KISI -KISI MATERI PLPG GURU TK/PAUD

KISI-KISI MATERI PLPG

MATA PELAJARAN GURU TK/PAUD/RA





Kompe-

No  tensi Utama


a                  b






1        Pedagogik






Pedagogik





Pedagogik










Pedagogik











Pedagogik





Pedagogik


Pedagogik






Kompetensi Inti Guru (KI)

C




Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.





Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.





Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.








Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.






Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.


Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.


Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

D




1.1. Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya





1.4 Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai bidang Pengembangan




2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.





2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.




3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.


3.2 Menentukan tujuan kegiatan pengembangan yang mendidik


3.3 Menentukan kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan





Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

E



Dengan ilustrasi kasus, peserta dapat mendeteksi karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional,moral, dan latar belakang sosial-budaya

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menafsirkan contoh kesulitan peserta ddik usia TK/PAUD dalam berbagai aspek perkembangan.

Melalui pemberian ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat memadukan penerapan teori belajar dan prinsip belajar melalui bermain dalam berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.

Dengan gambaran contoh pembelajaran, peserta dapat menggambarkan penerapan pendekatan pembelajaran berpusat pada anak melalui metode bermain seraya belajar yang bersifat holistik dan bermakna dalam berbagai bidang pengembangan di TK/RA.

Melalui ilustrasi praktik kurikulum TK/PAUD, peserta dapat menelaah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum anak usia dini.



Dengan menggunakan ilustrasi kasus, peserta dapat memadukan kegiatan bermain seraya belajar yang sesuai usia perkembangan anak untuk mencapai tujuan



Kompe-

No  tensi Utama


a                  b


Standar Kompetensi Guru (SKG)


Kompetensi Inti Guru (KI)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(KD)



C
D






Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

E

pengembangan.



Pedagogik




Pedagogik










Pedagogik







Pedagogik









Pedagogik










Pedagogik







Pedagogik





Pedagogik

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.





Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.






Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.






Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik








Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik







Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik





Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik



Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik

3.4 Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu kegiatan bermain sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan.



3.5 Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD.






3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.





4.1 Memahami prinsip -prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.






4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.





4.4 Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna.




4.5 Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis.


4.6 Memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.

Memilih materi kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pengembangan.

Dengan menggunakan ilustrasi proses pembelajaran, peserta dapat menggambarkan contoh perencanaan kegiatan bermain yang mendidik dalam berbagai kegiatan pengembangan di TK/PAUD.

Melalui pemberian contoh penilaian, peserta dapat memilih jenis instrumen dan teknik penilaian dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.

Dengan menggunakan ilustrasi kegiatan pembelajaran, peserta dapat menelaah prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.

Dengan menggunakan ilustrasi kegiatan pembelajaran, peserta dapat menetapkan komponen-komponen perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.

Dengan ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta dapat memberi contoh kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna.

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menunjukkan contoh suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis.

Melalui ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta dapat mengkategori



Kompe-

No  tensi Utama


a                  b




Pedagogik







Pedagogik











Pedagogik







Pedagogik







Pedagogik












Pedagogik








Pedagogik



Kompetensi Inti Guru (KI)

C







Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik





Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.




Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.




Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik







Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik








Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar


Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD)

D







4.7 Menerapkan tahapan bermain anak dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.






5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik.





6.1 Menyediakan berbagai kegiatan bermain sambil belajar untuk mendorong peserta didik mengembangkan potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya


7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan.

7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.


8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik anak usia dini.


8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan



Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

E

pemanfaatan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.

Melalui ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta merencanakan penerapan tahapan bermain dalam pengembangan di TK/PAUD.

Melalui ilustrasi penyelenggaraan pengembangan di TK/PAUD, peserta dapat memberikan contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik.

Dengan ilustrasi contoh, peserta dapat merumuskan kegiatan bermain sambil belajar untuk optimalisasi perkembangan anak dan kreativitasnya.

Melalui ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat membedakan strategi komunikasi efektif empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan kepada anak didik.


Melalui ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat menemukan contoh komunikasi efektif empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan kepada anak didik.


Melalui ilustrasi kegiatan penilaian, peserta dapat menunjukkan prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik anak usia dini.

Melalui contoh kegiatan penilaian di TK/PAUD peserta dapat memilih



Kompe-

No  tensi Utama


a                  b







Pedagogik




Pedagogik





Pedagogik





Pedagogik



Kompetensi Inti Guru (KI)

C







Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar


Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar


Menyelenggarakan penilaian

Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

D

karakteristik anak usia dini.






8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.


8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.



8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.



Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

E

aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik anak usia dini.

Dengan ilustrasi kasus, peserta dapat mengatur urutan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Peserta dapat memperbaharui proses penyusunan rancangan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar,

Dengan ilustrasi kasus, peserta dapat mengoreksi hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk peningkatan kemampuan anak.





Pedagogik







Pedagogik





Pedagogik








Pedagogik





Pedagogik

dan evaluasi proses dan hasil belajar



Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.




Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.




Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.




Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.


Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.



9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar.



9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.



9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.




10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan TK/PAUD/RA.


10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran TK/PAUD/RA.

Menilai contoh evaluasi proses dan hasil belajar.

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat memperjelas penggunaan hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar anak

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat merumuskan hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat mengorganisasikan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Menggunakan hasil refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk perbaikan dan pengembangan TK/PAUD/RA..

Dengan diberikan kasus, peserta dapat mengurutkan langkah penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan




Kompe-

No
tensi



Utama
Kompetensi Inti Guru (KI)



Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran            Indikator Pencapaian

(KD)                                              Kompetensi (IPK)



a                  b



Profesional

2




Profesional

C




Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.



Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

D


20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

E

kualitas pembelajaran TK/PAUD/RA.

Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar matematika dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Merumuskan kegiatan matematika permulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.



Profesional
Menguasai materi, struktur,


konsep, dan pola pikir

keilmuan yang mendukung

mata pelajaran yang diampu.


Profesional
Menguasai materi, struktur,


konsep, dan pola pikir

keilmuan yang mendukung

mata pelajaran yang diampu.


Profesional
Menguasai materi, struktur,


konsep, dan pola pikir

keilmuan yang mendukung

mata pelajaran yang diampu.


Profesional
Menguasai materi, struktur,


konsep, dan pola pikir

keilmuan yang mendukung

mata pelajaran yang diampu.


Profesional
Menguasai materi, struktur,


konsep, dan pola pikir

keilmuan yang mendukung

mata pelajaran yang diampu.


Profesional
Menguasai materi, struktur,


konsep, dan pola pikir

keilmuan yang mendukung

mata pelajaran yang diampu.

 Profesional  Menguasai materi, struktur,

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
 20.1 Menguasai konsep dasar

Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar sains dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Memberikan contoh kegiatan sains permulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar bahasa dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Memilih kegiatan bahasa (membaca permulaan) dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menunjukkan konsep dasar studi sosial bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Memilih kegiatan studi sosial dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

 Dengan ilustrasi kegiatan




Kompe-

No
tensi



Utama
Kompetensi Inti Guru (KI)



Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)



Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)



a                  b








Profesional

C

konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.





Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

D

matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

E

yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar agama dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Memilih kegiatan agama dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,

konsep, dan pola pikir




keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan

Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar seni dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Menilai kegiatan seni rupa dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.



Menilai kegiatan seni musik & lagu dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar pendidikan jasmani dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Menentukan kegiatan pendidikan jasmani dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar kesehatan dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Menilai kegiatan kesehatan dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.




Kompe-

No
tensi



Utama
Kompetensi Inti Guru (KI)



Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran            Indikator Pencapaian

(KD)                                              Kompetensi (IPK)



a                  b




Profesional

C





Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

D

gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

E



Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.



Profesional

Menguasai materi, struktur,




konsep, dan pola pikir


keilmuan yang mendukung


mata pelajaran yang diampu.




20.1 Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

20.2 Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD.

20.2 Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD.

20.2 Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD.

20.2 Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD.

20.2 Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD.

20.2 Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD.


20.3 Menguasai berbagai permainan anak.

Memilih kegiatan gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.


Menentukan penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik anak TK/PAUD.

Menelaah penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek kognitif anak TK/PAUD.

Memilih penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek sosial-emosional anak TK/PAUD.

Menelaah penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek moral anak TK/PAUD.

Menelaah penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek sosial budaya anak TK/PAUD.

Memilih penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek bahasa anak TK/PAUD.

Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak usia dini, peserta dapat memilih berbagai alat permainan edukatif anak.




Kompe-

No
tensi



Utama
Kompetensi Inti Guru (KI)



Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)



Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)



a                  b

Profesional





Profesional




Profesional




Profesional

C

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

D


20.3 Menguasai berbagai permainan anak.




20.3 Menguasai berbagai permainan anak.



20.3 Menguasai berbagai permainan anak.


21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan.

E

Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak usia dini, peserta dapat memilih berbagai alat permainan edukatif anak.

Peserta dapat menelaah berbagai alat permainan edukatif anak.

Peserta dapat menentukan contoh langkah/cara bermain dengan alat permainan edukatif anak

Memilih kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam bidang pengembangan moral dan nilai agama.



Profesional        Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.


21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan.

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan bahasa.



Profesional

Menguasai standar
21.1  Memahami kemampuan anak




kompetensi dan kompetensi
TK/PAUD dalam setiap bidang


dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan.


pengembangan yang diampu.





Profesional

Menguasai standar
21.1  Memahami kemampuan anak




kompetensi dan kompetensi
TK/PAUD dalam setiap bidang


dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan.


pengembangan yang diampu.





Profesional

Menguasai standar
21.1  Memahami kemampuan anak




kompetensi dan kompetensi
TK/PAUD dalam setiap bidang


dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan.


pengembangan yang diampu.





Profesional

Menguasai standar
21.1  Memahami kemampuan anak




kompetensi dan kompetensi
TK/PAUD dalam setiap bidang


dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan.


pengembangan yang diampu.





Profesional

Menguasai standar
21.1  Memahami kemampuan anak

kompetensi dan kompetensi
TK/PAUD dalam setiap bidang




dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan.


pengembangan yang diampu.


Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan sosial-emosi.

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menelaah kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan kognitif.

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan fisik-motorik..

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menunjukkan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang pengembangan moral-agama.

Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia



Kompe-

Standar Kompetensi Guru (SKG)




No

tensi






Utama
Kompetensi Inti Guru (KI)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran




(KD)











a

b
C
D









Profesional

Menguasai standar
21.1  Memahami kemampuan anak




kompetensi dan kompetensi
TK/PAUD dalam setiap bidang


dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan.


pengembangan yang diampu.





Profesional

Menguasai standar
21.1  Memahami kemampuan anak




kompetensi dan kompetensi
TK/PAUD dalam setiap bidang


dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan.


pengembangan yang diampu.





Profesional

Menguasai standar
21.1  Memahami kemampuan anak




kompetensi dan kompetensi
TK/PAUD dalam setiap bidang


dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan.


pengembangan yang diampu.





Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

E

perkembangannya dalam bidang pengembangan bahasa.

Menentukan kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan kognitif.

Memilih kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan sosial emosi.

Melalui ilustrasi kasus, perseta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam setiap bidang pengembangan.



Profesional    Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.


Profesional    Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.


Profesional    Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

Profesional    Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

Profesional    Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

Profesional    Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

Profesional    Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

21.2 Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.



21.2 Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.




21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.




21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.



21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.



21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.



21.3 Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.

Melalui contoh kasus, peserta dapat menunjukkan kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.

Melalui contoh kasus, peserta dapat membedakan kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.

Melalui contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan kegiatan pengembangan nilai agama dan moral di TK/PAUD.

Melalui contoh kasus, peserta dapat menentukan tujuan kegiatan pengembangan bahasa di TK/PAUD.

Melalui contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan kegiatan pengembangan kognitif di TK/PAUD.

Melalui contoh kasus, peserta dapat menentukan tujuan kegiatan pengembangan sosial-emosi di TK/PAUD.

Melalui contoh kasus, peserta dapat menetapkan tujuan kegiatan pengembangan fisik-motorik di TK/PAUD.



Kompe-

No  tensi Utama


a                  b


Profesional








Profesional







Profesional







Profesional








Profesional








Profesional








Profesional






 Profesional



Kompetensi Inti Guru (KI)

C



Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.






Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.





Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.





Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.





Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.






Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.






Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.


Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu

Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

D



22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.






22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.





22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.





22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.





22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.






22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.






22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.


22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan



Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

E

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat memilih materi bidang pengembangan kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat memilih materi bidang pengembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menentukan materi bidang pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat membedakan materi bidang pengembangan nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta





Kompe-

No

tensi




Utama
Kompetensi Inti Guru (KI)









a

b
C









secara kreatif.







Profesional

Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu

secara kreatif.





Profesional

Mengembangkan materi

pembelajaran yang diampu
secara kreatif.





Profesional

Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu

secara kreatif.




Profesional

Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu

secara kreatif.

Profesional    Mengembangkan

keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan

melakukan tindakan reflektif.
Profesional    Mengembangkan

keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan

melakukan tindakan reflektif.
Profesional    Mengembangkan

keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan

melakukan tindakan reflektif.
Profesional    Mengembangkan

keprofesionalan secara

berkelanjutan dengan
melakukan tindakan reflektif.

Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD)

D

tingkat perkembangan peserta didik.








22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.






22.1 Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.






22.2 Mengolah materi bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.




22.2 Mengolah materi bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.


23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.


23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.


23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.


23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.



Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

E

dapat menelaah materi bidang pengembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Melalui pemberian ilustrasi kasus, peserta dapat mengorganisasikan materi bidang pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan usia 4-5 tahun.

Mengorganisasikan materi bidang pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan terpadu yang sesuai dengan tingkat perkembangan usia 5-6 tahun.

Dengan ilustrasi kegiatan, peserta dapat menilai contoh kinerja sendiri secara terus menerus.

Peserta dapat merumuskan pemanfaatan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.

Peserta dapat memilih upaya peningkatan keprofesionalan berdasarkan hasil refleksi.

Peserta dapat memilih contoh masalah dalam penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.





Kompe-

No

tensi




Utama
Kompetensi Inti Guru (KI)









a

b
C






Profesional

Mengembangkan








keprofesionalan secara




berkelanjutan dengan




melakukan tindakan reflektif.






Profesional

Mengembangkan








keprofesionalan secara




berkelanjutan dengan




melakukan tindakan reflektif.






Profesional

Mengembangkan








keprofesionalan secara




berkelanjutan dengan




melakukan tindakan reflektif.






Profesional

Mengembangkan








keprofesionalan secara




berkelanjutan dengan




melakukan tindakan reflektif.







Profesional
Mengembangkan








keprofesionalan secara




berkelanjutan dengan




melakukan tindakan reflektif.

Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD)

D

23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.


23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.


23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.


23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.


23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.



Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

E

Peserta dapat memilih contoh kerangka berpikir penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.

Peserta dapat menyusun contoh rancangan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.

Peserta dapat merumuskan hasil penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.

Mengidentifikasi berbagai sumber belajar untuk mengikuti kemajuan zaman.

Dengan contoh nyata, peserta dapat memilih aktivitas guru yang mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.



Profesional    Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.



Profesional    Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.



Profesional    Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.




24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.





24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.

Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat menunjukkan manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.

Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat memilih manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi secara efektif.

Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat menunjukkan manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.




Profesional

Memanfaatkan teknologi
24.2 Memanfaatkan teknologi




informasi dan komunikasi


informasi dan komunikasi untuk


untuk berkomunikasi dan


pengembangan diri.


mengembangkan diri.










Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat menetapkan upaya pengembangan diri dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH BERITA ACARA PENETAPAN KURIKULUM SEKOLAH

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

CONTOH SOP PENUTUP