SIAP UKG MELALUI 95 LATIHAN SOAL

CONTOH SOAL UKG
Pilihlah jawaban yang paling tepat menurut anda .
1.      Yang dimaksud PAUD adalah :
a.       Pendidikan Anak Usia Dini
b.      Upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
c.       Upaya pendidikan yang ditujukan kepada anak usia  sekolah dengan memberikan pembelajaran yang terencana dan terprogram sesuaikurikulum
d.      Upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani sesuai dengan undang – undang nomer 17 tahun 2007 dengan pembelajaran yang terorganisir dam menyeluruh.
2.      Layaan PAUD  untuk anak usia 4 sampai 6 tahun terdiri atas:
a.       Taman penitipan anak dan satuan paud sejenis
b.      Kelompok bermaian dan TPA
c.       TK dan TPA
d.      Tk,RA,BA dan sejenisnya
3.      Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomer 146 tahu 2014 berisikan tentang :
a.       Kerangka dasar dan struktur kuriulum 2013 PAUD tahun 2015
b.      Kurikulum 2013 PAUD tahun 2015’
c.       Pedoman pengembangan kurikulum tingkat satuan PAUD.
d.      Standar nasional PAUD tahun 2915
4.      Pengertian kurikulum adalah:
a.       Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
b.      Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan yan diatur secara terprogram.


c.       Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan yan diatur secara terprogram, terarah dan sistematis.
d.      Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan yan diatur secara terprogram, terarah dan sistematis,sesuai aturan perundangan.
5.      Pernyataan PAUD merupakan pendidikan yang fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi beermakna yang diberikan sejak usia dini, merupakan
a.       Rasio pengembangan kurikulum 2013 PAUD.
b.      Tujuan kurikulum 2013 PAUD
c.       Karaktristik kurikulum 2013 PAUD
d.      Elemen perubahan kurikulum 2013 PAUD
6.      Kegitan percobaan memasukan benda dalam air. Aspek perkembangan sikap yang terdapat dalam kegiatan tersebut adalah:
a.       Mengkoordinasikan mata dan tangan
b.      Teliti
c.       Mengenal jenis benda
d.      Mengkomunikasikan hasil
7.      Kegiatan menyanyi lagu “dua mata saya”, terkait perkembangan aspek pengetahuan yaitu:
a.       Berani tampil
b.      Bergerak sesuai lagu
c.        Mengapresiasi anak lain yang bernyanyi
d.      Menambah kosa kata
8.      Anak adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif, adalah isi kerangka dasar kurikulum sesuai dengan:
a.       Landasan filosofis
b.      Landasan sosiologis
c.       Landasan psiko paedagogis
d.      Landasan teoritis
9.      Kurikulum 2013 PAUD dikembangkan dengan mengacu pada cara mendidik anak sebagai pribadi yang unik, adalah isi kerangka dasar kurikulum sesuai dengan:
a.       Landasan filosofis
b.      Landasan sosiologis
c.       Landasan psiko paedagogis
d.      Landasan teoritis


10.  Pendekatan pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif membangun kompetensi sikap, pengetahuan dan ketampilan melalui kegiatan, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,menalar dan mengkomunikasikan  adalah...
a.       Pendekatan tematik
b.      Pendekatan saintifik
c.       Pendekatan terpadu
d.      Pendekatan integrative
11.  Kegiatan peserta didik untuk mencoba mencampur warna untuk mendapatkan warna lain merupkan salah satu kegiatan saintifik, khususnya…
