SIAP UKG MELALUI 95 LATIHAN SOAL
CONTOH
SOAL UKG
Pilihlah jawaban yang paling tepat
menurut anda .
1. Yang
dimaksud PAUD adalah :
a. Pendidikan
Anak Usia Dini
b. Upaya
pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun
yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki
pendidikan lebih lanjut.
c. Upaya
pendidikan yang ditujukan kepada anak usia
sekolah dengan memberikan pembelajaran yang terencana dan terprogram
sesuaikurikulum
d. Upaya
pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun
yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani sesuai dengan undang – undang nomer 17 tahun 2007 dengan
pembelajaran yang terorganisir dam menyeluruh.
2. Layaan
PAUD untuk anak usia 4 sampai 6 tahun
terdiri atas:
a. Taman
penitipan anak dan satuan paud sejenis
b. Kelompok
bermaian dan TPA
c. TK
dan TPA
d. Tk,RA,BA
dan sejenisnya
3. Peraturan
menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomer 146 tahu 2014
berisikan tentang :
a. Kerangka
dasar dan struktur kuriulum 2013 PAUD tahun 2015
b. Kurikulum
2013 PAUD tahun 2015’
c. Pedoman
pengembangan kurikulum tingkat satuan PAUD.
d. Standar
nasional PAUD tahun 2915
4. Pengertian
kurikulum adalah:
a. Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu.
b. Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan yan diatur secara
terprogram.
c. Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan yan diatur secara
terprogram, terarah dan sistematis.
d. Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan yan diatur secara
terprogram, terarah dan sistematis,sesuai aturan perundangan.
5. Pernyataan
PAUD merupakan pendidikan yang fundamental karena perkembangan anak di masa
selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi beermakna yang diberikan
sejak usia dini, merupakan
a. Rasio
pengembangan kurikulum 2013 PAUD.
b. Tujuan
kurikulum 2013 PAUD
c. Karaktristik
kurikulum 2013 PAUD
d. Elemen
perubahan kurikulum 2013 PAUD
6. Kegitan
percobaan memasukan benda dalam air. Aspek perkembangan sikap yang terdapat
dalam kegiatan tersebut adalah:
a. Mengkoordinasikan
mata dan tangan
b. Teliti
c. Mengenal
jenis benda
d. Mengkomunikasikan
hasil
7. Kegiatan
menyanyi lagu “dua mata saya”, terkait perkembangan aspek pengetahuan yaitu:
a. Berani
tampil
b. Bergerak
sesuai lagu
c. Mengapresiasi anak lain yang bernyanyi
d. Menambah
kosa kata
8. Anak
adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif, adalah isi kerangka dasar kurikulum
sesuai dengan:
a. Landasan
filosofis
b. Landasan
sosiologis
c. Landasan
psiko paedagogis
d. Landasan
teoritis
9. Kurikulum
2013 PAUD dikembangkan dengan mengacu pada cara mendidik anak sebagai pribadi
yang unik, adalah isi kerangka dasar kurikulum sesuai dengan:
a. Landasan
filosofis
b. Landasan
sosiologis
c. Landasan
psiko paedagogis
d. Landasan
teoritis
10. Pendekatan
pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif membangun
kompetensi sikap, pengetahuan dan ketampilan melalui kegiatan, mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi,menalar dan mengkomunikasikan adalah...
a. Pendekatan
tematik
b. Pendekatan
saintifik
c. Pendekatan
terpadu
d. Pendekatan
integrative
11. Kegiatan
peserta didik untuk mencoba mencampur warna untuk mendapatkan warna lain
merupkan salah satu kegiatan saintifik, khususnya…
a. Mengamati
b. Menanya
c. Mengumpulkan
informasi
d. Menalar
12. Peraturan
Presiden nomer 60 tahun2013 berisi tentang:
a. Pengembangan
anak usia dini holistic integrative
b. Pembelajaran
saintifik
c. Standar
pendidikan nasional
d. Sistem
pendidikan nasional
13. Dalam
struktur kurikulum 2013 PAUD, merupakan pemgorganisasian..
a. Muatan
kurikulum, KI,KD dan lama belajar
b. Muatan
kurikulum, KI,KD, lama belajar dan metode
c. Muatan
kurikulum, KI,KD , lama belajar dan lingkup perkembangan
d. Muatan
kurikulum, KI,KD , lama belajar dan sistematik
14. Muatan
kurikulum berisi …
a. 6
lingkup perkembangan
b. 5
lingkup perkembangan
c. Aturan
pokok pembelajaran
d. Landasan
kurikulum
15. Landasan
teoritis K13 PAUD menyebutkan bahwa PAUD dikembangkan dengan mengacu pada
pendidikan berbasis standar, salah satu standar tersebut adalah standar tingkat
pencapaian perkembangn anak/STPPA, gambaran pencapaian STTPA pada akhir layanan
usia PAUD disebut…
a. Hasil
pendidikan PAUD
b. Kompetensi
anak PAUD
c. Kompetensi
Dasar
d. Kompetensi
Inti
16. Penanda
perkembangan yang spesifik dan terukur untuk memantau/menilai perkembangan anak
pada usia tertentu disebut…
a. Kompetensi
dasar
b. Kompetensi
inti
c. Indikator
d. Tingkat
pencapaian
17. Kegiatan
untuk menemukan secara dini adanya potensi hambatan pertumbuhan dan
perkembangan pada anak usia dini disebut:
a. Deteksi
dini
b. Stimulasi
c. Intervensi
d. Penjelasan
a, b,c benar
18. Sedangkan
kurikulum operasional yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD
disebut…
a. Visi
satuan pendidikan
b. KTSP
c. Acuan
pembelajaran
d. Konsep
pembelajaran
19. Interaksi antara pendidik dengan anak melalui
kegiatan bermain disebut..
a. Pembelajaran
PAUD
b. Pengertian
pembelajaran
c. Konsep
pembelajaran
d. Prinsip
pembelajaran
20. Perencanaan
pembelajaran dalam kurikulum 2013 PAUD terdiri dari, kecuali…
a. Program
tahunan
b. Program
semester
c. RPPM
d. RPPH
21. Sudut
kegiatan yang disediakan khusus bagi anak yang sudah selesai melakukan
kegiatanlebih cepat daripada temannnya merupakan karakteristik dari model
pembelajaran..
a. Kelompok
berdasarkan sudut kegiatan
b. Kelompok
berdasarkan sudut pengaman
c. Model
pembelajaran area
d. Model
pembelajaran sentra
22. Berikut
ini adalah kelompok alat atau baan yang sebaiknya ada di sudut alam sekitar dan
pengetahuan…
a. Timbangan,
biji-bijian dengan tempatnya, batu-batuan
b. Meja
, kursi, peralatan makan
c. Permaianan
konstruksi
d. Buku
ilmu pengetahuan dan alat-alat pengenalan bentuk
23. Penggunaan
istilah”pemberian pijakan- pijakan sebelum, selama dan sesudah main” lebih
dikenal dalam model pembelajaran…
a. Kelompok
berdasarkan sudut kegiatan
b. Kelompok
berdasarkan sudut pengaman
c. Model
pembelajaran area
d. Model
pembelajaran sentra
24. Pijakan
pengalaman sebelum main meliputi:
a. Menjelaskan
waktu rangkaian main
b. Merancang
dan menyampaikan urutan transisi main
c. Memberikan
gagasan
d. Membaca
doa sesudah makan
25. Metode
bercakap-cakap diimplementasikan dalam kegiatan:
a. Cara
bertutur dan menyampaikan cerita secara lisan
b. Tanya
jawab antar anak dengan pendidik atau antar anak dengan anak lain
c. Member
pengalaman kepada anak baik secara individu maupun kelompok
d. Mengembangkan
daya khayal dan emajinasi, kemampuan berekspresi dan kreativitas anak.
26. Kegiatan
stimulasi diindikasikan oleh kegiatan :
a. Upaya
khusus yang diberikan kepada anak yang menurut hasil deteksi dini diketahui
tumbuh kembangnya tidak optimal
b. Meningkatkan
funsi fisik dan psikis anak meliputi sensorik motor kognitif dan komunikasi
c. Menemukan
secara dini adanya potensi dan hambatan pertumbuhan dan perkembangan pada anak
usia dini
d. Pemberian
rangsangan pendidikan untuk mencapai potensi perkembangan sikap pengetahuan dan
ketrampilan
27. Ketrampilan
untuk melihat persamaan, perbedaan bentuk, warna benda sebagi dasar untuk
pengembangan kognitif merupakan indikasi kegiatan deteksi dini khususnya…
a. Pengamatan
melalui indera penglihatan
b. Pengamatan
melalui indera pendengaran
c. Pengamatan
untuk mengetahui hambatan motorik
d. Pengamatan
untuk mengetahui hambatan kognitif
28. Berikut
adalah pernyataan yang benar tentang penilaian autentik
a. Pengukuran
yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar anak untuk ranah sikap,
pengetahuan dan ketrampilan
b. Penilaian
yang tidak hanya mengetahui apa yang diketahui anak tetapi lebih menekankan
mengukur apa yang dapat dilakukan anak
c. Penilaian
kegiatanyang dilakukan dalam satu sub tema dan dilakukan secara berulang-ulang
d. Penilaian
mengggambarkan pembelajaran, belajar dan assemen yang berjalan saling mengisi
29. Prinsip
obyektif penilaian diindikasi oleh:
a. Penilaian
didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi pengaruh
penilai
b. Penilaian
dilaksanakan sesuai prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oeh orangtua,dan
semua pemangku kepentingan yang relevan
c. Penilaian
dilakukan secara teratur dan terprogram sesuaipertumbuhan dan perkembangan anak
dengan menggunakan berbagai instrument
d. Penilaian
mencakup pertumbuhan dan perkembangan anak baik sikap, pengetahuan dan
ketrampilan.
30. Tehnik
penilaian dengan melihat produk yang dihsilkan anak setelah melakukan suatu
kegiatan adalah’’’
a. Pengamatan
b. Percakapan
c. Hasilkarya
d. Penugasan
31. Untukmenilai
ketrampilan bernyanyi di dalam kelas penilaian yang paling tepat adalah
assesmen…
a. Unjuk
kerja
b. Catatan
aanekdot
c. Daftar
cek
d. Portofolio
32. Komponen
penting dalam laporan pertumbuhan dan perkembangan anak didik adalah:
(1) Diskripsi
keberhasilan belajar anak
(2) Diskripsi
keistimewaan anak pada semua aspek
(3) Diskripsi
tentang hal-hal yang penting dalam pengmbangan diri anak selanjutnya
(4) Diskripsi
tentang hal-hal yang perlu dilakukan guru dan orang tua dalam rangka
pengembangan diri anak.
Urutan manakah yang benar dalam memberikan diskripsi
urutan LPPA?
a. (1),(2),(3),(4)
b. (2),(10,(3),(4)
c. (1),(2),(4),(3)
d. (1),(3),(2),(4)
33. Karakteristik
spesifik kurikulum 2013 PAUD adalah…
a. Berbasis
kebutuhan
b. Berbasis
permainan
c. Berbasis
perkembangan
d. Berbasis
budaya
34. Berikut
ini yang tidak termsuk dalam prinsip pemilihan tema adalah…
a. Tema
dipilih dari lingkungan terdekat dengan kehidupan anak
b. Tem
dimulai dari hal sederhana menuju hal yang rumit bagi anak
c. Tema
ditentukan dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik
d. Ruang
lingkup tema mencakup semua aspek perkembangan
35. Fungsi
tema dalam perencanaan kegiatan adalah:
a. Menyatukan
kegiatan
b. Mewadahi
kegiatan
c. Mengelompokan
kegiatan
d. Menjembatani
kegiatan
36. Penyatuan
tema dalam model pembelajaran bermanfaat untuk:
a. Mengintegrasikan
kegiatan
b. Menyatukan
aktivitas
c. Mengkoordinasikan
indicator
d. Memperluas
pokok bahasan
37. Pedoman
pengembangankurikulum tingkat satuan pendidikan lembaga satuan PAUD terdapat
dalam lampiran:
a. Permendiknas
58 tahun2009
b. Permendikbud
nomer 137 tahun 2014
c. Permendikbud
nomer 146 tahun 2014
d. UU
nomer 20 tahun 2003
38. Yang
tidak termasuk dalam dokumen I pada KTSP adalah:
a. Latar
belakang, tujuan dan dasarpenyusunan KTSP
b. Visi,
misi dan tujuan KTSP
c. Struktur
dan muatan kurikulum
d. Program
tahuanan
39. Berikut
ini merupakan standar PAUD kecuali
a. STTPA
b. Standar
isi
c. Standar
proses
d. Standar
pertumbuhan dan perkembanagan
40. Acuan
yang dipergunakan dalam pengembangan kurikulum PAUD adalah:
a. STTPA
b. Kompetensi
dasar
c. Kompetensi
inti
d. Budaya
lokal
41. Pertumbuhan
dan perkembangan anak yang dicapai pada usia rentang tertentu di sebut:
a. STTPA
b. Kompetensi
dasar
c. Kompetensi
inti
d. Budaya
lokal
42. Lingkup
materi yang meliputi program pengembangan yang disajkan dalam bentuk tema dan
sub tema…
a. STPPA
b. Standar
isi
c. Standar
proses
d. Standar
penilaian
43. Mengamati
berbagai ciptaan Tuhan, merupakan tingkat pencapaian perkembangan anak kelompokusia..
a. 6-9
bulan
b. 9-12
bulan
c. 12-18
bulan
d. 18
bulan- 2 tahun
44. Membuat
garis vertical atau horizontal adalah lingkup perkembangan motori halus anak
pada tingkat pencapaian perkembanagn usia
a. 3-4
tahun
b. 3-5
tahun
c. 4’5
tahun
d. 18
bulan- 2 tahun
45. Bereksperimen
dengan bahan menggunakan cara baru, tingkat pencapian perkembangan
anak pada usia
a. 3-4
tahun
b. 3-5
tahun
c. 4-5
tahun
d. 18-12
bulan
46. Mengenal
tiga macam bentuk lingkaran,segitiga,segiempat, adalah tingkat pencapaian
perkembangan anak usia
a. 2-3
tahun
b. 3-4
tahun
c. 4-5
tahun
d. 5-6
tahun
47. Mulai
bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan, merupakan tingkat pencapaian
perkembangan anak usia …
a. 2-3
tahun
b. 3-4
tahun
c. 4-5
tahun
d. 5-6
tahun
48. Menggambar
sesuai gagasannya adalah termasuk lingkup perkembangan…
a. Motorik
halus
b. Seni
c. Ketrampilan
d. Kognitif
49. Bertanggungjawab
atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri, masuk kedalam lingkup
Perkembangan…
a. Motorik
halus
b. Nilai
agama dan moral
c. Sosial
emosional
d. Kognitif
50. Mengenal
pola ABCD-ABCD, termasuk lingkup perkembangan..
a.
Bahasa
b.
kognitif
c. Sosial emosional
d.
seni
51. PAUD
merupakan suatu upaya pembinaan yang dilakukan kepada anak sejak lahir sampai
usia enam tahunyang dilakukan melalui rangsangan pendidikanunutk membantu
pertumbuhan dan perkemmbangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan
belajar dalam memasuki pendidikan lebih lajut, pernyataan tersebut terdapat
pada..
a. Undang-undang
nomer 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 butir 14.
b. Undang-undang
nomer 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 butir 15
c. Undang-undang
nomer 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 butir 16.
d. Undang-undang
nomer 20 tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 butir 17
52. Memberdayakan
peran orangtua dalam proses pembelajaran merupakan…
a. Karakteristik
Paud
b. Karakteristik
kurikulum 2013 PAUD
c. Karakteristik
pola pembelajaran PAUD
d. Prinsip
pembelajaran PAUD
53. Mendorong
berkembangnya potensi anak agar memiliki keesiapan menmpuh pendidikan
selanjutnya …
a. Tujuan
pendidikan PAUD
b. Tujuan
kuriulum 13 PAUD
c. Tujuan
pola pembelajran PAUD
d. Ciri
pendidikan PAUD
54. Dalam
proses pendidikan anak usia dini membutuhkan keteladanan,motivasi,
perlindungandan pengawasan secara berkesinambungan, sesuai falsafah pendidikan
dari….
a. Teori
maria motessori
b. Teori
tabularasa
c. Teori
ki hajar dewantara
d. Teori
behaviouristik
55. Pembelajaran
PAUD dilaksanakan melalui bermain dan keiatan –kegiatan yang mengandung prinsip
bermain karena…
a. Anak
PAUD selalu bermain
b. Anak
PAUD selalu belajr dan bermain
c. Anak
PAUD menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain
d. Prinsip
belajar seraya bermain
56. PAUD
dikembangkan secara inklusif untuk member dasar terbentunya sikap saling
menghargai dan tidak membeda- bedakan, seuai dengan
a. Landasan
fisiologis
b. Landasn psiko paedagogis
c. Landasan
filosofis
d. Landasan
yuridis
57. Kurikulum
2013 PAUDmenerapkan pembelajaran dalam bentuk pemberian pengalaman belajar
langsung kepada anak yang dirancang sesuai dengan latar belakang, karakteristik
dan usia anak, terdapat pada….
a. Landasan
fisiologis
b. Landasn psiko paedagogis
c. Landasan
filosofis
d. Landasan
toritis
58. Muatan
kurikulum PAUD berisi program pengembangan yang terdiri dari…
a. 6
lingkup perkembangan
b. 6
prisip perkembangan
c. 6
prinsip penilaian
d. Program
pengembangan layanan PAUD
59. Gambaran
pencapaian perkembangan anak pada akhir layanan PAUD usia enam tahun disebut…
a. Kompetensi
inti
b. Kompetensi
dasar
c. Kegiatan
inti
d. Prinsip
dasar
60. Menerima
ajaran agama yang dianutnya merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan
pembelajaran…
a. Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan.
b. Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai ungkapan kepercayaan
kepada Tuhan.
c. Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa hormat kepada
Tuhan.
d. Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur daambentukibadah kepada Tuhan.
61. Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan aklak mulia, adalah muatan konteks pembelajaran
pada…
a. Kompetensi
inti 1
b. Kompetensi
inti 2
c. Kompetensi
inti 3
d. Kompetensi
inti 4
62. Layanan
belajar pada usia 4-6 tahun, lama belajar ayng harus diikuti dalam satu minggu
adalah…
a. 360
menit
b. 900
menit
c. 360
ditambah 90 menit
d. 900
ditambah 60 menit
63. Indikator
pencapaian perkembangan nk dirumuskan berdasarkan…
a. STTPA
b. KI
c. KD
d. Prinsip
pembelajaran
64. Indikator
pencapaian perkembangan anak untuk KI dan KD pada sikap spiritual dan sikap
social tidak dirumuskan secara tersendiri karena…
a. Pembelajaran
untuk mencapai KD ini dilakukan secara tidak langsung
b. Pembelajaran
untuk mencapai KD ini dilakukan secara tidak perlu indikator
c. Pembelajaran
untuk mencapai KD ini dilakukan secara tidak terlalu diperhatikan
d. Pembelajaran
untuk mencapai KD ini dilakukan secara tidak urgen
65. Berkembangnya
ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat
diukur,dengan satuan panjang dan berat adalah pengertian…
a. DDTKA
b. Pertumbuhan
c. Perkembanagan
d. Pengukuran
66. Berkembangnya
fungsi psikis dan fisik anak meliputi sensorik (mendengar melihat,meraba,merasa
dan menghidu) motorik (gerakan motorik kasar dan halus)kognitif ( pengetahuan,
kecerdasan) komunikasi (berbicara dan berbicara) serta sikap religius,social
emosional,dan kreativitas, adalah pengertian…
a. DDTKA
b. Pertumbuhan
c. Perkembanagan
d. Pengukuran
67. Stimulasi
adalah…
a. Pembian
ragsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap,
pengetahuan dan ketrampilan bagi anak usia dari lahir sampai 6 tahun agar dapat
tumbuh dan berkembang secara optimL
68.
b. Pemberian
ragsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap,
pengetahuan dan ketrampilan bagi anak usia dari lahir sampai 6 tahun agar dapat
tercapai pendidkan PAUD
c. Pemberian
ragsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap,
pengetahuan dan ketrampilan bagi anak usia dari lahir sampai 6 tahun agar dapat
belajar dengan maksiaml
d. Pemberian
ragsangan pendidikan yang diberikan untuk mencapai kompetensi sikap,
pengetahuan dan ketrampilan bagi anak usia dari lahir sampai 6 tahun agar dapat
tumbuh dan berkembang sesuai harapan pendidik.
69. Upaya
khusus yang diberikan kepaa anak yang menurut hasil dteksi dini diketahui
tumbuh kembangnya tidak optimal disebut…
a. Intervensi
b. Assosiasi
c. Organisasi
d. Stimulasi
70. Usaha
untuk mengidentifikasi hambatan pertumbuhan dan perkembangan anak melali
pengamatan dan wawancara dengan orangtua disebut…
a. Stategi
b. Deteksi
c. Intervensi
d. Assosiasi
71. Hambatan
yang terjadi pada deteki dini yang berhubungan dengan pengendalian emosi dan
bersosialisasi adalah,,,
a. Kurang
konsentrasi
b. Sulit
berinteraksi
c. Muda
menangis
d. Semua
benar
72. Deteksi
dini yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa yang meliputi kemampuan
membedakan suara yang bermakna dan tidak bermakna disebut..
a. Bahasa
reseptif
b. Bahasa
ekspresif
c. Bahasa
pragmatik
d. Pemhaman
bahasa
73. Sedangkan
deteksi dini yang berhubungn dengan kemampuan berkomunikasi anak di sebut…
a. Bahasa
reseptif
b. Bahasa
ekspresif
c. Bahasa
pragmatik
d. Pemhaman
bahasa
74. Kemampuan
untuk mengingat apa yang sudah dilihatnya adalah deteksi dini yang berkaitan
dengan
a. Motorik
halus
b. Kognitif
c. Penglihatan
d. Pendengaran
75. Pembelajaran
anak usia dini berpusat pada anak, pendekatan pembelajaran yang digunakan
adalah
a. Pendekatan
tematik
b. Pendekatan
holistic
c. Pendekatan
saintifik
d. Pendekatan
teoritik
76. Pendidik
harus mampu mengembangkan semua aspek perkembangan sesuai tahapan usia anak,
adalah prinsip pembelajaran anak usia dini yang berorientasipada…
a. Perkembangan
anak
b. Kebutuhan
anak
c. Nilai
karakter
d. Kecakapan
hidup
77. Kegiatan
yang dilakukan untuk satu tema, sub tema atau sub-sub tema dirancang untuk
mencapai secara bersama-sama kompetensi sikap,pengetahuan dan ketrampilan
dengan mencakup sebagian atau seluruh aspek perkembangan, menggunakan
pendekatan pembelajaran..
a. Belajar
melalui bermain
b. Berpusat
pada tema
c. Tematik
terpadu
d. Pembelajaran
aktif
78. Kegiatan
yang memberikan ruang yang cukup bagi anak untukberinisiatif,kreatif dan
mandiri sesuai dengan bakat, minat dan kebutuhan anak terdapat pada kegiatan
pembelajaran...
a. Tematik
terpadu
b. Kegiatan
inti
c. Kegiatan
awal
d. Kegiatan
akhir
79. Kegiatan
yang dilaksanakan dengan kegiatan saintifik adalah…
a. Kegiatan
awal
b. Kegiatan
inti
c. Kegiatn
akhir
d. Semua
benar
80. Refleksi
dan umpan balik dilaksanakan pada saat…
a. Kegiatan
awal
b. Kegiatan
inti
c. Kegiatn
akhir
d. Semua
benar
81. Berikut
ini adalah salah saty metode pembelajaran di PAUD kecuali..
a. Projek
b. Pemberian
tugas
c. Eksperimen
d. Observasi
82. Pengumpulan
dan pengelolaan informasi untukmengukur capaian belajar anak disebut…
a. Laporan
b. Penilaian
c. Pengamatan
d. Alat
ukur
83. Pedoman
penilaian hasil belajar diperuntukan bagi pihak yang berkepentingan kecuali
a. Pendidik
b. Pengelola
satuan PAUD
c. Dinas
pendidikan
d. Orangtua
84. Manfaat
pedomnan penilaian hasil belajar bagi pendidik usia lahir-4 tahun adalah..
a. Sebagi
referensi yang dipertimbangkan dalam melaksanankan penilaian stimulasi tumbuh
kembang anak
b. Acuan
dalam merancang dan memantaup pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
c. Melaksanakan
pemantauan dan pembinaan sesuai dengan kewenangannya
d. Sebagai
acuan dalam melaksanakan penilaian proses hasil belajar.
85. Manfaat
penilaian bagi pendidik anak usia 4-6 tahun adalah…
a. Sebagi
referensi yang dipertimbangkan dalam melaksanankan penilaian stimulasi tumbuh
kembang anak
b. Acuan
dalam merancang dan memantaup pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
c. Melaksanakan
pemantauan dan pembinaan sesuai dengan kewenangannya
d. Sebagai
acuan dalam melaksanakan penilaian proses hasil belajar.
86. Manfaat
penilaian bagi pengelola satuan PAUD adalah…
a. Sebagi
referensi yang dipertimbangkan dalam melaksanankan penilaian stimulasi tumbuh
kembang anak
b. Acuan
dalam merancang dan memantaup pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
c. Melaksanakan
pemantauan dan pembinaan sesuai dengan kewenangannya
d. Sebagai
acuan dalam melaksanakan penilaian proses hasil belajar.
87. Manfaat
penilian bagi dinas pendidikan adalah…
a. Sebagi
referensi yang dipertimbangkan dalam melaksanankan penilaian stimulasi tumbuh
kembang anak
b. Acuan
dalam merancang dan memantaup pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar
c. Melaksanakan
pemantauan dan pembinaan sesuai dengan kewenangannya
d. Sebagai
acuan dalam melaksanakan penilaian proses hasil belajar.
88. Suatu
proses mengumpulkan dan mengkaji berbagai informasi secara sistematis terukur
dan berkelanjutan secara menyeluruh tntang perkembangan anak yang telah dicapai
pada kurun waktu tertentu di sebut penilaian….
a. Penilaian
proses dan hasil
b. Penilaian
otentik
c. Penilaian
hasil
d. Penilaian
proses
89. Berikut
ini termasuk prinsip penilaian kecuali…
a. Akuntabel
b. Mendidik
c. Berkesinambungan
d. Autentik
90. Definisi
prinsip penilaian transparan adala….
a. Penilaian
dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh
orang tua dan pemangku kepentingan yang relevan
b. Penilaian
dilakukan secara teratur dan terprogram
c. Penilaian
mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan
d. Memberikan
informasi bagi anak, orangtua, pandidik, dan pihak yang relevan.
91. Definisi
prinsip penilaian sistematis….
a. Penilaian
dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh
orang tua dan pemangku kepentingan yang relevan
b. Penilaian
dilakukan secara teratur dan terprogram
c. Penilaian
mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan
d. Memberikan
informasi bagi anak, orangtua, pandidik, dan pihak yang relevan.
92. Definisi
prinsip penilaian menyeluruh….
a. Penilaian
dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh
orang tua dan pemangku kepentingan yang relevan
b. Penilaian
dilakukan secara teratur dan terprogram
c. Penilaian
mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan
d. Memberikan
informasi bagi anak, orangtua, pandidik, dan pihak yang relevan.
93. Definisi
prinsip penilaian bermakna….
a. Penilaian
dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan hasil penilaian dapat diakses oleh
orang tua dan pemangku kepentingan yang relevan
b. Penilaian
dilakukan secara teratur dan terprogram
c. Penilaian
mencakup seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan
d. Memberikan
informasi bagi anak, orangtua, pandidik, dan pihak yang relevan.
94. Penilaian
yang dapat digunakan baik pada saat kegiatan terpimpin maupun bebas adalah….
a. Observasi
b. Percakapan
c. Penugasan
d. Unjuk
kerja
95. Piahak
yang terlibat dalam penilaian adalah tersebut di bawah ini kecuali….
a. Pendidik
b. Orangtua
c. Pengelola
PAUD
d. Pihak
yang relevan.
SUKSES SELALU

Komentar
Posting Komentar