BUKU PANDUAN PENILAIAN KINERJA





BUKU PENILAIAN KINERJA
 PENDIDIKDAN TENAGA KEPENDIDIKAN
TK ..........................
TAHUN





















NamaSekolah             :
Status Sekolah                        :
Kelurahan / Desa       :
Kecamatan                 :
Kabupaten/Kota        :
Provinsi                      :









Alamat: .................................



PENILAIAN KINERJA GURU / PENDIDIK TK
DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama guru                   : _______________________________________________________
Namalembaga              : _______________________________________________________
Tema                           : _______________________________________________________
Sub Tema                    : _______________________________________________________

PETUNJUK PENILAIAN
BerilahnilaipadakolomPenilaiandengancaramembubuhkantanda √ padasalahsatujawaban yang telahdisediakansesuaidengankinerjapegawai yang Saudaranilaidenganketentuansebagaiberikut:
KRITERIA PENILAIAN
KETERANGAN
SB
SangatBaik
B
Baik
CB
CukupBaik
KB
KurangBaik
SK
SangatKurang

LEMBAR PENILAIAN PENDIDIK / GURU TK
NO
PENAMPILAN GURU
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
1
KemampuanMembukaPelajaran
a.         MenarikPerhatiansiswa





b.        Memberikanmotivasiawal





c.         Memberikanapersepsi (kaitanmateri yang sebelumnyadenganmateri yang akandisampaikan)





d.        Menyampaikantujuanpembelajaran yang akandiberikan





e.         Memberikanacuanbahanbelajar yang akandiberikan





2
Sikap Guru dalam Proses Pembelajaran
a.    Kejelasanartikulasisuara





b.    VariasiGerakanbadantidakmenggangguperhatiansiswa






c.    Antusiasdalampenampilan





d.    Mobilitasposisimengajar






3
PenguasaanBahanBelajar

a.    Bahanbelajardisajikan per kelompok






b.    Kejelasandalammenjelaskanbahanbelajar





c.    Kejelasandalammemberikancontoh





d.    Memilikiwawasan yang luasdalammenyampaikanbahanbelajar





e.    Bahanbelajarsesuaidengantema





4
KegiatanBelajarMengajar (Proses Pembelajaran)
a. Kesesuaianmetodedenganbahanbelajar yang disampaikan





b. Penyajianbahanbelajarsesuaidenganindikator yang telahditetapkan





c. Memilikiketerampilandalammenanggapidanmeresponpertanyaansiswa.





d. Ketepatandalampenggunaanalokasiwaktu yang disediakan (pembukaan 30” inti 60” istirahat 30” penutup 30”)





e. Menyediakansudutpengaman/belajarbagisiswa yang cepatmenyelesaiakantugas





5
KemampuanMenggunakan Media Pembelajaran

a.    Memperhatikanprinsip-prinsippenggunaan media






b.    Ketepatan/kesesuaianpenggunaan media denganmateri yang disampaikan





c.    Memilikiketerampilandalampenggunaan media pembelajaran






d.    Membantumeningkatkanperhatiansiswadalamkegiatanpembelajaran





6
EvaluasiPembelajaran
a.  Penilaianrelevandengantujuan yang telahditetapkan





b. Menggunakanbentukdanjenisragampenilaian





c.  Penilaian yang diberikansesuaidengan RKH





7
KemampuanMenutupKegiatanPembelajaran:

a. Meninjaukembalimateri yang telahdiberikan





b. Memberikesempatanuntukbertanyadanmenjawabpertanyaan





c. Memberikankesimpulankegiatanpembelajaran





8
TindakLanjut

a.         Menginformasikanmateri/bahanbelajar yang akandipelajaribesuk






b.         Memberikanmotivasiuntukselaluterusbelajar






KESIMPULAN PENILAIAN
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

SARAN YANG DIBERIKAN

...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                    Sedayu, .............................
Penilai/ Observer




 





LEMBAR PENILAIAN
TENAGA KEPENDIDIKAN

DIMENSI PRESTASI KERJA
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
1.
Kesungguhandalammelaksanakantugaspokokrutin





2.
Kesungguhandalammelaksanakantugaskhususatautugastambahan





3.
Kemampuandalammelaksanakantugasdenganhasilkerja yang jauhmelebihidarihasilkerja rata-rata yang ditentukan, baikdalamartimutumaupunjumlah





4.
Kemampuandalammemanfaatkanfasilitas yang tersediadalammelaksanakantugasuntukmenghasilkansesuatu yang maksimal (efektifdanefisien)







DIMENSI KETAATAN DAN KEDISIPLINAN
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
5.
Ketaatanterhadapperaturanperundang-undangan yang berlaku





6.
Ketaatandalammenjalankanperintahkedinasan





7.
Memanfaatkanbarang-barangmilikTK PKK 4 Argomulyosecarabertanggungjawab





8.
Ketaatandalammenjalankanperintahdariatasan





9.
Ketaatandalammengikutiaktivitaskedinasan (upacara)





10.
Kedisiplinandalammematuhiketentuan jam kerja





11.
Kedisiplinandalammenghadirirapat











DIMENSI KEJUJURAN
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
12.
Kesesuaianantaraucapandenganperbuatan





13.
KemampuanmenggunakanwewenangsesuaiTugasPokokdanFungsi (Tupoksi)





14.
Kejujurandalammelaporkanhasilkerjakepadaatasansesuaidengankeadaan yang sebenarnya.







DIMENSI TANGGUNG JAWAB
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
15.
Kemampuanmenyelesaikanpekerjaan yang dibebankan





16.
Kemampuandalammenjalankantugas yang diinstruksikanpimpinan





17.
Tanggungjawabterhadapkepentingandinas






KESIMPULAN PENILAIAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


SARAN YANG DIBERIKAN

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

..................... ..............................
Penilai,



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOP PENUTUP

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KEPULANGAN PAUD/TK