a.       Mengamati
b.      Menanya
c.       Mengumpulkan informasi
d.      Menalar
12.  Peraturan Presiden nomer 60 tahun2013 berisi tentang:
a.       Pengembangan anak usia dini holistic integrative
b.      Pembelajaran saintifik
c.       Standar pendidikan nasional
d.      Sistem pendidikan nasional
13.  Dalam struktur kurikulum 2013 PAUD, merupakan pemgorganisasian..
a.       Muatan kurikulum, KI,KD dan lama belajar
b.      Muatan kurikulum, KI,KD, lama belajar dan metode
c.       Muatan kurikulum, KI,KD , lama belajar dan lingkup perkembangan
d.      Muatan kurikulum, KI,KD , lama belajar dan sistematik
14.  Muatan kurikulum berisi …
a.       6 lingkup perkembangan
b.      5 lingkup perkembangan
c.       Aturan pokok pembelajaran
d.      Landasan kurikulum
15.  Landasan teoritis K13 PAUD menyebutkan bahwa PAUD dikembangkan dengan mengacu pada pendidikan berbasis standar, salah satu standar tersebut adalah standar tingkat pencapaian perkembangn anak/STPPA, gambaran pencapaian STTPA pada akhir layanan usia PAUD disebut…
a.       Hasil pendidikan PAUD
b.      Kompetensi anak PAUD
c.       Kompetensi Dasar
d.      Kompetensi Inti
16.  Penanda perkembangan yang spesifik dan terukur untuk memantau/menilai perkembangan anak pada usia tertentu disebut…
a.       Kompetensi dasar
b.      Kompetensi inti
c.       Indikator
d.      Tingkat pencapaian
17.  Kegiatan untuk menemukan secara dini adanya potensi hambatan pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini disebut:
a.       Deteksi dini
b.      Stimulasi
c.       Intervensi
d.      Penjelasan a, b,c benar
18.  Sedangkan kurikulum operasional yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD disebut…
a.       Visi satuan pendidikan
b.      KTSP
c.       Acuan pembelajaran
d.      Konsep pembelajaran
19.   Interaksi antara pendidik dengan anak melalui kegiatan bermain disebut..
a.       Pembelajaran PAUD
b.      Pengertian pembelajaran
c.       Konsep pembelajaran
d.      Prinsip pembelajaran
20.  Perencanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 PAUD terdiri dari, kecuali…
a.       Program tahunan
b.      Program semester
c.       RPPM
d.      RPPH
21.  Sudut kegiatan yang disediakan khusus bagi anak yang sudah selesai melakukan kegiatanlebih cepat daripada temannnya merupakan karakteristik dari model pembelajaran..
a.       Kelompok berdasarkan sudut kegiatan
b.      Kelompok berdasarkan sudut pengaman
c.       Model pembelajaran area
d.      Model pembelajaran sentra
22.  Berikut ini adalah kelompok alat atau baan yang sebaiknya ada di sudut alam sekitar dan pengetahuan…
a.       Timbangan, biji-bijian dengan tempatnya, batu-batuan
b.      Meja , kursi, peralatan makan
c.       Permaianan konstruksi
d.      Buku ilmu pengetahuan dan alat-alat pengenalan bentuk
23.  Penggunaan istilah”pemberian pijakan- pijakan sebelum, selama dan sesudah main” lebih dikenal dalam model pembelajaran…
a.       Kelompok berdasarkan sudut kegiatan
b.      Kelompok berdasarkan sudut pengaman
c.       Model pembelajaran area
d.      Model pembelajaran sentra
24.  Pijakan pengalaman sebelum main meliputi:
a.       Menjelaskan waktu rangkaian main
b.      Merancang dan menyampaikan urutan transisi main
c.       Memberikan gagasan
d.      Membaca doa sesudah makan
25.  Metode bercakap-cakap diimplementasikan dalam kegiatan:
a.       Cara bertutur dan menyampaikan cerita secara lisan
b.      Tanya jawab antar anak dengan pendidik atau antar anak dengan anak lain
c.       Member pengalaman kepada anak baik secara individu maupun kelompok
d.      Mengembangkan daya khayal dan emajinasi, kemampuan berekspresi dan kreativitas anak.
26.  Kegiatan stimulasi diindikasikan oleh kegiatan :
a.       Upaya khusus yang diberikan kepada anak yang menurut hasil deteksi dini diketahui tumbuh kembangnya tidak optimal
b.      Meningkatkan funsi fisik dan psikis anak meliputi sensorik motor kognitif dan komunikasi
c.       Menemukan secara dini adanya potensi dan hambatan pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini
d.      Pemberian rangsangan pendidikan untuk mencapai potensi perkembangan sikap pengetahuan dan ketrampilan
27.  Ketrampilan untuk melihat persamaan, perbedaan bentuk, warna benda sebagi dasar untuk pengembangan kognitif merupakan indikasi kegiatan deteksi dini khususnya…
a.       Pengamatan melalui indera penglihatan
b.      Pengamatan melalui indera pendengaran
c.       Pengamatan untuk mengetahui hambatan motorik
d.      Pengamatan untuk mengetahui hambatan kognitif
28.  Berikut adalah pernyataan yang benar tentang penilaian autentik
a.       Pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar anak untuk ranah sikap, pengetahuan dan ketrampilan
b.      Penilaian yang tidak hanya mengetahui apa yang diketahui anak tetapi lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan anak
c.       Penilaian kegiatanyang dilakukan dalam satu sub tema dan dilakukan secara berulang-ulang
d.      Penilaian mengggambarkan pembelajaran, belajar dan assemen yang berjalan saling mengisi
29.  Prinsip obyektif penilaian diindikasi oleh:
a.       Penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi pengaruh penilai
b.      Penilaian dilaksanakan sesuai prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oeh orangtua,dan semua pemangku kepentingan yang relevan
c.       Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram sesuaipertumbuhan dan perkembangan anak dengan menggunakan berbagai instrument
d.      Penilaian mencakup pertumbuhan dan perkembangan anak baik sikap, pengetahuan dan ketrampilan.
30.  Tehnik penilaian dengan melihat produk yang dihsilkan anak setelah melakukan suatu kegiatan adalah’’’
a.       Pengamatan
b.      Percakapan
c.       Hasilkarya
d.      Penugasan
31.  Untukmenilai ketrampilan bernyanyi di dalam kelas penilaian yang paling tepat adalah assesmen…
a.       Unjuk kerja
b.      Catatan aanekdot
c.       Daftar cek
d.      Portofolio
32.  Komponen penting dalam laporan pertumbuhan dan perkembangan anak didik adalah:
(1)   Diskripsi keberhasilan belajar anak
(2)   Diskripsi keistimewaan anak pada semua aspek
(3)   Diskripsi tentang hal-hal yang penting dalam pengmbangan diri anak selanjutnya
(4)   Diskripsi tentang hal-hal yang perlu dilakukan guru dan orang tua dalam rangka pengembangan diri anak.
Urutan manakah yang benar dalam memberikan diskripsi urutan LPPA?
a.       (1),(2),(3),(4)
b.      (2),(10,(3),(4)
c.       (1),(2),(4),(3)
d.      (1),(3),(2),(4)
33.  Karakteristik spesifik kurikulum 2013 PAUD adalah…
a.       Berbasis kebutuhan
b.      Berbasis permainan
c.       Berbasis perkembangan
d.      Berbasis budaya
34.  Berikut ini yang tidak termsuk dalam prinsip pemilihan tema adalah…
a.       Tema dipilih dari lingkungan terdekat dengan kehidupan anak
b.      Tem dimulai dari hal sederhana menuju hal yang rumit bagi anak
c.       Tema ditentukan dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik
d.      Ruang lingkup tema mencakup semua aspek perkembangan
35.  Fungsi tema dalam perencanaan kegiatan adalah:
a.       Menyatukan kegiatan
b.      Mewadahi kegiatan
c.       Mengelompokan kegiatan
d.      Menjembatani kegiatan
36.  Penyatuan tema dalam model pembelajaran bermanfaat untuk:
a.       Mengintegrasikan kegiatan
b.      Menyatukan aktivitas
c.       Mengkoordinasikan indicator
d.      Memperluas pokok bahasan
37.  Pedoman pengembangankurikulum tingkat satuan pendidikan lembaga satuan PAUD terdapat dalam lampiran:
a.       Permendiknas 58 tahun2009
b.      Permendikbud nomer 137 tahun 2014
c.       Permendikbud nomer 146 tahun 2014
d.      UU nomer 20 tahun 2003
38.  Yang tidak termasuk dalam dokumen I pada KTSP adalah:
a.       Latar belakang, tujuan dan dasarpenyusunan KTSP
b.      Visi, misi dan tujuan KTSP
c.       Struktur dan muatan kurikulum
d.      Program tahuanan
39.  Berikut ini merupakan standar PAUD kecuali
a.       STTPA
b.      Standar isi
c.       Standar proses
d.      Standar pertumbuhan dan perkembanagan
40.  Acuan yang dipergunakan dalam pengembangan kurikulum PAUD adalah:
a.       STTPA
b.      Kompetensi dasar
c.       Kompetensi inti
d.      Budaya lokal
41.  Pertumbuhan dan perkembangan anak yang dicapai pada usia rentang tertentu di sebut:
a.       STTPA
b.      Kompetensi dasar
c.       Kompetensi inti
d.      Budaya lokal


42.  Lingkup materi yang meliputi program pengembangan yang disajkan dalam bentuk tema dan sub tema…
a.       STPPA
b.      Standar isi
c.       Standar proses
d.      Standar penilaian
43.  Mengamati berbagai ciptaan Tuhan, merupakan tingkat pencapaian perkembangan anak kelompokusia..
a.       6-9 bulan
b.      9-12 bulan
c.       12-18 bulan
d.      18 bulan- 2 tahun
44.  Membuat garis vertical atau horizontal adalah lingkup perkembangan motori halus anak pada tingkat pencapaian perkembanagn usia
a.       3-4 tahun
b.      3-5 tahun
c.       4’5 tahun
d.      18 bulan- 2 tahun
45.  Bereksperimen dengan bahan menggunakan cara baru, tingkat pencapian perkembangan
            anak pada usia
a.       3-4 tahun
b.      3-5 tahun
c.       4-5 tahun
d.      18-12 bulan
46.  Mengenal tiga macam bentuk lingkaran,segitiga,segiempat, adalah tingkat pencapaian perkembangan anak usia
a.       2-3 tahun
b.      3-4 tahun
c.       4-5 tahun
d.      5-6 tahun
47.  Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan, merupakan tingkat pencapaian perkembangan anak usia …
a.       2-3 tahun
b.      3-4 tahun
c.       4-5 tahun
d.      5-6 tahun
48.  Menggambar sesuai gagasannya adalah termasuk lingkup perkembangan…
a.       Motorik halus
b.      Seni
c.       Ketrampilan
d.      Kognitif
49.  Bertanggungjawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri, masuk kedalam lingkup
           Perkembangan…
a.       Motorik halus
b.      Nilai agama dan moral
c.       Sosial emosional
d.      Kognitif
50.  Mengenal pola ABCD-ABCD, termasuk lingkup perkembangan..
            a.  Bahasa
            b.  kognitif
            c. Sosial emosional
            d.  seni
51.  PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang dilakukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahunyang dilakukan melalui rangsangan pendidikanunutk membantu pertumbuhan dan perkemmbangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lajut, pernyataan tersebut terdapat pada..
a.       Undang-undang nomer 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 butir 14.
b.      Undang-undang nomer 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 butir 15
c.       Undang-undang nomer 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 butir 16.
d.      Undang-undang nomer 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 butir 17
52.  Memberdayakan peran orangtua dalam proses pembelajaran merupakan…
a.       Karakteristik Paud
b.      Karakteristik kurikulum 2013 PAUD
c.       Karakteristik pola pembelajaran PAUD
d.      Prinsip pembelajaran PAUD
53.  Mendorong berkembangnya potensi anak agar memiliki keesiapan menmpuh pendidikan selanjutnya …
a.       Tujuan pendidikan PAUD
b.      Tujuan kuriulum 13 PAUD
c.       Tujuan pola pembelajran PAUD
d.      Ciri pendidikan PAUD
54.  Dalam proses pendidikan anak usia dini membutuhkan keteladanan,motivasi, perlindungandan pengawasan secara berkesinambungan, sesuai falsafah pendidikan dari….
