Cara mudah membuat persiapan belajar dari rumah / Era covid 19
Menanggapi dari buku petunjuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dirjen Paud 2020, maka guru Paud Wajib Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan belajar era pandemi covid 19.
*. Pembelajaran berupa Renca Program mingguan.(RPPM)
Mengapa demikian? karena program mingguan kita akan dilaksanakan oleh orangtua murid atau pendamping yang ada di rumah. maka program kita akan kita bagiakan seminggu sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan harapan orang tua murid dapat membuat persiapan materi dan alat pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran.
*. Dalam satu hari dipersiapkan beberapa materi pembelajaran ( 3 Atua 4 materi pembelajaran)
Mengapa demikian? karena dengan banyaknya materi diharapkan orang tua murid dapat memilih satu atau lebih materi yang bisa dikembangkan di rumah.
Jadi, orang tua TIDAK HARUS MELAKSANAKAN SEMUA MATERI YANG SUDAH DIRENCANAKAN GURU. MEREKA BOLEH MEMILIH.
dari penjelasan diatas, jelaslah bahwa dalam satu minggu kita mengirimkan beberapa alternatif materi pilihan.
*. Materi apa yang perlu dipersiapkan dalam RPPM
Yaitu materi yang mampu:
Menyusun kegiatan pembelajaran untuk 1 minggu. Kegiatan pembelajaran yang disusun haruslah menarik, menyenangkan, dan membuat anak aktif di rumah. Aktivitas yang disusun disesuaikan dengan tema dan lingkungan belajar anak di rumah. Guru harus menyampaikan aktivitas pembelajaran ini kepada orang tua sehingga orang tua dapat melaksanakannya di rumah. Orang tua dapat memilih kegiatan main mana dulu yang akan dimainkan bersama anaknya. Bilamana anak tidak tertarik dengan tema atau kegiatan yang dirancang guru, maka orang tua dapat mengganti dengan tema atau kegiatan main yang lain. Guru dan orang tua harus mengomunikasikan bersama bilamana ada perubahan yang terjadi. Berapa jumlah kegiatan main yang perlu disediakan orang tua? Maka untuk hal ini, diserahkan kepada orang tua dengan melihat ketertarikan anak dan kemampuan orang tua. Bilamana dinilai kemampuan orang tua hanya dapat membimbing anak bermain dengan 1 kegiatan
*. Pembelajaran berupa Renca Program mingguan.(RPPM)
Mengapa demikian? karena program mingguan kita akan dilaksanakan oleh orangtua murid atau pendamping yang ada di rumah. maka program kita akan kita bagiakan seminggu sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan harapan orang tua murid dapat membuat persiapan materi dan alat pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran.
*. Dalam satu hari dipersiapkan beberapa materi pembelajaran ( 3 Atua 4 materi pembelajaran)
Mengapa demikian? karena dengan banyaknya materi diharapkan orang tua murid dapat memilih satu atau lebih materi yang bisa dikembangkan di rumah.
Jadi, orang tua TIDAK HARUS MELAKSANAKAN SEMUA MATERI YANG SUDAH DIRENCANAKAN GURU. MEREKA BOLEH MEMILIH.
dari penjelasan diatas, jelaslah bahwa dalam satu minggu kita mengirimkan beberapa alternatif materi pilihan.
*. Materi apa yang perlu dipersiapkan dalam RPPM
Yaitu materi yang mampu:
1. Mengembangkan enam aspek perkembangan anak, yakni perkembangan nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni
2. Mendukung pencapaian kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kompetensi inti adalah
gambaran capaian standar tingkat pencapaian perkembangan anak pada akhir
layanan PAUD, yaitu usia 6 tahun,
sedangkan kompetensi dasar adalah
gambaran tingkat kemampuan anak dalam
konteks tema, muatan pembelajaran, dan pengalaman
sehari-hari, yang berdasarkan pada kompetensi
inti.
3. Mendukung pencapaian pengetahuan, keterampilan dan sikap yang perlu dimiliki anak
4. Mendukung pembelajaran menjadi
bermakna dan menyenangkan, sehingga mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak
5. Mengarahkan orang tua dalam menyiapkan alat dan bahan main yang diperlukan sesuai dengan
kondisi pada masing-masing orang tua di rumah.
*APA YANG PERLU DIPAHAMI GURU SEBELUM MENYUSUN RPPM
1.
Memahami
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA),
khususnya pada kelompok usia
yang menjadi tanggung jawab seorang
guru, sebagai hasil akhir program PAUD. Dokumen
STPPA
dapat dilihat pada Permendikbud
137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
2.
