TERNYATA MUDAH MEMBUAT RPPM BDR MASA PANDEMI COVID 19

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN

BELAJAR DI RUMAH TAMAN KANAK-KANAK GEMBIRA

 

Semester/Bulan/Minggu : I/Juli/Minggu ke 3

Tema

: Rumahku, Tempat Bermainku

Subtema

: Halaman Rumah

Kelompok

: B (usia 5-6 Tahun)

 

 

 

KD

Materi

 

Kegiatan Main

 

 

 

 

NAM 1.2

Merawat tanaman ciptaan Tuhan

 

 

 

 

   Aku bisa menanam bunga

FM 3.3 – 4.3

Gerakan untuk mengembangkan motorik

Yuk, kelompokkan daun-daun

 

kasar dan halus

 

yang ada di halaman

 

 

 

Kog 3.6 – 4.6

Pengelompokan

   Lihat gambar bunga yang ada

 

dikebunku

 

Bilangan

 

 

Membersihkan kebun bersama

 

 

Bahasa 3.11 – 4.11

Menceritakan kembali kegiatan yang sudah

 

ayah bunda

 

dilakukan

 

 

Berapa jumlah bunga yang

Sosem 2.5

Berani mengungkapkan pendapat

mekar?

 

 

Dengarlah alat musikku!

 

 

Seni 3-15 – 4.15

Ekspresi seni music dan kriya

dll

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPPM  diatas adalah  contoh RPPM yang saya dapat waktu mengikuti webinar GTK PAUD kementrian Pendidikan dan kebudayaan

Dalam BDR ini kita tidak membuat RPPH, kita membuat RPPM  dengan 6 bidang pengembangan yang bisa kita kembangakan.  Kita membuat alternatif kegiatan yang memungkinkan orang tua bisa melaksanakan. Orang tua bisa memilih minimal satu kegiatan dari kegiatan yang kita sajikan.

Untuk pelaporan  kegiatan, orang tua minimal melaporkan satu kegiatan dalam satu minggu, boleh berupa foto anak, video, foto hasil karya, dan atau catatan perkenmbangan anak.

Apabila orang tua tidak memiliki sarana untuk melaporkan, guru bisa melakukan home visit untuk mengetahui perkembangan anak, atau orang tua boleh mengirimkan catatan tentang apa yang dilakukan anak di rumah kepada guru. ( lihat contoh Catatan/ rekaman penilaian satu semester saat pamdemi)

 

Berikut kami lampirkan beberapa contoh RPPM sederhana yang dibuat berdasar penjelasan diatas.

Selain itu kami lampirkan pula muatan materi sebagai pedoman membuat RPPM

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN MINGGUAN

BELAJAR DI RUMAH TK PKK 4 ARGOMULYO

SEMESTER/MINGGU KE                        :1/1

TEMA                                                      : DIRIKU

SUB TEMA                                              : IDENTITAS DIRI

KELOMPOK USIA                                  : 5-6 TAHUN

 

 

KD

MATERI

KEGIATAN MAIN

NAM 1.2

Menyayangi  diri sendiri

 

FM 2.1

Kebersihan diri sendiri

Mari kita mencuci tangan dengan benar

KOG 3.7:4.7

Pengenalan nama sendiri dengan lengkap

Yuk kita kenalan. Sebutkan nama panjang dan nama panggilan ya…

BAHASA 3.10,4.10

Pengenalan huruf-huruf dari namanya sendiri

Ayuk tulis nama panggilan kita pada name tag

SOSEM 2.5

Mengurus dirinya sendiri

Mari kita menyisir rambut dengan rapi

SENI 2.4

Berpakaian yang rapi dan sopan

Kalian paling suka memakai baju yang mana ya? Ayuk kita foto dengan memakai pakaian kesayangan kita.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN

BELAJAR DI RUMAH TK PKK 4 ARGOMULYO

SEMESTER/MINGGU KE                        :1/2

TEMA                                                      : DIRIKU

SUB TEMA                                              : IDENTITAS DIRI

SUB SUB TEMA                                      : ANGGOTA TUBUH

KELOMPOK USIA                                  : 5-6 TAHUN

 

KD

MATERI

KEGIATAN MAIN

NAM 1.2

Menyayangi  diri sendiri

 

FM 3.3:3.4

Menunjukkan dan ciri ciri anggota tubuh anak/orang lain

Ayuk menyanyi lagu kepala pundak lutut kaki dengan gerakannya.

