BAGAN ALUR ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAUD
bagan. alur perencanaan
Perencanaan kegiatan pembelajaran di PAUD dapat membentuk program semester, perencanaan mingguan, dan perencanaan harian. Alur pengembangan perencanaan dapat dilihat pada bagan sebagai berikut:
|
Lingkup
Perkembangan |
Tingkat
Pencapaian Perkembangan |
1.
Nilai Agama Dan Moral |
1.
Mengetahui Agama yang di anutnya. 2.
Menirukan gerakan beribadah dengan urutan
yang benar. 3.
Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu. 4.
Mengenal prilaku yang baik, sopan dan buruk. 5.
Membiasakan diri dengan berprilaku yang
baik. 6.
Mengucapkan salam dan membalas salam. |
2.
Fisik Motorik a.
Motorik Kasar |
1.
Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup
angin, pesawat terbang dan lain- lain. 2.
Melakukan gerakan menggantung(bergelayut). 3.
Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan
berlari secara terkoordinasi. 4.
Melempar sesuatu secara terarah. 5.
Menangkap sesuatu secara tepat. 6.
Melakukan gerakan antisipasi. 7.
Menendang sesuatu secara terarah. 8.
Memanfaatkan alat permainan di luar kelas. |
b.
Motorik Halus |
1.
Membuat garis vertikal , horisontal,
lenkung kiri/ lengkung kanan, miring kiri / kanandan lingkaran. 2.
Mnjiplak bentuk. 3.
Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk
melakukan gerakan yang rumit. 4.
Melakukan gerakan manipulasi untuk
menghasilkan suatu bentuk dengan mengunakan berbagai media. 5.
Mengekpresikan diri dengan berkarya seni
mengunakan berbagai media. 6.
Mengontrol gerakan tangan yg mengunakan
otot halus ( menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memlintir, memilih,
memeras. |
c.
Kesehatan dan Prilaku Keselamatan |
1.
Berat badan sesuai dengan tingkat usia. 2.
Tinggi badan sesuai dengan tingkat usia. 3.
Berat badan sesuai dengan setandar tinggi
badan. 4.
Lingkar kepala sesuai dengan tingkat usia. 5.
Mengunakan toilet ( pengunaan air,
membersihkan diri) dngan bantuan minimal. 6.
Memahami berbagai alarem bahaya (kebakaran,
banjir, gemba) 7.
Mengenal rambu lalu lintas yg ada di jalan . |
3.
Koknitif a.
Belajar dan pemecahan masalah |
1.
Mengenal benda berdasarkan fungsi, (pisau
untuk memotong, pensil untuk menulis) 2.
Mengunakan benda –benda sebagai permainan
simbolik (Kursi sebagai mobil). 3.
Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan
sehari hari (Gerimis, hujan, gelap, terang) 4.
Mengetahui konsep banyak dan sedikit. 5.
Mengepreksikan sesuaitusesuai dengan idenya
sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah. 6.
Mengamati benda dan gejala dengan rasa
ingin tahu. 7.
Mengenal pola kegiatan dan menyadari
pentingnya waktu. 8.
Memahami posisi / kedudukan dalam keluarga
ruang lingkup sosial (Misalnya sebagai peserta didik anak dan teman |
b.
Berfikir Logis |
1.
Mengklasifikasikan benda berdasarkan
fungsi, bentuk atau warna atau ukuran. 2.
Mengenal gejala sebab akibat yg terkait
dengan dirinya. 3.
Menklasifikasikan benda ke dalam kelompok
yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan
dua variasi. 4.
Mengenal pola (mis. AB-AB, dan ABC-ABC) dan
mengulangiya. 5.
Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi
ukuran atau warna. |
c.
Berfikir Simbolik |
1.
Membilang banyak benda 1-10 2.
Mengenal konsep bilangan. 3.
Mengenal lambang bilangan. 4.
Mengenal lambang huruf. |
IV
BAHASA a.
Memahami Bahasa |
1.
Menyimak perkatan orang lain (Bahasa Ibu
atau bahasa lainya) 2.
Mengerti dua perintah yang di berikan
bersamaan. 3.
Memahami cerita yg di bacakan. 4.
Memahami perbendaharaan kata, mengenal kata
sifat, (nakal, pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb). 5.
Mendengarkan dan membedakan bunyi-bunyi
dalam bahasa indonesia (Bunyi dan ucapan harus sama). |
b.
Mengungkapkan Bahasa |
1.
Mengulang kalimat sederhana. 2.
Bertanya dengan kalimat yang benar. 3.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan
pertanyaan. 4.
Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat
(baik senang, nakal, pelit, baik hati berani, baik, jelek dsb) 5.
Menyebutkan kata kata yang di kenal. 6.
Mengurutkan pendapat kepada orang lain. 7.
Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang di
inginkan atau ketidak setujuan. 8.
Menceritakan kembali cerita atau dongeng
yang pernah di dengar. 9.
Memperkaya perbendaharaan kata. 10. Berpartisipasi
dalam percakapan. |
c.
Keaksaraan |
1.
Mengenal simbol- simbo 2.
Mengenal suara-suara hewan, benda yang ada
di sekitarnya. 3.
Membuat coretan yang bermakna. 4.
Meniru (Menuliskan dan mengucapkan) huruf A
- Zl |
V.
SOSIAL EMOSIONAL a.
Kesadaran diri |
1. Menunjukan sikap mandiri dalam memilih
kegiatan. 2.
Mengendalikan perasaan 3.
Menunjukan rasa percaya diri. 4.
Memahami peraturan dan disiplin. 5.
Memiliki sikap gigih ( tidak mudah menyerah) 6.
Bangga terhadap hasil karyanya sendiri. |
b.
Rasa Tanggung Jawab untuk dirinya
sendiridan orang lain. |
1.
Menjaga diri sendiri dari lingkunganya. 2.
Menghargai keunggulan orang lain. 3.
Mau berbagi menolong dan membantu teman. |
C.
Prilaku Prososial |
1.
Menunjukan antusiasmedalam melakukan permainan , kompetitif, secara positif. 2.
Mentaati aturan yg berlakudalam suatu permainan 3.
Menghargai orang lain. 4.
Menunjukan rasa empati. |
VI.
SENI a.
Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu
atau suara. |
1.
Senang mendengarkan berbagai macam musik
atau lagu kesukaannya 2.
Memainkan alat musik / Instrumen, / benda
yang dapat membentukirama yang teratur. |
b.
Tertarik Dengan Kegiatan Seni |
1.
Memilih jenis lagu yang di sukai. 2.
Menyanyi sendiri. 3.
Mengunakan imajinasi untuk mencerminkan
perasaan dalam sebuah peran. 4.
Membedakan peran fantasi dan kenyataan. 5.
Mengunakan dialog dan prilaku dan berbagai
materi dalam menceritakan suatu cerita. 6.
Mengekpresikan gerakan dengan irama yang
bervariasi. 7.
Menggambar obyek di sekitarnya. 8.
Membentuk berdasarkan obyek yang di
lihatnya ( Mis. Dengan plastisin atau tanah liat) 9.
Mendiskripsikan sesuatu (seperti
binatang) dengan ekpresi yang berirama
( contoh anak menceritakan gajahdengan gerak dan mimik tertentu) 10. Mengkombinasikan
dengan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai. |
tolong diperbaiki ya,,, bila perlu. karena kita belajar bersama. terimakasih
BalasHapus