Memahami Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi
Dasar (KD) sebagai capaian hasil pembelajaran.
Dokumen KI dan KD dapat dilihat pada Permendikbud
146 tahun 2014 tentang
Kurikulum 2013 PAUD.
Menetapkan materi pembelajaran sebagai
muatan untuk pengayaan pengalaman belajar
anak. Materi pembelajaran dapat dilihat di dalam dokumen KTSP setiap Satuan PAUD, pada Dokumen I. Pembahasan mengenai
materi pembelajaran secara
lebih mendalam terdapat dalam
“Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)” yang diterbitkan
oleh Direktorat Pembinaan PAUD, 2018
*BAGAIMANA LANGKAH MENYUSUN RPPM
1. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD). Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai
Agama dan Moral (NAM), Fisik-Motorik
(FM), kognitif (KOG), bahasa (BHS),
sosial-emosional (SOSEM), dan seni (SN).
KD yang ditetapkan dalam RPPM dipilih dari KD
yang ada di dokumen 1 KTSP.
2. Menuliskan materi pembelajaran untuk setiap KD. Rumusan materi pembelajaran dapat
dilihat di dalam
dokumen 1 KTSP
masing-masing satuan PAUD.
Menyusun kegiatan pembelajaran untuk 1 minggu. Kegiatan pembelajaran yang disusun haruslah menarik, menyenangkan, dan membuat anak aktif di rumah. Aktivitas yang disusun disesuaikan dengan tema dan lingkungan belajar anak di rumah. Guru harus menyampaikan aktivitas pembelajaran ini kepada orang tua sehingga orang tua dapat melaksanakannya di rumah. Orang tua dapat memilih kegiatan main mana dulu yang akan dimainkan bersama anaknya. Bilamana anak tidak tertarik dengan tema atau kegiatan yang dirancang guru, maka orang tua dapat mengganti dengan tema atau kegiatan main yang lain. Guru dan orang tua harus mengomunikasikan bersama bilamana ada perubahan yang terjadi. Berapa jumlah kegiatan main yang perlu disediakan orang tua? Maka untuk hal ini, diserahkan kepada orang tua dengan melihat ketertarikan anak dan kemampuan orang tua. Bilamana dinilai kemampuan orang tua hanya dapat membimbing anak bermain dengan 1 kegiatan
maka tidak masalah. Yang terpenting belajar di rumah menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendukung perkembangan
anak. Meskipun kegiatan main yang disampaikan kepada orang tua adalah untuk satu minggu, namun
komunikasi antara guru dan orang tua dapat dilakukan setiap hari. Yang
penting adalah dijaga kontinuitas komunikasi antara guru dan orang tua, serta antara guru dan anak. Komunikasi ini juga dilakukan untuk
mengetahui minat anak, kesulitan
yang dialami oleh orang tua,
saran/masukan orang tua, maupun capaian perkembangan anak
CONTOHNYA SEPERTI INI
Berikut
ini contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) yang disusun oleh
guru.
Rencana PelaKsanaan PembelajaRan mInGGUan (RPPm) belajaR
DI RUmaH Taman KanaK-KanaK GembIRa semester/bulan/minggu : I/juni/minggu ke
2
Tema : Rumahku, Tempat Bermainku Subtema : Semua
yang ada di rumah Kelompok : B (usia 5-6
Tahun)
KD
|
materi
|
Kegiatan main
|
NAM 1.2
|
Merawat tanaman ciptaan Tuhan
|
1.
Aku bisa menanam bunga
2.
Yuk, kelompokkan
daun-daun yang ada di halaman
3.
Membersihkan kebun bersama ayah bunda
4.
Hitunglah bunga-bunga yang mekar
5. Aku bisa membuat alat music dan bernyanyi dari benda-benda di
halaman rumahku
6.
Yuk membuat
bunga dengan menggunakan batu-batu di halaman.
7.
Asyiknya melipat dan mengelompokkan pakaian.
8.
Lihat, lukisan rumahku
9.
Membuat es krim bersama bunda
10.
Aku dapat membuat apapun dari
kardus-kardus bekas
11.
Dan lain-lain
Catatan: contoh-contoh kegiatan main, alat bahan main
serta penataannya dapat dilihat
pada buku saku “Pentingnya Bermain bagi Anak”, “Bermain Sains”, “Bermain
Matematika”, “Bermain Bahasa”, “Bermain Seni”, dll
|
FM 3.3 – 4.3
|
Gerakan
untuk mengembangkan motoric kasar dan halus
|
|
Kog 3.6– 4.6
|
Pengelompokan Bilangan
|
|
Bahasa 3.11
- 4.11
|
Menceritakan
kembali kegiatan yang sudah dilakukan
|
|
Sosem 2.5
|
Berani
mengungkapkan pendapat
|
|
Seni 3.15 – 4.15
|
Ekspresi seni music dan kriya
|
Format RPPM di atas tentu saja merupakan dokumen guru, bukan
untuk disampaikan kepada orangtua. Guru cukup
menyampaikan kepada orangtua tentang tema serta
kegiatan-kegiatan main yang telah dirancang guru
untuk dilaksanakan oleh orangtua di rumah. Guru dapat menyampaikan rancangan kegiatan bermain tersebut melalui handphone dalam grup whatsapp maupun media sosial
lainnya. Ingatkan juga kepada orangtua, untuk
mendorong anak-anaknya membiasakan melakukan kegiatan rutinitas
sehari-hari, seperti:
1.
Beribadah
2. Perilaku Hidup Bersih, Sehat, dan Aman (PHBSA), yaitu olah raga,
mandi dan gosok gigi, mencuci tangan
dengan baik dan benar, mengkonsumsi makanan gizi seimbang,
berjemur
3.
Pembiasaan literasi,
seperti membaca buku cerita bersama
keluarga, bercerita
4.
Melatih keterampilan diri (life skill), seperti
melakukan sesuatu secara mandiri, senang membantu, dll
5.
Standar penanganan
covid 19, misalnya bila terpaksa harus
keluar maka perlu
mengingatkan anak menggunakan masker, menggunakan pelindung wajah (faceshield) atau
kacamata pelindung, menjaga
jarak aman, dan selalu cuci tangan dengan
langkah- langkah yang benar (menggunakan sabun dan air mengalir), menerapkan etika
yang benar ketika
batuk dan bersin, istirahat
yang cukup, menggunakan masker bila di dalam rumah ketika sedang sakit.
Berikut contoh pemberitahuan kegiatan
pembelajaran di rumah :
ayah/bunda,
Minggu ini tema bermain kita bersama ananda tercinta di
rumah adalah “rumahku, taman bermainku”. Melalui tema dan kegiatan main yang
dapat dipilih di bawah ini, tujuan
yang ingin kita capai adalah: Ananda berkembang
pada 6 aspek perkembangan, yaitu: (1) mencintai dan merawat ciptaan Tuhan, (2)
menguatkan dan melatih koordinasi mata dan tangan, (3) mengenalkan pola dan bilangan, (4) anak dapat menceritakan
kembali kegiatan yang sudah dilakukannya, (5) membiasakan berani
dalam mengungkapkan pendapat,
serta (6) mengekspresikan seni musik dan kriya.
Kegiatan yang dapat dipilih minggu ini adalah:
1.
Aku bisa menanam bunga
2.
Yuk, kelompokkan
daun-daun yang ada di halaman
1.
Membersihkan kebun
bersama ayah bunda
(Alternatif
: Mari membersihkan rumah)
2.
Hitunglah bunga-bunga
yang mekar (Alternatif : Mari mengamati
tanaman di halaman rumah)
3.
Aku bisa membuat alat
musik dan bernyanyi dari benda-benda
di halaman rumahku
4.
Yuk
membuat bunga dengan menggunakan batu- batu di halaman.
5.
Asyiknya melipat dan mengelompokkan pakaian.
6.
Lihat, lukisan
rumahku ( Alternatif: Lihatlah ruangan yang ada di rumahku)
7.
Membuat es krim
bersama bunda (Apakah ini tidak sulit
dilakukan?)
8.
Aku dapat membuat
yang kusuka dari kardus-kardus bekas
9.
Ayo, kita merapikan tempat tidur
10. Mari
kita amati bahan-bahan yang ada di dapur
11. Ayo,
berkeliling rumah. Ada benda apa saja ya?
Silakan dipilih kegiatan mana yang lebih dulu akan dimainkan
dalam minggu ini. Bunda bisa memilih 1 kegiatan main untuk 1 hari. Bila Ananda
tidak tertarik, beri semangat mereka dan dorong dulu, namun bila ia
menginginkan kegiatan lain, ikuti minatnya agar belajar melalui bermain di
rumah menjadi menyenangkan.
Tolong amati, foto dan atau rekam video
kegiatan ananda, termasuk saat ia melakukan kegiatan rutinitas dan ibadah, lalu
kirim ke whatsapp group untuk catatan perkembangan ananda. Terima kasih.
Nah, ini hasil belajar kita dari buku Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang diterbitkan oleh Direktorat Paud Kemendikbud 2020D
Komentar
Posting Komentar