a.       Teori maria motessori
b.      Teori tabularasa
c.       Teori ki hajar dewantara
d.      Teori behaviouristik
55.  Pembelajaran PAUD dilaksanakan melalui bermain dan keiatan –kegiatan yang mengandung prinsip bermain karena…
a.       Anak PAUD selalu bermain
b.      Anak PAUD selalu belajr dan bermain
c.       Anak PAUD menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain
d.      Prinsip belajar seraya bermain
56.  PAUD dikembangkan secara inklusif untuk member dasar terbentunya sikap saling menghargai dan tidak membeda- bedakan, seuai dengan
a.       Landasan fisiologis
b.       Landasn psiko paedagogis
c.       Landasan filosofis
d.      Landasan yuridis
57.  Kurikulum 2013 PAUDmenerapkan pembelajaran dalam bentuk pemberian pengalaman belajar langsung kepada anak yang dirancang sesuai dengan latar belakang, karakteristik dan usia anak, terdapat pada….
a.       Landasan fisiologis
b.       Landasn psiko paedagogis
c.       Landasan filosofis
d.      Landasan toritis
58.  Muatan kurikulum PAUD berisi program pengembangan yang terdiri dari…
a.       6 lingkup perkembangan
b.      6 prisip perkembangan
c.       6 prinsip penilaian
d.      Program pengembangan layanan PAUD
59.  Gambaran pencapaian perkembangan anak pada akhir layanan PAUD usia enam tahun disebut…
a.       Kompetensi inti
b.      Kompetensi dasar
c.       Kegiatan inti
d.      Prinsip dasar
60.  Menerima ajaran agama yang dianutnya merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran…
a.       Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
b.      Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai ungkapan kepercayaan kepada Tuhan.
c.       Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa hormat kepada Tuhan.
d.      Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur  daambentukibadah kepada Tuhan.
61.  Mengenal perilaku baik sebagai cerminan aklak mulia, adalah muatan konteks pembelajaran pada…
a.       Kompetensi inti 1
b.      Kompetensi inti 2
c.       Kompetensi inti 3
d.      Kompetensi inti 4
62.  Layanan belajar pada usia 4-6 tahun, lama belajar ayng harus diikuti dalam satu minggu adalah…
a.       360 menit
b.      900 menit
c.       360 ditambah 90 menit
d.      900 ditambah 60 menit
63.  Indikator pencapaian perkembangan nk dirumuskan berdasarkan…
a.       STTPA
b.      KI
c.       KD
d.      Prinsip pembelajaran
64.  Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KI dan KD pada sikap spiritual dan sikap social tidak dirumuskan secara tersendiri karena…
a.       Pembelajaran untuk mencapai KD ini dilakukan secara tidak langsung
b.      Pembelajaran untuk mencapai KD ini dilakukan secara tidak perlu indikator
c.       Pembelajaran untuk mencapai KD ini dilakukan secara tidak terlalu diperhatikan
d.      Pembelajaran untuk mencapai KD ini dilakukan secara tidak urgen
65.  Berkembangnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur,dengan satuan panjang dan berat adalah pengertian…
a.       DDTKA
b.      Pertumbuhan
c.       Perkembanagan
d.      Pengukuran
66.  Berkembangnya fungsi psikis dan fisik anak meliputi sensorik (mendengar melihat,meraba,merasa dan menghidu) motorik (gerakan motorik kasar dan halus)kognitif ( pengetahuan, kecerdasan) komunikasi (berbicara dan berbicara) serta sikap religius,social emosional,dan kreativitas, adalah pengertian…
a.       DDTKA
b.      Pertumbuhan
c.       Perkembanagan
d.      Pengukuran
67.  Stimulasi adalah…
a.       Pembian ragsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan bagi anak usia dari lahir sampai 6 tahun agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimL
68.   
b.      Pemberian ragsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan bagi anak usia dari lahir sampai 6 tahun agar dapat tercapai pendidkan PAUD
c.       Pemberian ragsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan bagi anak usia dari lahir sampai 6 tahun agar dapat belajar dengan maksiaml
d.      Pemberian ragsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan bagi anak usia dari lahir sampai 6 tahun agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai harapan pendidik.
69.  Upaya khusus yang diberikan kepaa anak yang menurut hasil dteksi dini diketahui tumbuh kembangnya tidak optimal disebut…
a.       Intervensi
b.      Assosiasi
c.       Organisasi
d.      Stimulasi
70.  Usaha untuk mengidentifikasi hambatan pertumbuhan dan perkembangan anak melali pengamatan dan wawancara dengan orangtua disebut…
a.       Stategi
b.      Deteksi
c.       Intervensi
d.      Assosiasi
71.  Hambatan yang terjadi pada deteki dini yang berhubungan dengan pengendalian emosi dan bersosialisasi adalah,,,
a.       Kurang konsentrasi
b.      Sulit berinteraksi
c.       Muda menangis
d.      Semua benar
72.  Deteksi dini yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa yang meliputi kemampuan membedakan suara yang bermakna dan tidak bermakna disebut..
a.       Bahasa reseptif
b.      Bahasa ekspresif
c.       Bahasa pragmatik
d.      Pemhaman bahasa
73.  Sedangkan deteksi dini yang berhubungn dengan kemampuan berkomunikasi anak di sebut…
a.       Bahasa reseptif
b.      Bahasa ekspresif
c.       Bahasa pragmatik
d.      Pemhaman bahasa

74.  Kemampuan untuk mengingat apa yang sudah dilihatnya adalah deteksi dini yang berkaitan dengan
a.       Motorik halus
b.      Kognitif
c.       Penglihatan
d.      Pendengaran
75.  Pembelajaran anak usia dini berpusat pada anak, pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah
a.       Pendekatan tematik
b.      Pendekatan holistic
c.       Pendekatan saintifik
d.      Pendekatan teoritik
76.  Pendidik harus mampu mengembangkan semua aspek perkembangan sesuai tahapan usia anak, adalah prinsip pembelajaran anak usia dini yang berorientasipada…
a.       Perkembangan anak
b.      Kebutuhan anak
c.       Nilai karakter
d.      Kecakapan hidup
77.  Kegiatan yang dilakukan untuk satu tema, sub tema atau sub-sub tema dirancang untuk mencapai secara bersama-sama kompetensi sikap,pengetahuan dan ketrampilan dengan mencakup sebagian atau seluruh aspek perkembangan, menggunakan pendekatan pembelajaran..
a.       Belajar melalui bermain
b.      Berpusat pada tema
c.       Tematik terpadu
d.      Pembelajaran aktif
78.  Kegiatan yang memberikan ruang yang cukup bagi anak untukberinisiatif,kreatif dan mandiri sesuai dengan bakat, minat dan kebutuhan anak terdapat pada kegiatan pembelajaran...
a.       Tematik terpadu
b.      Kegiatan inti
c.       Kegiatan awal
d.      Kegiatan akhir
79.  Kegiatan yang dilaksanakan dengan kegiatan saintifik adalah…
a.       Kegiatan awal
b.      Kegiatan inti
c.       Kegiatn akhir
d.      Semua benar
80.  Refleksi dan umpan balik dilaksanakan pada saat…