KOG 3.7:4.7

Pengenalan identitas anak

Aku kenal diriku. Kita laki laki atau perempuan ya? Rambut kita lurus atau keriting?

BAHASA 3.11,4.11

Lagu anak

Yuk menyanyi lagu bangun tidur

SOSEM 2.5

Mengurus dirinya sendiri

Mari kita menyisir rambut denagn rapi

SENI 2.4

Berpakaian yang rapi dan sopan

Kalian paling suka memakai baju yang mana ya? Ayuk kita foto dengan memakai pakaian kesayangan kita.

 

 

RENCANA KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJRAN MINGGUAN

BELAJAR DI RUMAH TK PKK 4 ARGOMULYO

SEMESTER/MINGGU KE                        :1/3

TEMA                                                      : DIRIKU

SUB TEMA                                              : IDENTITAS DIRI

SUB SUB TEMA                                      : KELUARGAKU

KELOMPOK USIA                                  : 5-6 TAHUN

 

 

KD

MATERI

KEGIATAN MAIN

NAM 1.2

Menghormati orang yang lebih tua

 

FM 3.3:4.3

Koordinasi motorik halus

Mari kita menulis nama ayah

KOG 3.7:4.7

Pengenalan anggota keluarga.

Yuk kita sebut nama ayah dan ibu, adik dan kakak dengan lembut.

BAHASA 3/11:4.11

Lagu anak

Yuk  memnyanyi lagu dengan judul sayang semuanya

SOSEM 2.7

Saling hormat menghormati.

Bagaimana mengucapkan salam/Cara berpamitan kalau kita akan pergi?

SENI 3.15:4.15

Kegiatan melukis, mewarnai gambar, mencipta bentuk dll

Ayuk mewarnai gambar baju kesayangan ayah

 

 

 

MATERI / MUATAN AJAR TK-B (USIA 5-6 TAHUN) KURIKULUM 2013

 

KD/ KI

MATERI

INDIKATOR

NAM

 

1.1          Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya

1.1.1.  Alam semesta ciptaan Tuhan

1.1.2.  Benda-benda ciptaan Tuhan: batu, gunung, pasir, dst

1.1.3.  Makhluk hidup ciptaan Tuhan: binatang, manusia, tumbuhan

1.1.4.  Mensyukuri ciptaan Tuhan

1.1.5.  Menjaga dan melestarikan ciptaan Tuhan.

1.1.6.  Memanfaatkan ciptaan Tuhan

1.1.7.  Tidak menyakiti ciptaan Tuhan

 

1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

1.2.1.  Bersyukur

1.2.2.  Menyayangi diri sendiri

1.2.3.  Menyayangi sesama teman

1.2.4.  Menghormati orang yang lebih tua

1.2.5.  Menghormati orang yang lebih muda

1.2.6   Kelestarian lingkungan

1.2.7   Menghargai hasil karya diri sendiri/orang lain

 

2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

 

 

 

 

 

2.13.1.   Tidak mengambil barang yang bukan miliknya

2.13.2.   Mengakui kesalahannya

2.13.3.   Mengembalikan milik orang lain

 

3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

 

 

 

 

 

 

4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

3.1.1.  Lagu-lagu keagamaan

3.1.2.  Ibadah

3.1.3.  Pengenalan do’a

3.1.4.  Surat surat pendek

3.1.5.  Tempat tempat ibadah

3.1.6.  Kitab suci

3.1.7.  Tokoh tokoh agama

3.1.8.  Hari hari besar agama

4.1.1.  Menyanyi lagu lagu keagamaan

4.1.2.  Beribadah

4.1.3.  Hafalan doa sehari hari

4.1.4.  Hafalan surat surat pendek

4.1.5.  Pengenalan tempat tempat ibadah

4.1.6.  Pengenalan kitab suci

4.1.7.  Pengenalan tokoh agama

4.1.8.  Peringatan hari hari besar agama

§ Mengucapkan doa-doa pendek, melakukan ibadah sesuai dengan agamanya (misal : doa sebelum memulai dan selesai kegiatan)

§ Berperilaku sesuai dengan ajaran yang dianutnya (misal : tidak bohong, tidak berkelahi

§ Menyebutkan hari-hari besar agama

Menceritakan kembali tokoh-tokoh keagamaan (misal : nabi-nabi)

 

3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

3.2.1.  Berterima kasih

3.2.2.  Ucapan salam

3.2.3.  Menghormati orang yang lebih tua

3.2.4.  Menolong orang yang kesusahan

3.2.5.  Memberi dan meminta maaf

3.2.6.  Simpati terhadap teman yang sakit

3.2.7.  Berbuat baik

§ Berperilaku sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatannya secara spontan Mis: mengucapkan maaf, permisi, terimakasih.

§ Mau menolong orang tua, pendidik, dan teman.

4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

 

 

4.2.1.  Mengucapkan terima kasih

4.2.2.  Memberi dan membalas salam

4.2.3.  Bersikap sopan pada orang tua, orang yang lebih tua

4.2.4.  Membantu teman yang terkena musibah

4.2.5.  Mau memberi dan memohon maaf

4.2.6.  Menjenguk teman yang sakit

4.2.7.  Melakukan perbuatan baik terhadap semua

 

FISIK MOTORIK

 

 

2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

2.1.1.  Berolah raga

2.1.2.  Makan yang teratur

2.1.3.  Menjaga kebersihan

2.1.4.  Menjaga kesehatan

2.1.5.  Kebersihan diri sendiri

2.1.6.  Kebersihan lingkungan

 

3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

 

 

 

 

4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

3.3.1.  Anggota tubuh

3.3.2.  Panca indra

3.3.3.  Fungsi atau kegunaan anggota tubuh

3.3.4.  Gerakan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst

3.3.5.  Senam

3.3.6.  Koordinasi motorik halus

4.3.1.  Menunjukkan dan ciri ciri anggota tubuh anak/orang lain

4.3.2.  Kegunaan panca indra

4.3.3.  Guna anggota tubuh

4.3.4.  Melakukan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst

4.3.5.  Melakukan senam

4.3.6.  Mengkoordinasikan motorik halus

§ Melakukan berbagai gerakan terkoordinasi secara seimbang, terkontrol, dan  lincah

§ Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan mata, tangan, kaki kepala secara terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal : senam dan tari)

§ Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan permainan fisik dengan aturan

§ Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktifitas (misal : mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, menggunting, makan)

§  

3.4 Mengetahui cara hidup sehat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

3.4.1.  Alat-alat kebersihan

3.4.2.  Mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, menggosok gigi

3.4.3.  Membuang sampah pada tempatnya

3.4.4.  Berpakaian rapi

3.4.5.  Melindungi diri dari percobaan kekerasan seksual (teriak dan berlari).

3.4.6.  Makan yang teratur

3.4.7.  Makan makanan yang bergizi

3.4.8.  Tata cara buang air kecil dan besar

3.4.9.  Istirahat cukup

4.4.1.  Belajar/tata cara menggunakan alat-alat kebersihan

4.4.2.  Belajar mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, mengosok gigi

4.4.3.  Kerja bakti membersihakan kelas dan lingkungan sekolah

4.4.4.  Cara berpakaian yang rapi

4.4.5.  Belajar cara melindungi diri dari percobaan kekerasan seksual (teriak dan berlari).

4.4.6.  Tata cara makan yang teratur

4.4.7.  Terbiasa mengkonsumsi makanan yang bersih, sehat dan bergizi.

4.4.8.  Praktek Buang air kecil dan besar

4.4.9.  Tata cara istirahat yang cukup

 

 

§ Melakukan kegiatan hidup bersih dan sehat (misal : mandi 2 x sehari, memakai baju bersih, membuang sampah pada tempatnya)

§ Mampu melindungi diri dari percobaan kekerasan termasuk kekerasan seksual dan bullying (misal : dengan berteriak dan / atau berlari)

§ Mampu menjaga keamanan diri dari benda-benda berbahaya (misal : listrik, pisau, pembasmi serangga)

§ Terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih, sehat, dan bergizi

KOGNITIF

 

 

2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

2.2.1.  Berani mencoba hal yang baru

2.2.2.  Mengetahui sebab akibat

2.2.3.  Mengetahui apa yang terjadi jika

 

2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif

2.3.1.  Mengembangkan hasil karyanya

2.3.2.  Berkreasi menggunakan berbagai media

 

3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

 

4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif

3.5.1.  Konsep penjumlahan dan pengurangan

3.5.2.  Mencari jejak

3.5.3.  Menyusun puzel

4.5.1. Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benda

4.5.2. Mengerjakan maze (mencari jejak) menuju suatu tempat/benda

4.5.3. Menyusun kembali kepingan puzel menjadi bentuk utuh

§ Mampu memecahkan sendiri masalah sederhana yang dihadapi

§ Menyelesaikan tugas meskipun menghadapi kesulitan

3.6 Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,  fungsi, dan ciri-ciri lainnya)

 

 

 

 

4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,  fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

3.6.1.  Konsep warna primer (merah, kuning biru) dan warna skunder

3.6.2.  Bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval, kubus, kerucut, tabung

3.6.3.  Ukuran: besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar, sekarang-kemarin-besok.

3.6.4.  Pola: pola satu indikator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indikator AB-AB, ABC, ABC

3.6.5.  Sifat: cair-padat-gas

3.6.6.  Suara: sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak, tinggi-rendah, dll

3.6.7.  Konsep dan lambang bilangan

4.6.1.  Pencampuran macam-macam warna

4.6.2.  Pengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri

4.6.3.  Perbedaan benda berdasarkan kasar-halus, panjang-pendek, besar-kecil dll

4.6.4.  Penyusunan pola secara berurutan dan benar

4.6.5.  Pengenalan sifat-sifat dari benda (cair, padat, gas)

4.6.6.  Pengenalan bunyi atau suara-suara tertentu

4.6.7.  Pengenalan konsep dan lambang bilangan

§ Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan mengelompokkan berbagai benda di lingkungannya berdasarkan ukuran, pola, fungsi, sifat, suara, tekstur, dan ciri-ciri lainnya

§ Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan satu benda dengan benda yang lain

§ Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan nama benda dengan tulisan sederhana melalui berbagai aktifitas (misal : menjodohkan, menjiplak, meniru)

§ Melkukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan lima seriasi atau lebih, bentuk, ukuran, warna, atau jumlah melalui kegiatan mengurutkan benda

§ Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, berat-ringan, tinggi-rendah dengan mengukur menggunakan alat ukur tidak baku

 

3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)

 

 

 

4.7 Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)

3.7.1.  Nama / identitas anak

3.7.2.  Anggota keluarga

3.7.3.  Tempat ibadah

3.7.4.  Alat transportasi

3.7.5.  Budaya sekitar lingkungan anak

3.7.6.  Cerita

3.7.7.  Gerak dan lagu

4.7.1.  Pengenalan identitas anak

4.7.2.  Pengenalan anggota keluarga.

4.7.3.  Pengenalan tempat-tempat ibadah

4.7.4.  Macam-macam kendaraan (laut, darat, udara)

4.7.5.  Menari sesuai irama musik

4.7.6.  Bercerita

4.7.7.  Praktek gerak lagu

§ Menyebutkan nama anggota keluarga dan teman serta ciri-ciri khusus mereka secara lebih rinci (warna kulit, warna rambut, jenis rambut dll)

§ Menjelaskan lingkungan sekitarnya secara sederhana

§ Menyebutkan arah ke tempat yang sering dikunjungi dan alat transportasi yang digunakan

§ Menyebutkan peran-peran dan pekerjaan termasuk didalamnya perlengkapan / astribut dan tugas-tugas yang dilakukan dalam pekerjaan tersebut

Membuat dan mengikuti aturan

3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.8 Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

3.8.1.  Macam-macam tanaman

3.8.2.  Binatang yang hidup di air, udara & darat

3.8.3.  Binatang piaraan

3.8.4.  Cuaca: siang, malam, panas, hujan

3.8.5.  Daerah pedesaan, perkotaan, pegunungan pesisir dll

3.8.6.  Bertanya dengan kata "apa", "siapa", "dimana", "bagaimana", "mengapa".

3.8.7.  Perkembangbiakan makluk hidup

3.8.8.  Proses kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat teh dimulai dari menyediakan air panas, teh, gula, dan gelas.

 

4.8.1.   Memelihara tanaman

4.8.2.  Gerakan binatang, bercerita tentang binatang,

4.8.3.  Pemeliharaan binatang piaraan.

4.8.4.  Proses terjadinya gejala alam

4.8.5.  Belajar suasana pedesaan, perkotaan, pegunungan

4.8.6.  Menggunakan kata "apa", "siapa", "dimana", "bagaimana", "mengapa".

4.8.7.  Perkembangbiakan makluk hidup

4.8.8.  Praktek kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat teh dimulai dari menyediakan air panas, teh, gula, dan gelas.

 

 

3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)

 

 

 

 

 

 

4.9 Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya

3.9.1.  Alat- alat rumah tangga.

3.9.2.  Alat untuk bekerja (alat tukang kayu, alat dokter, alat polisi dll)

3.9.3.  Alat-alat permainan di sekolah

3.9.4.  Alat-alat untuk sekolah

3.9.5.  Alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta api-kereta apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll).

4.9.1.  Pengenalan peralatan rumah tangga

4.9.2.  Bermain peran sebagai tukang kayu, dokter, polisi dll

4.9.3.  Mengembalikan alat-alat permainan setelah digunakan di sekolah

4.9.4.  Mengelompokkan alat-alat untuk sekolah

4.9.5.  Membuat alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta api-kereta apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll).

§ Melakukan kegiatan dengan menggunakan alat tehnologi sederhana sesuai fungsinya secara aman dan bertanggung jawab

§ Membuat alat-alat tehnologi sederhana (misal : baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta-kereta apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll)

§ Melakukan proses kerja sesuai dengan prosedurnya (mmisal : membuat teh dimulai dari menyediakan air panas, teh, gula, dan gelas)

 

BAHASA

 

 

2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah diri dan santun kepada orang tua, pendidik dan teman

2.14.1.   Mengucapkan terimakasih bila mendapatkan sesuatu

2.14.2.   Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang tua, dan orang yang lebih tua

2.14.3.   Berbicara sopan

2.14.4.   Memberi dan membalas salam

2.14.5.   Saling memaafkan

 

3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)

 

 

 

 

 

 

 

 

4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

3.10.1   Percakapan

3.10.2   Menirukan 3-4 urutan kata

3.10.3   Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan

3.10.4 Suku kata awal sama/suku kata akhir sama

3.10.5 Identitas diri dengan lengkap (nama lengkap, nama panggilan, alamat dll)

4.10.1.  Percakapan dua arah atau lebih

4.10.2. Menyusun 3-4 urutan kata dengan benar

4.10.3. Membaca buku cerita sederhana

4.10.4.  Belajar tentang suku kata awal sama/suku kata akhir sama

4.10.5 . Pengenala nama sendiri dengan lengkap

§ Menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosa kata yang lebih

§ Melaksanakan perintah yang lebih kompleks sesuai dengan aturan yang disampaikan (misal : aturan untuk melakukan kegiatan memasak ikan) 

3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

3.11.1.  Ekpresi wajah (senang, marah, sedih)

3.11.2.  Pantomim

3.11.3.  Lagu anak-anak

3.11.4.  Syair

3.11.5.  Tanya jawab tentang keterangan /informasi

3.11.6.  Mengulang kalimat yang sudah didengar

3.11.7.  Macam bunyi/suara (teriakan, tertawa, menangis, pintu dibuka dll)

4.11.1.  Pengenalan berbagai ekspresi (senang, marah, sedih dll)

4.11.2.  Berpantomim

4.11.3.  Mengekspresikakan berbagai gerakan sesuai irama lagu

4.11.4.  Membuat sajak sederhana

4.11.5.  Bercerita tentang pengalaman anak

4.11.6.  Melengkapi kalimat yang sudah dimulai guru

4.11.7.  Menirukan berbagai bunyi yang didengar (teriakan, menangis, tertawa dl)

 

 

§ Mengungkapkan keinginan, perasaan, dan pendapat, dengan kalimat sederhana dalam berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa

§ Menunjukkan perilaku senang membaca buku terhadap buku-buku yang dikenali

§ Mengungkapkan perasaan, ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika berkomunikasi

§ Menceritakan kembali isi cerita secara sederhana

3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain

 

 

4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

3.12.1.  Huruf vokal dan konsonan

3.12.2.  Huruf awal sama

3.12.3.  Gambar cerita

3.12.4.  Menggerakkan jari-jari tangan

4.12.1.  Pengenalan huruf-huruf dari namanya sendiri

4.12.2.  Pengenalan kata-kata yang mempunyai huruf awal sama

4.12.3.  Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya (tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya)

4.12.4.  Membuat garis tegak, datar, zig-zag, lengkung dll

§ Menunjukkan bentuk-bentuk (pra menulis)

§ Membuat gamabr dengan beberapa coretan / tulisan yang sudah berbentuk huruf / kata

§ Menulis huruf-huruf dari namanya sendiri

§ Menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya

§ Menyebutkan jumlah benda dengan cara menghitung

 

SENI

 

 

2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis

2.4.1.  Bergerak sesuai dengan irama musik

2.4.2.  Menirukan gerakan sederhana

2.4.3.  Berpakaian yang rapi dan sopan

2.4.4.  Penataan lingkungan

2.4.5.  Adat istiadat, budaya

 

3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

 

 

 

 

 

4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

3.15.1.  Senandung bunyi-bunyian yang menyenangkan

3.15.2.  Merasa tertarik pada benda-benda yang berbunyi/berwarna

3.15.3.  Senang mengikuti irama musik

3.15.4.  Tertarik pada aktifitas seni

 

4.15.1.  Bersenandung sesuai syair lagu

4.15.2.  Perbedaan bunyi, warna pada benda-benda disekitar anak

4.15.3.  Gerakan senam, tari sesuai irama musik

4.15.4.  Kegiatan melukis, mewarnai gambar, mencipta bentuk dll

§ Membuat karya sen sesuai kreatifitasnya (misal: seni musik, visual, gerak dan tari yang dihasilkannya dan dihasilkan orang lain)

§ Menghargai penampilan karya seni orang lain (misal: dengan bertepuk tangan dan memuji)

 

 


Komentar

  1. maaf pembaca blog yang budiman, kalau kemarin sudah ada yang membaca blog tentang referensi RPPM , itu ternyata ada kesalah pahaman, dan sudah dibenarkan. mohon maaf atas ketidaknyamanna ini.

    BalasHapus
  2. Terimakasih bunda..... Sangat membantu sekali postingan dari bunda R.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP