EVALUASI DAN GLOSARIUM MODUL GURU PEMBELAJAR TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK KOMPETENSI B

EVALUASI

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D yang mewakili jawaban yang paling benar!

Salah satu prinsip pengelolaan lingkungan belajar dan bermain di TK adalah ....

A.keseimbangan area

B. mahal

C. kesehatan dan keamanan

D. tingkat perkembangan anak

Pengelolaan lingkungan belajar dan bermain di TK harus sedemikian rupa, sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan ….

A. cermat

B. hemat

C. stabil

D. efisien

Area yang memungkinkan anak melakukan percobaan eksplorasi dan kreativitas adalah ….

A. ayunan

B. seni

 C.agama

D; perpustakaan

Batas minimal yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran area adalah ….

A. 2 area

B. 3 area

C. 4 area

D. 5 area

Pijakan pengalaman sebelum bermain pada pendekatan sentra termasuk ke dalam kegiatan ....

A. transisi

B. pembukaan

C. kegiatan sebelum masuk kelas

inti


D. Salah satu proses pendekatan scientific yang baik adalah ….

A. Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi,memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran

Penjelasan guru cenderung menggunakan pendekatan tradisional

Berbasis pada konsep, tanpa landasan teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan

Menerapkan langkah 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikan pada setiap pembelajaran

A. Penekanan kata ”berbuat” dalam proses belajar anak usia dini maksudnya adalah ….

B. anak akan lebih mudah belajar dengan melakukan sesuatu yang diminta pendidik

C. pemberian tugas dan praktek langsung sama pentingnya

D. anak akan lebih mudah mempelajari sesuatu dengan aktivitas yang mengarahkan anak untuk belajar menurut pengalamnnya sendiri

anak perlu mendengarkan ceramah sebelum melakukan sesuatu

(1) Membutuhkan waktu yang cukup lama

  Memerlukan ketajaman dalam menangkap inti pembicaraan

  Dalam  prakteknya,  percakapan akan  selalu  didominasi oleh beberapa

orang saja.

Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….

A. bercakap-cakap

B. pemberian tugas

C. demonstrasi

D. bermain peran

Anak belajar tentang bentuk segi tiga melalui potongan kertas yang disiapkan guru, kemudian guru mengajak siswa untuk menemukan benda-benda yang ada di sekitarnya yang berbentuk segitiga. Kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan penerapan proses saintifik yang tepat adalah ….

A. mengamati

B. mengasosiasi

C. mengumpulkan informasi

D. mengkomunikasikan

(1) Dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar, karena anak sangat senang dengan cerita-cerita;

  Sangat  sesuai  untuk  pendidikan  afektif  (nilai),  sebab  metode  ini  dapat

menyampaikan nilai-nilai kebaikan kepada anak melalui contoh-contoh dalam cerita sehingga mendorong anak melakukan kebaikan tersebut, sekaligus menghindari perbuatan buruk yang digambarkan dalam cerita guru;

(3) Tidak membutuhkan banyak alat dan media pembelajaran.

Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….

A. bercerita

B. pemberian tugas

C. demonstrasi

D. bermain peran

Mencoba, mendiskusikan, membaca buku, menanya, dan menyimpulkan hasil dari berbagai sumber, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan pendekatan saintifik adalah….

A. menanya

B. mengkomunikasikan

C. mengasosiasi

D. megumpulkan informasi

Salah satu model dalam pendidikan anak usia dini yang mengedepankan konsep bermain bagi anak, merupakan pengertian model pembelajaran ….

A. sentra

B. area

C. kelompok

D. sudut

. (1) Menyalurkan aspirasi anak-anak kedalam kegiatan yang menyenangkan

(2) Mendorong aktivitas, inisiatif, dan kreatif sehingga mereka berpartisipasi dalam kegiatan bersama lain

(3) Perhatian anak dapat lebih terpusatkan

(4) Mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi sekiranya anak hendak mencoba sendiri

Dari ke empat pernyataan di atas yang merupakan manfaat metode sosio-drama adalah ….

(1) dan (2)

(2) dan (3)

(3) dan (4)

(4) dan (1)

Manakah yang termasuk ke dalam tahapan perkembangan agama dan moral anak

usia 4 - 6 tahun yang sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan

anak?....