a.       Kegiatan awal
b.      Kegiatan inti
c.       Kegiatn akhir
d.      Semua benar
81.  Berikut ini adalah salah saty metode pembelajaran di PAUD kecuali..
a.       Projek
b.      Pemberian tugas
c.       Eksperimen
d.      Observasi
82.  Pengumpulan dan pengelolaan informasi untukmengukur capaian belajar anak disebut…
a.       Laporan
b.      Penilaian
c.       Pengamatan
d.      Alat ukur
83.  Pedoman penilaian hasil belajar diperuntukan bagi pihak yang berkepentingan kecuali
a.       Pendidik
b.      Pengelola satuan PAUD
c.       Dinas pendidikan
d.      Orangtua
84.  Manfaat pedomnan penilaian hasil belajar bagi pendidik usia lahir-4 tahun adalah..
a.       Sebagi referensi yang dipertimbangkan dalam melaksanankan penilaian stimulasi tumbuh kembang anak
b.      Acuan dalam merancang dan memantaup pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
c.       Melaksanakan pemantauan dan pembinaan sesuai dengan kewenangannya
d.      Sebagai acuan dalam melaksanakan penilaian proses hasil belajar.
85.  Manfaat penilaian bagi pendidik anak usia 4-6 tahun adalah…
a.       Sebagi referensi yang dipertimbangkan dalam melaksanankan penilaian stimulasi tumbuh kembang anak
b.      Acuan dalam merancang dan memantaup pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
c.       Melaksanakan pemantauan dan pembinaan sesuai dengan kewenangannya
d.      Sebagai acuan dalam melaksanakan penilaian proses hasil belajar.
86.  Manfaat penilaian bagi pengelola satuan PAUD adalah…
a.       Sebagi referensi yang dipertimbangkan dalam melaksanankan penilaian stimulasi tumbuh kembang anak
b.      Acuan dalam merancang dan memantaup pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
c.       Melaksanakan pemantauan dan pembinaan sesuai dengan kewenangannya
d.      Sebagai acuan dalam melaksanakan penilaian proses hasil belajar.
87.  Manfaat penilian bagi dinas pendidikan adalah…
a.       Sebagi referensi yang dipertimbangkan dalam melaksanankan penilaian stimulasi tumbuh kembang anak
b.      Acuan dalam merancang dan memantaup pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
c.       Melaksanakan pemantauan dan pembinaan sesuai dengan kewenangannya
d.      Sebagai acuan dalam melaksanakan penilaian proses hasil belajar.
88.  Suatu proses mengumpulkan dan mengkaji berbagai informasi secara sistematis terukur dan berkelanjutan secara menyeluruh tntang perkembangan anak yang telah dicapai pada kurun waktu tertentu di sebut penilaian….
a.       Penilaian proses dan hasil
b.      Penilaian otentik
c.       Penilaian hasil
d.      Penilaian proses
89.  Berikut ini termasuk prinsip penilaian kecuali…
a.       Akuntabel
b.      Mendidik
c.       Berkesinambungan
d.      Autentik
90.  Definisi prinsip penilaian transparan adala….
a.       Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan pemangku kepentingan yang relevan
b.      Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram
c.       Penilaian mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan
d.      Memberikan informasi bagi anak, orangtua, pandidik, dan pihak yang relevan.
91.  Definisi prinsip penilaian sistematis….
a.       Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan pemangku kepentingan yang relevan
b.      Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram
c.       Penilaian mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan
d.      Memberikan informasi bagi anak, orangtua, pandidik, dan pihak yang relevan.
92.  Definisi prinsip penilaian menyeluruh….
a.       Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan pemangku kepentingan yang relevan
b.      Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram
c.       Penilaian mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan
d.      Memberikan informasi bagi anak, orangtua, pandidik, dan pihak yang relevan.


93.  Definisi prinsip penilaian bermakna….
a.       Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh orang tua dan pemangku kepentingan yang relevan
b.      Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram
c.       Penilaian mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan
d.      Memberikan informasi bagi anak, orangtua, pandidik, dan pihak yang relevan.
94.  Penilaian yang dapat digunakan baik pada saat kegiatan terpimpin maupun bebas adalah….
a.       Observasi
b.      Percakapan
c.       Penugasan
d.      Unjuk kerja
95.  Piahak yang terlibat dalam penilaian adalah tersebut di bawah ini kecuali….
a.       Pendidik
b.      Orangtua
c.       Pengelola PAUD
d.      Pihak yang relevan.




SUKSES SELALU



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP