EVALUASI DAN GLOSARIUM MODUL GURU PEMBELAJAR TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK KOMPETENSI B
EVALUASI
Petunjuk: Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D yang mewakili jawaban yang paling benar!
Salah satu prinsip pengelolaan lingkungan belajar dan bermain di TK adalah ....
A.keseimbangan area
B. mahal
C. kesehatan dan keamanan
D. tingkat perkembangan anak
Pengelolaan lingkungan belajar dan bermain di TK harus sedemikian rupa, sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan ….
A. cermat
B. hemat
C. stabil
D. efisien
Area yang memungkinkan anak melakukan percobaan eksplorasi dan kreativitas adalah ….
A. ayunan
B. seni
C.agama
D; perpustakaan
Batas minimal yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran area adalah ….
A. 2 area
B. 3 area
C. 4 area
D. 5 area
Pijakan pengalaman sebelum bermain pada pendekatan sentra termasuk ke dalam kegiatan ....
A. transisi
B. pembukaan
C. kegiatan sebelum masuk kelas
inti
D. Salah satu proses pendekatan scientific yang baik adalah ….
A. Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi,memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran
Penjelasan guru cenderung menggunakan pendekatan tradisional
Berbasis pada konsep, tanpa landasan teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan
Menerapkan langkah 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikan pada setiap pembelajaran
A. Penekanan kata ”berbuat” dalam proses belajar anak usia dini maksudnya adalah ….
B. anak akan lebih mudah belajar dengan melakukan sesuatu yang diminta pendidik
C. pemberian tugas dan praktek langsung sama pentingnya
D. anak akan lebih mudah mempelajari sesuatu dengan aktivitas yang mengarahkan anak untuk belajar menurut pengalamnnya sendiri
anak perlu mendengarkan ceramah sebelum melakukan sesuatu
(1) Membutuhkan waktu yang cukup lama
Memerlukan ketajaman dalam menangkap inti pembicaraan
Dalam prakteknya, percakapan akan selalu didominasi oleh beberapa
orang saja.
Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….
A. bercakap-cakap
B. pemberian tugas
C. demonstrasi
D. bermain peran
Anak belajar tentang bentuk segi tiga melalui potongan kertas yang disiapkan guru, kemudian guru mengajak siswa untuk menemukan benda-benda yang ada di sekitarnya yang berbentuk segitiga. Kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan penerapan proses saintifik yang tepat adalah ….
A. mengamati
B. mengasosiasi
C. mengumpulkan informasi
D. mengkomunikasikan
(1) Dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar, karena anak sangat senang dengan cerita-cerita;
Sangat sesuai untuk pendidikan afektif (nilai), sebab metode ini dapat
menyampaikan nilai-nilai kebaikan kepada anak melalui contoh-contoh dalam cerita sehingga mendorong anak melakukan kebaikan tersebut, sekaligus menghindari perbuatan buruk yang digambarkan dalam cerita guru;
(3) Tidak membutuhkan banyak alat dan media pembelajaran.
Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….
A. bercerita
B. pemberian tugas
C. demonstrasi
D. bermain peran
Mencoba, mendiskusikan, membaca buku, menanya, dan menyimpulkan hasil dari berbagai sumber, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan pendekatan saintifik adalah….
A. menanya
B. mengkomunikasikan
C. mengasosiasi
D. megumpulkan informasi
Salah satu model dalam pendidikan anak usia dini yang mengedepankan konsep bermain bagi anak, merupakan pengertian model pembelajaran ….
A. sentra
B. area
C. kelompok
D. sudut
. (1) Menyalurkan aspirasi anak-anak kedalam kegiatan yang menyenangkan
(2) Mendorong aktivitas, inisiatif, dan kreatif sehingga mereka berpartisipasi dalam kegiatan bersama lain
(3) Perhatian anak dapat lebih terpusatkan
(4) Mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi sekiranya anak hendak mencoba sendiri
Dari ke empat pernyataan di atas yang merupakan manfaat metode sosio-drama adalah ….
(1) dan (2)
(2) dan (3)
(3) dan (4)
(4) dan (1)
Manakah yang termasuk ke dalam tahapan perkembangan agama dan moral anak
usia 4 - 6 tahun yang sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan
anak?....
A. mengetahui situasi yang membahayakan diri
B. menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk
C. mengenal perilaku baik, sopan dan buruk
D. mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
Setelah Anda membacakan cerita "Mentimun Mas", salah seorang anak diminta untuk menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah di dengarnya. Kegiatan yang Anda lakukan termasuk penerapan salah satu contoh dari lingkup ....
A. berpikir simbolik
B. keaksaraan
D. menyimak
C. berpikir logis
Kegiatan yang efektif untuk menstimulasi motorik halus anak usia 4 -6 tahun adalah
menjiplak bentuk, membuat coretan bebas dan menyobek kertas
A. menjiplak bentuk, meronce dan mewarnai
B. membuat coretan bebas, menyobek kertas dan mewarnai
C. meronce, mewarnai dan membuat coretan
Untuk mengembangkan tema gunung berapi, anak-anak dapat melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah
A.kertas koran, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sabun cuci, dan pewarna
B. pastisin, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sagu sabun cuci, tempat bermain air, cuka makan, dan tanah liat.
C. sagu aren, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, tanah liat, kapas cuka makan, sabun cuci, dan pewarna.
D. tanah, pasir, soda kue, ampas kelapa, tepung kanji, kapas, tempat bermain air, dan pewarna.
Anda menjelaskan tentang perkembangbiakkan tumbuhan dengan menggunakan alat peraga gambar yang dipampang de depan kelas, kemudian anak di suruh melihat gambar dengan teliti. Setelah melihat gambar dan mendengarkan penjelasan guru tentang perkembangbiakkan tumbuhan, kemudian anak didorong untuk bertanya, baik tentang objek yang telah dilihat maupun hal-hal lain yang ingin
diketahui. Dari pernyataan di atas, komponen pendekatan santifik yang telah
dtierapkan adalah ....
A. mengamati dan menghubungkan
B. mengamati dan menanya
C. menalar dan menghubungkan
D. mencoba dan mengkomunikasi
Anda menyuruh anak untuk menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dan menangkap benda. Kegiatan tersebut merupakan lingkup pengembangan ....
A. motorik kasar
B. motorik halus
C. seni
D. kognitif
Kegiatan yang terlalu sulit untuk anak usia 3-4 tahun dalam teknik ketangkasan untuk pengembangan fisik melalui metode karya wisata adalah ….
A. merayap di atas tanah
B. memanjat pohon
C. berjalan di atas jembatan
D. berayun dengan tambang
Pernyataan manakah yang kurang tepat mengenai bermain ....
A. bermain adalah alamiah
B. bermain adalah berteman
C. bermain menghilangkan tenaga
D. bermain adalah kesenangan
Bermain merupakan dunia realitas anak, menurut ....
A. Charlotte Bahler
B. Jean Piaget
C. Sigmund Freud
D. Erik Erikson
Di bawah ini adalah prinsip-prinsip bermain, kecuali ....
A. bermain senantiasa mengandung unsur tidak menyenangkan
B. bermain dilakukan berdasarkan motivasi internal
C. bermain tidak mengandung unsur paksaan
D. bermain mengandung unsur imajinatif
Bermain memberi kontribusi pada semua aspek perkembangan anak, kecuali ....
A. fisik
B. kognitif
C. agresif
D. kreatif
Bermain bebas dan spontan, merupakan bentuk bermain yang ....
A. perlu pengawasan
B. penuh dengan aturan
C. tidak memilki peraturan dan aturan main
D.mengikuti perintah guru
Aktivitas bermain di mana anak memperoleh kesenangan bukan berdasarkan kegiatan yang dilakukan sendiri disebut bermain ....
A. aktif
B. konstruktif
C. manipulatif
D. pasif
Aspek di bawah ini adalah aktivitas bermain aktif, kecuali ....
A. bermain air
B. bermain balok
C. bermain musik
D. bermain tanah liat
Kegiatan bermain yang tidak menitikberatkan pada pengembangan fisik, adalah ....
A. meronce
B. bermain peran
C. bermain pasir
D. menggambar
Melamun merupakan kegiatan yang tidak ada manfaatnya bagi anak, termasuk pada kegiatan permainan ....
A. aktif
B. pasif
C.manipulatif
D. imajinatif
Bermain peran sebagai ayah, ibu, dan anak termasuk bermain peran ....
A. mikro
B. mak
C. aktif
D. pasif
Bermain bagi anak merupakan kodrat alam yang memiliki pembawaan masing-masing serta kemerdekaan untuk berbuat serta mengatur dirinya sendiri, pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. HOS Cokroaminoto
B. Ki Hadjar Dewantara
C.KH. Ahmad Dahlan
D.KH. Hasyim Asy’arie
Komponen lingkungan yang berperan dalam pendidikan anak, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat ketiga lingkungan ini dikenal dengan istilah ....
A. Tri Pusat Pendidikan
B. Tri Logi Pendidikan
C. Tri Darma Pendidikan
D. Tut Wuri Handayani
Pernyataan di bawah ini merupakan prinsip-prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Dewey, kecuali ….
A. Pendidikan itu adalah hidup, bukan sekedar persiapan untuk hidup.
B. Pendidikan adalah rekonstruksi pengalaman
C. Pendidikan adalah proses sosial, dan untuk merealisasikan berbentuk komunitas demokratis.
D. Pendidikan adalah pendidikan itu sendiri
Pendidikan pada masa kanak-kanak terutama pada usia 3 - 7 tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan potensinya, pada masa ini tiga ekpresi anak yang perlu diperhatikan ini adalah ….
A. latihan keterampilan, bahasa, dan bermain
B. latihan panca indera, bahasa, dan motorik
C. latihan panca indera, bahasa, dan bermain
D. latihan panca indera, kognitif, dan bermain
Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur (measurable), ini merupakan konsep belajar menurut pandangan
A. kontruktivisme
B. behaviorisme
C. idealism
iD.ndividualism






Petunjuk: Pilihlah jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D yang mewakili jawaban yang paling benar!
Salah satu prinsip pengelolaan lingkungan belajar dan bermain di TK adalah ....
A.keseimbangan area
B. mahal
C. kesehatan dan keamanan
D. tingkat perkembangan anak
Pengelolaan lingkungan belajar dan bermain di TK harus sedemikian rupa, sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan ….
A. cermat
B. hemat
C. stabil
D. efisien
Area yang memungkinkan anak melakukan percobaan eksplorasi dan kreativitas adalah ….
A. ayunan
B. seni
C.agama
D; perpustakaan
Batas minimal yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran area adalah ….
A. 2 area
B. 3 area
C. 4 area
D. 5 area
Pijakan pengalaman sebelum bermain pada pendekatan sentra termasuk ke dalam kegiatan ....
A. transisi
B. pembukaan
C. kegiatan sebelum masuk kelas
inti
D. Salah satu proses pendekatan scientific yang baik adalah ….
A. Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi,memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran
Penjelasan guru cenderung menggunakan pendekatan tradisional
Berbasis pada konsep, tanpa landasan teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan
Menerapkan langkah 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikan pada setiap pembelajaran
A. Penekanan kata ”berbuat” dalam proses belajar anak usia dini maksudnya adalah ….
B. anak akan lebih mudah belajar dengan melakukan sesuatu yang diminta pendidik
C. pemberian tugas dan praktek langsung sama pentingnya
D. anak akan lebih mudah mempelajari sesuatu dengan aktivitas yang mengarahkan anak untuk belajar menurut pengalamnnya sendiri
anak perlu mendengarkan ceramah sebelum melakukan sesuatu
(1) Membutuhkan waktu yang cukup lama
Memerlukan ketajaman dalam menangkap inti pembicaraan
Dalam prakteknya, percakapan akan selalu didominasi oleh beberapa
orang saja.
Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….
A. bercakap-cakap
B. pemberian tugas
C. demonstrasi
D. bermain peran
Anak belajar tentang bentuk segi tiga melalui potongan kertas yang disiapkan guru, kemudian guru mengajak siswa untuk menemukan benda-benda yang ada di sekitarnya yang berbentuk segitiga. Kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan penerapan proses saintifik yang tepat adalah ….
A. mengamati
B. mengasosiasi
C. mengumpulkan informasi
D. mengkomunikasikan
(1) Dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar, karena anak sangat senang dengan cerita-cerita;
Sangat sesuai untuk pendidikan afektif (nilai), sebab metode ini dapat
menyampaikan nilai-nilai kebaikan kepada anak melalui contoh-contoh dalam cerita sehingga mendorong anak melakukan kebaikan tersebut, sekaligus menghindari perbuatan buruk yang digambarkan dalam cerita guru;
(3) Tidak membutuhkan banyak alat dan media pembelajaran.
Ketiga pernyataan di atas merupakan kelemahan dari metode ….
A. bercerita
B. pemberian tugas
C. demonstrasi
D. bermain peran
Mencoba, mendiskusikan, membaca buku, menanya, dan menyimpulkan hasil dari berbagai sumber, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu pelaksanaan pendekatan saintifik adalah….
A. menanya
B. mengkomunikasikan
C. mengasosiasi
D. megumpulkan informasi
Salah satu model dalam pendidikan anak usia dini yang mengedepankan konsep bermain bagi anak, merupakan pengertian model pembelajaran ….
A. sentra
B. area
C. kelompok
D. sudut
. (1) Menyalurkan aspirasi anak-anak kedalam kegiatan yang menyenangkan
(2) Mendorong aktivitas, inisiatif, dan kreatif sehingga mereka berpartisipasi dalam kegiatan bersama lain
(3) Perhatian anak dapat lebih terpusatkan
(4) Mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi sekiranya anak hendak mencoba sendiri
Dari ke empat pernyataan di atas yang merupakan manfaat metode sosio-drama adalah ….
(1) dan (2)
(2) dan (3)
(3) dan (4)
(4) dan (1)
Manakah yang termasuk ke dalam tahapan perkembangan agama dan moral anak
usia 4 - 6 tahun yang sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan
anak?....
A. mengetahui situasi yang membahayakan diri
B. menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk
C. mengenal perilaku baik, sopan dan buruk
D. mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
Setelah Anda membacakan cerita "Mentimun Mas", salah seorang anak diminta untuk menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah di dengarnya. Kegiatan yang Anda lakukan termasuk penerapan salah satu contoh dari lingkup ....
A. berpikir simbolik
B. keaksaraan
D. menyimak
C. berpikir logis
Kegiatan yang efektif untuk menstimulasi motorik halus anak usia 4 -6 tahun adalah
menjiplak bentuk, membuat coretan bebas dan menyobek kertas
A. menjiplak bentuk, meronce dan mewarnai
B. membuat coretan bebas, menyobek kertas dan mewarnai
C. meronce, mewarnai dan membuat coretan
Untuk mengembangkan tema gunung berapi, anak-anak dapat melakukan percobaan dengan menggunakan alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah
A.kertas koran, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sabun cuci, dan pewarna
B. pastisin, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, cuka makan, sagu sabun cuci, tempat bermain air, cuka makan, dan tanah liat.
C. sagu aren, tepung kanji, mangkuk/ wadah kecil, tanah liat, kapas cuka makan, sabun cuci, dan pewarna.
D. tanah, pasir, soda kue, ampas kelapa, tepung kanji, kapas, tempat bermain air, dan pewarna.
Anda menjelaskan tentang perkembangbiakkan tumbuhan dengan menggunakan alat peraga gambar yang dipampang de depan kelas, kemudian anak di suruh melihat gambar dengan teliti. Setelah melihat gambar dan mendengarkan penjelasan guru tentang perkembangbiakkan tumbuhan, kemudian anak didorong untuk bertanya, baik tentang objek yang telah dilihat maupun hal-hal lain yang ingin
diketahui. Dari pernyataan di atas, komponen pendekatan santifik yang telah
dtierapkan adalah ....
A. mengamati dan menghubungkan
B. mengamati dan menanya
C. menalar dan menghubungkan
D. mencoba dan mengkomunikasi
Anda menyuruh anak untuk menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dan menangkap benda. Kegiatan tersebut merupakan lingkup pengembangan ....
A. motorik kasar
B. motorik halus
C. seni
D. kognitif
Kegiatan yang terlalu sulit untuk anak usia 3-4 tahun dalam teknik ketangkasan untuk pengembangan fisik melalui metode karya wisata adalah ….
A. merayap di atas tanah
B. memanjat pohon
C. berjalan di atas jembatan
D. berayun dengan tambang
Pernyataan manakah yang kurang tepat mengenai bermain ....
A. bermain adalah alamiah
B. bermain adalah berteman
C. bermain menghilangkan tenaga
D. bermain adalah kesenangan
Bermain merupakan dunia realitas anak, menurut ....
A. Charlotte Bahler
B. Jean Piaget
C. Sigmund Freud
D. Erik Erikson
Di bawah ini adalah prinsip-prinsip bermain, kecuali ....
A. bermain senantiasa mengandung unsur tidak menyenangkan
B. bermain dilakukan berdasarkan motivasi internal
C. bermain tidak mengandung unsur paksaan
D. bermain mengandung unsur imajinatif
Bermain memberi kontribusi pada semua aspek perkembangan anak, kecuali ....
A. fisik
B. kognitif
C. agresif
D. kreatif
Bermain bebas dan spontan, merupakan bentuk bermain yang ....
A. perlu pengawasan
B. penuh dengan aturan
C. tidak memilki peraturan dan aturan main
D.mengikuti perintah guru
Aktivitas bermain di mana anak memperoleh kesenangan bukan berdasarkan kegiatan yang dilakukan sendiri disebut bermain ....
A. aktif
B. konstruktif
C. manipulatif
D. pasif
Aspek di bawah ini adalah aktivitas bermain aktif, kecuali ....
A. bermain air
B. bermain balok
C. bermain musik
D. bermain tanah liat
Kegiatan bermain yang tidak menitikberatkan pada pengembangan fisik, adalah ....
A. meronce
B. bermain peran
C. bermain pasir
D. menggambar
Melamun merupakan kegiatan yang tidak ada manfaatnya bagi anak, termasuk pada kegiatan permainan ....
A. aktif
B. pasif
C.manipulatif
D. imajinatif
Bermain peran sebagai ayah, ibu, dan anak termasuk bermain peran ....
A. mikro
B. mak
C. aktif
D. pasif
Bermain bagi anak merupakan kodrat alam yang memiliki pembawaan masing-masing serta kemerdekaan untuk berbuat serta mengatur dirinya sendiri, pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. HOS Cokroaminoto
B. Ki Hadjar Dewantara
C.KH. Ahmad Dahlan
D.KH. Hasyim Asy’arie
Komponen lingkungan yang berperan dalam pendidikan anak, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat ketiga lingkungan ini dikenal dengan istilah ....
A. Tri Pusat Pendidikan
B. Tri Logi Pendidikan
C. Tri Darma Pendidikan
D. Tut Wuri Handayani
Pernyataan di bawah ini merupakan prinsip-prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Dewey, kecuali ….
A. Pendidikan itu adalah hidup, bukan sekedar persiapan untuk hidup.
B. Pendidikan adalah rekonstruksi pengalaman
C. Pendidikan adalah proses sosial, dan untuk merealisasikan berbentuk komunitas demokratis.
D. Pendidikan adalah pendidikan itu sendiri
Pendidikan pada masa kanak-kanak terutama pada usia 3 - 7 tahun merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan potensinya, pada masa ini tiga ekpresi anak yang perlu diperhatikan ini adalah ….
A. latihan keterampilan, bahasa, dan bermain
B. latihan panca indera, bahasa, dan motorik
C. latihan panca indera, bahasa, dan bermain
D. latihan panca indera, kognitif, dan bermain
Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur (measurable), ini merupakan konsep belajar menurut pandangan
A. kontruktivisme
B. behaviorisme
C. idealism
iD.ndividualism
GLOSARIUM
A. Bermain konstruktif merupakan kegiatan yang
menggunakan berbagai benda yang ada
untuk menciptakan suatu hasil karya tertentu seperti menggambar menciptakan
sesuatu dari lilin mainan, menggunting, dan menempel kertas atau kain, menyusun
atau plastik menjadi bentuk tertentu.
B. Tut Wuri Handayani, dari arti kata menyiratkan
prinsip kemandirian, dari arti kata
Tut Wuri mempunyai arti harus mengikuti dari belakang dan bukan bersifat
mendikte orang. Sehingga prinsip kemandirian ini merupakan cerminan dari
kemapanan seseorang dalam menjalankan aktivitasnya, dari sinilah tiap orang
diharapkan dapat memandirikan orang lain dengan memberinya dorongan baik
semangat maupun secara finansial.
C. Aliran filsafat progresivisme, aliran progresivisme mengakui dan berusaha
mengembangkan asas progresivisme dalam semua realita, terutama dalam kehidupan
adalah tetap survive terhadap semua tantangan hidup manusia, harus praktis
dalam melihat segala sesuatu dari segi keagungannya. Progresivisme dinamakan
instrumentalisme, karena aliran ini beranggapan bahwa kemampuan intelegensi
manusia sebagai alat untuk hidup, untuk kesejahteraan, untuk mengembangkan
kepribadian manusia. Dinamakan eksperimentalisme, karena aliran tersebut
menyadari dan mempraktekkan asas eksperimen yang merupakan untuk menguji
kebenaran suatu teori. Progressivisme dinamakan environmentalisme karena aliran
ini menganggap lingkungan hidup itu mempengaruhi pembinaan kepribadian.
D. Trial and error merupakan salah satu cara
untuk mendapatkani ilmu pengetahuan. Trial memiliki arti
mencoba dan error artinya salah. Dalam mencari kebenaran untuk mendapatkan ilmu
harus berusaha sekuat mungkin agar dapat mendapatkannya dengan maksimal.
E. Metode ekspositori adalah metode pembelajaran yang digunakan dengan memberikan keterangan terlebih dahulu
definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran serta memberikan contoh-contoh
latihan pemecahan masalah dalam bentuk ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan
penugasan. Siswa mengikuti pola yang ditetapkan oleh guru secara cermat.
Penggunaan metode ekspositori merupakan metode pembelajaran mengarah kepada
tersampaikannya isi pelajaran kepada siswa secara langsung.
PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG
© 2016
160

Komentar
Posting Komentar