KISI -KISI MATERI PLPG GURU TK/PAUD
Kompe-
No
tensi
Utama

a b
1
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Kompetensi
Inti Guru (KI)
C
Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual.
Menguasai
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural,
emosional, dan intelektual.
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
Standar Kompetensi Guru (SKG)
Kompetensi
Guru Mata Pelajaran
(KD)
D
1.1.
Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya
1.4
Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai bidang
Pengembangan
2.1 Memahami berbagai teori belajar dan
prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan
berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
2.2
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil
belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan
berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
3.1
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.2
Menentukan tujuan kegiatan pengembangan yang mendidik
3.3
Menentukan kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan
pengembangan
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
E
Dengan
ilustrasi kasus, peserta dapat mendeteksi karakteristik peserta didik usia
TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional,moral,
dan latar belakang sosial-budaya
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat menafsirkan contoh kesulitan peserta ddik usia
TK/PAUD dalam berbagai aspek perkembangan.
Melalui
pemberian ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat memadukan penerapan teori
belajar dan prinsip belajar melalui bermain dalam berbagai bidang pengembangan
di TK/PAUD.
Dengan
gambaran contoh pembelajaran, peserta dapat menggambarkan penerapan pendekatan
pembelajaran berpusat pada anak melalui metode bermain seraya belajar yang
bersifat holistik dan bermakna dalam berbagai bidang pengembangan di TK/RA.
Melalui
ilustrasi praktik kurikulum TK/PAUD, peserta dapat menelaah prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum anak usia dini.
Dengan
menggunakan ilustrasi kasus, peserta dapat memadukan kegiatan bermain seraya
belajar yang sesuai usia perkembangan anak untuk mencapai tujuan
Kompe-
No
tensi
Utama

a b
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
|
|
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru
Mata Pelajaran
|
|
(KD)
|
||
|
||
|
|
|
C
|
D
|
|
|
|

Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
E
pengembangan.
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan
yang mendidik
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan
yang mendidik
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan
yang mendidik
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan
yang mendidik
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan
yang mendidik
3.4
Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu kegiatan bermain
sambil belajar sesuai dengan tujuan pengembangan.
3.5
Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan
pengembangan di TK/PAUD.
3.6
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
4.1
Memahami prinsip -prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan
menyenangkan.
4.2
Mengembangkan komponen-komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik
dan menyenangkan.
4.4 Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik,
otentik, dan bermakna.
4.5 Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif,
dan demokratis.
4.6 Memanfaatkan media dan sumber
belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
Memilih
materi kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan
pengembangan.
Dengan
menggunakan ilustrasi proses pembelajaran, peserta dapat menggambarkan contoh
perencanaan kegiatan bermain yang mendidik dalam berbagai kegiatan pengembangan
di TK/PAUD.
Melalui
pemberian contoh penilaian, peserta dapat memilih jenis instrumen dan teknik
penilaian dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
Dengan
menggunakan ilustrasi kegiatan pembelajaran, peserta dapat menelaah
prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan
menyenangkan.
Dengan
menggunakan ilustrasi kegiatan pembelajaran, peserta dapat menetapkan
komponen-komponen perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan
menyenangkan.
Dengan ilustrasi penyelenggaraan
kegiatan bermain, peserta dapat memberi contoh kegiatan bermain yang bersifat
holistik, otentik, dan bermakna.
Melalui ilustrasi
kasus, peserta dapat menunjukkan contoh suasana bermain yang menyenangkan,
inklusif, dan demokratis.
Melalui ilustrasi penyelenggaraan
kegiatan bermain, peserta dapat mengkategori
Kompe-
No
tensi
Utama

a b
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Kompetensi
Inti Guru (KI)
C
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan
yang mendidik
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan
pengembangan yang mendidik.
Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
Berkomunikasi
secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
Berkomunikasi
secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi
Guru Mata Pelajaran (KD)
D
4.7
Menerapkan tahapan bermain anak dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
5.1
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas
kegiatan pengembangan yang mendidik.
6.1
Menyediakan berbagai kegiatan bermain sambil belajar untuk mendorong peserta
didik mengembangkan potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya
7.1
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun, baik
secara lisan maupun tulisan.
7.2
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan
bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal
dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan
atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons
peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.
8.1
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai
dengan karakteristik anak usia dini.
8.2
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
E
pemanfaatan
media dan sumber belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil belajar.
Melalui
ilustrasi penyelenggaraan kegiatan bermain, peserta merencanakan penerapan
tahapan bermain dalam pengembangan di TK/PAUD.
Melalui
ilustrasi penyelenggaraan pengembangan di TK/PAUD, peserta dapat memberikan
contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan
kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik.
Dengan
ilustrasi contoh, peserta dapat merumuskan kegiatan bermain sambil belajar
untuk optimalisasi perkembangan anak dan kreativitasnya.
Melalui
ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat membedakan strategi komunikasi efektif
empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan kepada anak didik.
Melalui
ilustrasi contoh kegiatan, peserta dapat menemukan contoh komunikasi efektif
empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan kepada anak didik.
Melalui
ilustrasi kegiatan penilaian, peserta dapat menunjukkan prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Melalui
contoh kegiatan penilaian di TK/PAUD peserta dapat memilih
Kompe-
No
tensi
Utama

a b
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Kompetensi
Inti Guru (KI)
C
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menyelenggarakan
penilaian
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(KD)
D
karakteristik
anak usia dini.
8.3
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.4
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.6
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
(IPK)
E
aspek-aspek
proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai
dengan karakteristik anak usia dini.
Dengan
ilustrasi kasus, peserta dapat mengatur urutan prosedur penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
Peserta
dapat memperbaharui proses penyusunan rancangan instrumen penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar,
Dengan
ilustrasi kasus, peserta dapat mengoreksi hasil penilaian proses dan hasil
belajar untuk peningkatan kemampuan anak.
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
Pedagogik
dan
evaluasi proses dan hasil belajar
Memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
Memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran.
Melakukan
tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Melakukan
tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
8.7
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
9.1
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan
belajar.
9.2
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program
remedial dan pengayaan.
9.4
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran.
10.2
Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan TK/PAUD/RA.
10.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
TK/PAUD/RA.
Menilai
contoh evaluasi proses dan hasil belajar.
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat memperjelas penggunaan hasil penilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar anak
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat merumuskan hasil penilaian dan evaluasi untuk
merancang program remedial dan pengayaan.
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat mengorganisasikan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Menggunakan
hasil refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk perbaikan dan pengembangan
TK/PAUD/RA..
Dengan
diberikan kasus, peserta dapat mengurutkan langkah penelitian tindakan kelas
untuk meningkatkan
|
Kompe-
|
|
No
|
tensi
|
|
|
||
|
Utama
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
|
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator
Pencapaian
(KD) Kompetensi (IPK)
a b
Profesional
2
Profesional
C
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu.
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu.
D
20.1 Menguasai konsep dasar matematika,
sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan
dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak
TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
E
kualitas
pembelajaran TK/PAUD/RA.
Dengan ilustrasi kegiatan yang
dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar matematika dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Merumuskan
kegiatan matematika permulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
keilmuan
yang mendukung
|
|
mata pelajaran yang diampu.
|
|
|
Profesional
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
mata pelajaran yang diampu.
|
|
|
Profesional
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
konsep,
dan pola pikir
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
mata pelajaran yang diampu.
|
|
|
Profesional
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
konsep,
dan pola pikir
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
mata pelajaran yang diampu.
|
|
|
Profesional
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
keilmuan
yang mendukung
|
|
mata pelajaran yang diampu.
|
|
|
Profesional
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
mata pelajaran yang diampu.
|


20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.

Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep
dasar sains dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Memberikan
contoh kegiatan sains permulaan, dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep
dasar bahasa dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Memilih
kegiatan bahasa (membaca permulaan) dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menunjukkan
konsep dasar studi sosial bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Memilih
kegiatan studi sosial dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

|
Kompe-
|
|
No
|
tensi
|
|
|
||
|
Utama
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
|
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(KD)
Indikator Pencapaian
Kompetensi
(IPK)
a b
Profesional
C
konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu.
D
matematika,
sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan
dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak
TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
E
yang
dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep dasar agama dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Memilih
kegiatan agama dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep,
dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep,
dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
keilmuan
yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep,
dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai materi, struktur,
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
|
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1 Menguasai konsep dasar matematika,
sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan
dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak
TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1 Menguasai konsep dasar matematika,
sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni, pendidikan jasmani, kesehatan
dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak
TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep
dasar seni dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Menilai
kegiatan seni rupa dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Menilai
kegiatan seni musik & lagu dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Dengan ilustrasi kegiatan yang
dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep dasar pendidikan jasmani
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Menentukan kegiatan pendidikan jasmani
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat memilih konsep
dasar kesehatan dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Menilai
kegiatan kesehatan dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
Kompe-
|
|
No
|
tensi
|
|
|
||
|
Utama
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
|
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran Indikator
Pencapaian
(KD) Kompetensi (IPK)
a b
Profesional
C
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
D
gizi
sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
E
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia dini, peserta dapat menelaah konsep
dasar gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
keilmuan
yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep,
dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
keilmuan
yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep,
dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep, dan pola pikir
|
|
|
keilmuan
yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
materi, struktur,
|
|
|
|
|
|
konsep,
dan pola pikir
|
|
|
keilmuan yang mendukung
|
|
|
mata
pelajaran yang diampu.
|
|
|
|
20.1
Menguasai konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama,
seni, pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk
setiap bidang pengembangan anak TK/PAUD.
20.2 Menguasai
penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif,
sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak TK/PAUD.
20.2
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik,
kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak
TK/PAUD.
20.2
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik,
kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak
TK/PAUD.
20.2
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik,
kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak
TK/PAUD.
20.2
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik,
kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak
TK/PAUD.
20.2
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik,
kognitif, sosial-emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa anak
TK/PAUD.
20.3
Menguasai berbagai permainan anak.
Memilih
kegiatan gizi dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.
Menentukan penggunaan berbagai alat
permainan untuk mengembangkan aspek fisik anak TK/PAUD.
Menelaah
penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek kognitif anak
TK/PAUD.
Memilih
penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek sosial-emosional
anak TK/PAUD.
Menelaah
penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek moral anak
TK/PAUD.
Menelaah
penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek sosial budaya anak
TK/PAUD.
Memilih
penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek bahasa anak
TK/PAUD.
Menggunakan
ilustrasi kegiatan bermain pada anak usia dini, peserta dapat memilih berbagai
alat permainan edukatif anak.
|
Kompe-
|
|
No
|
tensi
|
|
|
||
|
Utama
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
|
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(KD)
Indikator Pencapaian
Kompetensi
(IPK)
a b
Profesional
Profesional
Profesional
Profesional
C
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu.
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu.
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu.
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
D
20.3 Menguasai berbagai permainan anak.
20.3
Menguasai berbagai permainan anak.
20.3 Menguasai berbagai permainan anak.
21.1
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan.
E
Menggunakan
ilustrasi kegiatan bermain pada anak usia dini, peserta dapat memilih berbagai
alat permainan edukatif anak.
Peserta dapat menelaah berbagai alat permainan edukatif anak.
Peserta
dapat menentukan contoh langkah/cara bermain dengan alat permainan edukatif
anak
Memilih
kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam bidang pengembangan moral dan nilai agama.
Profesional Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
21.1 Memahami kemampuan anak TK/PAUD
dalam setiap bidang pengembangan.
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia
perkembangannya dalam bidang pengembangan bahasa.
Profesional
|
|
Menguasai
standar
|
21.1 Memahami kemampuan anak
|
|
|
||
|
|
kompetensi dan kompetensi
|
TK/PAUD dalam setiap bidang
|
|
|
dasar
mata pelajaran/bidang
|
pengembangan.
|
|
|
pengembangan
yang diampu.
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
standar
|
21.1 Memahami kemampuan anak
|
|
|
||
|
|
kompetensi
dan kompetensi
|
TK/PAUD
dalam setiap bidang
|
|
|
dasar mata pelajaran/bidang
|
pengembangan.
|
|
|
pengembangan
yang diampu.
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
standar
|
21.1 Memahami kemampuan anak
|
|
|
||
|
|
kompetensi dan kompetensi
|
TK/PAUD dalam setiap bidang
|
|
|
dasar
mata pelajaran/bidang
|
pengembangan.
|
|
|
pengembangan
yang diampu.
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
standar
|
21.1 Memahami kemampuan anak
|
|
|
||
|
|
kompetensi dan kompetensi
|
TK/PAUD dalam setiap bidang
|
|
|
dasar
mata pelajaran/bidang
|
pengembangan.
|
|
|
pengembangan
yang diampu.
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai standar
|
21.1 Memahami
kemampuan anak
|
|
kompetensi dan kompetensi
|
TK/PAUD dalam setiap bidang
|
|
|
|
||
|
|
dasar
mata pelajaran/bidang
|
pengembangan.
|
|
|
pengembangan yang diampu.
|
|
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia
perkembangannya dalam bidang pengembangan sosial-emosi.
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat menelaah kemampuan anak sesuai usia
perkembangannya dalam bidang pengembangan kognitif.
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia
perkembangannya dalam bidang pengembangan fisik-motorik..
Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat
menunjukkan kemampuan anak sesuai usia perkembangannya dalam bidang
pengembangan moral-agama.
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia
|
Kompe-
|
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)
|
||
|
|
|
|
||
No
|
|
tensi
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
Utama
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
Kompetensi Guru
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
(KD)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
|
b
|
C
|
D
|
|
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
standar
|
21.1 Memahami kemampuan anak
|
|
|
||
|
|
kompetensi dan kompetensi
|
TK/PAUD dalam setiap bidang
|
|
|
dasar
mata pelajaran/bidang
|
pengembangan.
|
|
|
pengembangan
yang diampu.
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
standar
|
21.1 Memahami kemampuan anak
|
|
|
||
|
|
kompetensi dan kompetensi
|
TK/PAUD dalam setiap bidang
|
|
|
dasar
mata pelajaran/bidang
|
pengembangan.
|
|
|
pengembangan
yang diampu.
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Menguasai
standar
|
21.1 Memahami kemampuan anak
|
|
|
||
|
|
kompetensi dan kompetensi
|
TK/PAUD dalam setiap bidang
|
|
|
dasar
mata pelajaran/bidang
|
pengembangan.
|
|
|
pengembangan
yang diampu.
|
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
E
perkembangannya
dalam bidang pengembangan bahasa.
Menentukan
kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan kognitif.
Memilih
kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam bidang pengembangan sosial emosi.
Melalui
ilustrasi kasus, perseta dapat membedakan kemampuan anak sesuai usia
perkembangannya dalam setiap bidang pengembangan.
Profesional Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
Profesional Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
Profesional Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
Profesional Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
Profesional Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
Profesional Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
Profesional Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
21.2 Memahami kemajuan anak dalam
setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.
21.2 Memahami kemajuan anak dalam
setiap bidang pengembangan di TK/PAUD.
21.3
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
21.3
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
21.3
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
21.3
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
21.3
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
Melalui
contoh kasus, peserta dapat menunjukkan kemajuan anak dalam setiap bidang
pengembangan di TK/PAUD.
Melalui
contoh kasus, peserta dapat membedakan kemajuan anak dalam setiap bidang
pengembangan di TK/PAUD.
Melalui
contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan kegiatan pengembangan nilai agama
dan moral di TK/PAUD.
Melalui
contoh kasus, peserta dapat menentukan tujuan kegiatan pengembangan bahasa di
TK/PAUD.
Melalui
contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan kegiatan pengembangan kognitif di
TK/PAUD.
Melalui
contoh kasus, peserta dapat menentukan tujuan kegiatan pengembangan
sosial-emosi di TK/PAUD.
Melalui
contoh kasus, peserta dapat menetapkan tujuan kegiatan pengembangan
fisik-motorik di TK/PAUD.
Kompe-
No
tensi
Utama

a b
Profesional
Profesional
Profesional
Profesional
Profesional
Profesional
Profesional


Kompetensi
Inti Guru (KI)
C
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi
Guru Mata Pelajaran
(KD)
D
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.1
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai dengan
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
E
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang
pengembangan nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat perkembangan
peserta didik.
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat memilih materi bidang pengembangan
kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Dengan contoh kegiatan pengembangan,
peserta dapat memilih materi bidang pengembangan bahasa yang sesuai dengan
tingkat perkembangan peserta didik.
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang
pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik.
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menentukan materi bidang
pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik.
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat membedakan materi bidang
pengembangan nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat perkembangan
peserta didik.
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang
pengembangan kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta
|
|
Kompe-
|
|
|
No
|
|
tensi
|
|
|
|
||||
|
|
Utama
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
|
b
|
C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
secara kreatif.
|
Profesional
Mengembangkan
materi
pembelajaran
yang diampu
secara
kreatif.
Profesional
Mengembangkan
materi
pembelajaran
yang diampu
secara
kreatif.
Profesional
Mengembangkan
materi
pembelajaran
yang diampu
secara
kreatif.
Profesional
Mengembangkan
materi
pembelajaran
yang diampu
secara
kreatif.
Profesional Mengembangkan
keprofesionalan
secara
berkelanjutan
dengan
melakukan
tindakan reflektif.
Profesional Mengembangkan
keprofesionalan
secara
berkelanjutan
dengan
melakukan
tindakan reflektif.
Profesional Mengembangkan
keprofesionalan
secara
berkelanjutan
dengan
melakukan
tindakan reflektif.
Profesional Mengembangkan
keprofesionalan
secara
berkelanjutan
dengan
melakukan
tindakan reflektif.
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi
Guru Mata Pelajaran (KD)
D
tingkat perkembangan peserta didik.
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.1 Memilih materi bidang pengembangan
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
22.2
Mengolah materi bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
22.2
Mengolah materi bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
23.1
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.
23.2
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
23.2
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
23.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
(IPK)
E
dapat
menelaah materi bidang pengembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang
pengembangan sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik.
Dengan
contoh kegiatan pengembangan, peserta dapat menunjukkan materi bidang
pengembangan fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik.
Melalui
pemberian ilustrasi kasus, peserta dapat mengorganisasikan materi bidang
pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan yang sesuai dengan tingkat
perkembangan usia 4-5 tahun.
Mengorganisasikan
materi bidang pengembangan secara kreatif menjadi kegiatan terpadu yang sesuai
dengan tingkat perkembangan usia 5-6 tahun.
Dengan ilustrasi
kegiatan, peserta dapat menilai contoh kinerja sendiri secara terus menerus.
Peserta dapat merumuskan pemanfaatan
hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
Peserta
dapat memilih upaya peningkatan keprofesionalan berdasarkan hasil refleksi.
Peserta
dapat memilih contoh masalah dalam penelitian tindakan kelas untuk peningkatan
keprofesionalan.
|
|
Kompe-
|
|
|
No
|
|
tensi
|
|
|
|
||||
|
|
Utama
|
Kompetensi Inti Guru (KI)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
|
b
|
C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Mengembangkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keprofesionalan secara
|
|
|
|
|
berkelanjutan dengan
|
|
|
|
|
melakukan
tindakan reflektif.
|
|
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Mengembangkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keprofesionalan secara
|
|
|
|
|
berkelanjutan
dengan
|
|
|
|
|
melakukan
tindakan reflektif.
|
|
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Mengembangkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keprofesionalan secara
|
|
|
|
|
berkelanjutan
dengan
|
|
|
|
|
melakukan
tindakan reflektif.
|
|
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
|
Mengembangkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keprofesionalan secara
|
|
|
|
|
berkelanjutan
dengan
|
|
|
|
|
melakukan
tindakan reflektif.
|
|
|
|
|
|
|
|
Profesional
|
Mengembangkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
keprofesionalan secara
|
|
|
|
|
berkelanjutan dengan
|
|
|
|
|
melakukan
tindakan reflektif.
|
Standar Kompetensi Guru (SKG)

Kompetensi
Guru Mata Pelajaran (KD)
D
23.3 Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
23.3 Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
23.3 Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
23.4
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
23.4
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
E
Peserta
dapat memilih contoh kerangka berpikir penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan keprofesionalan.
Peserta
dapat menyusun contoh rancangan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan
keprofesionalan.
Peserta
dapat merumuskan hasil penelitian tindakan kelas untuk peningkatan
keprofesionalan.
Mengidentifikasi
berbagai sumber belajar untuk mengikuti kemajuan zaman.
Dengan
contoh nyata, peserta dapat memilih aktivitas guru yang mengikuti kemajuan
zaman dengan belajar dari berbagai sumber.
Profesional Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Profesional Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Profesional Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
24.1 Memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi dalam berkomunikasi.
24.1 Memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi dalam berkomunikasi.
24.2
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.
Melalui
contoh TIK PAUD, peserta dapat menunjukkan manfaat teknologi informasi dan
komunikasi dalam berkomunikasi.
Melalui
contoh TIK PAUD, peserta dapat memilih manfaat teknologi informasi dan
komunikasi dalam berkomunikasi secara efektif.
Melalui
contoh TIK PAUD, peserta dapat menunjukkan manfaat teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan diri.
Profesional
|
|
Memanfaatkan
teknologi
|
24.2
Memanfaatkan teknologi
|
|
|
||
|
|
informasi dan komunikasi
|
|
|
|
informasi dan komunikasi untuk
|
|
|
|
untuk berkomunikasi dan
|
|
|
|
pengembangan
diri.
|
|
|
|
mengembangkan
diri.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Melalui
contoh TIK PAUD, peserta dapat menetapkan upaya pengembangan diri dengan menggunakan
teknologi informasi dan komunikasi.
Komentar
Posting Komentar