Kegiatan Seni

1.    Memilih jenis lagu yang di sukai.

2.    Menyanyi sendiri.

3.    Mengunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran.

4.    Membedakan peran fantasi dan kenyataan.

5.    Mengunakan dialog dan prilaku dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita.

6.    Mengekpresikan gerakan dengan irama yang bervariasi.

7.    Menggambar obyek di sekitarnya.

8.    Membentuk berdasarkan obyek yang di lihatnya ( Mis. Dengan plastisin atau tanah liat)

9.    Mendiskripsikan sesuatu (seperti binatang)  dengan ekpresi yang berirama ( contoh anak menceritakan gajahdengan gerak dan mimik tertentu)

10. Mengkombinasikan dengan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai.

 






 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

  1. tolong diperbaiki ya,,, bila perlu. karena kita belajar bersama. terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOP PENUTUP

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137