A. mengetahui situasi yang membahayakan diri

B. menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk

C. mengenal perilaku baik, sopan dan buruk

D. mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu

Setelah Anda membacakan cerita "Mentimun Mas", salah seorang anak diminta untuk menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah di dengarnya. Kegiatan yang Anda lakukan termasuk penerapan salah satu contoh dari lingkup ....

A. berpikir simbolik

B. keaksaraan

D. menyimak

C. berpikir logis

Kegiatan yang efektif untuk menstimulasi motorik halus anak usia 4 -6 tahun adalah
menjiplak bentuk, membuat coretan bebas dan menyobek kertas

A. menjiplak bentuk, meronce dan mewarnai

B. membuat coretan bebas, menyobek kertas dan mewarnai

C. meronce, mewarnai dan membuat coretan

Untuk mengembangkan tema gunung berapi, anak-anak dapat melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah

A.kertas koran, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sabun cuci, dan pewarna

B. pastisin, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sagu sabun cuci, tempat bermain air, cuka makan, dan tanah liat.

C. sagu aren, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, tanah liat, kapas cuka makan, sabun cuci, dan pewarna.

D. tanah, pasir, soda kue, ampas kelapa, tepung kanji, kapas, tempat bermain air, dan pewarna.

Anda menjelaskan tentang perkembangbiakkan tumbuhan dengan menggunakan alat peraga gambar yang dipampang de depan kelas, kemudian anak di suruh melihat gambar dengan teliti. Setelah melihat gambar dan mendengarkan penjelasan guru tentang perkembangbiakkan tumbuhan, kemudian anak didorong untuk bertanya, baik tentang objek yang telah dilihat maupun hal-hal lain yang ingin

diketahui. Dari pernyataan di atas, komponen pendekatan santifik yang telah

dtierapkan adalah ....

A. mengamati dan menghubungkan

B. mengamati dan menanya

C. menalar dan menghubungkan

D. mencoba dan mengkomunikasi

Anda menyuruh anak untuk menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dan menangkap benda. Kegiatan tersebut merupakan lingkup pengembangan ....

A. motorik kasar

B. motorik halus

C. seni

D. kognitif

Kegiatan yang terlalu sulit untuk anak usia 3-4 tahun dalam teknik ketangkasan untuk pengembangan fisik melalui metode karya wisata adalah ….

A. merayap di atas tanah

B. memanjat pohon

C. berjalan di atas jembatan

D. berayun dengan tambang

Pernyataan manakah yang kurang tepat mengenai bermain ....

A. bermain adalah alamiah

B. bermain adalah berteman

C. bermain menghilangkan tenaga

D. bermain adalah kesenangan

Bermain merupakan dunia realitas anak, menurut ....

A. Charlotte Bahler

B. Jean Piaget

C. Sigmund Freud

D. Erik Erikson

Di bawah ini adalah prinsip-prinsip bermain, kecuali ....

A. bermain senantiasa mengandung unsur tidak menyenangkan

B. bermain dilakukan berdasarkan motivasi internal

C. bermain tidak mengandung unsur paksaan

D. bermain mengandung unsur imajinatif

Bermain memberi kontribusi pada semua aspek perkembangan anak, kecuali ....


A. fisik

B. kognitif

C. agresif

D. kreatif

Bermain bebas dan spontan, merupakan bentuk bermain yang ....

A. perlu pengawasan

B. penuh dengan aturan

C. tidak memilki peraturan dan aturan main

D.mengikuti perintah guru

Aktivitas bermain di mana anak memperoleh kesenangan bukan berdasarkan kegiatan yang dilakukan sendiri disebut bermain ....

A. aktif

B. konstruktif

C. manipulatif

D. pasif

Aspek di bawah ini adalah aktivitas bermain aktif, kecuali ....

A. bermain air

B. bermain balok

C. bermain musik

D. bermain tanah liat

Kegiatan bermain yang tidak menitikberatkan pada pengembangan fisik, adalah ....

A. meronce

B. bermain peran

C. bermain pasir

D. menggambar

Melamun merupakan kegiatan yang tidak ada manfaatnya bagi anak, termasuk pada kegiatan permainan ....

A. aktif

B. pasif

C.manipulatif

D. imajinatif

Bermain peran sebagai ayah, ibu, dan anak termasuk bermain peran ....

A. mikro

B. mak


C. aktif

D. pasif

Bermain bagi anak merupakan kodrat alam yang memiliki pembawaan masing-masing serta kemerdekaan untuk berbuat serta mengatur dirinya sendiri, pendapat ini dikemukakan oleh ....

A. HOS Cokroaminoto

B. Ki Hadjar Dewantara

C.KH. Ahmad Dahlan

D.KH. Hasyim Asy’arie

Komponen lingkungan yang berperan dalam pendidikan anak, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat ketiga lingkungan ini dikenal dengan istilah ....

A. Tri Pusat Pendidikan

B. Tri Logi Pendidikan

C. Tri Darma Pendidikan

D. Tut Wuri Handayani

Pernyataan di bawah ini merupakan prinsip-prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Dewey, kecuali ….

A. Pendidikan itu adalah hidup, bukan sekedar persiapan untuk hidup.

B. Pendidikan adalah rekonstruksi pengalaman

C. Pendidikan adalah proses sosial, dan untuk merealisasikan berbentuk komunitas demokratis.

D. Pendidikan adalah pendidikan itu sendiri

Pendidikan pada masa kanak-kanak terutama pada usia 3 - 7 tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan potensinya, pada masa ini tiga ekpresi anak yang perlu diperhatikan ini adalah ….

A. latihan keterampilan, bahasa, dan bermain

B. latihan panca indera, bahasa, dan motorik

C. latihan panca indera, bahasa, dan bermain

D. latihan panca indera, kognitif, dan bermain

Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur (measurable), ini merupakan konsep belajar menurut pandangan


A. kontruktivisme

B. behaviorisme

C. idealism

iD.ndividualism




GLOSARIUM

A. Bermain konstruktif merupakan kegiatan yang menggunakan berbagai benda yang ada untuk menciptakan suatu hasil karya tertentu seperti menggambar menciptakan sesuatu dari lilin mainan, menggunting, dan menempel kertas atau kain, menyusun atau plastik menjadi bentuk tertentu.

B. Tut Wuri Handayani, dari arti kata menyiratkan prinsip kemandirian, dari arti kata Tut Wuri mempunyai arti harus mengikuti dari belakang dan bukan bersifat mendikte orang. Sehingga prinsip kemandirian ini merupakan cerminan dari kemapanan seseorang dalam menjalankan aktivitasnya, dari sinilah tiap orang diharapkan dapat memandirikan orang lain dengan memberinya dorongan baik semangat maupun secara finansial.

C. Aliran filsafat progresivisme, aliran progresivisme mengakui dan berusaha mengembangkan asas progresivisme dalam semua realita, terutama dalam kehidupan adalah tetap survive terhadap semua tantangan hidup manusia, harus praktis dalam melihat segala sesuatu dari segi keagungannya. Progresivisme dinamakan instrumentalisme, karena aliran ini beranggapan bahwa kemampuan intelegensi manusia sebagai alat untuk hidup, untuk kesejahteraan, untuk mengembangkan kepribadian manusia. Dinamakan eksperimentalisme, karena aliran tersebut menyadari dan mempraktekkan asas eksperimen yang merupakan untuk menguji kebenaran suatu teori. Progressivisme dinamakan environmentalisme karena aliran ini menganggap lingkungan hidup itu mempengaruhi pembinaan kepribadian.

D. Trial and error merupakan salah satu cara untuk mendapatkani ilmu pengetahuan. Trial memiliki arti mencoba dan error artinya salah. Dalam mencari kebenaran untuk mendapatkan ilmu harus berusaha sekuat mungkin agar dapat mendapatkannya dengan maksimal.

E. Metode ekspositori adalah metode pembelajaran yang digunakan dengan memberikan keterangan terlebih dahulu definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran serta memberikan contoh-contoh latihan pemecahan masalah dalam bentuk ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan. Siswa mengikuti pola yang ditetapkan oleh guru secara cermat. Penggunaan metode ekspositori merupakan metode pembelajaran mengarah kepada tersampaikannya isi pelajaran kepada siswa secara langsung.

PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016

160

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP