TERNYATA MUDAH MEMBUAT RPPM BDR MASA PANDEMI COVID 19
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN BELAJAR DI RUMAH TAMAN
KANAK-KANAK GEMBIRA |
|
Semester/Bulan/Minggu : I/Juli/Minggu ke 3 |
Tema |
: Rumahku, Tempat Bermainku |
Subtema |
: Halaman Rumah |
Kelompok |
: B (usia 5-6 Tahun) |
KD |
Materi |
|
Kegiatan Main |
|
|
|
|
|
|
NAM 1.2 |
Merawat tanaman ciptaan
Tuhan |
|
|
|
|
|
• Aku bisa menanam bunga |
||
FM 3.3 – 4.3 |
Gerakan untuk
mengembangkan motorik |
|||
• |
Yuk, kelompokkan daun-daun |
|||
|
kasar dan halus |
|
yang ada di halaman |
|
|
|
|
||
Kog 3.6 – 4.6 |
Pengelompokan |
• Lihat gambar bunga yang
ada |
||
|
dikebunku |
|||
|
Bilangan |
|
||
|
• |
Membersihkan kebun bersama |
||
|
|
|||
Bahasa 3.11 – 4.11 |
Menceritakan kembali
kegiatan yang sudah |
|||
|
ayah bunda |
|||
|
dilakukan |
|
||
|
• |
Berapa jumlah bunga yang |
||
Sosem 2.5 |
Berani mengungkapkan
pendapat |
• |
mekar? |
|
|
|
Dengarlah alat musikku! |
||
|
|
|||
Seni 3-15 – 4.15 |
Ekspresi seni music dan
kriya |
• |
dll |
|
|
|
|
|
RPPM diatas
adalah contoh RPPM yang saya dapat waktu
mengikuti webinar GTK PAUD kementrian Pendidikan dan kebudayaan
Dalam BDR ini kita tidak membuat RPPH, kita membuat
RPPM dengan 6 bidang pengembangan yang
bisa kita kembangakan. Kita membuat alternatif
kegiatan yang memungkinkan orang tua bisa melaksanakan. Orang tua bisa memilih
minimal satu kegiatan dari kegiatan yang kita sajikan.
Untuk pelaporan kegiatan,
orang tua minimal melaporkan satu kegiatan dalam satu minggu, boleh berupa foto
anak, video, foto hasil karya, dan atau catatan perkenmbangan anak.
Apabila orang tua tidak memiliki sarana untuk melaporkan,
guru bisa melakukan home visit untuk mengetahui perkembangan anak, atau orang
tua boleh mengirimkan catatan tentang apa yang dilakukan anak di rumah kepada
guru. ( lihat contoh Catatan/ rekaman penilaian satu semester saat pamdemi)
Berikut kami lampirkan beberapa contoh RPPM sederhana yang
dibuat berdasar penjelasan diatas.
Selain itu kami lampirkan pula muatan materi sebagai pedoman
membuat RPPM
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJRAN MINGGUAN
BELAJAR DI RUMAH TK
PKK 4 ARGOMULYO
SEMESTER/MINGGU KE :1/1
TEMA :
DIRIKU
SUB TEMA :
IDENTITAS DIRI
KELOMPOK USIA :
5-6 TAHUN
KD |
MATERI |
KEGIATAN MAIN |
NAM 1.2 |
Menyayangi diri sendiri |
|
FM 2.1 |
Kebersihan diri sendiri |
Mari kita mencuci tangan
dengan benar |
KOG 3.7:4.7 |
Pengenalan nama sendiri
dengan lengkap |
Yuk kita kenalan. Sebutkan
nama panjang dan nama panggilan ya… |
BAHASA 3.10,4.10 |
Pengenalan huruf-huruf dari namanya
sendiri |
Ayuk tulis nama panggilan
kita pada name tag |
SOSEM 2.5 |
Mengurus dirinya sendiri |
Mari kita menyisir rambut
dengan rapi |
SENI 2.4 |
Berpakaian yang rapi dan
sopan |
Kalian paling suka memakai
baju yang mana ya? Ayuk kita foto dengan memakai pakaian kesayangan kita. |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI RUMAH TK
PKK 4 ARGOMULYO
SEMESTER/MINGGU KE :1/2
TEMA :
DIRIKU
SUB TEMA :
IDENTITAS DIRI
SUB SUB TEMA :
ANGGOTA TUBUH
KELOMPOK USIA :
5-6 TAHUN
KD |
MATERI |
KEGIATAN MAIN |
NAM 1.2 |
Menyayangi diri sendiri |
|
FM 3.3:3.4 |
Menunjukkan dan ciri ciri anggota
tubuh anak/orang lain |
Ayuk menyanyi lagu kepala
pundak lutut kaki dengan gerakannya. |
KOG 3.7:4.7 |
Pengenalan identitas anak |
Aku kenal diriku. Kita laki
laki atau perempuan ya? Rambut kita lurus atau keriting? |
BAHASA 3.11,4.11 |
Lagu
anak |
Yuk menyanyi lagu bangun
tidur |
SOSEM 2.5 |
Mengurus dirinya sendiri |
Mari kita menyisir rambut
denagn rapi |
SENI 2.4 |
Berpakaian yang rapi dan
sopan |
Kalian paling suka memakai
baju yang mana ya? Ayuk kita foto dengan memakai pakaian kesayangan kita. |
RENCANA KEGIATAN
PELAKSANAAN PEMBELAJRAN MINGGUAN
BELAJAR DI RUMAH TK
PKK 4 ARGOMULYO
SEMESTER/MINGGU KE :1/3
TEMA :
DIRIKU
SUB TEMA :
IDENTITAS DIRI
SUB SUB TEMA :
KELUARGAKU
KELOMPOK USIA : 5-6 TAHUN
KD |
MATERI |
KEGIATAN MAIN |
NAM 1.2 |
Menghormati orang yang lebih tua |
|
FM 3.3:4.3 |
Koordinasi motorik halus |
Mari kita menulis nama ayah |
KOG 3.7:4.7 |
Pengenalan anggota keluarga. |
Yuk kita sebut nama ayah
dan ibu, adik dan kakak dengan lembut. |
BAHASA 3/11:4.11 |
Lagu anak |
Yuk memnyanyi lagu dengan judul sayang semuanya |
SOSEM 2.7 |
Saling hormat menghormati. |
Bagaimana mengucapkan
salam/Cara berpamitan kalau kita akan pergi? |
SENI 3.15:4.15 |
Kegiatan
melukis, mewarnai gambar, mencipta bentuk dll |
Ayuk mewarnai gambar baju kesayangan
ayah |
MATERI / MUATAN AJAR TK-B (USIA 5-6 TAHUN) KURIKULUM 2013
KD/ KI |
MATERI |
INDIKATOR |
NAM 1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya |
1.1.1. Alam semesta
ciptaan Tuhan 1.1.2. Benda-benda
ciptaan Tuhan: batu, gunung, pasir, dst 1.1.3. Makhluk
hidup ciptaan Tuhan: binatang, manusia, tumbuhan 1.1.4. Mensyukuri
ciptaan Tuhan 1.1.5. Menjaga dan
melestarikan ciptaan Tuhan. 1.1.6. Memanfaatkan
ciptaan Tuhan 1.1.7. Tidak
menyakiti ciptaan Tuhan |
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai
rasa syukur kepada Tuhan |
1.2.1. Bersyukur 1.2.2. Menyayangi diri sendiri 1.2.3. Menyayangi sesama teman 1.2.4. Menghormati orang yang lebih tua 1.2.5. Menghormati orang yang lebih muda 1.2.6 Kelestarian lingkungan 1.2.7 Menghargai hasil karya diri sendiri/orang
lain |
|
2.13
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur |
2.13.1. Tidak
mengambil barang yang bukan miliknya 2.13.2. Mengakui
kesalahannya 2.13.3. Mengembalikan
milik orang lain |
|
3.1
Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari 4.1
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa |
3.1.1. Lagu-lagu keagamaan 3.1.2. Ibadah 3.1.3. Pengenalan do’a 3.1.4. Surat surat pendek 3.1.5. Tempat tempat ibadah 3.1.6. Kitab suci 3.1.7. Tokoh tokoh agama 3.1.8. Hari hari besar agama 4.1.1. Menyanyi lagu
lagu keagamaan 4.1.2. Beribadah 4.1.3. Hafalan doa
sehari hari 4.1.4. Hafalan surat
surat pendek 4.1.5. Pengenalan
tempat tempat ibadah 4.1.6. Pengenalan
kitab suci 4.1.7. Pengenalan
tokoh agama 4.1.8. Peringatan
hari hari besar agama |
§ Mengucapkan
doa-doa pendek, melakukan ibadah sesuai dengan agamanya (misal : doa sebelum memulai
dan selesai kegiatan) § Berperilaku sesuai
dengan ajaran yang dianutnya (misal : tidak bohong, tidak berkelahi § Menyebutkan hari-hari
besar agama Menceritakan kembali tokoh-tokoh
keagamaan (misal : nabi-nabi) |
|
||
3.2
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia |
3.2.1. Berterima
kasih 3.2.2. Ucapan salam 3.2.3. Menghormati
orang yang lebih tua 3.2.4. Menolong
orang yang kesusahan 3.2.5. Memberi dan
meminta maaf 3.2.6. Simpati
terhadap teman yang sakit 3.2.7. Berbuat baik |
§ Berperilaku sopan dan
peduli melalui perkataan dan perbuatannya secara spontan Mis: mengucapkan
maaf, permisi, terimakasih. § Mau menolong orang
tua, pendidik, dan teman. |
4.2
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia |
4.2.1. Mengucapkan
terima kasih 4.2.2. Memberi dan
membalas salam 4.2.3. Bersikap
sopan pada orang tua, orang yang lebih tua 4.2.4. Membantu
teman yang terkena musibah 4.2.5. Mau memberi
dan memohon maaf 4.2.6. Menjenguk
teman yang sakit 4.2.7. Melakukan
perbuatan baik terhadap semua |
|
FISIK
MOTORIK |
|
|
2.1
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat |
2.1.1. Berolah raga 2.1.2. Makan yang teratur 2.1.3. Menjaga kebersihan 2.1.4. Menjaga kesehatan 2.1.5. Kebersihan diri sendiri 2.1.6. Kebersihan lingkungan |
|
3.3
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan motorik halus 4.3
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus |
3.3.1. Anggota tubuh 3.3.2. Panca indra 3.3.3. Fungsi atau
kegunaan anggota tubuh 3.3.4. Gerakan
jalan, lari, melompat, berjinjit, dst 3.3.5. Senam 3.3.6. Koordinasi
motorik halus 4.3.1. Menunjukkan
dan ciri ciri anggota tubuh anak/orang lain 4.3.2. Kegunaan
panca indra 4.3.3. Guna anggota
tubuh 4.3.4. Melakukan
jalan, lari, melompat, berjinjit, dst 4.3.5. Melakukan
senam 4.3.6.
Mengkoordinasikan motorik halus |
§ Melakukan berbagai
gerakan terkoordinasi secara seimbang, terkontrol, dan lincah § Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan mata, tangan, kaki kepala
secara terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal :
senam dan tari) § Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu melakukan permainan fisik dengan aturan § Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam
berbagai aktifitas (misal : mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar,
menempel, menggunting, makan) |
§ |
||
3.4
Mengetahui cara hidup sehat 4.4
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat |
3.4.1. Alat-alat
kebersihan 3.4.2. Mencuci
tangan, mandi, menyisir rambut, menggosok gigi 3.4.3. Membuang
sampah pada tempatnya 3.4.4. Berpakaian
rapi 3.4.5. Melindungi
diri dari percobaan kekerasan seksual (teriak dan berlari). 3.4.6. Makan yang
teratur 3.4.7. Makan
makanan yang bergizi 3.4.8. Tata cara
buang air kecil dan besar 3.4.9. Istirahat
cukup 4.4.1. Belajar/tata
cara menggunakan alat-alat kebersihan 4.4.2. Belajar
mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, mengosok gigi 4.4.3. Kerja bakti
membersihakan kelas dan lingkungan sekolah 4.4.4. Cara
berpakaian yang rapi 4.4.5. Belajar cara
melindungi diri dari percobaan kekerasan seksual (teriak dan berlari). 4.4.6. Tata cara
makan yang teratur 4.4.7. Terbiasa
mengkonsumsi makanan yang bersih, sehat dan bergizi. 4.4.8. Praktek
Buang air kecil dan besar 4.4.9. Tata cara
istirahat yang cukup |
§ Melakukan kegiatan
hidup bersih dan sehat (misal : mandi 2 x sehari, memakai baju bersih,
membuang sampah pada tempatnya) § Mampu melindungi diri
dari percobaan kekerasan termasuk kekerasan seksual dan bullying (misal :
dengan berteriak dan / atau berlari) § Mampu menjaga
keamanan diri dari benda-benda berbahaya (misal : listrik, pisau, pembasmi
serangga) § Terbiasa mengkonsumsi
makanan dan minuman yang bersih, sehat, dan bergizi |
KOGNITIF |
|
|
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu |
2.2.1. Berani mencoba hal yang
baru 2.2.2. Mengetahui sebab akibat 2.2.3. Mengetahui apa yang
terjadi jika |
|
2.3
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif |
2.3.1. Mengembangkan hasil
karyanya 2.3.2. Berkreasi menggunakan
berbagai media |
|
3.5
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif 4.5
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif |
3.5.1. Konsep
penjumlahan dan pengurangan 3.5.2. Mencari jejak 3.5.3. Menyusun
puzel 4.5.1. Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan dengan
benda 4.5.2. Mengerjakan maze (mencari jejak) menuju suatu
tempat/benda 4.5.3. Menyusun kembali kepingan puzel menjadi bentuk utuh |
§ Mampu memecahkan
sendiri masalah sederhana yang dihadapi § Menyelesaikan tugas
meskipun menghadapi kesulitan |
3.6
Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya) 4.6
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya |
3.6.1. Konsep warna
primer (merah, kuning biru) dan warna skunder 3.6.2. Bentuk:
lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval, kubus, kerucut, tabung 3.6.3. Ukuran:
besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar,
sekarang-kemarin-besok. 3.6.4. Pola: pola
satu indikator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indikator AB-AB, ABC, ABC 3.6.5. Sifat:
cair-padat-gas 3.6.6. Suara:
sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak, tinggi-rendah,
dll 3.6.7. Konsep dan
lambang bilangan 4.6.1. Pencampuran
macam-macam warna 4.6.2.
Pengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri 4.6.3. Perbedaan
benda berdasarkan kasar-halus, panjang-pendek, besar-kecil dll 4.6.4. Penyusunan
pola secara berurutan dan benar 4.6.5. Pengenalan
sifat-sifat dari benda (cair, padat, gas) 4.6.6. Pengenalan
bunyi atau suara-suara tertentu 4.6.7. Pengenalan
konsep dan lambang bilangan |
§ Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan mengelompokkan berbagai
benda di lingkungannya berdasarkan ukuran, pola, fungsi, sifat, suara,
tekstur, dan ciri-ciri lainnya § Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan satu benda
dengan benda yang lain § Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan nama benda
dengan tulisan sederhana melalui berbagai aktifitas (misal : menjodohkan,
menjiplak, meniru) § Melkukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan lima seriasi atau
lebih, bentuk, ukuran, warna, atau jumlah melalui kegiatan mengurutkan benda § Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit,
panjang-pendek, berat-ringan, tinggi-rendah dengan mengukur menggunakan alat
ukur tidak baku |
|
||
3.7
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi) 4.7
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak
tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi) |
3.7.1. Nama /
identitas anak 3.7.2. Anggota
keluarga 3.7.3. Tempat ibadah 3.7.4. Alat
transportasi 3.7.5. Budaya
sekitar lingkungan anak 3.7.6. Cerita 3.7.7. Gerak dan
lagu 4.7.1. Pengenalan
identitas anak 4.7.2. Pengenalan
anggota keluarga. 4.7.3. Pengenalan
tempat-tempat ibadah 4.7.4. Macam-macam
kendaraan (laut, darat, udara) 4.7.5. Menari sesuai
irama musik 4.7.6. Bercerita 4.7.7. Praktek gerak
lagu |
§ Menyebutkan nama
anggota keluarga dan teman serta ciri-ciri khusus mereka secara lebih rinci
(warna kulit, warna rambut, jenis rambut dll) § Menjelaskan
lingkungan sekitarnya secara sederhana § Menyebutkan arah ke
tempat yang sering dikunjungi dan alat transportasi yang digunakan § Menyebutkan
peran-peran dan pekerjaan termasuk didalamnya perlengkapan / astribut dan
tugas-tugas yang dilakukan dalam pekerjaan tersebut Membuat dan mengikuti aturan |
3.8
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,
dll) 4.8
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak
tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll) |
3.8.1. Macam-macam
tanaman 3.8.2. Binatang
yang hidup di air, udara & darat 3.8.3. Binatang
piaraan 3.8.4. Cuaca:
siang, malam, panas, hujan 3.8.5. Daerah
pedesaan, perkotaan, pegunungan pesisir dll 3.8.6. Bertanya
dengan kata "apa", "siapa", "dimana",
"bagaimana", "mengapa". 3.8.7.
Perkembangbiakan makluk hidup 3.8.8. Proses kerja
sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat teh dimulai dari menyediakan air
panas, teh, gula, dan gelas. 4.8.1. Memelihara tanaman 4.8.2. Gerakan
binatang, bercerita tentang binatang, 4.8.3. Pemeliharaan
binatang piaraan. 4.8.4. Proses
terjadinya gejala alam 4.8.5. Belajar
suasana pedesaan, perkotaan, pegunungan 4.8.6. Menggunakan kata
"apa", "siapa", "dimana",
"bagaimana", "mengapa". 4.8.7.
Perkembangbiakan makluk hidup 4.8.8. Praktek
kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat teh dimulai dari menyediakan air
panas, teh, gula, dan gelas. |
|
|
||
3.9
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll) 4.9
Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya |
3.9.1. Alat- alat
rumah tangga. 3.9.2. Alat untuk
bekerja (alat tukang kayu, alat dokter, alat polisi dll) 3.9.3. Alat-alat
permainan di sekolah 3.9.4. Alat-alat
untuk sekolah 3.9.5. Alat-alat
tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta api-kereta
apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll). 4.9.1. Pengenalan
peralatan rumah tangga 4.9.2. Bermain
peran sebagai tukang kayu, dokter, polisi dll 4.9.3.
Mengembalikan alat-alat permainan setelah digunakan di sekolah 4.9.4.
Mengelompokkan alat-alat untuk sekolah 4.9.5. Membuat
alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta
api-kereta apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll). |
§ Melakukan kegiatan
dengan menggunakan alat tehnologi sederhana sesuai fungsinya secara aman dan
bertanggung jawab § Membuat alat-alat
tehnologi sederhana (misal : baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta-kereta
apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll) § Melakukan proses
kerja sesuai dengan prosedurnya (mmisal : membuat teh dimulai dari
menyediakan air panas, teh, gula, dan gelas) |
|
||
BAHASA |
|
|
2.14
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah diri dan santun kepada orang
tua, pendidik dan teman |
2.14.1. Mengucapkan terimakasih bila mendapatkan
sesuatu 2.14.2. Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang
tua, dan orang yang lebih tua 2.14.3. Berbicara sopan 2.14.4. Memberi dan membalas salam 2.14.5. Saling memaafkan |
|
3.10
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca) 4.10
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca) |
3.10.1 Percakapan 3.10.2 Menirukan
3-4 urutan kata 3.10.3 Menceritakan
isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan 3.10.4 Suku kata
awal sama/suku kata akhir sama 3.10.5 Identitas
diri dengan lengkap (nama lengkap, nama panggilan, alamat dll) 4.10.1. Percakapan
dua arah atau lebih 4.10.2. Menyusun 3-4 urutan kata dengan benar 4.10.3. Membaca buku cerita sederhana 4.10.4. Belajar
tentang suku kata awal sama/suku kata akhir sama 4.10.5 . Pengenala
nama sendiri dengan lengkap |
§ Menceritakan kembali
apa yang didengar dengan kosa kata yang lebih § Melaksanakan perintah
yang lebih kompleks sesuai dengan aturan yang disampaikan (misal : aturan
untuk melakukan kegiatan memasak ikan)
|
3.11
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal) 4.11
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal) |
3.11.1. Ekpresi
wajah (senang, marah, sedih) 3.11.2. Pantomim 3.11.3. Lagu
anak-anak 3.11.4. Syair 3.11.5. Tanya jawab
tentang keterangan /informasi 3.11.6. Mengulang
kalimat yang sudah didengar 3.11.7. Macam
bunyi/suara (teriakan, tertawa, menangis, pintu dibuka dll) 4.11.1. Pengenalan
berbagai ekspresi (senang, marah, sedih dll) 4.11.2. Berpantomim 4.11.3. Mengekspresikakan
berbagai gerakan sesuai irama lagu 4.11.4. Membuat
sajak sederhana 4.11.5. Bercerita
tentang pengalaman anak 4.11.6. Melengkapi
kalimat yang sudah dimulai guru 4.11.7. Menirukan
berbagai bunyi yang didengar (teriakan, menangis, tertawa dl) |
§ Mengungkapkan
keinginan, perasaan, dan pendapat, dengan kalimat sederhana dalam
berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa § Menunjukkan perilaku
senang membaca buku terhadap buku-buku yang dikenali § Mengungkapkan
perasaan, ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika berkomunikasi § Menceritakan kembali
isi cerita secara sederhana |
3.12
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain 4.12
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya |
3.12.1. Huruf vokal
dan konsonan 3.12.2. Huruf awal
sama 3.12.3. Gambar
cerita 3.12.4. Menggerakkan
jari-jari tangan 4.12.1. Pengenalan
huruf-huruf dari namanya sendiri 4.12.2. Pengenalan
kata-kata yang mempunyai huruf awal sama 4.12.3. Menghubungkan
tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya (tulisan sederhana
dengan simbol yang melambangkannya) 4.12.4. Membuat
garis tegak, datar, zig-zag, lengkung dll |
§ Menunjukkan
bentuk-bentuk (pra menulis) § Membuat gamabr dengan
beberapa coretan / tulisan yang sudah berbentuk huruf / kata § Menulis huruf-huruf
dari namanya sendiri § Menyebutkan angka
bila diperlihatkan lambang bilangannya § Menyebutkan jumlah
benda dengan cara menghitung |
SENI |
|
|
2.4
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis |
2.4.1. Bergerak sesuai dengan
irama musik 2.4.2. Menirukan gerakan sederhana 2.4.3. Berpakaian yang rapi dan
sopan 2.4.4. Penataan lingkungan 2.4.5. Adat istiadat, budaya |
|
3.15
Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni 4.15
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media |
3.15.1. Senandung
bunyi-bunyian yang menyenangkan 3.15.2. Merasa
tertarik pada benda-benda yang berbunyi/berwarna 3.15.3. Senang
mengikuti irama musik 3.15.4. Tertarik
pada aktifitas seni 4.15.1. Bersenandung
sesuai syair lagu 4.15.2. Perbedaan
bunyi, warna pada benda-benda disekitar anak 4.15.3. Gerakan
senam, tari sesuai irama musik 4.15.4. Kegiatan
melukis, mewarnai gambar, mencipta bentuk dll |
§ Membuat karya sen
sesuai kreatifitasnya (misal: seni musik, visual, gerak dan tari yang
dihasilkannya dan dihasilkan orang lain) § Menghargai penampilan
karya seni orang lain (misal: dengan bertepuk tangan dan memuji) |
maaf pembaca blog yang budiman, kalau kemarin sudah ada yang membaca blog tentang referensi RPPM , itu ternyata ada kesalah pahaman, dan sudah dibenarkan. mohon maaf atas ketidaknyamanna ini.
BalasHapusTerimakasih bunda..... Sangat membantu sekali postingan dari bunda R.
BalasHapus