PERKEMBANGAN FISIK ( RINGKASAN MODUL)




METODE PENGEMBANGAN FISIK


RANCANGAN PROGRAM PENGEMBANGAN FISIK

  1. RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK

1.       Lingkup Pengembangan Motorik Kasar
a.       Gerak lokomotor
Adalah aktifitas atau tindakan dengan memindah tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain.
1)       Melangkah,
2)       Berjalan ,
3)       Berlari,
4)       Melompat,
5)       Meloncat ,
6)       Merangkak,
7)       Merayap,
8)       Berjingkat,
9)       Berguling

b.       Gerak nonlokomotor
Adalah aktifitas atau tindakan dengan tidak memindah tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain.
Contoh :
1)       Gerakan memutar tubuh atau bagian-bagian tubuh (kepala, lengan, pinggang,kedua lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan)
2)       Menekuk atau membungkukkan tubuh (gerakan bangun tidur (sit up), duduk dan membungkuk sambil memeluk kaki, menelungkupdan menarik ke atas kedua kaki, dada sampai kepala).
3)       Latihan kesimbangan, (sikap lilin (berbaring telentang dan kedua kaki dinaikkan lurus ke atas), gerak pesawat terbang (salah satu kaki diangkat, kedua tangan direntangkan lalu perlahan badan dibungkukkan).

c.       Gerak manipulatif

Adalah aktifitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.
Contoh: melempar, menangkap, menggiring, menendang, memantulkan bola atau benda-benda yang lain.
Dalam buku A Child Word,Infancy Trough Adolescence, ketrampilan motorik kasar anak usia 3-5 tahun meliputi :
a.       Usia 3 tahun à1) tidak dapat berbelok, berhenti dengan tiba-tiba atau dengan cepat; 2) Melompat dengan dua kaki jarak 15-20 cm; 3) naik turun tangga tanpa dibantu dengan menggunakan kaki secara bergantian; 4) Dapat melompat sesuai urutan yang tidak ditentukan dengan beberapa variasi tambahan.
b.       Usia 4 tahun à1) Dapat lebih effektif mengontrol gerakan untuk berhenti, mulai dan berbelok; 2)Dapat melompat dengan jarak 20-25 cm; 3) Dapat menaiki tangga dengan kaki bergantian dengan sedikit bantuan; 4) Melompat 4-6 langkah dengan satu kaki
c.        Usia 5 tahun à1) Mulai dapat berbelok dan berhenti secara effektif dalam permainan; 2) Dapat berlari sambil melompat dengan jarak 25-30 cm; 3) Dapat menuruni tangga dengan kaki bergantian tanpa dibantu; 4) melompat dengan mudah dengan jarak 30 cm.






.

2.       Lingkup Pengembangan Motorik Halus.
Motorik Halus adalah gerakan—gerakan tubuh yang melibatkan otot-otot kecil (otot jari tangan, otot muka, dll.).
Membutuhkan kecermatan, ketekunan, koordinasi antara mata dan otot kecil. Misalnya : menggunting, merobek, menggambar, menulis, melipat, meronce, menjahit, meremas, menggenggam, menyusun balok, meringis, melotot, tertawa, dsb.
Salah satunya adalah tahap perkembangan menulis atau coretan anak , dapat digambarkan sebagai berikut:
a.       Tahab mencoret atau membuat goresan (scribing stage)
b.       Tahap pengulangan secara linear (linear repetitive stage)
c.       Tahap menulis secara random (randon letter stage)
d.       Tahap menulis tulisan nama (letter-name writing or phonetic wraitng)

Motorik halus yang lain adalah menggambar. Longeveld, menguraikan karakteristi menggambar pada anak usia 2-7 tahun sebagai berikut :
a.       Usia 2-4 tahun
1)       Aktifitas motorik menggunakan otot besar dengan gerakan dari bahu yaitu ;
2)       Penilaian yang lebih kecil
3)       Menghubungkan nilai-nilai untuk mengetahui sesuatu

b.       Usia 4-7 tahun
Membentuk sesuatu dari bentuk geometri
Penempatan dan  ukuranpada obyek berbeda dengan subyek
Obyek gambar tidak berhubungan antara satu dengan yang lainnya
Dapat mengetahui obyek melalui katalog
Dapat meniru segi empat, segitiga, dan segi lima

  1. PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK PADA KURIKULUM 2004

Tabel 12.1
Pengembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus

Hasil Belajar
Indikator
Motorik
Kasar
Halus
Dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan otot dan koordinasi
Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan : makan, mandi, menyisir rambut, mencuci dan mengelap tangan, mengikat tali sepau, dll.

ü   
Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, p;ay gough, tanah liatMenjiplak dan meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran

ü   
Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)

ü   
Menjahit jelujur sepuluh lobang dengan tali sepatu

ü   
Menggunting bebas,

ü   
Merobek bebas

ü   
Menyusun menara dari kubus minimal 8 kubus

ü   
Membuat lingkaran dan segi empat

ü   
Memegang pensil (belum sempurna)

ü   
Dapat menggerakkan lengannya untuk kelenturan otot dan koordinasi
Menangkap dan melempar bola besar dari jarak 1-2 meter
ü   

Memantulkan bola besar (diam di tempat)
ü   

Memantulkan bola besar sambil berjalan/bergerak
ü   

Melambungkan dan menangkap kantong biji
ü   




Dapat menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan dan koordinasi
Berjalan pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan berjinjit
ü   

Berjalan mundur dan ke samping pada garis lurus sejauh 1-2 meter
ü   

Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
ü   

Berdiri diatas satu kaki selama 10 detik
ü   

Berlari sambil melompat
ü   

Menendang bola dengan terarah
ü   

Merayap dan merangkak lurus ke depan
ü   

Bermain dengan simpai (bebas, melompat dalam simpai, merangkak dalam terowongan dari simpai, dll)
ü   

Menirukan berbagai gerakan binatang/hewan
ü   

Menirukan berbagai gerakan tanaman yang terkena angin (sepoi-sepoi dan angin kencang
ü   

Naik sepeda roda dua (belum seimbang)
ü   


  1. RANCANGAN PROGRAM PENEMBANGAN FISIK MOTORIK UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun rancangan program kegiatan pengembangan fisik motorik berikut ;
1.       Menentukan Tujuan/Aspek Yang Akan Dikembangkan
2.       Pemilihan Bentuk Kegiatan Yang Akan Dilaksanakan
1)       Melibatkan seluruh anak untuk berpartisipasi akti
2)       Menyenangkan dan dilakukan melalui bermain
3)       Dapat menyalurkan energi dan aspirasi anak
4)       Membangkitkan keinginan anak untuk bereksperimen dan bereksplorasi
5)       Mendorong anak untuk kreatif
6)       Tidak membosankan
7)       Sesuai dengan perkembangan anak
8)       Memberikan kebeasan pada anak untuk mengembangkan kegiatan sesuai imajinasinya
9)       Sesuai dengan tema dan lingkungan anak

3.       Pemilihan Alat dan Bahan yang akan digunakan
Prinsip-prinsip pemilihan alat dan bahan yang akan digunakan meliputi :
1)       Sebaiknya bersifat multiguna
2)       Mudah didapat di lingkungan sekitar atau barang bekas
3)       Tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi anak
4)       Dapat membangkitkan kreativitas anak, dapat dimainkan sehingga menambah kesenangan bagi anak, menimbulkan daya khayal dan daya imajinasi serta dapat digunakan untuk bereksperimen dan bereksplorasi

4.       Pemilihan metode
Metode yang dapat digunakan antara lain : 1) pemberian tugas; 2) proyek, 3) karya wisata; 4) praktik langsung; 5) bermain peran; 6) demonstrasi; 7) bercerita, 8) sosiodrama; 9) cercakap-cakap,

  1. PENERAPAN PROGRAM PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK KE DALAM RANCANGAN PROGRAM KEGIATAN TAHUNAN , SEMESTER, BULANAN, MINGGUAN, DAN HARIAN

1.                  Program Tahunan
2.                  Program Semester
3.                  Program Mingguan
4.                  Program Harian


KEGIATAN BELAJAR 2

PENILAIAN PROGRAM PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK

Evaluasi  dan penilaian dilakukan terhadap perkembangan aspek fisik motorik anak didik baik yang berupa kemajuan maupun hambatan yang mungkin merintangi kemajuan perkembangan anak didik. Penilaian dilakukan dengan tujuan untuk untuk mengetahui apakah kegiatan yangdilakukan sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan atau apakah perlu ada yang diperbaiki karena tujuan tidak tercapai. Penilaian meliputi :metode alat, bahan yang digunakan apakah sudah sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik sehingga dapat membantu anak mengembangkan kemampuannya secara optimal.
Adapun fungsi penilaian adalah sebagai berikut : 1. Menginformasikan kepada orang tu tuantang ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anaknya; 2. Sebagai bahan petimbangan guru untuk menempatkan dalam kegiatan;  3.Sebagai bahan masukan bagi pihak lain yang berkepentingan; 4. Untuk mengukur kemajuan dan perkembangan anak; 5. Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan sistem pengajaran yang digunakan; 6.Sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran dan perubahan kurikulum.

A.      ALAT PENILAIAN DALAM PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK

1.      Penilaian Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-kanak.

a.      Pengamatan atau observasi
1)      Pengertian
Merupakan suatu cara untuk mengumpulkan keterangan atau informasi dengan cara melihat, mendengarkan dan mengamati semua peristiwa, mencatanya secara cermat dan teliti yang dilakukan oleh pengamat terhadap obyek yang diamati.
2)      Tujuan observasi
a)      Memperbaikai perilaku anak; b) Mengevaluasi perkembangan anak

3)       Observasi/pengamatan perkembangan fisik motorik anak
a)      Keterampilan motorik halus ; b) Keterampilan motorik kasar

b.      Catatan anekdot
Catatan anekdot memiliki 5 karakteristik  sebagai berikut : 1) Catatan anekdot adalah hasil observasi langsung; 2) Catatan anekdot adalah tepat akurat, singkat dan spesifik tentang suatu peristiwa; 3) Interpretasi mengenai insiden dicatat terpisah dengan insiden lainnya; 4) Catatan anekdot meliputi konteks perilaku; 5) Catatan anekdot berfokus pada yang tipikal atau tidak biasa untuk anak yang diamati.

c.       Portofolio
1)      Pengertian
Portofolio diartikan sebagai suatu wujud benda fisik seperti bundle (kumpulan atau kumpulan dokumen hasil pekerjaan anak yang disimpan dalam satu kumpulan)

2)      Fungsi Portofolio
Ø  Menawarkan sebuah kerangka dinamik berlandaskan apa yang sudah dilakukan anak
Ø  Merupakan sebuak kerangka yang memilki potensi untuk memberdayakan guru dan murid dalam melaksanakan refleksi terhadap kegiatan yangsedah dilakukan

2.      Prinsip-prinsip Penilaian.
a.      Menyeluruh; b. Berkesinambungan; c. berorientasi pada proses dan tujuan; d. Obyektif; e. Mendidik; f. Kebermaknaan;  g. Kesesuaian.



B.      CONTOH RANCANGAN PENILAIAN PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK

1.      Pengamatan / observasi
Tabel 12.3
Lembar Pengamatan Gerakan Lokomotor Anak Melompat
No
Indikator
Nama Anak
Nama Anak
Bs
Bdb
Tb
Bs
Bdb
Tb
1
Melompat
1.    Melompat ke depan dengan dua kaki
2.    Melompat ke belakang dengan dua kaki
3.    Dst







Catatan : Bs = Bisa     Bdb = Bisa dengan bantuan    Tb = Tidak bisa
Analisis :
a)      bagi anak
b)      Bagi guru

2.      Portofolio
Contoh portofolio menggunting
 



Analisis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP