CONTOH PEDOMAN PENILAIAN LEMBAGA PAUD DARI SAMPUL SAMPAI DAFTAR PUSTAKA
PANDUAN
PENILAIAN TK.........................................
Alamat............................................................
YOGYAKARTA
TAHUN
.........................
LEMBAR PENETAPAN
PEDOMEN
PENILAIAN
Nama
Lembaga : TK ..............................
Alamat :
Kecamatan :
Kabupaten :
Provinsi : DIY
Telah diteliti dan di sahkan penggunaanya :
Tanggal 9
bulan Juni
Tahun 2016, dan dinyatakan berlaku mulai
tahun pelajaran 2016
/ 2017
di TK ...................................Yogyakarta.
Bantul,..........................
Kepala
Sekolah
...........................................
KATA
PENGANTAR
Dalam rangka menangggapi program pemerintah tentang pelaksanaanKurikulum 2013 di Tingkat satuan Pendidikan PAUD, serta adanya niat lembag auntuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam kegiatan pembelajaran di .....................,maka berdasarkan hasil rapat dewan,pengurus sekolah sertaorang tua wali murid memutuskan mulai tahun pembelajaran 2016/2017 , Taman Kanak - Kanak................... mulai menggunakanKurikulum2013,
meskipun kami dari pihaklembaga serta pihak
yang terkait menyadari bahwa dalam pelaksanaannya kami belum
bisa sempurna dan masih perlu pembenahan.
Terkait dengan hal diatas maka kami menetapkan pedoman penilaian perkembangan anaksesuai yang tertera dalam Peraturan Menteri Pendidikandan KebudayaanNomor 137 tahun 2014 serta Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomer 146 tahun 2014..disini kami juga mengucapkan terimakasih kepada:
1. Ibu pengawas TK ..........................
2. Ketua beserta pengurus ..........................
3. Ketua beserta pengurus Dewan sekolah
4.
Orangtua/wali murid besertasemuapihakterkait,
yang telah membantu
kami.
Akhir
kata kami berharap semua kerjasama yang terjalin ini akan berkesinambungan
.................................................
KepalaSekolah
............................................
DAFTAR ISI
BABI PENDAHULAUAN
BAB II MEKANISME ATAU PROSEDUR PENILAIAN
BABIII SISTEMATIKA PENILAIAN DI ...............................
BAB IV PELAPORAN
BAB V PENUTUP
PEDOMAN
PENILAIAN
BAB I
PENDAHULUAN
Penilaian
merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur capaian kegiatan belajar
anak. Penilaian hasil kegiatan belajar oleh pendidik dilakukan untuk memantau
proses dan kemajuan belajar anak secara berkesinambungan. Berdasarkan penilaian
tersebut, pendidik dan orang tua anak dapat memperoleh informasi tentang
capaian perkembangan untuk menggambarkan sikap, pengetahuan dan keersama trampilan
yang dimiliki anak setelah melakukan kegiatan belajar.
Dalam keseharian guru bekerja bersama
anak. Selain anak memfasilitasi anak, guru juga melakukan pengamatan, guru
mengamati hal-hal apa saja yang anak-anak tahu, apa saja yang anak-anak bisa
dan apa saja yang menjadi kebiasaan anak.
Harapanyan,
bahwa setelah guru mengetahui tiga hal tersebut, guru dapat merancang program
pengembangan pembelajaran sesuai dengan minat, kekuatan, dan kebutuhan anak.
Program pengembangan pembelajaran yang di susun dan di rencanakan sesuai dengan
prinsip-prinsip perkembangan anak akan menstimulasi potensi anak menjadi anak
yang kompeten, anak yang semakin tahu, semakin bisa dan semakin memiliki kebiasaan yang baik
Penilaian
pada pendidikan anak usia dini bersifat proses sehingga tidak hanya
dilaksanakan satu atau dua kali pada waktu tertentu saja, tetapi secara
berkesinambungan dan terus-menerus. Penilaian pada pendidikan anak usia dini
dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat
anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya. Hal penting yang harus
dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk
dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang
di capai anak.
Penilaian
perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena
banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa
terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak. Keseriusan,
ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa
dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan
bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan
kepada orang tua sebagai laporan untukditindaklanjuti bersama, baik di satuan PAUD maupun
pengasuhan di rumah.
Mengingat
pentingnya penilaian di PAUD, maka disusun pedoman pelaksanaan penilaiadan
pelaporan yang memuat tujuan penilaian, proses penilaian, dan pelaporan hasil
penilaian.
Pedoman penilaian hasil belajar ini diperuntukkan
sebagai :
1. Pendidik
anak usia dini 4-6 tahun sebagai acuan dalam melaksanakan penilaian proses dan
hasil belajar;
2. Pendidikan
anak usia lahir-4 tahun sebagai referensi yang di pertimbangkan
dalammelaksanakan penilaian stimulasi tumbuh kembang anak:
3. Kepala/
pengelola satuan PAUD sebagai acuan dalam merancang dan memantau pelaksanaan
penilaian proses dan hasil belajar
4.
Membantu
guru PAUD untuk memahami konsep penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum
2013
5.
Meningkatkan kemampuan guru PAUD dalam
merencanakan dan melaksanakan penilaian serta menyusun laporan hasil penilaian
pembelajaran berdasarkan kurikulum PAUD 2013
Manfaat penilaian
1.
Manfaat bagi anak-anak:
a.
Memelihara pertumbuhan anak lebih sehat dan konsisten.
b. Perkembangan
anak menjadi lebih optimal.
c. Anak
mendapatkan stimulasi sesuai dengan minat dan perkembangannya.
d. Anak
mendapatkan dukungan yang lebih sesuai dengan kebutuhan perkembangannya.
2. Manfaat bagi
orang tua/keluarga:
a. Orang tua memperoleh informasi tentang pertumbuhan,
perkembangan dan minat anak di satuan PAUD.
b. Memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi yang
sesuai dan berkelanjutan di rumah.
c. Membuat
keputusan bersama antara orang tua dengan pihak satuan PAUD dalam memberikan
dukungan dan memenuhi kebutuhan anak.
3. Manfaat bagi
guru :
a. Mengetahui
perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.
b. Mendapatkan informasi awal tentang hambatan atau gangguan
dalam tumbuh-kembang anak.
c. Mengetahui kesesuaian stimulasi dalam layanan dengan
kebutuhan perkembangan anak.
d. Dapat
memberikan dukungan yang tepat kepada anak.
e. Memiliki data
dan informasi tentang perkembangan anak untuk pembuatan rencana pembelajaran selanjutnya
Penilaian proses dan hasil belajar anak
di...................................berdasarkan pada prinsip-prinsip sebagai
berikut
1. Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat
dijadikan dasar untuk memotivasi, mengembangkan, dan membina anak agar tumbuh
dan berkembang secara optimal.
2. Berkesinambungan
Penilaian di lakukan secara terencana,
bertahap, dan terus menerus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang
pertumbuhan dan perkembangan anak
3. Objektif
Penilaian di dasarkan pada prosedur dan
kriteria yang jelas, tidak di pengaruhi subjektivitas penilaian.
4. Akuntabel
Penilaian di laksanakan sesuai dengan
prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat di pertanggung jawabkan
5. Transparan
Penilaian di sesuaikan dengan prosedur
dan hasil penilaian dapat di akses oleh orang tua dan semua pemangku
kepentingan yang relevan
6. Sistematis
Penilaian di lakukan secara teratur dan
terprogram sesuai dengan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan
menggunakan berbagai intrumen
7. Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek
pertumbuhan dan perkembangan anak baik sikap, pengetahuan maupun ketrampilan.
8. Bermakna
Hasil penilaian memberikan informasi
yang bermanfaat bagi anak, orang tua, pendidik, dan pihak lain yang relevan.
Program
Pengembangan t(1) nilai agama dan moral, (2) fisik motorik, (3) kognitif, (4)
sosial emosional, (5) bahasa, dan (6) seni. Program pengembangan mencakup semua
kompetensi dasar yang berjumlah 46, dan untuk mengukur capaian perkembangan
tersebut menggunakan indikator perkembangan per kelompok usia.
BAB II
MEKANISME
ATAU PROSEDUR PENILAIAN
1. Penilaian
proses dan hasil kegiatan belajar di..............................dilaksakan
oleh pendidik.
2. Teknik
penilaian
Teknik dan intrumen yang di gunakan
untuk penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan adalah sebagai
berikut :
a. Pengamatan
atau observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan selama kegiatan
pembelajaran baiksecara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan
lembar observasi, catatan menyeluruh atau jurnal, dan rubrik
b. Percakapan
merupakan teknik penilaian yang dapat digunakan baik pada saat kegiatan
terpimpin maupu bebas
c. Penugasan
merupanan teknik penilaian berupa pemberian tugas yang akan dikerjakan anak
dalam waktu tertentu baik secara individu maupun kelompok serta secara mandiri
maupun di dampingi
d. Unjuk
kerja merupakan teknik penilaian yang melibatkan anak dalam bentuk pelaksanaan
suatu aktitas yang dapat diamati.
e. Penilaian
hasil karya merupakan teknik penilaian dengan melihat produk yang dihasilkan oleh
anak setelah melakukan suatu kegiatan
f. Pencatatan
anekdot merupakan teknik penilaianyang dilakukan dengan mencatat sikap dan
perilaku khusus pada anak ketika suatu peristiwa terjadi secara
tiba-tiba/insidental baik positip maupun negatif.
g. Portopolio
merupakan kumpulan atau rekam jejak berbagai hasil kegiatan anak secara
berkesinambungnan atau catatan pendidik tentang berbagai aspek pertumbuhan dan
perkembangan anak sebagai salah satu bahan untuk menilai kompetensi sikap,
pengetahuan, dan ketrampilan.
Penilaian
mencakup seluruh program pengembangan yaitu terdiri dari: (1)
nilai agama dan moral, (2) fisik motorik, (3) kognitif, (4) sosial emosional,
(5) bahasa, dan (6) seni. Program pengembangan mencakup semua kompetensi dasar
yang berjumlah 46, dan untuk mengukur capaian perkembangan tersebut menggunakan
indikator perkembangan per kelompok usia. perkembangan yang digunakan dalam
penilaian merupakan penggabungan dari indikator perkembangan yang di
Permendikbud 137/2014 dengan Permendikbud 146/ 2014.
3. Waktu
penilaian
Penilaian dilakukan mulai dari anak
datang di satuan....................., selama proses pembelajaran, saat
istirahat, sampai pulang. Hasil penilaian dapat dirangkum dalam ukuran waktu harian,
mingguan atau bulanan.
4. Pengolahan
penilain
a. Penilaian
proses dan hasil belajar anak dimasukkan kedalam format yang disusun oleh
pendidik setiap selesai melakukan kegiatan
b. Catatan
penilaian proses dan hasil belajar perkembangan anak dimasukkan kedalam format
rangkuman penilaian mingguan atau bulanan untuk di buat kesimpulan sebagai
dasar laporan perkembangan anak kepada orang tua.
5. Pelaporan
Pencapaian Hasil Perkembangan dan Pertumbuhan Anak
a. Pelaporan
adalah kegiatan mengkomonikasikan hasil penilaian tentang tingkat pencapaian
perkembangan anak baik secara psikis maupun fisik yang dilakukan secara berkala
oleh pendidik. Apabila terdapat pertumbuhan dan perkembangan yang tidak biasa
pendidik dapat berkonsultasi ke ahli yang relevan.
b. Bentuk
pelaporan berupa diskripsi pertumbuhan fisik dan perkembangan dan perkembangan
kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan anak yang dilaporkan kepada
orang tua yang dilengkapi dengan hasil karya anak
c. Teknik
pelaporan dilakukan dengan cara bertatap muka denga orang tua untuk menjelaskan
hasil penilaian anak.
d. Pelaporan
secara tertulis di berikan kepada orang tua minimal sekali untuk setiap 6 bulan,
sedangkan pelaoran secara lesan dapat ddi berikan sesuai kebutuhan Penilaian proses dan hasil belajar
pada anak lahir – 6
tahun dapat dilakukan secara lebih fleksibel dalam hal lingkup yang di nilai,
teknik dan instrumen, waktu pengolahan,
dan pelaporan penilaian.
BAB III
SISTEMATIKAPENILAIAN DI TK................................
1. Penilaian harian
Penilaian harian
merupakan proses pengumpulan data dengan menggunakan instrumen format penilaian
harian yang tercantum dalam RPPH, catatan anekdot, dan hasil karya anak.
Instrumen format penilaian harian dan catatan anekdot diisi dari hasil
pengamatan guru di saat anak bermain atau melakukan kegiatan rutin harian.
Hasil karya anak sebagai dokumen yang didapat guru setelah anak melakukan
kegiatan. Hasil karya anak hendaknya jelas tertulis tanggal pembuatan dan
gagasan anak tentang karya tersebut ditulis oleh guru berdasarkan cerita yang
diungkapkan anak.
2. Penilaian bulanan
Penilaian bulanan berisi hasil
pengolahan rekapitulasi data penilaian harian checklist (V), catatan anekdot,
dan hasil karya anak selama satu bulan. Hasil pengolahan data diisikan ke dalam
format penilaian.
3. Penilaian semester
Penilaian semester merupakan
hasil pengolahan rekapitulasi data penilaian bulanan y ang dicapai selama 6 bulan. Penilaian semester digunakan
sebagai dasar untuk membuat laporan perkembangan anak yang akan disampaikan
kepada orang tua anak.
4. Pelaporan
Laporan semester berisi hasil
pengolahan data tentang perkembangan anak yang dikumpulkan selama enam bulan
atau satu semester. Pelaporan ditujukan kepada:
1. Orang
tua anak sebagai pertanggungjawaban layanan yang telah diikuti oleh anak.
2.
Satuan PAUD sebagai dokumen hasil pelaksanaan pembelajaran dan sebagai dasar
untuk perbaikan maupun pengembangan layanan yang lebih baik.
3. Dinas Pendidikan sebagai
institusi Pembina PAUD di wilayahnya
3. Kolom pencapaian
perkembangan diisi dengan kategori 1 (BB), 2 (MB), 3 (BSH), dan 4 (BSB).
a. 1 (BB) artinya Belum Berkembang: bila anak
melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
b. 2 (MB) artinya Mulai Berkembang: bila anak
melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
c. 3 (BSH) artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila
anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus
diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
d. 4 (BSB) artinya
Berkembang Sangat Baik: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan
sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator
yang diharapkan.
Penyekoran atau teknik
penilaian yang dilakukan di ....................................Adalah sebagai
berikut :
1. Penilaian
Harian / Ceklist
2. Catatan
Observasi
3. Catatan
Anekdot
4. Catatan
Hasil karya
BAB IV
PELAPORAN
Pelaporan
merupakan kegiatan mengomunikasikan dan menjelaskan hasil penilaian tentang
perkembangan anak setelah mengikuti layanan/kegiatan pembelajaran di satuan
PAUD.
Pelaporan
adalah kegiatan mengomunikasikan hasil penilaian tentang tingkat pencapaian
perkembangan. Pelaporan berupa deskripsi pertumbuhan fisik dan perkembangan
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.
Laporan perkembangan
anak didik dibuat secara tertulis oleh guru. Penyampaian laporan dilakukan
secara tatap muka sehingga dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal
balik antara pihak lembaga dengan orang tua. Dalam pelaksanaan kegiatan ini
hendaknya kerahasiaan data atau informasi dijaga, artinya bahwa data atau
informasi tentang anak didik hanya diinformasikan dan dibicarakan dengan orang
tua anak didik yang bersangkutan atau tenaga ahli dalam rangka bimbingan
selanjutnya.
Para
orang tua ingin tahu tentang kondisi perkembangan anaknya tetapi juga memiliki
keterbatasan waktu, karena itu saat bertemu lebih difokuskan pada hal-hal
berikut:
Keadaan anak waktu
belajar secara fisik, sosial, dan emosional.
Partisipasi anak dalam
mengikuti kegiatan di lembaga PAUD.
Kemampuan/kompetensi yang sudah
dan belum dikuasai anak.
Hal-hal yang harus
dilakukan orang tua untuk membantu dan mengembangkan anak lebih lanjut.
Pelaporan
berkala disesuaikan dengan jadwal kalender akademik yang ditetapkan .......................
Pelaporan secara insidental
disampaikan apabila ada hal-hal yang terkait dengan perkembangan anak yang
dianggap penting untuk segera dibicarakan bersama dengan orang tua. Laporan
insidental dapat disampaikan secara lisan atau dicatat dalam buku penghubung.
PIHAK
YANG TERLIBAT
Pihak
– pihak yang terlibat dalam penilaian antara lain
1.
Pendidik
2.
Kepala
pengelola TPA Aisyiyah Argomulyo
3.
Pihak
lain yang relevan
BAB V
PENUTUP
Kemampuan
belajar anak di lembaga pendidikan, khususnya di lembaga TK ...................... perlu ketahui dengan
seksama melalui penilaian yang efektif. Penilaian yang efektif adalah penilaian
yang berlangsung terus-menerus dan dilakukan secara komprehensif. Hal ini
sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis dan terus mengalami
proses. Untuk selanjutnya hasil dari penilaian menjadi rujukan dalam melakukan
perencanaan pembelajaran selanjutnya. Dengan demikian pembelajaran menjadi
suatu siklus antara penilaian, perencanaan, dan pelaksanaan yang berlangsung
secara terus-menerus.
Guru yang memahami
perkembangan anak menjadi syarat mutlak agar pendidik dapat melakukan penilaian
dengan baik. Kerjasama antar guru serta orangtua akan memberikan gambaran yang
utuh terhadap anak dalam pengumpulan berbagai bukti tentang perkembangan anak.
Anak
yang berkembang secara optimal akan menjadi anak yang berpotensi untuk menjadi
anak yang matang dalam setiap tahap dan aspek perkembangannya. Dengan demikian
diharapkan bahwa anak dapat memasuki tingkat pendidikan selanjutnya sesuai
dengan kematangan usia dan kemampuannya, menjadi anak yang kompeten dan
berkepribadian.
DAFTAR PUSTAKA
Buku pedman
penilaian dirjen Paud
Peraturan
menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomer 137 tahun 2014
Peraturan
menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomer 146 tahun 2014
Komentar
Posting Komentar