RPPM 15-18 (HASIL KKG)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN
KANAK KANAK
Tema/ Sub Tema :
Tumbuhan / Padi-Padian
Semester/Minggu :
1 / 15
Kelompok :
A (4-5 Thn)
KD :
1.1, 3.2, 4.2, 2.1, 3.8, 4.8, 2.10, 3.10,4.10, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15.
Model pembelajaran............................
|
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Rencana
Pembelajaran
|
|
·
Mengenal Ciptaan Tuhan (Nam)
·
Tata cara makan , mengucap terimkasih, saat mendapat
bantuan (Nam)
·
Mencuci tangan, Mengosok gigi, menjaga kebersihan.(FM)
·
Mengenal bentuk 2 dimensi, besar kecil, berat ringan,
mengelompokan berdasarkan warna, bentuk, ukuran. (K)
·
Jenis-jenis tanaman, bermacam-macam bentuk, warna daun,
jenis akar. Perkembang biakan, cara merawat tanaman.(Kok)
·
Menghargai pendapat teman (sosem)
·
Menjawab pertanyaan, bercerita. (Bhs)
·
Menjiplak huruf, mengenl huruf awal, menghubungkan
angka dengan bilangan.(Bhs)
·
Membuat berbagai hasil karya dalam gambar, lukisan.
(Seni)
·
Merawat kebersihan. (seni)
|
·
Agar anak dapat menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan.
·
Agar anak dapat mengetahui adap makan.
·
Agar anak dapat mengucapakan terima kasih.
·
Agar anak dapat mencuci tangan dan menggosok gigi
dengan benar.
·
Agar anak dapat menjaga kebersihan.
·
Agar anak dapat mengenal bentuk dua dimensi, besar
kecil, berat ringan, mengelompokan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran.
·
Anak dapatmengetahui jeias tanaman, mengetahui bermacam
–macam daun akar, mengetahui perkembangan tanaman, dan cara merawat tanaman.
·
Agar anak dapat menghargai pendapat teman.
·
Anak dapat menjawab pertanyaan dan dapat bercerita.
·
Agar anak dapat menjiplak huruf dengan rapi, dapat
mengenal huruf awal, menhubungkan angka dengan bilangan.
·
Anak dapat membuat berbagai karya gambar lukisan.
·
Anak dapat menjaga kebersihan.
|
Hari
ke1
-
Mengelompokan biji jagung, padi, kedelai.
-
Menjiplak huruf
-
Menggambar dengan pensil
-
Mengurutkan gambar seri.
Hari
ke 2
-
Mengisi pola gambr dengan padi
-
Mengurutkan daun padi dari panjang ke pendek
-
Menanam biji padi di atas kapas.
-
Memasangkan huruf awal yang sama.
Hari
ke 3
-
Menimbang beras
-
Mewarnai bentuk lingkaran dengan merah, hijau, biru.
-
Menghubungkan gambar dengan angka.
-
Melukis dengan cat air.
Hari
ke 4
-
Mengurutkan bentuk gambar dari besar ke kecil.
-
Menjiplak gambar.
-
Mengunting gamabar wakul.
-
Mengelompokan kancing baju.
Hari
ke 5
-
Mengelompokan balok berdasarkan bentuk.
-
Menghubungkan gambar jagung dengan angka.
-
Melukis dengan lilin.
-
Mewarnai gambar yg kasar dan yg halus dengan warna yg
berbeda.
Hari
ke 6
-
Mengurutkan gambar seri menanam padi.
-
Menempel huruf awal yang sama.
