Contoh Standar Operasional Prosedur PAUD Belajar Dari Rumah



Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembelajaran Belajar Dari Rumah Kegiatan Cuci Tangan

Nama Lembaga

 

Kode Dok.

SOP / Pros-00 3

Program Satuan

 

Standar

Proses

Tanggal disahkan

1 Juli 2020

Tgl. Revisi

 

1

Judul

Pembelajaran Kegiatan Cuci Tangan

2

Tujuan

Membiasakan untuk cuci tangan (2.1)

Membiasakan untuk tertib (2.6)

Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1)

Membiasakan untuk bertanggunggjawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)

3

Referensi

P ermendikbud No.1 46 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013

Visi, Misi dan Tujuan Lembaga

4

Pihak-pihak Terkait

      Orang tua / wali anak

5

Dokumen

Catatan perkembangan anak

6

Prosedur Kerja

Basahi kedua telapak tangan dan ambil sabun dan usap di telapak tangan

Usap dan gosok dua punggung tangan berganti

Jangan lupa sela jari - jari tangan, gosok sela jari tangan hingga bersih

Bersihkan ujung jari mengatup dan memutar dan memutar

Gosok dan putar ibu jari berganti

Letakkan ujung jari di telapak tangan, gosok lipat

Bersihkan kedua tangan berganti, bilas dengan udara bersih yang dialihkan dan keringkan tangan dengan handuk

 

 

 

 

 

 

Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembelajaran Belajar dari Rumah Kegiatan Sikat Gigi

Nama Lembaga

 

Kode Dok.

SOP / Pros-00 4

Program Satuan

Taman Kanak-Kanak

Standar

Proses

Tanggal disahkan

1 Juli 2020

Tgl. Revisi

 

1

Judul

Menyikat G igi A gar G igi S ehat

2

Tujuan

Membiasakan untuk sikat gigi (2.1)

Membiasakan untuk tertib (2.6)

Membiasakan bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1)

Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)

3

Referensi

P ermendikbud No.1 46 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013

Visi, Misi dan Tujuan Lemba ga

4

Pihak-pihak Terkait

       Orang tua / wali anak

5

Dokumen

Catatan perkembangan anak

6

Prosedur Kerja

Siapkan sikat gigi dan pasta gigi

Kumur-kumur

Sikat semua permukaan gigi, maju mundur, pendek-pendek dan pendek gerakan, rahang atas dan rahang bawah

Permukaan sikat gigi menghadap langit dan lidah

Sikat Permukaan gigi menghadap pipi dan bibir atas dan bibir bawah

Permukaan yang dipakai mengunyah

Kumur 1 kali saja, tepung masih ada

Bersihkan sikat gigi, simpan posisi tegak kepala di atas

 

 

 

 

 

Standar Operasional Prosedur (SOP) Toileting Belajar Dari Rumah

Nama Lembaga

 

Kode Dok.

SOP / Pros-0 13

Program Satuan

 

Standar

Proses

Tanggal disahkan

1 Juli 2019

Tgl. Revisi

 

1

Judul

Melatih Anak ke Kamar Mandi

2

Tujuan

Membiasakan untuk BAB / BAK (2.1)

Membiasakan untuk tertib (2.6)

Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1)

Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12)

3

Referensi

P ermendikbud No.1 46 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013

Visi, Misi dan Tujuan Lembaga

4

Pihak-pihak Terkait

       Orang tua dan wali anak

5

Dokumen

RPPH

6

Prosedur Kerja

Anak didampingi oleh guru

Menggunakan kamar mandi sesuai dengan jenis kelamin

Berdoa (doa masuk WC)

Utamakan kaki kiri terlebih dahulu

Tidak bernyanyi atau teriak-teriak di toilet

Menyiram toilet sebanyak 3 kali atau lebih dari yang digunakan

Menggunakan air / sabun secukupnya (tidak menghamburkan udara)

Membuang tissue ke tempat sampah

Memelihara kebersihan toilet

Gunakan kaki depan sebelum keluar dari WC

Berdoa (doa keluar WC)

 

 

 

 

 

 

Standar Operasional Prosedur (SOP) Belajar Dari Rumah Kegiatan Selama Bermain

Nama Lembaga

 

Kode Dok.

SOP / Pros-00 8

Program Satuan

 

Standar

Proses

Tanggal disahkan

1 Juli 2020

Tgl. Revisi

 

1

Judul

Pijakan Selama Bermain

2

Tujuan

Mengembangkan kemampuan mencoba untuk mencari tahu (2.2)

Membiasakan untuk berjuang memulai tantangan baru (2.5)

Mengembangkan kemampuan fokus (3.13, 4.13)

Membiasakan untuk bekerja tuntas (awal sampai akhir) (2.12)

Bekerja untuk mandiri dan bekerja sama (2.8, 2.10)

Membiasakan untuk saling membantu dengan guru dan teman (2.9)

Membiasakan untuk berbagi alat main (2.9)

Mengenal beberapa konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat / teknologi) (3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9)

Mengembangkan keterampilan membuat karya dengan berbagai alat dengan ide sendiri (3.15, 4.15)

Membiasakan untuk berbicara santun (2.14)

Membiasakan untuk hasil karya sendiri dan teman (2,10)

Mengembangkan keterampilan percakapan (3.14,4.14)

Mengembangkan sikap percaya diri (2.5)

Membiasakan untuk bertanggungjawab (2.12)

3

Referensi

P ermendikbud No.1 46 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013

Visi, Misi dan Tujuan Lembaga

4

Pihak-pihak Terkait

        Orang tua / wali anak

5

Dokumen

Catatan Perkembangan Anak

6

Prosedur Kerja

Melakukan (pengamatan) dan membuat catatan perkembangan anak

Menerima waktu bermain anak selama (45 menit - 1 jam)

Dapatkan pijakan dengan menggunakan kalimat tanya yang terbuka dengan tepat. Misal: Bagaimana caramu menemukan warna ini? Bangunan apa yang sedang dibangun, Nak?

Pijakan yang diberikan harus sesuai dengan perkembangan anak

Dorong anak untuk bermain dalam kelompok kecil selain bermain secara mandiri

Anak diberi kesempatan untuk membuat karya dengan idenya sendiri

Anak diberi kesempatan untuk mencoba alat dan bahan utama dengan mencoba sendiri

Anak yang didukung bekerja sampai selesai

Anak yang didukung untuk saling berbagi alat utama

Anak yang didukung untuk mau membantu guru dan peserta

Anak didukung menemukan konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat / teknologi) melalui alat dan bahan yang dimainkannya

Buat kepercayaan diri anak dengan memberikan peluang untuk mengemukakan pendapatnya melalui alat dan bahan yang digunakan

Mengingatkan pada anak waktu istirahat bermain

Mengajak anak untuk membereskan alat yang sesuai dengan tempat dan jenisnya

 

 

Standar Operasional Prosedur (SOP) Kegiatan Pijakan Setelah Bermain

Nama Lembaga

 

Kode Dok.

SOP / Pros-00 9

Program Satuan

 

Standar

Proses

Tanggal disahkan

1 Juli 2020

Tgl. Revisi

 

1

Judul

Pijakan Setelah Main

2

Tujuan

Membiasakan untuk berdoa setelah melakukan kegiatan (3.1, 4.1)

Mengembangkan kemampuan membangkitkan (3.11,4.11)

Mengembangkan sikap percaya diri (2.5)

Mengembangkan sikap menghargai orang lain yang berbicara (2.7)

Menguatkan konsep pengetahuan yang sesuai dengan tema dan RPPH yang disusun

Membiasakan untuk bicara santun (2.14)

Mengembangkan bahasa ekspresif (3.11, 4.11)

3

Referensi

Permendikbud No. 146 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013

Visi, Misi dan Tujuan Lembaga

4

Pihak-pihak Terkait

       Orang tua / wali anak

5

Dokumen

Catatan Perkembangan Anak

6

Prosedur Kerja

M enanyakan perasaan setelah bermain

Menanyakan kegiatan bermain yang sudah dilakukan anak (mengingat)

Anak diberi kesempatan untuk menunjukkan hasil karya, bisa dalam bentuk gambar, tulisan, bercerita

Memperkuat kembali konsep pengetahuan yang telah diperoleh anak selama bermain

Memberikan penghargaan seperti penghargaan terima kasih terhadap perilaku anak yang sudah sesuai dengan aturan saat bermain

Membahas apa yang harus dilakukan jika ada anak yang belum menyetujui aturan

Menyambut kegiatan selanjutnya dan mengajak anak-anak mengikuti kegiatan selanjutnya

 

 

 

 

 

1.      Standar Operasional Prosedur  (SOP) Belajar Dari Rumah Pengelolaan Kegiatan sebelum Main / Belajar

Nama Lembaga

 

Kode Dok.

SOP / Pros-0 14

Program Satuan

 

Standar

Proses

Tanggal disahkan

1 Juli 2020

Tgl. Revisi

 

1

Judul

Pengelolaan Kegiatan Belajar

2

Tujuan

Menumbuhkan minat anak bermain dan mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan

Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan

3

Referensi

P ermendikbud No.1 46 tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013

Visi, Misi dan Tujuan Lembaga

4

Pihak-pihak Terkait

       Orang tua anak / wali anak

5

Dokumen

      RPPM

6

Prosedur Kerja

Orang tua  menyiapkan Lingkungan Bermain yang aman, nyaman   dengan menyediakan alat yang sesuai guru anjuran

Orang tua mengajak anak berdiskusi tentang tema

Orang tua mengajak anak untuk berdiskusi aktif yang sedang dibahas

Orang tua membicarakan kegiatan utama hari ini, dan menyampaikan diskusi utama.

Mendiskusikan aturan main

Orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk memilih teman utama.

Anak melakukan kegiatan bermain sesuai minat.

Orang tua mendokumentasikan melalui foto / video

Orang tua mengirim dokumentasi kepada pendidik

Orang tua mengajak anak untuk membereskan alat utama

 


Komentar

  1. tolong masukannya demi kemajuan bersama. terimaksih.

    BalasHapus
  2. Trimksh bunda , itu SOP SANGAT PENTING BUAT SAYA TUK PENYUSUNAN KUR 2020 /2021 INI, SAYA MENUNGGU KIRIMAN yang lainnya...❤❤❤

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak Bun...lagi butuh ini...

    BalasHapus
  4. Aamiin kalau manfaat ibu ibu. terimakasih

    BalasHapus
  5. Makasih ibu Sop ini bermanfaat untuk lembaga saya,makasih sudah di bantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP