Contoh Standar Operasional Prosedur PAUD Belajar Dari Rumah
Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembelajaran Belajar Dari Rumah Kegiatan Cuci Tangan
Nama Lembaga |
|
Kode Dok. |
SOP / Pros-00 3 |
|
Program Satuan |
|
Standar |
Proses |
|
Tanggal disahkan |
1 Juli 2020 |
Tgl. Revisi |
|
|
1 |
Judul |
Pembelajaran Kegiatan Cuci Tangan |
||
2 |
Tujuan |
Membiasakan untuk cuci tangan (2.1) Membiasakan untuk tertib (2.6) Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1) Membiasakan untuk bertanggunggjawab terhadap kesehatan tubuh (2.12) |
||
3 |
Referensi |
P ermendikbud No.1 46 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013 Visi, Misi dan Tujuan Lembaga |
||
4 |
Pihak-pihak Terkait |
Orang tua / wali anak |
||
5 |
Dokumen |
Catatan perkembangan anak |
||
6 |
Prosedur Kerja |
Basahi kedua telapak tangan dan ambil sabun dan usap di telapak tangan Usap dan gosok dua punggung tangan berganti Jangan lupa sela jari - jari
tangan, gosok sela jari tangan hingga bersih Bersihkan ujung jari mengatup dan memutar dan memutar Gosok dan putar ibu jari berganti Letakkan ujung jari di telapak tangan, gosok lipat Bersihkan kedua tangan berganti, bilas dengan udara bersih yang dialihkan dan keringkan tangan dengan handuk |
Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembelajaran Belajar dari Rumah Kegiatan Sikat Gigi
Nama Lembaga |
|
Kode Dok. |
SOP / Pros-00 4 |
|
Program Satuan |
Taman Kanak-Kanak |
Standar |
Proses |
|
Tanggal disahkan |
1 Juli 2020 |
Tgl. Revisi |
|
|
1 |
Judul |
Menyikat G igi A gar G igi S ehat |
||
2 |
Tujuan |
Membiasakan untuk sikat gigi (2.1) Membiasakan untuk tertib (2.6) Membiasakan bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1) Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12) |
||
3 |
Referensi |
P ermendikbud No.1 46 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013 Visi, Misi dan Tujuan Lemba ga |
||
4 |
Pihak-pihak Terkait |
Orang tua / wali anak |
||
5 |
Dokumen |
Catatan perkembangan anak |
||
6 |
Prosedur Kerja |
Siapkan sikat gigi dan pasta gigi Kumur-kumur Sikat semua permukaan gigi, maju mundur, pendek-pendek dan pendek gerakan, rahang atas dan rahang bawah Permukaan sikat gigi menghadap langit dan lidah Sikat Permukaan gigi menghadap pipi dan bibir atas dan bibir bawah Permukaan yang dipakai mengunyah Kumur 1 kali saja, tepung masih ada Bersihkan sikat gigi, simpan posisi tegak kepala di atas |
Standar Operasional Prosedur (SOP) Toileting Belajar Dari Rumah
Nama Lembaga |
|
Kode Dok. |
SOP / Pros-0 13 |
|
Program Satuan |
|
Standar |
Proses |
|
Tanggal disahkan |
1 Juli 2019 |
Tgl. Revisi |
|
|
1 |
Judul |
Melatih Anak ke Kamar Mandi |
||
2 |
Tujuan |
Membiasakan untuk BAB / BAK (2.1) Membiasakan untuk tertib (2.6) Membiasakan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan diri (2.1) Membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuh (2.12) |
||
3 |
Referensi |
P ermendikbud No.1 46 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013 Visi, Misi dan Tujuan Lembaga |
||
4 |
Pihak-pihak Terkait |
Orang tua dan wali anak |
||
5 |
Dokumen |
RPPH |
||
6 |
Prosedur Kerja |
Anak didampingi oleh guru Menggunakan kamar mandi sesuai dengan jenis kelamin Berdoa (doa masuk WC) Utamakan kaki kiri terlebih dahulu Tidak bernyanyi atau teriak-teriak di toilet Menyiram toilet sebanyak 3 kali atau lebih dari yang digunakan Menggunakan air / sabun secukupnya (tidak menghamburkan udara) Membuang tissue ke tempat sampah Memelihara kebersihan toilet Gunakan kaki depan sebelum keluar dari WC Berdoa (doa keluar WC) |
Standar Operasional Prosedur (SOP) Belajar Dari Rumah Kegiatan Selama Bermain
Nama Lembaga |
|
Kode Dok. |
SOP / Pros-00 8 |
|
Program Satuan |
|
Standar |
Proses |
|
Tanggal disahkan |
1 Juli 2020 |
Tgl. Revisi |
|
|
1 |
Judul |
Pijakan Selama Bermain |
||
2 |
Tujuan |
Mengembangkan kemampuan mencoba untuk mencari tahu (2.2) Membiasakan untuk berjuang memulai tantangan baru (2.5) Mengembangkan kemampuan fokus (3.13, 4.13) Membiasakan untuk bekerja tuntas (awal sampai akhir) (2.12) Bekerja untuk mandiri dan bekerja sama (2.8, 2.10) Membiasakan untuk saling membantu dengan guru dan teman (2.9) Membiasakan untuk berbagi alat main (2.9) Mengenal beberapa konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat / teknologi) (3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.9, 4.9) Mengembangkan keterampilan membuat karya dengan berbagai alat dengan ide sendiri (3.15, 4.15) Membiasakan untuk berbicara santun (2.14) Membiasakan untuk hasil karya sendiri dan teman (2,10) Mengembangkan keterampilan percakapan (3.14,4.14) Mengembangkan sikap percaya diri (2.5) Membiasakan untuk bertanggungjawab (2.12) |
||
3 |
Referensi |
P ermendikbud No.1 46 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013 Visi, Misi dan Tujuan Lembaga |
||
4 |
Pihak-pihak Terkait |
Orang tua / wali anak |
||
5 |
Dokumen |
Catatan Perkembangan Anak |
||
6 |
Prosedur Kerja |
Melakukan (pengamatan) dan membuat catatan perkembangan anak Menerima waktu bermain anak selama (45 menit - 1 jam) Dapatkan pijakan dengan menggunakan kalimat tanya yang terbuka dengan tepat. Misal: Bagaimana caramu menemukan warna ini? Bangunan apa yang sedang dibangun, Nak? Pijakan yang diberikan harus sesuai dengan perkembangan anak Dorong anak untuk bermain dalam kelompok kecil selain bermain secara mandiri Anak diberi kesempatan untuk membuat karya dengan idenya sendiri Anak diberi kesempatan untuk mencoba alat dan bahan utama dengan mencoba sendiri Anak yang didukung bekerja sampai selesai Anak yang didukung untuk saling berbagi alat utama Anak yang didukung untuk mau membantu guru dan peserta Anak didukung menemukan konsep pengetahuan (matematika, sosial, alam, sains, bahasa, alat / teknologi) melalui alat dan bahan yang dimainkannya Buat kepercayaan diri anak dengan memberikan peluang untuk mengemukakan pendapatnya melalui alat dan bahan yang digunakan Mengingatkan pada anak waktu istirahat bermain Mengajak anak untuk membereskan alat yang sesuai dengan tempat dan jenisnya |
Standar Operasional Prosedur (SOP) Kegiatan Pijakan Setelah Bermain
Nama Lembaga |
|
Kode Dok. |
SOP / Pros-00 9 |
|
Program Satuan |
|
Standar |
Proses |
|
Tanggal disahkan |
1 Juli 2020 |
Tgl. Revisi |
|
|
1 |
Judul |
Pijakan Setelah Main |
||
2 |
Tujuan |
Membiasakan untuk berdoa setelah melakukan kegiatan (3.1, 4.1) Mengembangkan kemampuan membangkitkan (3.11,4.11) Mengembangkan sikap percaya diri (2.5) Mengembangkan sikap menghargai orang lain yang berbicara (2.7) Menguatkan konsep pengetahuan yang sesuai dengan tema dan RPPH yang disusun Membiasakan untuk bicara santun (2.14) Mengembangkan bahasa ekspresif (3.11, 4.11) |
||
3 |
Referensi |
Permendikbud No. 146 T ahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013 Visi, Misi dan Tujuan Lembaga |
||
4 |
Pihak-pihak Terkait |
Orang tua / wali anak |
||
5 |
Dokumen |
Catatan Perkembangan Anak |
||
6 |
Prosedur Kerja |
M enanyakan perasaan setelah bermain Menanyakan kegiatan bermain yang sudah dilakukan anak (mengingat) Anak diberi kesempatan untuk menunjukkan hasil karya, bisa dalam bentuk gambar, tulisan, bercerita Memperkuat kembali konsep pengetahuan yang telah diperoleh anak selama bermain Memberikan penghargaan seperti penghargaan terima kasih terhadap perilaku anak yang sudah sesuai dengan aturan saat bermain Membahas apa yang harus dilakukan jika ada anak yang belum menyetujui aturan Menyambut kegiatan selanjutnya dan mengajak anak-anak mengikuti kegiatan selanjutnya |
||
|
|
|
1. Standar Operasional Prosedur (SOP) Belajar Dari Rumah Pengelolaan Kegiatan sebelum Main / Belajar
Nama Lembaga |
|
Kode Dok. |
SOP / Pros-0 14 |
|
Program Satuan |
|
Standar |
Proses |
|
Tanggal disahkan |
1 Juli 2020 |
Tgl. Revisi |
|
|
1 |
Judul |
Pengelolaan Kegiatan Belajar |
||
2 |
Tujuan |
Menumbuhkan minat anak bermain dan mengembangkan pengalamannya dengan alat yang disediakan
Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan |
||
3 |
Referensi |
P ermendikbud No.1 46 tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013 Visi, Misi dan Tujuan Lembaga |
||
4 |
Pihak-pihak Terkait |
Orang tua anak / wali anak |
||
5 |
Dokumen |
RPPM |
||
6 |
Prosedur Kerja |
Orang tua menyiapkan Lingkungan Bermain yang aman, nyaman dengan menyediakan alat yang sesuai guru anjuran Orang tua mengajak anak berdiskusi tentang tema Orang tua mengajak anak untuk berdiskusi aktif yang sedang dibahas Orang tua membicarakan kegiatan utama hari ini, dan menyampaikan diskusi utama. Mendiskusikan aturan main Orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk memilih teman utama. Anak melakukan kegiatan bermain sesuai minat. Orang tua mendokumentasikan melalui foto / video Orang tua mengirim dokumentasi kepada pendidik Orang tua mengajak anak untuk membereskan alat utama |
tolong masukannya demi kemajuan bersama. terimaksih.
BalasHapusTrimksh bunda , itu SOP SANGAT PENTING BUAT SAYA TUK PENYUSUNAN KUR 2020 /2021 INI, SAYA MENUNGGU KIRIMAN yang lainnya...❤❤❤
BalasHapusTerima kasih banyak Bun...lagi butuh ini...
BalasHapusAamiin kalau manfaat ibu ibu. terimakasih
BalasHapusMakasih ibu Sop ini bermanfaat untuk lembaga saya,makasih sudah di bantu
BalasHapusMantap, bermanfaat, terimakasih
BalasHapusTerimakasih bun
BalasHapusSangat bermanfaat
BalasHapusmakasih bun
BalasHapus