-
Mengunting daun padi
-
Mewarnai keranjang sampah
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (
Tema/ Sub Tema :
Tumbuhan / Sayuran
Semester/Minggu :
1 / 18
Kelompok :
A (4-5 Thn)
KD : 1.1, 3.2, 4.2,
2.12,2.4,3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.15,4.15
Model
pembelajaran:
|
Materi
Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
|
·
Mengenal ciptaan Tuhan. (Nam)
·
Cara menyampaikan terimakasih setelah mendapat bantuan,
tata cara makan.(Nam)
·
Memilih makanan dan minuman yang sehat, makanan yg
diperlukan tubuh agar tetap sehat. (FM)
·
Cara mengunakan thoilet dengan benar tanpa bantuan.(FM)
·
Ukuran panjang pendek.(Kog)
·
Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi. (Kog)
·
Mencocokan lambang bilangan dg jumplah bilangan. ( Kog)
·
Mengelompokan berdasarkan wrna, bentuk dan ukuran.
(Kog)
·
Di kenalkan jenis tanaman, bagian tanaman. (Kog)
·
Bentuk dan warna daun. ( Kog)
·
Perkembang biakan tanaman. (Kog)
·
Cara merawat tanaman.(Kog)
·
Pemahan tentang tanggung jawab, Cara bertanggung jawab
(Sos)
·
Mengerjakan sesuatu dengan tuntas.(Sos)
·
Cara merespon dg tepat saat mendengarkan cerita guru.
(Bhs)
·
Menceritakan kembali cerita guru.(Bhs)
·
Membaca Gambar.
·
Menuliskan huruf
·
Menjiplak huruf
·
Menghubungkan angka dengan bilangan.
·
Cara menghargai bentuk gambar, lukisan, gerak. (Seni)
·
Membuat berbagai hasil karya lukisan, seni musik, karya
tangan. (Seni)
|
·
Anak dapat menyebutkan ciptaan Tuhan.
·
Anak dapat mengucap terima kasih.
·
Anak dapat memahami tata cara makan yang baik.
·
Anak dapat memilih makanan dan minuman yang sehat dan
di diperlukan oleh tubuh.
·
Anak dapat mengunakan thoilet trining tanpa bantuan.
·
Anak dapat mengetahui panjang dan pendek.
·
Anak dapat mengurutkan 5 seri.
·
Anak dapat mencocokan lambang bilangan dengan jumplah
bilangan.
·
Anak dapat menegelompokan benda dengan tepat.
·
Anak dapat mengenal jenis tanaman.
·
Anak dapatmengenal bentuk dan warna daun.
·
Anak dapat mengetahui perkembang biakan tanaman.
·
Anak dapat mengetahui cara merawat tanaman.
·
Anak dapat bertanggung jawab dan dapat mengerjakan
tugas dengan tuntas.
·
Anak dapat mendengarkan cerita dan dapat menceritakan
kembali.
·
Anak dapat Membaca gambar, menulis, huruf, Menjiplak
huruh, Menghubungkan angka dengan bilangan.
·
Anak dapat Menghargai senilukis dan gerak.
·
Anak dapat membuat berbagai hasil karya seni lukis,
musik.dan karya tangan.
|
Hari
ke 1
-
Mengurutkan gambar dr panjang ke pendek.
-
Menggambar dengan krayon
-
Mengisi pola dengan monte
-
Bermain plastisin
Hari
ke 2
-
Mengurutkan gambar dr kecil sedang dan besar
-
Menjiplak huruf
-
Mencocok bentuk gambar
-
Membatik dengan meniup
Hari
ke 3
-
Menarik gambar dengan angka
-
Meronce dengan manik manik
-
Mengurutkan gambar seri.
-
Melipat bentuk keranjang
Hari
ke 4
-
Meniru angka 5
-
Melukis dengan garis
-
Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi
-
Menjahit jelujur
Hari
ke 5
-
Menanam biji cabe dengan polibek
-
Menyusun huruf sesuai gambar cabe
-
Memola bentuk
-
Mengunting gambar daun sawi
Hari
ke 6
-
Memberi warna hijau pd daun yg besar dan kuning yg
kecil
-
Membaca simbul
-
Melukis dengan tehnik blok
-
Menggunting gambar terong
|

Komentar
Posting Komentar