KISI -KISI UKG KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
||||||||||
Manajerial
|
Menyusun
|
perencanaan
|
Merumuskan visi
sekolah/madrasah
|
|||||||||
sekolah/madrasah
|
untuk
|
|||||||||||
Membedakan rumusan
visi dan misi
|
||||||||||||
berbagai
|
tingkatan
|
|||||||||||
Merumuskan misi
sekolah/madrasah
|
||||||||||||
perencanaan
|
||||||||||||
Membedakan rumusan
misi dan tujuan sekolah/madrasah
|
||||||||||||
Merumuskan tujuan
sekolah/madrasah
|
||||||||||||
Membedakan rumusan
visi dan tujuan sekolah/madrasah
|
||||||||||||
Menyusun rencana
kerja sekolah/madrasah
|
||||||||||||
Menyusun
perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
|
||||||||||||
Mengarahkan
perencanaan evaluasi program
|
||||||||||||
Memimpin
|
sekolah/madrasah
|
Menganalisis
|
kekuatan,
|
kelemahan,
|
peluang,
|
dan
|
ancaman
|
|||||
dalam
|
rangka
|
sekolah/madrasah
|
||||||||||
pendayagunaan
sumber daya
|
||||||||||||
Memaksimalkan
|
sumberdaya
|
sekolah/madrasah dalam
|
perencanaan
dan
|
|||||||||
secara optimal
|
||||||||||||
pelaksanaan
program
|
||||||||||||
Menciptakan
|
budaya
|
dan
|
Mengaitkan budaya
sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang
|
|||||||||
iklim
sekolah/madrasah yang
|
interaktif, menyenangkan, menantang,
memotivasi peserta didik
untuk
|
|||||||||||
kondusif
|
dan
|
inovatif
|
bagi
|
berpartisipasi
aktif.
|
||||||||
pembelajaran
peserta didik
|
||||||||||||
Mengarahkan tumbuhnya
iklim yang memotivasi
timbulnya prakarsa,
|
||||||||||||
kreativitas dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan
|
||||||||||||
psikologis peserta
didik
|
||||||||||||
Mencerahkan peserta
didik untuk berkompetisi secara
sehat dalam
|
||||||||||||
meningkatkan
prestasi belajar
|
||||||||||||
Mengelola
|
guru dan
|
staf
|
Menganalisis
kebutuhan guru dan staf
|
|||||||||
dalam
|
rangka
|
|||||||||||
Menugaskan guru
dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
|
||||||||||||
pendayagunaan
sumber daya
|
||||||||||||
Melatih guru dan
staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
|
||||||||||||
manusia secara
optimal
|
||||||||||||
Menerapkan prinsip
penghargaan dan pembinaan
untuk meningkatkan
|
||||||||||||
motivasi kerja
guru dan staf
|
||||||||||||
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|||||||||||||||||
Mengelola
|
sarana
|
dan
|
Menganalisis
kebutuhan sarana prasarana
|
|||||||||||||||
prasarana sekolah/
madrasah
|
||||||||||||||||||
Menganalisis
|
kebijakan
|
program
tertulis mengenai pengelolaan
sarana
|
||||||||||||||||
dalam
|
rangka
|
|||||||||||||||||
prasarana
|
||||||||||||||||||
pendayagunaan
|
secara
|
|||||||||||||||||
Memaksimalkan penggunaan
|
sarana
|
prasarana
|
yang
|
ada
di lingkungan
|
||||||||||||||
optimal
|
||||||||||||||||||
sekolah/madrasah
|
||||||||||||||||||
Memaksimalkan pemeliharaan dan
pendayagunaan sarana prasarana
|
||||||||||||||||||
dengan
memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
|
||||||||||||||||||
Mengelola
|
peserta
|
didik
|
Menyeleksi peserta
didik baru (PPDB)
|
|||||||||||||||
dalam
|
rangka
|
penerimaan
|
||||||||||||||||
Melaksanakan
|
PPDB secara
|
objektif,
|
transparan,
|
akuntabel,
|
dan
|
tidak
|
||||||||||||
peserta
|
didik
|
baru,
|
dan
|
|||||||||||||||
diskriminatif
|
||||||||||||||||||
penempatan,
|
dan
|
|||||||||||||||||
Melaksanakan
|
orientasi
|
peserta didik
|
baru
|
yang
|
bersifat akademik
|
dan
|
||||||||||||
pengembangan
|
kapasitas
|
|||||||||||||||||
pengenalan
lingkungan tanpa kekerasan
|
||||||||||||||||||
peserta didik
|
||||||||||||||||||
Mengarahkan
peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat
|
||||||||||||||||||
Mengelola
|
keuangan
|
Menyusun RKAS
|
||||||||||||||||
sekolah/madrasah
|
sesuai
|
|||||||||||||||||
Melaksanakan
pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan
|
||||||||||||||||||
dengan prinsip
|
pengelolaan
|
|||||||||||||||||
dan akuntabel
|
||||||||||||||||||
yang
|
akuntabel,
|
transparan,
|
||||||||||||||||
Mengevaluasi
|
Rencana Kegiatan dan Anggaran
Sekolah/madrasah (RKAS)
|
|||||||||||||||||
dan efisien
|
||||||||||||||||||
Mengelola
|
ketatausahaan
|
Membuat daftar
urut kepangkatan pegawai
|
||||||||||||||||
sekolah/madrasah
|
dalam
|
|||||||||||||||||
menerapkan
|
pelayanan
|
operasional
|
standar
|
ketatausahaan
|
||||||||||||||
mendukung
|
pencapaian
|
|||||||||||||||||
sekolah/madrasah
|
||||||||||||||||||
tujuan
sekolah/madrasah
|
||||||||||||||||||
Melakukan
|
monitoring,
|
Menganalisis
|
kinerja
|
sekolah/madrasah
|
melalui
|
Evaluasi
|
Diri
|
|||||||||||
mengevaluasi, dan
pelaporan
|
Sekolah/madrasah
|
|||||||||||||||||
pelaksanaan
|
program
|
|||||||||||||||||
Melaksanakan
|
tindak
|
lanjut
|
hasil monitoring
|
dan
|
evaluasi
|
program
|
||||||||||||
kegiatan
|
sekolah/madrasah
|
|||||||||||||||||
sekolah/madrasah
|
||||||||||||||||||
dengan prosedur
yang tepat,
|
||||||||||||||||||
serta
|
merencanakan
|
tindak
|
||||||||||||||||
lanjutnya
|
||||||||||||||||||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|||||
UsahaPengembangan
|
Mengembangkan
organisasi
|
Menganalisis tugas
dan fungsi sekolah/madrasah sebagai
|
|||||
Sekolah
|
sekolah/madrasah
sesuai dengan kebutuhan
|
organisasi
pembelajar yang efektif
|
|||||
Merancang struktur
organisasi sekolah/ madrasah sesuai
|
|||||||
hasil analisis
tugas dan fungsi
|
|||||||
Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan
|
|||||||
struktur
organisasi
|
|||||||
Mengevaluasi
keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai
|
|||||||
dengan struktur
organisasi
|
|||||||
Mengelola
perubahan dan pengembangan
|
Mengembangkan
perangkat yang menunjang organisasi
|
||||||
sekolah/ madrasah
menuju organisasi
|
pembelajar
|
||||||
pembelajar yang
efektif
|
|||||||
Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi
|
|||||||
seluruh warga sekolah/madrasah
|
|||||||
Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
|
|||||||
perangkat
organisasi pembelajar
|
|||||||
Mengelola hubungan
sekolah/madrasah dan
|
Menggali bentuk
dukungan masyarakat / stakeholder
|
||||||
masyarakat dalam
rangka pencarian
|
dalam
penyelenggaraan pendidikan
|
||||||
dukungan ide,
sumber belajar, dan
|
|||||||
Membangun kemitraan dalam pengembangan
|
|||||||
pembiayaan
sekolah/madrasah
|
|||||||
sekolah/madrasah
|
|||||||
Menggali sumber
daya
|
yang berasal dari
masyarakat/
|
||||||
pemangku kepentingan
|
untuk mendukung
|
||||||
penyelenggaraan
pendidikan
|
|||||||
Mengelola proses
pencapaian 8 SNP sesuai
|
Mengaplikasikan
pengembangan kurikulum yang mengacu
|
||||||
dengan arah dan
tujuan pendidikan nasional
|
kepada standar isi
|
||||||
Mengaplikasikan
pengembangan proses pembelajaran yang
|
|||||||
mengacu kepada
standar proses
|
|||||||
Mengaplikasikan
sistem penilaian pembelajaran yang
|
|||||||
mengacu kepada
standar penilaian
|
|||||||
Melaksanakan
penjaminan mutu pencapaian standar
