KISI -KISI UKG KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI

KOMPETENSI




INDIKATOR













Manajerial

Menyusun

perencanaan

Merumuskan visi sekolah/madrasah





sekolah/madrasah
untuk










Membedakan rumusan visi dan misi





berbagai

tingkatan


















Merumuskan misi sekolah/madrasah





perencanaan
























Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah




















Merumuskan tujuan sekolah/madrasah




















Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah




















Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah



















Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah



















Mengarahkan perencanaan evaluasi program
















Memimpin
sekolah/madrasah

Menganalisis
kekuatan,
kelemahan,
peluang,
dan
ancaman


dalam

rangka

sekolah/madrasah






pendayagunaan sumber daya










Memaksimalkan
sumberdaya
sekolah/madrasah  dalam
perencanaan  dan


secara optimal








pelaksanaan program
























Menciptakan
budaya
dan

Mengaitkan   budaya   sekolah/madrasah   dengan   pembelajaran   yang


iklim sekolah/madrasah yang

interaktif,  menyenangkan,  menantang,  memotivasi  peserta  didik  untuk


kondusif
dan
inovatif
bagi

berpartisipasi aktif.






pembelajaran peserta didik










Mengarahkan  tumbuhnya  iklim  yang  memotivasi  timbulnya  prakarsa,














kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan







psikologis peserta didik



















Mencerahkan  peserta  didik  untuk  berkompetisi  secara  sehat  dalam







meningkatkan prestasi belajar
















Mengelola
guru   dan
staf

Menganalisis kebutuhan guru dan staf





dalam

rangka











Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki



pendayagunaan sumber daya














Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan


manusia secara optimal



















Menerapkan  prinsip  penghargaan  dan  pembinaan  untuk  meningkatkan







motivasi kerja guru dan staf



















DIMENSI


KOMPETENSI





INDIKATOR





















Mengelola
sarana
dan

Menganalisis kebutuhan sarana prasarana








prasarana sekolah/ madrasah















Menganalisis
kebijakan
program  tertulis  mengenai  pengelolaan  sarana


dalam


rangka






prasarana












pendayagunaan

secara






























Memaksimalkan  penggunaan
sarana
prasarana
yang
ada  di  lingkungan


optimal










sekolah/madrasah











































Memaksimalkan  pemeliharaan  dan  pendayagunaan  sarana  prasarana








dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan


















Mengelola
peserta
didik

Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)









dalam
rangka
penerimaan















Melaksanakan
PPDB  secara
objektif,
transparan,
akuntabel,
dan
tidak


peserta
didik
baru,
dan




diskriminatif












penempatan,

dan






























Melaksanakan
orientasi
peserta  didik
baru
yang
bersifat  akademik
dan


pengembangan
kapasitas




pengenalan lingkungan tanpa kekerasan








peserta didik

































Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat




















Mengelola

keuangan

Menyusun RKAS











sekolah/madrasah
sesuai















Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan


dengan  prinsip
pengelolaan




dan akuntabel












yang
akuntabel,
transparan,




























Mengevaluasi
Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)


dan efisien

































Mengelola
ketatausahaan

Membuat daftar urut kepangkatan pegawai








sekolah/madrasah
dalam















menerapkan
pelayanan
operasional
standar
ketatausahaan


mendukung
pencapaian




sekolah/madrasah











tujuan sekolah/madrasah






































Melakukan
monitoring,

Menganalisis
kinerja
sekolah/madrasah

melalui
Evaluasi
Diri


mengevaluasi, dan pelaporan

Sekolah/madrasah











pelaksanaan
program















Melaksanakan
tindak
lanjut
hasil  monitoring
dan
evaluasi
program


kegiatan
sekolah/madrasah




sekolah/madrasah











dengan prosedur yang tepat,


























serta
merencanakan
tindak














lanjutnya




































KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI

KOMPETENSI



INDIKATOR








UsahaPengembangan

Mengembangkan organisasi


Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai

Sekolah

sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan


organisasi pembelajar yang efektif













Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai






hasil analisis tugas dan fungsi













Melaksanakan  rincian tugas dan fungsi pengembangan






struktur organisasi














Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai






dengan struktur organisasi










Mengelola perubahan dan pengembangan


Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi



sekolah/ madrasah menuju organisasi


pembelajar




pembelajar yang efektif









Mengembangkan  suasana belajar  yang kondusif bagi












seluruh  warga sekolah/madrasah













Merumuskan  prinsip-prinsip evaluasi pengembangan






perangkat organisasi  pembelajar










Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan


Menggali  bentuk  dukungan masyarakat / stakeholder



masyarakat dalam rangka pencarian


dalam penyelenggaraan pendidikan



dukungan ide, sumber belajar, dan









Membangun  kemitraan dalam pengembangan



pembiayaan sekolah/madrasah







sekolah/madrasah






















Menggali sumber daya
yang berasal dari masyarakat/






pemangku kepentingan
untuk mendukung






penyelenggaraan pendidikan



Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai


Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu



dengan arah dan tujuan pendidikan nasional


kepada standar isi














Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang






mengacu kepada standar proses













Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran  yang






mengacu kepada standar penilaian













Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar






kompetensi lulusan












DIMENSI

KOMPETENSI


INDIKATOR










Mengelola unit layanan khusus sekolah/


Merumuskan  tujuan layanan khusus



madrasah dalam mendukung kegiatan








Menyusun program  unit layanan khusus sekolah



pembelajaran kegiatan peserta didik di













Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan



sekolah/madrasah







pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah



















Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah










Mengelola sistem informasi pendidikan di


Menyusun  program Sistem  Informasi Sekolah (SIS)



sekolah/ madrasah dalam mendukung








Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan



penyusunan program dan pengambilan







Sistem Informasi Sekolah (SIS)



keputusan













Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)  dalam












membantu pengambilan keputusan










Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi


Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam



bagi peningkatan pembelajaran dan


pengolahan data



manajemen sekolah/madrasah








Menerapkan pemanfaatan teknologi  informasi dalam












penyampaian  informasi sekolah













Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran






berbasis ICT













Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran






berbasis ICT










KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH


DIMENSI




KOMPETENSI



INDIKATOR











Kepemimpinan


Mengembangkan  strategi dalam


Memecahkan masalah  peningkatan prestasi belajar.


Pembelajaran


peningkatan prestasi akademik  seluruh








Melaksanakan program peningkatan prestasi  belajar.





siswa secara
berkelanjutan


















Menilai pelaksanaan  program peningkatan prestasi






















belajar.
















Membangun
kultur   pembelajaran
yang

Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif





progresif dan kondusif di sekolah agar hasil









Mendukung
iklim pembelajaran akademis





belajar siswa dapat mencapai target optimal















Memaksimalkan pembiasaan  positif seluruh warga






















sekolah agar menjadi komunitas pembelajar

















Melibatkan

pemangku
kepentingan
dalam

Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi





menyelesaikan permasalahan pembelajaran

permasalahan pembelajaran
























Menganalisis
komitmen warga sekolah untuk melakukan











hal yang terbaik























Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi  proses  dan











hasil pembelajaran

















Melibatkan

pemangku
kepentingan
dalam

Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga





menyelesaikan permasalahan pembelajaran

sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung











jawabnya

























Memfasilitasi
warga sekolah untuk melakukan











eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam











pembelajaran














Meningkatkan  hasil  belajar  warga  sekolah

Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan





melalui
peningkatan
mutu
proses

Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk





pembelajaran secara berkelanjutan









meningkatkan profesionalisme warga sekolah














KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI


KOMPETENSI



INDIKATOR






Kewirausahaan

Menciptakan inovasi yang berguna bagi

Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/


pengembangan sekolah/ madrasah


madrasah

















Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan








sekolah







Bekerja  keras  untuk  mencapai  keberhasilan

Merancang strategi dalam membangun budaya kerja


sekolah/madrasah
sebagai
organisasi

keras


pembelajar yang efektif









Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja
















keras

















Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan








sekolah







Memiliki  motivasi  yang  kuat  untuk  sukses

Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses


dalam   melaksanakan   tugas
pokok   dan





Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target


fungsinya
sebagai
pemimpin
sekolah/




yang ditetapkan


madrasah




















Pantang menyerah dan selalu mencari

Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang


solusiterbaik dalam menghadapi kendala

dilakukan


yang dihadapi sekolah/madrasah









Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala
















yang dihadapi sekolah


Memiliki
naluri
kewirausahaan
dalam

Membangun kemandirian  dalam mengelola sumber daya


mengelola
kegiatan
produksi/jasa
sekolah/

sekolah


madrasah  sebagai  sumber  belajar  peserta

Menggunakan  peluang  untuk  memaksimalkan  kegiatan


didik





sekolah











KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI

KOMPETENSI




INDIKATOR







Supervisi

Merencanakan program

Menyusun program supervisi akademik


supervisi akademik dalam







Merumuskan  tahapan teknik supervisi akademik.


rangka peningkatan









Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup


profesionalisme guru






pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran





















Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif















Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik















Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)


Melaksanakan
supervisi

Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan


akademik   terhadap
guru

dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru


dengan
menggunakan







Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam


pendekatan
dan
teknik

kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik


supervisi yang tepat









Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan






sesuai dengan tujuan supervisi akademik






Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik






Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi






akademik


Menindaklanjuti hasil


Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)


supervisi akademik


Mengembangkan

instrumen   pengukuran   pencapaian   hasil   langsung


terhadap guru dalam


(output) supervisi akademik


rangka peningkatan


Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut


profesionalisme guru


Mengembangkan  program  tindak  lanjut  berdasarkan  hasil  evaluasi






supervisi akademik






Menentukan langkah-langkah supervisi klinis



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOP PENUTUP

DOKUMEN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK 0-6 TAHUN SESUAI PERMENDIKBUD 137

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KEPULANGAN PAUD/TK