|
|||||||
kompetensi lulusan
|
|||||||
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|||||
Mengelola unit
layanan khusus sekolah/
|
Merumuskan tujuan layanan khusus
|
|||||
madrasah dalam
mendukung kegiatan
|
||||||
Menyusun
program unit layanan khusus sekolah
|
||||||
pembelajaran
kegiatan peserta didik di
|
||||||
Mensinergikan unit
layanan khusus sekolah dengan
|
||||||
sekolah/madrasah
|
||||||
pelaksanaan
pendidikan karakter di sekolah
|
||||||
Mengevaluasi
program unit layanan khusus sekolah
|
||||||
Mengelola sistem
informasi pendidikan di
|
Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
|
|||||
sekolah/ madrasah
dalam mendukung
|
||||||
Meningkatkan peran
warga sekolah dalam memberdayakan
|
||||||
penyusunan program
dan pengambilan
|
||||||
Sistem Informasi
Sekolah (SIS)
|
||||||
keputusan
|
||||||
Menggunakan Sistem
Informasi Sekolah (SIS) dalam
|
||||||
membantu
pengambilan keputusan
|
||||||
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi
|
Menerapkan
pemanfaatan teknologi informasi dalam
|
|||||
bagi peningkatan
pembelajaran dan
|
pengolahan data
|
|||||
manajemen
sekolah/madrasah
|
||||||
Menerapkan
pemanfaatan teknologi informasi dalam
|
||||||
penyampaian informasi sekolah
|
||||||
Memfasilitasi guru
dalam merancang model pembelajaran
|
||||||
berbasis ICT
|
||||||
Memfasilitasi guru
dalam mengevaluasi model pembelajaran
|
||||||
berbasis ICT
|
||||||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
||||||||||
Kepemimpinan
|
Mengembangkan strategi dalam
|
Memecahkan
masalah peningkatan prestasi belajar.
|
||||||||||
Pembelajaran
|
peningkatan
prestasi akademik seluruh
|
|||||||||||
Melaksanakan
program peningkatan prestasi belajar.
|
||||||||||||
siswa secara
|
berkelanjutan
|
|||||||||||
Menilai
pelaksanaan program peningkatan
prestasi
|
||||||||||||
belajar.
|
||||||||||||
Membangun
|
kultur pembelajaran
|
yang
|
Menganalisis
lingkungan belajar yang kondusif
|
|||||||||
progresif dan
kondusif di sekolah agar hasil
|
||||||||||||
Mendukung
|
iklim pembelajaran
akademis
|
|||||||||||
belajar siswa
dapat mencapai target optimal
|
||||||||||||
Memaksimalkan
pembiasaan positif seluruh warga
|
||||||||||||
sekolah agar
menjadi komunitas pembelajar
|
||||||||||||
Melibatkan
|
pemangku
|
kepentingan
|
dalam
|
Mengarahkan warga
sekolah dalam mengatasi
|
||||||||
menyelesaikan
permasalahan pembelajaran
|
permasalahan pembelajaran
|
|||||||||||
Menganalisis
|
komitmen warga
sekolah untuk melakukan
|
|||||||||||
hal yang terbaik
|
||||||||||||
Menjalin jejaring
sekolah untuk optimalisasi proses dan
|
||||||||||||
hasil pembelajaran
|
||||||||||||
Melibatkan
|
pemangku
|
kepentingan
|
dalam
|
Menetapkan
harapan-harapan yang tinggi bagi warga
|
||||||||
menyelesaikan
permasalahan pembelajaran
|
sekolah dalam
pelaksanaan tugas dan tanggung
|
|||||||||||
jawabnya
|
||||||||||||
Memfasilitasi
|
warga sekolah untuk
melakukan
|
|||||||||||
eksperimentasi,
prakarsa moral dan hal-hal baru dalam
|
||||||||||||
pembelajaran
|
||||||||||||
Meningkatkan hasil
belajar warga sekolah
|
Melakukan
pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
|
|||||||||||
melalui
|
peningkatan
|
mutu
|
proses
|
Memaksimalkan
peran organisasi profesi untuk
|
||||||||
pembelajaran
secara berkelanjutan
|
||||||||||||
meningkatkan
profesionalisme warga sekolah
|
||||||||||||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
||||||
Kewirausahaan
|
Menciptakan
inovasi yang berguna bagi
|
Merancang inovasi
untuk pengembangan sekolah/
|
||||||
pengembangan
sekolah/ madrasah
|
madrasah
|
|||||||
Menciptakan
gagasan kreatif dalam pengembangan
|
||||||||
sekolah
|
||||||||
Bekerja keras
untuk mencapai keberhasilan
|
Merancang strategi
dalam membangun budaya kerja
|
|||||||
sekolah/madrasah
|
sebagai
|
organisasi
|
keras
|
|||||
pembelajar yang
efektif
|
||||||||
Menerapkan
strategi untuk membangun budaya kerja
|
||||||||
keras
|
||||||||
Membangun etos
kerja untuk mencapai keberhasilan
|
||||||||
sekolah
|
||||||||
Memiliki motivasi
yang kuat untuk
sukses
|
Menunjukkan
keinginan yang kuat untuk sukses
|
|||||||
dalam melaksanakan tugas
|
pokok dan
|
|||||||
Melakukan
upaya-upaya positif untuk mencapai target
|
||||||||
fungsinya
|
sebagai
|
pemimpin
|
sekolah/
|
|||||
yang ditetapkan
|
||||||||
madrasah
|
||||||||
Pantang menyerah
dan selalu mencari
|
Memperhitungkan
risiko yang muncul akibat upaya yang
|
|||||||
solusiterbaik
dalam menghadapi kendala
|
dilakukan
|
|||||||
yang dihadapi
sekolah/madrasah
|
||||||||
Merumuskan
alternatif solusi dalam menghadapi kendala
|
||||||||
yang dihadapi
sekolah
|
||||||||
Memiliki
|
naluri
|
kewirausahaan
|
dalam
|
Membangun
kemandirian dalam mengelola sumber
daya
|
||||
mengelola
|
kegiatan
|
produksi/jasa
|
sekolah/
|
sekolah
|
||||
madrasah sebagai
sumber belajar peserta
|
Menggunakan peluang
untuk memaksimalkan kegiatan
|
|||||||
didik
|
sekolah
|
|||||||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
||||||
Supervisi
|
Merencanakan
program
|
Menyusun program
supervisi akademik
|
||||||
supervisi akademik
dalam
|
||||||||
Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
|
||||||||
rangka peningkatan
|
||||||||
Menjabarkan tujuan
supervisi akademik pada masing-masing lingkup
|
||||||||
profesionalisme
guru
|
||||||||
pelaksanaan dan
evaluasi pembelajaran
|
||||||||
Menggunakan
pendekatan supervisi akademik yang efektif
|
||||||||
Menyusun prosedur
monitoring dan evaluasi supervisi akademik
|
||||||||
Merumuskan kriteria
pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
|
||||||||
Melaksanakan
|
supervisi
|
Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
|
||||||
akademik terhadap
|
guru
|
dan masalah nyata
yang dihadapi oleh guru
|
||||||
dengan
|
menggunakan
|
|||||||
Membangun hubungan
dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam
|
||||||||
pendekatan
|
dan
|
teknik
|
kegiatan supervisi
berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
|
|||||
supervisi yang
tepat
|
||||||||
Menggunakan
pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan
|
||||||||
sesuai dengan
tujuan supervisi akademik
|
||||||||
Memecahkan masalah
pengembangan pembelajaran supervisi akademik
|
||||||||
Menggunakan
teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi
|
||||||||
akademik
|
||||||||
Menindaklanjuti hasil
|
Merumuskan
kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
|
|||||||
supervisi akademik
|
Mengembangkan
|
instrumen pengukuran pencapaian hasil
langsung
|
||||||
terhadap guru
dalam
|
(output) supervisi akademik
|
|||||||
rangka peningkatan
|
Melakukan analisis
hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
|
|||||||
profesionalisme guru
|
Mengembangkan program
tindak lanjut berdasarkan
hasil evaluasi
|
|||||||
supervisi akademik
|
||||||||
Menentukan
langkah-langkah supervisi klinis
|
Komentar
Posting Komentar